P. 1
FORM 1 Analisis Kurikulum Karakter Bangsa

FORM 1 Analisis Kurikulum Karakter Bangsa

|Views: 241|Likes:
Published by Febry Hindrawan

More info:

Published by: Febry Hindrawan on Jun 29, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/01/2012

pdf

text

original

Form 1

ANALISIS PENGINTEGRASIAN NILAI-NILAI KARAKTER BANGSA
Mata Pelajaran Kelas/Program Semester Tahun Pelajaran STANDAR KOMPETENSI : Jaringan Komputer :Mulok :XI / EI :3 :2011/2012

KOMPETENSI DASAR INDIKATOR
1 2

TAHAP PIKIR
3

NILAI-NILAI : MATERI POKOK
4

KARAKTER BANGSA
5

KEWIRAUSAHAAN
6

PEMBELAJARAN KREATIF
7

STRATEGI PENYAMPAIAN

V

Mengetahui Wakil Kurikulum

Jakarta; Guru Mata Pelajaran........

.......................

................... ...

..............

dan Indikator SMK Mata Pelajaran PENDIDIKAN KEWARGANEGA RAAN (PKn) Standar Kompetensi Memahami hakikat bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia Kompetensi Dasar Mendeskripsikan hakikat bangsa dan unsur-unsur terbentuknya Negara Nilai Rasa kebangsaan Indikator Berdasarkan Jenjang Kelas 10 . Rasa ingin tahu Semangat kebangsaan Menjelaskan pengertian. Menunjukkan pengkajian yang serius terhadap bentuk pemerintahan Indonesia yang memilih republic dan bukannya kerajaan.12 Mengungkapkan perasaan terbaiknya yang menyatakan bahwa bangsa Indonesia tebentuk karena ada persamaan sejarah. Memecahkan persoalan kelas/sekolah yang didasari oleh aturan dan tata tertib sekolah. Nilai. kepentingan dan tujun antara sukusuku bangsa menjadi sebuah bangsa untuk membentuk sebuah Negara. fungsi dan tujuan NKRI Semangat kebangsaan Menampilkan sikap positif terhadap sistem hukum dan peradilan nasional Mendeskripsikan pengertian sistem hukum dan peradilan nasional Disiplin .CONTOH : SK/KD. Memilki sikap yang jelas bahwa NKRI ada karena rasa kebangsaan dan persatuan bangsa Memilki sikap yang jelas bahwa NKRI ada karena rasa kebangsaan dan persatuan bangsa Memilih untuk membela Negara jika dihadapkan pada situsi yang menempatkan Negara dalam bahaya.

akar. dan logaritma. Partisipasi MATEMATIKA Memecahkan masalah yang berkaitan dengan bentuk pangkat. Teliti .Mata Pelajaran Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Nilai Indikator Berdasarkan Jenjang Kelas 10 .12 Menganalisis lembaga-lembaga peradilan Rasa ingin tahun Melakukan pengkajian dan pengumpulan informasi serta laporan singkat tentang kegiatan lembga ± lembaga peradilan di Indonesia Menggiatkan simulasi pelaksanaan pengadilan di sekolah Bekerja secara teratur. dan logaritma Menggunakan aturan pangkat. dan logaritma. dan logaritma Terus mencoba menerapkan aturan pangkat. rinci dan tertib dalam menggunakan aturan pangkat. akar. dan logaritma. akar. akar. akar. Teliti Pantang Menyerah 2 Melakukan manipulasi aljabar dalam perhitungan yang melibatkan pangkat. dan logaritma Cermat dalam melakukan manipulasi aljabar dalam perhitungan yang melibatkan pangkat. akar.

Mata Pelajaran Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Nilai Pantang Menyerah Memecahkan masalah yang berkaitan dengan fungsi.12 Berusaha dengan gigih dalam mempertahankan pendapat yang berkaitan dengan manipulasi aljabar dalam perhitungan yang melibatkan pangkat. Rapi dalam menyajikan jawaban terhadap soal yang berkaitan dengan pemahaman konsep fungsi Selalu mengecek ulang segala pekerjaan yang telah dilakukan berkaitan dengan penggambaran grafik fungsi aljabar sederhana dan fungsi kuadrat. akar. persamaan dan fungsi kuadrat serta pertidaksamaan kuadrat Memahami konsep fungsi Teliti Indikator Berdasarkan Jenjang Kelas 10 . Tidak terpengaruh oleh keadaan lingkungan pada waktu menggambar grafik fungsi aljabar sederhana dan fungsi kuadrat. Terus berupaya menggambar grafik fungsi aljabar sederhana dan fungsi kuadrat secara benar Menggambar grafik fungsi aljabar sederhana dan fungsi kuadrat Teliti Tekun Jujur . dan logaritma.

12 Mengajukan pemikiran kritis dalam diskusi tentang keteraturan dalam system periodik unsur Mencari informasi lebih lanjut tentang fenomena keteraturan dalam unsur di alam Menunjukkan kesadaran bahwa keteraturan dalam alam disebabkan oleh Tuhan penciptanya Menunjukkan kesadaran bahwa disiplin merupakan satu cara untuk mempertahankan keteraturan alam Mengajukan pemikiran kritis dalam diskusi tentang pembentukan ikatan kovalen. sifat-sifat periodik unsur. dan ikatan kimia Kompetensi Dasar Memahami struktur atom berdasarkan teori atom Bohr. dan ikatan kimia Membandingkan proses pembentukan ikatan ion. sifatsifat unsur.Mata Pelajaran KIMIA Standar Kompetensi Memahami struktur atom. ikatan kovalen. melalui pemahaman konfigurasi elektron Nilai Kritis Indikator Berdasarkan Jenjang Kelas 10 . ikatan koordinasi. koordinasi Menggunakan bahasa yang komunikatif dalam kelompok untuk mengungkapkan gagasan Memberi kesempatan kepada anggota kelompok diskusi untuk mengajukan pendapat Rasa ingin tahu Religius Disiplin Memahami struktur atom. massa atom relatif. ion. dan sifatsifat periodik unsur dalam tabel periodik serta menyadari keteraturannya. dan ikatan logam serta hubungannya dengan sifat fisika senyawa yang terbentuk Kritis Komunikatif Menghargai . sifat-sifat periodik unsur.

Mata Pelajaran Standar Kompetensi Memahami hukum-hukum dasar kimia dan penerapannya dalam perhitungan kimia (stoikiometri) Kompetensi Dasar Mendeskripsikan tata nama senyawa anorganik dan organik sederhana serta persamaan reaksinya Nilai Rasa ingin tahu Senang membaca Jujur Indikator Berdasarkan Jenjang Kelas 10 . panjang.12 Menunjukkan usaha yang keras untuk memperoleh informasi tentang tatanama senyawa kimia Mencari sumber informasi/bacaan lain untuk memperoleh informasi tambahan tentang tatanama senyawa kimia Melaporkan hasil percobaan berdasarkan data hasil percobaan Memberikan kesempatan kepada teman lain untuk mengajukan pendapat dan mengomentarinya dengan santun Mencari informasi lebih dari berbagai sumber (internet) untuk memahami makna standar . hati-hati. teliti. bertanya lebih dalam. Melakukan eksperimen untuk pengukuran panjang. Jujur . dan waktu) Senang membaca. menjaga keslaamatan kerja. massa dan waktu Melakukan eksperimen secara benar. Menghargai FISIKA Menerapkan konsep besaran fisika dan pengukurannya Mengukur besaran fisika (massa. cermat . taaat azaz. bertanya pada ahli.

dan menjaga keselamataan kerja. hati-hati. bertanya pada ahli. Melakukan eksperimen secara benar. bertanya lebih dalam.12 Melaporkan hasil eksperimen secara benar (jujur) baik lisan maupun tulisan dengan aturan ilmiah yang benar Mengamati fenomena untuk mengetahui konsep penjumlahan besaran vektor. taat azaz.Mata Pelajaran Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Melakukan penjumlahan vektor Nilai Jujur Rasa ingin tahu Indikator Berdasarkan Jenjang Kelas 10 . teliti. bertanggung jawab dalam kelompok Melaporkan hasil eksperimen secara benar (jujur) baik lisan maupun tulisan dengan aturan ilmiah yang benar. Bekerja secara optimal. Menerapkan konsep dan prinsip dasar kinematika dan dinamika benda titik Menganalisis besaran fisika pada gerak dengan kecepatan dan percepatan konstan Rasa ingin tahu Peduli lingkungan Toleran. Kerja keras. cermat. Bekerjasama dalam kelompok. meyelesaikan pekerjaan pada waktunya Mencari informasi lebih dari berbagai sumber (internet) untuk memahami konsep gerak. Menganalisis besaran fisika pada gerak melingkar dengan laju konstan Jujur .

12 Bekerja secara optimal. bertanya pada ahli. Menemukan kasuskasus yang menarik terkait dengan penerapan hukum Newton Mengamati fenomena untuk mengetahui keberlakuan pentingya alat-alat optik bagai kebutuhan hidup manusia. meyelesaikan pekerjaan pada waktunya Mengamati fenomena untuk mengetahui keberlakukan Hukum I. Kreatif Menerapkan prinsip kerja alat-alat optik Menganalisis alatalat optik secara kualitatif dan kuantitatif Rasa ingin tahu Jujur . taat azat. cermat. hatihati. Melakukan eksperimen secara benar. dan gerak melingkar beraturan Rasa ingin tahu Senang membaca. teliti. gerak vertikal. dan menjaga keselamataan kerja Menerapkan konsep dan prinsip dasar kinematika dan dinamika benda titik Menerapkan Hukum Newton sebagai prinsip dasar dinamika untuk gerak lurus. bertanya lebih dalam. II dan III Newton Mencari informasi lebih dari berbagai sumber (internet) untuk memahami konsep Hukum Newton.Mata Pelajaran Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Nilai Kerja keras Indikator Berdasarkan Jenjang Kelas 10 .

teleskope. Melakukan eksperimen secara benar. cermat.Mata Pelajaran Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Nilai Kreatif Indikator Berdasarkan Jenjang Kelas 10 . teliti. dan menjaga keselamataan kerja Kreatif Menampilkan hasil karya dalam kegiatan pameran . taat azat. kamera pinholl Menerapkan alatalat optik dalam kehidupan seharihari Disiplin.12 Membuat teropong. hatihati.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->