P. 1
Pengertian Kloning Gen

Pengertian Kloning Gen

|Views: 265|Likes:
Published by sonofdesteny

More info:

Published by: sonofdesteny on Jun 30, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/13/2014

pdf

text

original

Pengertian Kloning Gen, Manusia Dan Menurut Agama Islam

Kloning; pengertian sederhanya adalah cangkok; yaitu penggabungan unsur-unsur hayati dua atau lebih untuk memperoleh manfaat tertentu. Di bidang biologi molekuler, pengertian kloning ini sering dikonotasikan dengan teknologi penggabungan fragment (potongan) DNA, sehingga pengertiannya identik dengan teknologi rekombinan DNA atau rekayasa genetik. Namun pengertian di luar itu juga masih tetap digunakan, misalnya kloning domba dsb, yang merupakan “penggabungan” unsur inti sel dengan sel telur tanpa inti. Dengan demikian teknologi kloning ini juga termasuk dalam wacana bioteknologi; malah bisa dikatakan sebagai hal yang mendasar untuk bioteknologi. Teknologi kloning memang memungkinkan untuk dikembangakan ke arah rekayasa pembuatan jaringan atau organ tertentu. Namun mesti memperhatikan masalah etik (mungkin ada yang punya pandangan tertentu mengenai etika ini? Ditinjau dari segi ajaran agama, misalnya?). Mengenai rekayasa darah untuk keperluan transfusi, meskipun sel darahnya sendiri bisa diusahakan melalui teknologi kloning (melalui stimulasi hematopoietic progenitors, atau dari stem cells-nya), namun mesti juga harus memperhatikan komponenkomponen lainnya selain komponen sel-sel darah. Pengertian kloning:Kloning adalah teknik membuat keturunan derngan kode genetik yang sama dengan induknya, pada manusia kloning dilakukan dengan mempersiapkan sel telur yang sudah di ambil intinya lalu disatukan dengan sel somatic dari suatu organ tubu, kemudian hasilnya ditanamkan dalam rahim seperti halnya pada bayi tabung. Macam-macam teknik pengkloningan: kloning dapat dilakukan terhadap semua makhluk hidup tumbuhan,hewandan manusia.Pada tumbuhan kloning dapat dilakukan dengan tekhink okulasi,sedangkan pada hewan dan manusia,ada beberapa tekhnik-tekhnik yan dapat dilakukan, kloning ini dapat berupa kloning

kloning terhadap hewan atau tumbuhan jika memiliki daya guna bagi kehidupan manusi maka hukumnya mubah/boleh dalilnya : Q.Q.S.Q.AlHujurat:13.Al-Israa’:70. Q.S. oleh karna itu.S.S.S.praktek kloning manusia bertentangan dengan hukum islam dengan demikian kloning manusia dalam islam hukumnya haram. Al-Jatsiyah berdasarkan pengalaman yang telah dilakukan beberapa ulama’ dapat di ketahui mafsadat dari kloning lebih banyak daripada maslahatnya. An-Najm:45-46. Al-Qiyamah:37-38.S.:Q.Q.S. AlBaqoroh:29.Q.Dalil-dalil keharaman.embrio dan kloning hewan atau manusia itu sendiri.Q.S.Al-Ahzab:5.At-tiin:4 .

.

Penentuan sekuen DNA melalui sekuensing bertujuan untuk memastikan fragmen DNA yang kita isolasi adalah gen target sesuai dengan kehendak kita. phage atau cosmid) melalui teknologi DNA rekombinan yang selanjutnya membentuk molekul DNA rekombinan. misalnya strain E. DNA rekombinan yang dihasilkan kemudian ditransformasi ke dalam sel inang (biasanya sel bakteri. dan ekspresi gen target dalam sel inang. coli) untuk diproduksi lebih banyak. Fragmen DNA spesifik penyandi insulin kita isolasi dan diklon dalam suatu vektor membentuk DNA rekombinan yang selanjutnya produksi insulin dilakukan di dalam sel inang bakteri E. Kloning gen meliputi serangkaian proses isolasi fragmen DNA spesifik dari genom suatu organisme.Kloning Gen Kloning gen merupakan suatu terobosan baru untuk mendapatkan sebuah gen yang mungkin sangat dibutuhkan bagi kehidupan manusia. . Gen target yang kita peroleh selanjutnya kita klon dalam sebuah vektor (plasmid. coli. pembentukan molekul DNA rekombinan. penentuan sekuen DNA. GenGen target yang ada di dalam sel inang jika diekspresikan akan mengahsilkan produk gen yang kita inginkan Aplikasi kloning gen yang sudah pernah kita dengar adalah produksi insulin dengan pendekatan kloning gen.

.

Apa sih sebenarnya definisi atau pengertian bayi tabung itu? Apakah ini adalah cara untuk mendapatkan anak? Kalau dilihat dari kata ‘bayi’ & ‘tabung’. mungkin bayi tabung berarti bayi dari hasil pembuahan di tabung. Setelah berhasil. Dalam proses bayi tabung atau IVF. sel telur yang sudah matang (seperti masak telur saja ya) diambil dari indung telur lalu dibuahi dengan sperma di dalam sebuah medium cairan. In vitro adalah bahasa latin yang berarti dalam gelas/tabung gelas (nah nyambung juga kan dengan kata tabung). Dan vertilization adalah bahasa Inggrisnya pembuahan. embrio kecil yang terjadi dimasukkan ke dalam rahim dengan harapan dapat berkembang menjadi bayi… . Tetapi bayi tabung itu sebenarnya adalah proses pembuahan sel telur dan sperma di luar tubuh wanita. Ada juga yang bilang bayi tabung adalah bayi dari hasil tabungan … memang benar juga sih soalnya proses bayi tabung itu tidak murah alias menguras kantong. dalam istilah kerennya in vitro vertilization (IVF).Pengertian bayi Tabung Sering kali kita mendengar ‘ikut bayi tabung aja…’ atau ’anaknya dia dari hasil bayi tabung’.

Tikus Bernama Cumulina Cumulina merupakan yang pertama dari 50an tikus identik sepanjang tiga generasi yang dibuat di Universitas Hawai pada tahun 1998. Hewan tersebut ditimpa dengan masalah-masalah kesehatan juga menderita karena artritis prematur. Hewan kloning tersebut dinamakan Cumulina karena dia dibuat dari DNA sel-sel kumulus yang mengelilingi telur yang sedang berkembang pada indung telur tikus betina.Kloning Hewan Domba Bernama Dolly Kehadiran Dolly merupakan peristiwa penting dalam teknologi genetika yang menunjukkan bahwa para ilmuwan bisa membalikkan waktu selular dengan mengkonversi sel domba dewasa menjadi embrio yang kemudian tumbuh menjadi domba baru. Seorang penulis mengklaim bahwa Dolly “menatap anda dengan kedua mata merahnya yang penuh kebencian”. Cumulina merupakan hewan pertama yang dikloning dari sel-sel dewasa yang bertahan hingga masa dewasa dan menghasilkan dua seperindukan sehat. . Kelahirannya menyulut perdebatan sengit tentang etika dan akibat kloning. Sanggahan etika yang menentang kloning hewan diperkuat ketika domba tersebut dikritik pada tahun 2003 setelah mengidap penyakit paru-paru.

. Para ilmuwan di Amerika berharap bisa mengambil langkah besar dalam upaya melindungi spesies yang terancam punah dengan melahirkan kloningan gaur di sebuah peternakan di Iowa. Namun Noah mati sesaat setelah lahir pada tahun 2001. merepresentasikan percobaan pertama yang dilakukan oleh para ilmuwan untuk mengkloning hewan yang terancam punah.Gaur (Bos Gaurus) Bernama Noah Noah hewan gaur (spesies dari Asia Tenggara yang mirip bison).

Kita dapat membuat tumbuhan cloning sendiri dengan cara yang sangat sederhana. Banyak sekali ilmuwan saat ini terobsesi untuk menciptakan dua individu yang tepat sama. Para petani juga melakukan hal yang sama pada tumbuhan. Tusukkan tusuk gigi secara melintang ke dalam tubuh wortel (untuk menyangga tubuh wortel agar tidak tenggelam). seperti cangkok. dengan cara mengambil jiplakan gen atau sering dikenal dengan DNA. seperti percobaan berikut ini. Cara ini memiliki berbagai nama. dan menanamkannya pada sel telur manusia. Kita akan melihat dari bagian bawah wortel tumbuh akar-akar halus sementara bagian atasnya mulai tumbuh bakal daun berukuran kecil. Amati perkembangannya selama 1-2 hari. Tempatkan wortel itu pada stoples yang telah terisi air. Kini kita telah memiliki sebuah wortel baru yang siap untuk di tanam di tanah yang lebih subur dan cloning telah selesai kita lakukan. stek dan okulasi. .Kloning Tumbuhan Kloning merupakan usaha untuk memperbanyak suatu makhluk hidup tanpa harus berkembang biak. Mereka mengambil sebagian badan tumbuhan dan menanamnya di tempat lain. Alat dan Bahan : Sebuah wortel Air Tusuk gigi Pisau Stoples Langkah-langkah : Potonglah bagian atas wortel (bagian yang memiliki daun).

.

Kloning ditemukan pada tahun 1997 oleh Dr. . Cara kloning domba Dolly yang dilakukan oleh Dr. domba hasil kloning merupakan domba hasil perkembangbiakan secara vegetatif karena sel telur tidak dibuahi oleh sperma. Ian Willmut adalah sebagai berikut : • Mengambil sel telur yang ada dalam ovarium domba betina. Domba hasil rekayasa ilmuan Skotlandia tersebut diberi nama Dolly. • Memasukkan sel kelenjar mamae ke dalam sel telur yang tidak memiliki nukleus lagi. dan mengambil kelenjar mamae dari domba betina lain.Proses Kloning Kloning adalah penggunaan sel somatik makhluk hidup multiseluler untuk membuat satu atau lebih individu dengan materi genetik yang sama atau identik. • Sel telur dikembalikan ke uterus domba induknya semula (domba donor sel telur). Ian Willmut seorang ilmuan Skotlandia dengan menjadikan sebuah sel telur domba yang telah direkayasa menjadi seekor domba tanpa ayah atau tanpa perkawinan. kemudian domba tersebut akan hamil dan melahirkan anak hasil dari kloning. • Sel telur yang mengandung sel kelenjar mamae dimasukkan ke dalam uterus domba. • Mengeluarkan nukleus sel telur yang haploid. Jadi.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->