P. 1
mail merge Word 2010

mail merge Word 2010

|Views: 933|Likes:
Published by inayatul_n_fadlilah
membuat mail merge 2010
membuat mail merge 2010

More info:

Categories:Types, Letters
Published by: inayatul_n_fadlilah on Jun 30, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/18/2012

pdf

text

original

MAIL MERGE

Dosen Pembimbing :
Anis Yusrotun N, S.Kom

Oleh :
SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI NURUL JADID JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA (S1) PAITON PROBOLINGGO TAHUN AKADEMIK 2010/2011 INAYATUL NURUL FADLILAH Inayatul.n_fadlilah@yahoo.com ( 10011839 ) A
INAYATUL0

Kata Pengantar

Puji syukur kehadirat Allah SWT karena hanya dengan petunjuknya dan rahmat-Nyalah, maka makalah ini dapat terselesaikan. Dan tak lupa pula saya ucapkan shalawat serta salam semoga tercurahakan pada Nabi kita Muhammad SAW, keluarga, sahabat dan segenap orang yang mengikutinya. Semoga apa yang tertuang dalam makalah ini bisa bermanfaat bagi para pembaca. Semoga apa yang tertuang dalam makalah ini bisa bermanfaat dan dapat memberikan wawasan yang lebih luas kepada pembaca. Penyusun juga mengharapakan kritik dan sarannya agar makalah ini dapat menjadi yang lebih baik lagi. Terima kasih.

Penyusun

Inayatul N.F

INAYATUL NURUL FADLILAH (A)

NIM : 10011839

BAB I PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Teknologi seolah menjadi suatu kebutuhan yang harus dimiliki masyarakat pada saat sekarang ini, dengan teknologi masyarakat tentunya memerlukan alat teknologi yang bermanfaat bagi kehidupan masyarakat itu sendiri. Salah satu alat teknologi yang paling dominan dikalangan masyarakat adalah alat komunikasi seperti handphone dan komputer. Dalam alat komunikasi terdapat beberapa fitur yang memudahkan kita untuk dapat berkomunikasi dengan cepat, salah satu perkembangan fitur yang sedang berkembang dikalangan masyarakat saat ini adalah long term evolution (LTE).

1.2 Rumusan Masalah
 Bagaimana cara membuat mail merge pada Word 2010 ?

1.3 Tujuan Masalah
 Untuk mengetahui cara membuat mail merge pada Word 2010 ?

INAYATUL NURUL FADLILAH (A)

NIM : 10011839

BAB II PEMBAHASAN
2.1 Cara membuat mail merge pada Word 2010
 Surat Massal (Mail Merge) Pada Word 2010
Langkah – Langkah membuat Undangan Pernikahan Massal :

A. Membuat Daftar Nama Kedua Mempelai, Wali dan Alamat kedua Mempelai
Pertama yang kita buat adalah daftar nama kedua mempelai, wali kedua mempelai dan alamat kedua mempelai dengan menggunakan Microsoft Excel. 1. Buka Program Microsoft Excel. 2. Buatlah Daftar nama dan Alamat yang diperlukan

INAYATUL NURUL FADLILAH (A)

NIM : 10011839

3. Selanjutnya simpan dengan mengklik File > Save lalu muncul form Save As. Seperti berikut ini :

4. Kemudian tekan save apabila sudah mengisi file name sesuai yang anda inginkan 5. Kemudian tutup aplikasi Micrisoft Excel

B. Desain Undangan Pernikahan
Selanjutnya kita desain undangannya. Formatnya seperti dibawah ini :

INAYATUL NURUL FADLILAH (A)

NIM : 10011839

C. Membuat Format Undangan di Microsoft Word
Format undangan seperti gambar di atas. 1. Buka Microsoft Word lalu tulis desain undangan seperti gambar di atas. Ilustrsinya seperti berikut ini :

2. Perhatikan gambar di atas, undangan selesai diketik namun nama mempelai dan wali serta alamat pada undangan kita buat seperti gambar di atas. 3. Kemudian simpan dengan File > save lalu muncul form Save As. Seperti pada yang di lakukan di awal sewaktu menyimpan daftar nama mempelai di atas.

INAYATUL NURUL FADLILAH (A)

NIM : 10011839

D. Menghubungkan File daftar nama mempelai.xls dengan file Undangan.doc
1. Buka file undangan.doc atau jika masih terbuka, pastikan toolbar mailmerge sudah terpasang di microsoft anda. 2. Pada Word 2010 sedikit berbeda dengan Word 2003, di Word 2010 kita buka Mailing kemudian klik select Recipients dan pilih / tekan Use Exiting, maka akan mucul form seperti ini :

3. Pilih daftar nama mempelai.xls di folder yang anda simpan. Kemudian tekan Open. Form select tabel selanjutnya adalah :

4. Pada form select table pilih sheet1$. Kemudian pastikan pada opsi First row of data contain coloumn header di centang. Kemudian tekan OK.

INAYATUL NURUL FADLILAH (A)

NIM : 10011839

E. Mengatur Variabel Data
1. Variabel nama a. Pada lembar kerja undangan, pertama-tama letakkan kursor mouse diatas kata binti bapak dan di smping binti bapak serta alamat yang semestinya bagaimana membuat undangan. b. Selanjutnya klik icon insert merge field, maka akan muncul form insert merge field berikut ini:

c. Pada daftar field pillih mempelai perempuan, lalu klik insert kemudian close, sekarang perhatikan alamat undangan akan menjadi berikut:

«Mempelai_Perempuan» Binti Bpk. «Binti_Perempuan» «Alamt_Perempuan» d. Untuk variabel yang lain anda tinggall menyesuikan alamat undangan.

INAYATUL NURUL FADLILAH (A)

NIM : 10011839

F. Menciptakan undangan massal
Pada langkah ini tiba saatnya surat undangan massal akan tercipta sesuai dengan jumlah data pada file sumber data.untuk itu lakukan langkah-langkah berikut ini: 1. Pertama pilih apakah surat undangan massal tersebut akan langsung di print atau disimpan kedalam sebuah file baru. Sebaiknya pilih pilihan yang kedua. Jika pilihan anda sesuai dengan yang direkomendasikan penulis, maka pada toolbar mail merge klik icon merge to new document,selanjutnya akan muncul form berikut ini:

2. Klik ok saja, lalu akan muncul Document microsoft Word baru dengan nama file letters1. Seperti ilustrasi berikut ini:

3. Dalam satu file letters1 terdapat 9(sembilan) halaman surat undangan yang masing-masing alamat suratnya menyesuaiklan dengan data yang terdapat pada file daftar mempelai.xls.

INAYATUL NURUL FADLILAH (A)

NIM : 10011839

4. Kemudian simpan dengan file>save lalu muncul form save As. Seperti berikut ini:

5. Pada isian file name isi dengan Undangan Massal kemudian tekan save. Perhatikan pula folder yang digunkan adalah folder defult yaitu My Document. Untuk lebih mendalami materi ini, cobalah berekplorasi dan mengembangkan materi ini.. Semoga bermanfaat……… SEMANGAT!!! 

INAYATUL NURUL FADLILAH (A)

NIM : 10011839

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->