PROPOSAL USAHA “DENDENG DAUN UBI”

D I S U S U N Oleh: YULIA ZAHARA XII PENJUALAN SMK NEGERI 1 PEKANBARU T. P 2010/ 2011

Serta mengharapkan kritik dan saran yang membangun untuk kesempurnaan proposal ini. Penulis berharap proposal ini dapat memberikan manfaat besar dan nilai tambah bagi pembacanya. Atas perhatian yang diberikan maka penulis mengucapkan terima kasih. 15 Pebruari 2011 .KATA PENGANTAR Puji Syukur penulis panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa berkat rahmat-Nya penulis dapat menyelesaikan proposal dengan judul “Dendeng Daun Ubi” disusun sebagai syarat untuk meyelesaikan program keahlian pada bidang penjualan sebagai peserta diklat SMK Negeri 1 Pekanbaru. Syariandayani dan Drs. Syafrinawati Penjualan sebagai Ketua Program Keahlian • Dra. Pekanbaru. Selesainya proposal ini tidak terlepas dari bantuan dan dukungan berbagai pihak yang bersangkutan. Yulfi Yeni sebagai Wali Kelas • Dra. MM selaku Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Pekanbaru • Dra. Maka dari itu penulis ucapakan terima kasih kepada: • Drs. Zulfikar sebagai Pembimbing • Serta keluarga dan teman-teman yang telah mendukung dan membantu penulis baik secara materil maupun moril. Muhammad Amin.

selain itu penulis memanfaatkan lahan yang sudah ada di lingkungan sekitar lokasi usaha tersebut.BAB I PENDAHULUAN Zaman globalisasi saat ini banyak kita temui keanekaragaman usaha. Dari usaha yang bergerak dibidang jasa sampai bidang perdagangan. Usaha tersebut berupa makanan ringan yang sesuai dengan selera masyarakat itu sendiri. seperti: mensejahterakan masyarakat. Banyaknya usaha. Usaha tersebut kami beri nama “ Dendeng Daun Ubi”. Penulis memilih usaha ini karena belum adanya usah sejenis ini di lingkungan sekitar. penulis ingin mengatasi kejenuhan masyarakat pada makanan ringan yang sudah ada.usaha yang sudah ada. maka penulis termotivasi untuk membangun suatu usaha home industry yang lebih berinovasi dari usaha. Namun tak kalah menariknya dengan usaha. Keinginan utama penulis dalam membangun usaha ini adalah mendapat keuntungan darimenciptakan produk baru. dan memiliki nutrisi yang baik sehingga dapat dikonsumsi oleh seluruh kalangan masyarakat. Kemusian kami akan memerkenalkan produk tersebut kepada masyarakat luas demi perkembangan usaha sehingga tercapainya laba yang .usaha yang ada. Selain itu. meminimalisasikan angka pengangguran sampai memajukan bidang ekonomi. Home industry tidak hanya dipandang sebagai usaha yang berperan memenuhi kebutuhan masyarakat. melainkan banyaknya manfaat yang dapat kita peroleh dari usaha tersebut.usaha tersebut. usaha yang paling banyak digeluti oleh para wirausahawan adlah usaha home industry dibidang makanan ringan.

telur.bumbu yang akan dicampur dengan daun ubi yang sudah direbus tadi. Aduk sampai rata lalu masukkan tepung terigu secukupnya. Barulah dimasukkan ke dalam baskon berisi bumbu yang telah dihaluskan tadi. Bahan. Sementara itu. digiling halus. pengemasan.bahannya yaitu tepung terigu. I. bawang putih. garam. aduk hingga kalis. Angkat dan dipotong siap untuk digoreng. sampai memasarkan produk. jenis usaha penulis bergerak dibidang “Home Industry” disebut juga industry rumahan yang tidak hanya memenuhi kebuuhan masyarakat bahkan dapat mempengaruhi kebutuhan ekonomi. proses selanjutnya adalah meracik bumbu. I. Bumbu yang telah dihaluskan dimasukan ke dalam baskom sampai yang berisi air. Sementara itu daun ubi yang telah lunak dibentuk menjadi sebuah gumpalan yang akan dicincang. Kemudian direbus sampai daun menjadi lunak. ketumbar. Dengan motif ini penulis menciptakan usaha baru “Dendeng Daun Ubi”. Kegiatan produksi dimulai dari mencuci daun ubi pilihan sebagai bahan baku pembuatan produk.I Jenis Usaha Seperti yang telah diketahui pada pendahuluan sebelumnya.2 Kegiatan Usaha Kegiatan usaha yang akan kami lakukan dimulai dari kegiatan produksi.diinginkan. Setelah itu masukkan adonan ke dalam plastik dan rebus selama 10 menit. .

3 Penanggung Jawab Usaha ini akan dikelola oleh saya sendiri (Yulia Zahara) sebagai koordinator pemasaran. I. Sedangkan bagian keuangan dikelola oleh karyawan terpecaya. Masing.I. dan bekerja sebaik mungkin. jujur.masing Bagian akan bertanggung jawab. dan distribusi saya rekrut dari para ahli dan ibu saya sendiri.4 Denah Lokasi Usaha . Dan ibu saya sebagai bagian pembelian bahan baku produksi penjualan.

Daerah ini cukup strategis dalam memperoleh bahan baku. RENCANA PEMASARAN 2.15. Garusa Sakti No. sampai melakukan pemasaran.2 Penentuan Harga Jual . Swalayan “PLANET”. sekitarnya.BAB II ASPEK PEMASARAN A. 2. Komplek pertokoan. Tempat pemasaran produk yaitu : • • • Sekitar daerah pemasaran.1 Daerah Pemasaran Daerah yang akan kami jadikan daerah pemasaran di Jl.

took lain. karena aman. maka kami memilih system penjualan langsung dan melalui perantara took. higienis. Untuk anak. Dan kami juga melayani pesanan dari konsumen menggunakan via telepon atau dapt mengunjungi toko kami langsung. Nama Produk Jumlah Harga Jual Total Setiap memeproduksi barang akan langsung disalurkan ke tempat pemasaran produk untuk langsung dijual.4 Cara Pemasaran Mengingat masa kadaluarsa produk yang hanya bertahan lebih kurang 5 hari. dan disegala usia. dan berdasarkan permintaan dari konsumen itu sendiri. Sasaran pembeli produk kami dapat ditawarkan kepada seluruh kalangan masyarakat.bahan alami tanpa pengawet. karena produk ini terbuat dai bahan.5 Sasaran Pembeli Produk ini dapat dikonsumsi oleh seluruh lapisan masyarakat.anak tidak perlu khawatir.3 Jumlah Barang Yang Dijual N o. Produktivitas akan dilakukan setiap 1 minggu sekali. dan cukup bernutrisi.2. 2. . 2.

6 Target Penjualan Target penjualan kami dapat dilihat sebagai berikut : Target penjualan diatas tidak hanya sampai disitu saja. maka kami akan memberikan diskin sebesar 10% dan gratis jasa antar alamat. . Kami akn memberikan pelayanan sebaik mungkin demi kelancaran jual beli produk kepada konsumen. Hal ini kami anggap sangat penting karena konsumen membutuhkan pelayanan yang baik dari penjual. maka kami akan memeberikan 1 set merchandise menarik. Jika konsemen sangat puas tehadap produk dan pelayanan kami.2. 2. Dan kami selalau mengutamakan kepuasan pelanggan atas produk kami. Khusus kepada konsumen yang ingin memesan produk kami dalam jumlah yang banyak.7 Kebijakan Penjualan Untuk mempertahankan konsumen kami melakukan beberapa kebijakn. kami akan senantiasa meningkatkan jumlah produk dan dikembangluaskan sesuai dengan peningkatan konsumen terhadap produk ini.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful