PELATIHAN UNTUK PELATIH NILAI NILAI KARAKTER BANGSA DALAM LINGKUP SPMP

STRATEGI PELATIHAN
Penguatan Pendidikan Karakter Bangsa dalam Proses Pelaksanaan ToT EDS/M dan MSPD

dengan mengimplementasikan nilai-nilaikarakter bangsa yang terintegrasi dalam proses pelaksanaan diklat

1

1. Dalam rangka mendukung Instruksi Presiden nomor 1/2010 khususnya mengenai akselerasi atau percepatan penjaminan mutu pendidikan pada satuan pendidikan. Dalam hal ini fasilitator menggunakan metoda pembelajaran andragogi. Tujuan dan Hasil 1) Tujuan Umum Membekali peserta ToT dengan nilai nilai karakter bangsa yang diimplementasikan langsung pada semua aktivitas selama mengikuti ToT dan mengintegrasikan nilai-nilai karakter tersebut dalam setiap sesi diklat. tetapi akan lebih tepat kalau nilai-nilai karakter tersebut langsung diterapkan pada semua aktivitas yang direncanakan dan diselenggarakan baik secara formal maupun informal. melalui diklat ToT EDS/M – MSPD ini maka nilai-nilai pendidikan karakter dicoba untuk langsung diterapkan pada setiap kegiatan mulai dari acara pembukaan sampai dengan acara penutupan diklat. Pendahuluan Nilai-nilai pendidikan karakter bangsa belum cukup kalau hanya diberikan dengan cara menceramahi dan mendiskusikan dalam ruang seminar maupun workshop. 2 . Dengan menerapkan langsung dalam setiap aktivitas dalam diklat ini peserta dapat menginternalisasi Permendiknas 63/2009 ke dalam nilai-nilai karakter bangsa. 2. dan komunikasi yang efektif. Fasilitator meminta peserta pelatihan mendalami dan mendiskusikan instrumen EDS dan MSPD yang mengandung nilai nilai karakter bangsa serta menerapkan langsung nilai-nilai tersebut dalam setiap aktivitas dalam pelaksanaan ToT. mengamati indikator indikator dalam instrumen EDS/M dan MSPD yang telah mengandung penguatan nilai nilai karakter bangsa. Dengan mengintegrasikan nilai-nilai karakter dalam setiap aktivitas diklat ini diharapkan peserta diklat dapat merasakan kembali nilai-nilai yang selama ini mulai luntur dapat dimunculkan kembali. Dengan atau tanpa disadari bahwa nilainilai karakter sebetulnya sudah melekat pada setiap insan ciptaan Allah yang paling beradab ini dengan segala potensi yang telah dimiliki sejak lahir. Pembahasan dan penerapan mengenai nilai nilai katakter bangsa ini dilakukan dengan mengkaji nilai nilai yang secara langsung dan tidak langsung berkembang dalam pelaksanaan SPMP.

dan instrumen EDS/M dan MSPD yang telah mengandung nilai nilai karakter bangsa. 6) LCD. Personel yang terlibat 1) Tim Fasilitator 2) Peserta diklat ToT 5. c. 7) Flip chart. Mendiskusikan nilai nilai karakter bangsa yang terkandung dalam instrumen EDS/M dan MSPD dapat dilaksanakan berdasarkan motivasi internal setiap sekolah dan warga sekolah. sehingga terbangun nilai-nilai dari dalam diri. pemangku kepentingan dan komunitas. 8) Kertas plano 9) Laser pointer. 3) Hasil yang diharapkan Sesi ini menekankan pentingnya peserta pelatihan untuk dapat menerapkan langsung nilai-nilai karakter bangsa dan mereka dapat mempromosikan nilai nilai karakter bangsa yang termaktub dalam setiap butir indikator yang parallel dengan nilai nilai karakter bangsa. Mendalami maksud dan tujuan SPMP.MSPD dan instrumennya 3) Materi Karakter Bangsa (materi yang telah dipersiapk oleh Kemdiknas) 4) Video SPMP 5) Laptop. Materi dan Instrumen 1) Materi SPMP . Langkah dan Kegiatan Pelaksanaan pendidikan karakter bangsa pada diklat ini dilakukan melalui aktivitas sebagai berikut: N o 1. Melaksanakan nilai-nilai karakter aktivitas pada semua sesi diklat. 4. 3. 2) Materi EDS/M .2) Tujuan Khusus Para peserta : a. bangsa dalam semua b. Nilai-nilai karakter bangsa yang dikembangkan Religius Bentuk pelaksanaan kegiatan  Pada setiap sesi awal selalu memulai dengan 3 .

  2. untuk memberi kesempatan kepada semua peserta melakukan ibadah. Penutupan diklat dilakukan lebih awal sebelum waktu Sholat Jumat. Jujur      3.  Peserta diklat. 4 . untuk saling bertoleransi dalam setiap kegiatan. istirahat dan mengakhiri sesi sesuai dengan jadwal yang telah disepakati. Fasilitator memberikan penilian secara objektif dari setiap tugas atau diskusi yang dilakukan peserta. Slogan yang dianjurkan pada saat mengisi instrumen EDS/M yang tertulis dalam buku panduan EDS/M adalah ‘tiada dusta di antara kita”. Tes individual pada hari terakhir supaya dikerjakan dengan penuh kejujuran. Pembagian kelompok diskusi terdiri dari berbagai asal daerah dan suku bangsa yang berbeda.  Membuang sampah saat snack pada tempat yang telah disediakan. Toleransi     4.N o Nilai-nilai karakter bangsa yang dikembangkan Bentuk pelaksanaan kegiatan berdoa. Fasilitator menghargai dan memberikan perlakuan yang adil terhadap seluruh peserta diklat. Disiplin   Mentaati semua aturan diklat hasil kesepakatan bersama (komitmen peserta diklat dibuat secara bersama-sama pada awal kegiatan). fasilitator. dan nara sumber mentaati waktu masuk.. Pada akhir pelaksanaan diklat semua peserta diminta untuk mengisi umpan balik pelaksanaan diklat dengan penuh kejujuran sebagai media untuk memperbaiki pelaksanaan diklat di masa yang akan datang. Mengatur jadwal istirahat siang. Menghargai perbedaan pendapat dari peserta walaupun kadang-kadang keluar dari permasalahan.  Kerapihan dalam berpakaian dan bertindak. Memberi pelayanan yang sama terhadap semua peserta diklat. sore dan malam sesuai dengan waktu Ibadah (khususnya untuk umat Islam). dan pada sesi terakhir juga diakhiri dengan berdoa.  Fasilitator dan peserta diklat dimohon untuk saling mengingatkan jika ada pelanggaran disiplin. Menekankan kepada para peserta diklat pentingnya kejujuran pada waktu mengisi instrumen EDS/M.

Setiap sesi ada tugas diskusi kelompok yang harus diselesaikan dan dipecahkan bersama. Setiap mendiskusikan permasalahan tentang seluk beluk yang berkaitan dengan EDS/M. Mengimplementasikan model pembelajaran andragogi yang dialogis dan interaktif. Fasilitator dan peserta diklat untuk selalu berbicara dengansopan dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik. Pada saat post tes secara individual. sehingga peserta diharapkan dapat belajar mandiri dari softcopy tersebut baik di penginapan maupun di tempat diklat. Menampung dan mengakomodasi setiap usulan yang disampaikan oleh peserta untuk ditindaklanjuti. Setiap peserta diberi kesempatan untuk menyampaikan pendapat yang berkaitan dengan permasalahan yang diberikan. Pada awal kegiatan diklat. hal ini memicu kreativitas peserta diklat. jika masih diulangi akan dihukum sesuai dengan kesepakatan awal bersama. Demokratis      5 . Fasilitator selalu menciptakan suasana belajar yang memacu daya tahan peserta diklat dengan memberikan energizer / ice breaker. Pada saat pemberian tugas untuk diskusi selalu menggunakan pedoman waktu untuk ditaati dalam penyelesaian tugas. peserta dapat mengemukakan alternatif pemecahan masalah. tidak boleh bersantai-santai. Pada diklat ini setiap peserta supaya membawa laptop dan diberi materi dalam bentuk softcopy yang terdapat pada CD. Pemilihan ketua kelompok secara demokratis. Kreatif    7. Kerja keras     6.N o Nilai-nilai karakter bangsa yang dikembangkan Bentuk pelaksanaan kegiatan  Mengingatkan peserta diklat yang terlambat dan berjanji untuk tidak mengulangi lagi. Kadang-kadang memberi penugasan tambahan di luar jam yang terjadwal. sehingga menghasilkan aturan yang harus ditaati bersama. Mandiri   8. Umpan balik dari setiap peserta pada akhir diklat untuk perbaikan diklat yang akan  5. Mengkompetisikan kelompok diskusi pada setiap memecahkan masalah. fasilitator mendiskusikan secara bersama-sama dalam membuat kesepakatan bersama untuk kelancaran pelaksanaan diklat. peserta diharapkan dapat mengerjakan secara mandiri permasalahan yang diberikan oleh fasilitator.

etnis.  Hasil kerja diskusi kelompok dipajang pada dinding. memantau kesulitan peserta.  Setiap kelompok terdiri dari berbagai suku.   Pengaturan tempat duduk peserta dalam kelompok dengan menggunakan meja bundar yang cukup besar sehingga mereka dapat saling bertatap muka dan berkomunikasi dalam diskusi pada meja bundar tersebut. Menghargai prestasi 13 .  Snack yang disajikan kepada peserta diklat berupa makanan khas tradisional yang berasal dari seluruh pelosok Indonesia.  Selalu menghimbau untuk menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar. Cinta tanah air 12 .  Fasilitator mengeksplorasi pertanyaanpertanyaan kepada peserta diklat. agama. (setiap meja bundar dikelilingi oleh 6-8 peserta)  Fasilitator selalu berkeliling dan mendatangi pada kelompok-kelompok diskusi untuk bertegur sapa.  Semua hasil kerja kelompok harian hasilnya dikumpulkan oleh panitia dan pada hari terakhir semua hasil tersebut telah direkam pada media disk dan diberikan kepada peserta. Nilai-nilai karakter bangsa yang dikembangkan Rasa ingin tahu Bentuk pelaksanaan kegiatan datang.   Fasilitator selalu memberi penghargaan kepada peserta yang telah selesai menampilkan hasil kerja kelompoknya dengan pujian atau aplaus.  Pemberian semua materi diklat dalam bentuk softcopy sehingga mengundang peserta untuk segera mengetahuinya.   Pada acara pembukaan dan penutupan peserta dihimbau untuk berpakaian batik. yang diberi tugas bersama untuk menyelesaikan kasus yang diberikan oleh fasilitator.  Fasilitator tidak langsung menjawab pertanyaan peserta tetapi memberikan pertanyaan tersebut kepada peserta yang lain untuk ditanggapi.  Memberi pertanyaan-pertanyaan dalam diskusi kelompok untuk dipecahkan dalam kelompok. atau mengklarifikasi hasil kerja peserta diklat. mengecek hasil kerja. yang merupakan ciri khas Indonesia.N o 9. Bersahabat/komunikatif 6 . 10 . Semangat kebangsaan 11 .  Pada pembukaan diklat ada upacara pembukaan yang di antaranya menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya.

 Menghimbau peserta untuk membaca panduan sebelum latihan dan simulasi mengisi instrumen EDS/M – MSPD. 14 . role palying.  Dalam membagi kelompok diskusi tidak membeda-bedakan gender maupun suku.  Himbauan kepada peserta diklat untuk membuang sampah pada tempatnya khususnya setelah rehat makan snack. 15 . Dengan cara seperti ini peserta diharapkan melakukan refleksi yang menjamin pelaksanaan EDS/M dan MSPD tidak meninggalkan esensi nilai nilai karakter bangsa. Peduli sosial 18 . dan etnis. Tanggung jawab 6. peserta dapat langsung mengimplementasikan yang seklaigus menghayati nilai-nilai karakter itu sendiri dalam kehidupan sehari-hari. Permendiknas dan lain-lain. Direkomendasikan bahwa setiap pelaksanaan diklat untuk selalu mengintegrasikan nilai-nilai karakter bangsa ini mulai dari acara 7 .  Semua peserta diklat dan fasilitator bertanggung jawab terhadap kelancaran pelaksanaan diklat. baik yang berupa diskusi kelompok. Peduli lingkungan 17 .  Menggunakan metode andragogi sehingga suasana kelas terasa kondusif dan menyenangkan. SNP.  Peserta dilarang merokok di dalam ruangan kelas.   Pemberian semua materi diklat dalam bentuk softcopy sehingga mengundang peserta untuk segera membaca untuk mempelajarinya.N o Nilai-nilai karakter bangsa yang dikembangkan Cinta damai Bentuk pelaksanaan kegiatan  Fasilitator selalu mengakomodasi setiap usulan atau keluhan peserta diklat. pemecahan masalah.  Himbauan kepada peserta untuk membaca aturan/regulasi yang berkaitan dengan SPM. dll. Refleksi dan penutup Dengan mengintegrasikan nilai-nilai karakter bangsa dalam setiap kegiatan yang dilakukan pada diklat EDS/M – MSPD seperti yang disebutkan di atas. Gemar membaca 16 .  Semua peserta dan fasilitator selalu berperan aktif dalam setiap kegiatan.   Saling berempati di antara peserta diklat  Saling tolong menolong di antara semua peserta dan fasilitator ketika ada permasalahan yang berkaitan dengan aktivitas diklat. agama.  Peserta diklat selalu menyelesaikan tugas yang diberikan oleh fasilitator.

8 .pembukaan sampai pada penutupan. Diharapkan peserta juga dapat menerapkan pada kehidupan sehari-hari sesuai dengan kondisi setempat agar pelaksanaan EDS/M dan MSPD dapat dilakukan sesuai dengan nilai nilai karakter bangsa.

dan pengisian instrumen EDS termasuk Pendidikan Karakter Bangsa Simulasi.MSPD Monitoring Sekolah oleh Pemerintah Daerah (MSPD) Istirahat / Makan Malam 17. EQAS Video Komitmen Belajar Sesi 2 10.00 am Hari 1 1.30 pm SPM dan SNP Simulasi.00 Sesi 3 14. dan pengisian instrumen EDS termasuk Pendidikan Karakter Bangsa Simulasi.30 pm Pemutaran Video Komplit Diskusi Nilainilai Penjaminan Mutu Pendidikan Agregasi MSPD berdasarkan hasil analisis data EDS (Simulasi dan Praktek) 9 . praktek. dan pengisian instrumen EDS termasuk Pendidikan Karakter Bangsa Hari 4 Simulasi.30 Laporan Kemajuan Nilai-nilai Karakter Bangsa dalam Lingkup SPMP Rencana Tindak Lanjut (RTL) Penutupan Istirahat / Makan Siang 12.30 – 16.00 – 15.30 – 21.30 – 14. praktek.00 – 10. dan pengisian instrumen EDS termasuk Pendidikan Karakter Bangsa Simulasi. dan pengisian instrumen EDS termasuk Pendidikan Karakter Bangsa Simulasi.30 am – 12. Pembukaan & Kebijakan Diknas Kepala Badan / Kepala Pusat 2.00 pm Identifikasi Masalah dalam Pelaksanaan EDS/M . praktek. praktek. dan pengisian instrumen EDS termasuk Pendidikan Karakter Bangsa Simulasi. dan pengisian instrumen EDS termasuk Pendidikan Karakter Bangsa Simulasi. dan pengisian instrumen EDS termasuk Pendidikan Karakter Bangsa Hari 5 Laporan Kemajuan Review Andragogi Istirahat Pagi 10.30 pm Sesi 5 19. praktek.00 – 10. praktek. praktek. praktek.30 pm Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan (SPMP) Permendiknas 63/2009 Identifikasi Bukti Fisik 62 Indikator EDS Hari 2 Review EDS/M Hari 3 Laporan Kemajuan Simulasi.00 – 19. dan pengisian instrumen EDS termasuk Pendidikan Karakter Bangsa Rencana Kerja Sekolah Berdasarkan Hasil Analisis EDS Istirahat Sore 15.00 Sesi 4 16. praktek.LAMPIRAN 1 Sesi Sesi 1 8.00 – 17.

Jujur. Peduli sosial. Rasa ingin tahu. Semangat kebangsaan. Kreatif. Cinta damai. Selain itu.Jujur. Demokratis. yaitu senam pendidikan karakter bangsa. situasi ruang diklat juga ditunjang dengan atmosfir yang menunjang seperti ditempelkannya 18 nilai pendidikan karakter bangsa di dinding untuk membiasakan atau mem-familiar-kan peserta dengan nilai-nilai tersebut. Cinta tanah air. Menghargai prestasi. seperti “Senam Pendikar”. Toleransi. Disiplin. Bersahabat/komunikatif. Toleransi. Rasa ingin tahu. Kerja keras. Mandiri. Tanggung jawab Religius. Semangat kebangsaan. Demokratis. Cinta tanah air. Mandiri. Gemar membaca. fasilitator kerap memberikan energizing kepada peserta untuk meningkatkan kembali antusiasme dan semangat peserta melalui bentuk-bentuk kegiatan dan permainan singkat yang menyenangkan. Peduli lingkungan. Disiplin. Kerja keras. Urutan materi diklat (sesuai jadwal) Komitmen Belajar Nilai-nilai yang ditanamkan Bentuk Pelaksanaan Kegiatan Jujur dan Tanggung jawab Disiplin Gemar membaca Semangat kebangsaan Cinta tanah air Rasa ingin tahu Semangat kebangsaan Gemar membaca Jujur Kerja keras Kreatif Mandiri Rasa ingin tahu Peduli lingkungan Tanggung jawab Religius.RELEVANSI MATERI DENGAN NILAI KARAKTER BANGSA Sebagai informasi.MSPD Pemutaran Video Komplit Diskusi Nilai-nilai Penjaminan Mutu Pendidikan Review EDS/M Peserta diminta untuk mengenali nillai-nilai yang terkandung di dalam instrument EDS/M 10 . Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan (SPMP) Permendiknas 63/2009 SPM dan SNP Membuat kesepakatan bersama tentang “punishment dan reward” atas ketertiban proses diklat Mengenali nilai yang terkandung di dalam Permendiknas Mengenali nilai yang terkandung di dalam SNP-SPM Mengenali nilai yang terkandung di dalam proses mengidentifikasi masalah yang terjadi dalam proses pelaksanaan berdasarkan pengalaman peserta Peserta diminta untuk mengenali nillai-nilai yang terkandung di dalam video Identifikasi Masalah dalam Pelaksanaan EDS/M . Kreatif.

Toleransi. Disiplin. Menghargai prestasi. Kreatif. Bersahabat/komunikatif. Menghargai prestasi. Bersahabat/komunikatif. Toleransi. Gemar membaca. Cinta damai. Toleransi.Jujur. Peduli lingkungan.Identifikasi Bukti Fisik 62 Indikator EDS Simulasi. Cinta damai. Tanggung jawab Religius. Tanggung jawab Religius. Rasa ingin tahu. Seperti rapat Kepsek dengan Komite Sekolah. praktek. dengan mempraktekkan salah satu sesi yang dilakukan Tim Pengembang Sekolah (TPS) pada tahap pre/pelaksanaan/post EDS/M. Toleransi. Cinta tanah air. Gemar membaca. Menghargai prestasi. Demokratis. Rasa ingin tahu. Demokratis. Mandiri. dan pengisian instrumen EDS termasuk Pendidikan Karakter Bangsa Laporan Kemajuan Menghargai prestasi. Peduli lingkungan. Disiplin. Disiplin. Kreatif. Bersahabat/komunikatif. Peduli sosial. Gemar membaca. Mandiri. Peduli sosial. Peduli lingkungan. Cinta tanah air. Cinta damai. Kreatif. Kerja keras. Rasa ingin tahu.Jujur. Nilai-nilai Karakter Bangsa dalam Lingkup SPMP Rencana Kerja Sekolah Berdasarkan Hasil Analisis EDS Religius. Peduli sosial. Kreatif. Demokratis. Gemar membaca. Kreatif. Cinta damai. Mandiri. Semangat kebangsaan. Kerja keras. Tanggung jawab Peserta diminta untuk mengenali nillai-nilai yang terkandung di dalam instrument EDS/M Peserta melakukan Role Play. Semangat kebangsaan. Tanggung jawab Religius. Menghargai prestasi. Semangat kebangsaan. Cinta tanah air.Jujur. Disiplin. Peduli lingkungan. Bersahabat/komunikatif. Fasilitator memotivasi peserta dengan hasil pencapaian dan kandungann nilai-nilai yang muncul selama proses diskusi Presentasi Nilai karakter bangsa dikaitkan dengan proses EDS/M-MSPD yang telah mengintegrasi nilainilai di dalamnya Presentasi Nilai karakter bangsa dikaitkan dengan proses EDS/M-MSPD yang 11 . Tanggung jawab Jujur. Kerja keras. Kerja keras. Mandiri. Kerja keras.Jujur. Peduli sosial.

Cinta damai. Toleransi. Rasa ingin tahu. Cinta damai. Tanggung jawab Religius. Peduli lingkungan. Kerja keras. Bersahabat/komunikatif. Cinta tanah air. Mandiri. Kerja keras. Gemar membaca. Toleransi. Peduli sosial. Toleransi. Kerja keras. Kreatif. Tanggung jawab telah mengintegrasi nilainilai di dalamnya Fasilitator bersama Peserta diminta untuk mengenali nillai-nilai yang terkandung di dalam proses pengisian laporan MSPD Fasilitator bersama Peserta diminta untuk mengenali nillai-nilai yang terkandung di dalam diklat/ToT Fasilitator meminta peserta untuk mengintegrasikan nillainillai karakter bangsa ke dalam setiap rencana aksi yang disusun Catatan. Peduli sosial. Mandiri. Demokratis.Jujur.Monitoring Sekolah oleh Pemerintah Daerah (MSPD) Review Andragogi Rencana Tindak Lanjut (RTL) Demokratis. Cinta tanah air. Peduli lingkungan. Rasa ingin tahu. Pada umumnya semua nilai terkandung dalam setiap materi. Disiplin. Tanggung jawab Religius. Rasa ingin tahu. Disiplin. Semangat kebangsaan. Semangat kebangsaan. Gemar membaca. Menghargai prestasi. Cinta tanah air. Rasa ingin tahu.Jujur. Bersahabat/komunikatif. Menghargai prestasi.Jujur. Peduli sosial. Demokratis. Mandiri. Disiplin. Semangat kebangsaan. Menghargai prestasi. Gemar membaca. Bersahabat/komunikatif. Peduli sosial. Peduli lingkungan. Gemar membaca. Cinta damai. Tanggung jawab Religius. Demokratis. Kreatif. Cinta damai. Kreatif. Cinta tanah air. Semangat kebangsaan. Peduli lingkungan. namun terdapat beberapa materi yang lebih menekankannilai-nilai tertentu yang ingin diangkat di dalamnya 12 . Bersahabat/komunikatif. Menghargai prestasi.

13 .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful