P. 1
Pengaruh Teh Terhadap Tubuh

Pengaruh Teh Terhadap Tubuh

|Views: 541|Likes:

More info:

Published by: Coshza Hardjasaputra on Jun 29, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/09/2012

pdf

text

original

Pengaruh Teh Terhadap Tubuh Dalam kehidupan sehari-hari teh merupakan minuman yang banyak dikonsumsi oleh

setiap lapisan masyarakat. Pada orang yang mengonsumsi teh berdasarkan kebiasaan, umumnya tidak menyadari efek dan manfaat dari minum teh tersebut. Akan tetapi, bagi orang yang minum teh untuk kesehatan, teh dipercaya memiliki manfaat dalam menetralisir lemak. Terdapat bermacam-macam jenis teh dan tiap jenis memiliki jumlah kandungan senyawa yang berbeda-beda dan memiliki khasiat dan efeknya masing-masing. Teh adalah minuman yang dihasilkan dari daun tamanan Camellia sinensis. Teh merupakan minuman terpopular kedua di dunia setelah air putih. Terdapat beberapa jenis teh dan diproduksi dengan proses yang berbeda-beda serta mengakibatkan daun teh tersebut teroksidasi pada temperatur yang berbeda pula. Berbagai macam tipe teh yang umum di dunia yaitu teh hitam, teh hijau, dan teh oolong1. Kafein memiliki efek stimulan pada sistem saraf pusat (SSP), maka kafein dapat menangkal rasa kantuk dan meningkatkan kemampuan untuk pekerjaan dengan mental atau fisik. Jika seseorang mengonsumsi kafein, kemudian melakukan latihan fisik, sebelum sumber energi internal dari otot (glukosa atau glikogen) digunakan, terjadi fenomena dimana lemak akan digunakan sebagai sumber energi, sehingga membantu untuk meningkatkan stamina. Teh juga efektif untuk mencegah mabuk, karena pengaruh kafein yang menyebabkan alkohol dimetabolisme lebih cepat. Secara historis, diperkirakan bahwa teh telah diadopsi sebagai minuman yang disukai oleh manusia sebagai efek menyegarkan dari kafein. Katekin adalah jenis polyphenol dan merupakan komponen utama teh hijau, lama dikenal sebagai tanin. Katekin pertama kali diisolasi dari ekstrak tanaman
1

Macfarlane A dan Iris Macfarlane, ³The Empire of Tea´ (The Overlook Press, 2011), 32.

co. Epigallocatechin-3-gallate (EGCG) pada teh terlihat mampu secara signifikan menghambat aktivitas dari kultur sel PCA (Prostate Cancer) secara in vitro melalui penghambatan ekspresi FAS (Fatty Acid Synthase) yang tinggi. tetapi tidak memacu apoptosis. Tetapi. EGC menjadi Gallokatekin. http://www. penghambatan pertumbuhan. karena mayoritas lipid yang diperlukan berasal dari makanan. terjadi beberapa bentuk perubahan. yaitu EC menjadi Katekin. Epikatekin Gallate (ECG). yaitu Epikatekin (EC).catechu di India (tanaman Acacia catechu. ECG menjadi Katekin gallate. dan Epigallokatekin Gallate (EGCG). SREBP merupakan faktor transkripsi yang mengatur ekspresi enzim dari dua jalur lipogenesis. Penelitian di laboratorium telah membuktikan bahwa androgen dapat menstimulasi ekspresi dari FAS pada sel PCA melalui mekanisme yang menyangkut aktivasi jalur sterol regulatory element binding protein (SREBP). yaitu 2 Lipton Institute of Tea. ³ Green Tea´. dan apoptosis. ekspresi FAS meningkat. dan EGCG menjadi Gallokatekin gallate2. Epigallokatekin (EGC).unilever. Ekspresi dari FAS pada kebanyakan orang rendah pada jaringan. pohon dari keluarga Fabaceae. selama proses pembuatan minuman teh yang menggunakan suhu tinggi. Penghambatan FAS diikuti dengan penurunan lipogenesis. Selain itu. EGCG juga menghambat aktivitas FAS dan pembelahan pada fibroblas normal (dengan ekspresi FAS yang rendah). genus Acacia). Katekin teh pertama kali diisolasi oleh Dr Michiyo Tsujimura pada tahun 1929 di RIKEN (Institute of Fisik dan Kimia Penelitian) di Jepang. pada pengidap kanker.uk/Images/iv-icn09_fact-sheet-green-tea_tcm28189863.pdf (24 April 2011) 1 . Lipogenesis merupakan suatu jalur reaksi kimia yang mengubah molekul kimia yang akan diubah menjadi lemak FAS merupakan enzim yang berperan penting dalam mengkatalisis sintesis asam lemak yang berantai panjang. Terdapat empat jenis utama katekin yang ditemukan dalam daun teh.

suatu kelainan pada saluran kemih. http://www. terdapat beberapa efek negatif.ncbi.nlm. Batu ginjal merupakan kristal yang terbentuk dari mineral dan garam yang umumnya ditemukan pada ginjal hingga kantung kemih. phosphatidylcoline. Pada musim panas. phosphatidylserine. Sebuah studi menunjukan bahwa mengonsumsi teh hijau dan oolong dapat memperkecil kemungkinan terkena darah tinggi hingga 45% . http://www. dan Jacques Momigny. Banyak orang mengonsumsi es teh tanpa mengetahui adanya kandungan oksalat yang berkadar tinggi. dari sekian manfaat meminum teh diatas. asetil-CoA karboksilase. umumnya orang-orang mengalami dehidrasi dan digabungkan 3 Eugen Illenberger. dan enzim malat. Akan tetapi. and cell cycle progression through activation of AMPK in p53 positive and negative human hepatoma cells´.id/books?id=E6Sq2usHfjEC&source=gbs_navlinks_s (23 April 2011) 4 Huang C H.health. Penyebab utama batu ginjal adalah kurangnya minum air.nih.gov/pubmed/19662644 (23 April 2011) 5 Harvard Medical School. Analisis KLT (Kromatografi Lapis Tipis) menunjukan bahwa EGCG mengurangi sintesis dari trigliserid dan fosfolipid (termasuk phosphatidylethanolamine. phosphatidylinositol. lemak3.´ Gaseous molecular ions : an introduction to elementary processes induced by ionization´.. Katekin juga terbukti dapat bekerja sebagai antioksidan yang lebih kuat dari Vitamin C dan E. says Harvard Women¶s Health Watch´. et al. ³EGCG inhibits protein synthesis. bagian dari lipid yang kaya akan asam EGCG dapat mengaktifkan AMP (Adenosin Monofosfat) activated kinase (AMPK) yang kemudian akan menurunkan ekspresi enzim lipogenesis seperti FAS dan ACC 4. ³Benefit of drinking green tea : The proof is in drinking tea is healthy. Kenaikan FAS pada tumor merupakan bagian dari stimulus jalur sintesis asam lemak yang kemudian juga akan meningkatkan kadar Acetil-CoA Carboksilase (ACC). yaitu ATP-citrase. Oksalat merupakan salah satu faktor kimia pada pembentukan batu ginjal.harvard.co. SREBP juga dapat mengekspresikan enzim lipogenik lainnya. http://books.edu/press_releases/benefit_of_drinking_green_tea (6 Mei 2011) 2 . dan sphingomyelin).65% 5.google.sintesis asam lemak dan sintesis kolesterol. lipogenesis.

http://www.dengan konsumsi es teh akan meningkatkan resiko terkena batu ginjal. seperti cepat lelah. Zat besi merupakan mineral yang terdapat pada makanan dan hanya dibutuhkan dalam jumlah yang sedikit untuk menjaga kesehatan tubuh. otot. dan berkurangnya imunitas tubuh. termasuk sel syaraf.cfm?autonumber=973441227 (6 Mei 2011) 7 Syamsud Dhuha. Jakarta.com/dampak-negatif-es-teh/ (7 Mei 2011) 3 .edu/Template/luhs/newsrelease/reportdetail. Zat besi 6 Loyola University School of Medicine. minum teh setelah makan dapat menyebabkan hambatan penyerapan zat besi dalam tubuh hingga 80%. Teh panas juga mengandung oksalat. Guru Besar Fakultas Kedokteran UGM.co. Zat besi juga membantu proteksi terhadap infeksi selaku bagian dari enzim pada sistem imun tubuh. Zat besi penting dalam masa pertumbuhan karena digunakan untuk proliferasi dan diferensiasi sel. Loyola urologist warns´. Lemon memiliki kandungan sitrat yang tinggi. ³Hidden Hazards of Iced Tea : Popular Summer Drink may raise risk of painful kidney stones. Soetaryo. tetapi tidak mudah untuk mengonsumsi teh panas dalam jumlah yang banyak.id/read/2011/02/25/12947/minum_teh_setelah_makan_bisa_menghambat_penyerapan_z at_besi (6 Mei 2011) 8 ³Dampak Negatif Es Teh´. Penambahan lemon pada teh tersebut dapat mencegah pembentukan batu ginjal tersebut.today. kehilangan nafsu makan. Fungsi biologis dari zat besi adalah membawa oksigen melalui hemogobin pada sel darah merah. Dan menurut Dr. Sitrat dapat memperlambat pembentukan batu ginjal6. tulang dan organ lainnya 7. http://www. http://koranbaru. Koran Terbaru. Kekurangan zat besi merupakan masalah nutrisi yang umum ditemukan di seluruh dunia dan dapat mengakibatkan anemia. Semarang. Adanya tanin pada teh dapat mengakibatkan penyerapan zat besi oleh sel darah berkurang.lumc. Anemia memiliki gejala. Berdasarkan riset Kesehatan Ibu dan Anak Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro. tanin dapat mempengaruhi penyerapan zat besi dari makanan terutama pada kategori besi non-heme. Rachmad Soegih. ahli gizi RS Cipto Mangunkusumo. Menurut Prof. ³Minum Teh Setelah Makan Dapat Menghambat Penyerapan Zat Besi´. Dr. Hemoglobin membawa oksigen menuju sel-sel tubuh untuk menghasilkan energi. zat tanin dapat menghambat produksi hemoglobin8.

seperti pembentukan batu ginjal. penurunan daya serap tubuh terhadap zat besi yang berfungsi dalam membawa oksigen untuk menghasilkan energi dan berujung pada anemia. Vitamin C dapat meningkatkan penyerapan zat besi non-heme hingga empat kali lipat. Dari berbagai penelitian. Berdasarkan pemaparan tersebut dapat disimpulkan bahwa mengonsumsi teh memiliki berbagai manfaat bagi tubuh.juga dapat membantu mengubah beta-karoten menjadi vitamin A. membentuk kolagen (protein yang mengikat jaringan-jaringan tubuh). ³Makan Tepat Badan Sehat´.aspx (8Mei 2011) 10 Faisal Anwar dan Ali Khomsan. http://huhs. serta mecegah kanker. Sedangkan. seperti sayuran dan kacangkacangan.id/books?id=tJrYjV_r4UC&source=gbs_navlinks_s (7 Mei 2011) 9 4 . sedangkan non-heme hanya dapat diserap sebesar 5%. Absorbansi besi non-heme dipengaruhi oleh faktor penghambat dan pendukung yang terdapat pada makanan. Tingkat penyerapan zat besi non-heme tersebut dapat ditingkatkan dengan penambahan vitamin C. Di dalam tubuh. sehingga zat besi heme dapat lebih banyak diserap oleh tubuh. Harvard University.google. Dianjurkan untuk mengonsumsi teh dua jam sebelum dan setelah makan atau dengan penambahan susu atau lemon. Besi non-heme terdapat pada tumbuh-tumbuhan.edu/Resources/HealthInformationByTopic/Nutrition/IronNutrition. Namun. vitamin C dan zat besi dapat membentuk senyawa kompleks askorbat-besi yang lebih mudah diserap oleh usus10. besi heme dapat diserap hingga 30%. serta membentuk protein (asam amino)9.harvard. ³Iron Nutrition´. di antara manfaat tersebut terdapat efek negatif dari teh jika tidak diatasi dengan baik. zat besi heme tidak dipengaruhi oleh faktor penghambat. http://books.co. menjaga kesadaran dan stamina. Sedangkan. besi heme terdapat pada makanan hewani. seperti menetralisir lemak.

id/books?id=tJ-rYjV_r4UC&source=gbs_navlinks_s (7 Mei 2011) Dhuha. Loyola urologist warns. 2011). Syamsud. says Harvard Women¶s Health Watch.google. Diambil dari http://www. Diambil dari http://huhs. et al. Hidden Hazards of Iced Tea : Popular Summer Drink may raise risk of painful kidney stones.id/read/2011/02/25/12947/minum_teh_setelah_makan_bis a_menghambat_penyerapan_zat_besi (6 Mei 2011) Harvard Medical School. Faisal dan Khomsa. J.google.harvard.nlm.edu/Resources/HealthInformationByTopic/Nutrition/IronNu trition. dan Momigny. Ali. Diambil dari http://www. E. lipogenesis. 5 . Diambil dari http://www.co.cfm?autonumber= 973441227 (6 Mei 2011) Macfarlane A dan Iris Macfarlane. Benefit of drinking green tea : The proof is in drinking tea is healthy. C H.co. Diambil dari http://www.DAFTAR PUSTAKA Anwar. Diambil dari http://koranbaru. EGCG inhibits protein synthesis. Dampak Negatif Es Teh. 32.unilever.uk/Images/iv-icn09_fact-sheet-green-tea_tcm28189863.aspx (8Mei 2011) Huang. Daimbil dari http://www. Diambil dari http://books. ³The Empire of Tea´ (The Overlook Press.co.health. Diambil dari http://books. Gaseous molecular ions : an introduction to elementary processes induced by ionization.co. Green Tea.ncbi.pdf (24 April 2011) Loyola University School of Medicine.lumc.edu/press_releases/benefit_of_drinking_green_tea (6 Mei 2011) Harvard University.gov/pubmed/19662644 (23 April 2011) Illenberger.com/dampaknegatif-es-teh/ (7 Mei 2011) Lipton Institute of Tea. Makan Tepat Badan Sehat. Minum Teh Setelah Makan Dapat Menghambat Penyerapan Zat Besi.nih.harvard. and cell cycle progression through activation of AMPK in p53 positive and negative human hepatoma cells. Iron Nutrition.today.id/books?id=E6Sq2usHfjEC&source=gbs_navlinks_s (23 April 2011) Koran Terbaru.edu/Template/luhs/newsrelease/reportdetail.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->