ROSNITA MAKMUR 10542004508

1. 10 minimal hal yang menjadi keistimewaan manusia disbanding dengan makhluk lain

1.Manusia adalah makhluk yang memiliki akal, yang tidak dimiliki oleh makhluk lainnya. Manusia dapat berfikir,berimajinasi. Kemampuanini dapat berkembang misalnya akal yang dimiliki oleh manusia dapat dikembangkan menjadi sebuah ilmu ataupun suatu tekhnologi , berkarya,berkreasi dll.

2.Manusia bdiberikan kemampuan berbicara dengan berbagai macam bahasa dan suara, Allah berfirman: ( * * * )

Ar Rahman, yang telah mengajarkan Al quran. Dia menciptakan manusia , mengajarnya pandai bicara (Ar-rahman : 1-4) Allah juga berfirman : Bukan kami telah memberikan kepadanya dua buah mata, lidah dan buah bibir (Al Balad : 8-9) 3. Manusia adalah satu-satunya makhluk yang dinyatakan Allah sebagai sebaik-baik penciptaan (Ahsanuttaqwim) sebagaimana firman-Nya :

Manusia diciptakan untuk bebas memiliki keinginan atau kehendak. namun itu juga sekedar instink dan bukan ilmu sehingga ia tak dapat mengembangkannya. Disini perbedaan antara manusia dan binatang ssngat jelas dimana binatang sulit untuk membentuk sifat dan karakter yang bermacam-macam seperti pada manusia. Firman Allah : Dia telah menciptakan kamu dari bumi(tanah) dan menjadikan sebagai pemakmurnya ( Hud : 61) 5.Allah berfirman: Sesunggunya Kami telah menunjukkannya (manusia ) jalan yang lurus. ada yang bersyukur ada pula yang kufur (Al Insan : 73) 7. sehingga manusia menjadi spesies paling terampil dalam memanfaatkan dan menggunakan peralatan. Manusia adalah satu-satunya makhluk yang dapat menyerap ilmu dan sekaligus mengembangkannya. Meskipun hewan mampu dilatih untuk suatu hal tertentu . Manusia memiliki berbagai macam sifat dan sikap. Manusia Ia dapat memilih jalan yang baik. sebagaimana . Hewan hanya memiliki instink . Allah yang Maha Berilmu telah menetapkan dan mengajarkan ilmu-ilmu kepada manusia.Segala yang di alam ini telah disediakan Allah untuk kepentingan manusia karena memang manusialah yang bertugas memakmurkan bumi. Hal ini tak mungkin terjadi pada makhluk lain. 8. sehingga segala gerak dan perbuatannya merupakan sekedar instinktif. Jari-jari yang lain juga lebih fleksibel dibandingkan primata. dapat pula memilih jalan yang sesat. 6. Manusia diberikan kedudukan yang tinggi diantara makhluk lainnya yaitu menjadi seorang pemimpin.( ) :4 ( At Tiin Sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dalm bentuk sebaik-baiknya : 4) 4. . Manusia adalah satu-satunya spesies yang dapat memutar jempol tangannya ke berbagai arah hinggga 360 derajat.

firman-Nya : ( ) Dan Dia mengajarkan kepada Adam nama-nama (benda) seluruhnya (Al Baqarah :31) Dalam ayat lain Allah berfirman : Dia mengajarkan kepada manusia apa-apa yang belum diketahuinya (Al Alaq : 5). kezaliman dan penganiayaan. 2. Manusia adalah satu-satunya spesies yang mampu berjalan dengan tegak di atas kedua kaki. setelah harta yang terkumpul menjadi banyak manusia terkadang merasa cukup dan manusia merasa itulah tujuan hidupnya Sebab orang-orang yang diperbudak oleh harta itu selalu akan berusaha menghasilkan harta agar terkumpul. Allah menegaskan bahwa sesama manusia diwajibkan untuk saling menyayangi. postur yang tegak ini banyak memudahkan berbagai aktivitas manusia. biarpun dengan berbuat dosa. dan tidak akan menghargai orang lain. harta benda. 10. Manusia memiliki sifat penyayang. Mereka menjadi sombong. beberapa diantaranya yaitu. panggilan atau jakan akan kebenaran tidak dihiraukan lagi tidak ada yang memikirkan kehidupan selanjutnya dan kehidupan yang sesungguhnya bagaimana yaitu di akhirat. 9. anak dan keturunan. Mengapa hanya sedikit manusia yang benar-benar beriman kepada Allah ? Ada banyak hal yang menjadikan manusia tidak beriman kepada Allah. Di pikiran manusia terus-menerus berpikir untuk mengumpulkan harta sebanyak-banyaknya baik untuk anak dan keturunan selanjutnya. . Banyak waktu manusia menghabiskan untuk beberapa alasan tadi.

. Dan apabila ia mendapat kabaikan ia amat kikir Ma arij : 19-21) 3.Sesungguhnya telah ada bagi kamu suatu tanda pada dua golongan yang bertemu. Padahal Allah menyokong dengan pertolonganNya siapa yang Dia kehendaki. Bersifat Susah Payah Sesungguhnya kami telah menciptakan manusia berada dalam susah payah ( Al Balad 2 Sifat Keluh Kesah dan Kikir Sesungguhnya manusia diciptakan bersifat keluh kesah lagi kikir. Suka membantah. Yang satu golongan berperang di jalan Allah dan yang lain adalah kafir. 10 ayat dalam alquran yang menyatakan sifat dan watak manusia. 1. Allah berfirman : ( ) dan manusia adalah makhluk yang paling banyak membantah (Al Kahfi : 54) (Al . dua kali sebanyak mereka. Apa bila ia ditimpa kesusahan iaberkeluh kesah. Sesungguhnya pada yang demikian itu adalah suatu ibarat bagi orang yang mempunyai fikiran. 3. Mereka (yang berperang karena Allah) melihat kepada mereka (yang kafir) dengan penglihatan mata.

Manusia memiliki sifat takabur Artinya : Dan (ingatlah) ketika Kami berfirman kepada para malaikat: "Sujudlah kamu kepada Adam." maka sujudlah mereka kecuali Iblis ia enggan dan takabur dan adalah ia termasuk golongan orang-orang yang kafir. .Zalim dan Bodoh Sesungguhnya manusia itu amat zalim dan bodoh ( Al Ahzab : 33) 8. Berlebih-lebihan dan Melampaui Batas Begitulah orang-orang yang melampaui batas memandang baik apa yang selalu mereka kerjakan ( Yunus : 12) 7..Sifat tergesa-gesa.4. Allah ( ) berfirman : Dan adalah manusia bersifat tergesa ( Al Isra :17 ) 5. Sifat Ingkar Sesungguhnya manusia itu sangat ingkar tidak berterima kasih kepada Rabbnya ( Al Adiyat : 6) 6. Bersifat lalai Mereka itulah oran-orang yang lalai ( Al A raf : 179) 9.

Lebih jauh lagi adalah perasaan takut ketika di akhirat nanti termasuk golongan orang yang merugi dan lebih sulit untuk mempertanggungjawabkan kehidupan yang telah dijalani. padahal menuntut ilmu sudah jelas hukumnya bagi orang beriman. sedang mereka melihat (sebabsebab kematian itu). Kita akan merasa rugi jika tidak menguasai ilmu pengetahuan.10. .Kualitas amal menjadi rendah sehingga sulit untuk dapat berkontribusi bagi orang lain. (Q. jika kita tidak menuntut ilmu ada keadaan yang biasanya tampak pada para penuntut ilmu itu. seolah-olah mereka dihalau kepada kematian. kehidupan kita nanti akan tertinggal dan terus semakin jauh tertinggal tanpa memiliki ilmu . (Al-anfaal :6) 4. Mengapa manusia harus menuntut ilmu ? Menuntut ilmu merupakan ibadah (dan insya Allah memang akan bernilai ibadah bagi kita). yaitu adanya perasaan takut jika kita tidak menguasai ilmu pengetahuan. niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orangorang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat.S. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan. manusia keras kepala mereka membantahmu tentang kebenaran sesudah nyata (bahwa mereka pasti menang). Al Mujaadilah [58] : 11).

ternyata menuntut ilmu itu merupakan perintah dari Allah. visi. Ibnu Majah) 5. 6.manusia diciptakan sebagai mahluk yang mengabdi dan beribadah kepada allah. mengapa manusia selalu gagal dalam mendefinisikan manusia? Manusia tidak dapat mendiinisikan manusia dikarenakan manusia adalah makhluk hidup yang tidak sempurna baik dari segi apapun.misi dan tujuan manusia diciptakan ? Misi adalah alasan keberadaan. Tujuan penciptaan manusia . (HR. Jadi jikalau manusia ditanyakan apa arti manusia maka. Misi manusia hidup didunia adalah semata-mata untuk beribadah kepada Allah SWT.sedangkan visi adalah keadaan dimasa mendatang yang ingin dicapai seperti hal nya cita-cita.Dari ayat-ayat dan banyak hadits yang ada. bersujud kepada allah maka tentu saja eksistensinya atau keberadaan manusia akan tergantung kepada seberapa jauh dia menyesuaikan diri dengan rancangan awal penciptaannya. Menuntut ilmu wajib atas tiap muslim (baik muslimin maupun muslimah).amanah yaitu sudah ada dalam diri manusia sendiri. Ayat alqur an yang berhubungan dengan visi dan misi penciptaan manusia .

berpuncak pada serangan terhadap Baghdad. Dan sekarang.tiada sekutu Bagi-Nya dan demikian itu yang diperintahkan kepadaku dan aku adalah orang yan pertama-tama menyerahkan diri (kepada allah) .tuhan semesta alam. 7. Islam mengahbiskan dirinya sebagai mercusuar tersebut.manusia dalam beribadah hendaklah hanya mengharap rido allah.ibadahku. sumber daya alam kita dan bahkan kita sebagai sumber daya manusia telah . Runtuhnya Kesultanan Turki Utsmaniyyah tercatat telah mencabik-cabik persatuan umat Islam sehingga Eropa pun semakin kuat mencengkeramkan kuku-kuku imperialisme-nya di negara-negara muslim. Manusia bisa membangun peradaban.(Q.dan matiku hanya untuk allah .dan tawakal. sehingga ia mampu berpikir secara progresif dalam membentuk peradabannya. Jelaskan dan berikan contoh ? Manusia adalah makhluk yang berakal (al-hayawan al-nathiq).Dan aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka menyembah Ku. Kejayaan peradaban Islam ini terus berlangsung sampai akhirnya Mongol menyerang dunia Timur Islam. Akhirnya. peradaban Islam mulai ambruk semenjak satu demi satu wilayah Islam ditaklukkan oleh Eropa.menjauhkan diri dari sifat kemusyrikan dan agar ibadah nya hanya diterima allah hendaklah dengan iklas. Manusia telah bergerak secara progresif dari Zaman Batu sampai akhirnya ke Zaman modern seperti sekarang ini.hodup dan mati pun hanya mengharap rido allah. Kordova pun tinggal kenangan belaka. Di dunia Barat Islam.sabar. Peradaban Islam mengakhiri kejayaannya bersamaan dengan tercerahkannya Eropa pada masa Renaisans. Contoh : Peradaban Islam ialah peradaban yang dalam waktu amat panjang telah menjadi mercusuar peradaban dunia.S ADZ-DZARYAT ayat 56) Wujud dari visi dan misi penciptaan manusia terdapat pada surat Al-An nam ayat 162163 yang artinya sebagai berikut: katakanlah :sesungguhnya shalatku . Setelah menaklukkan Persia dan Romawi.hidupku. bangsa-bangsa muslim. terbelenggu oleh imperialisme Eropa (Barat).

tetapi pendengaran.dieksploitasi habis-habisan. Jelaskan dan berikan contoh. 8. penglihatan dan hati mereka itu tidak berguna sedikit juapun bagi mereka. Kita seolah-olah telah lunglai dan merasa putus asa untuk bangkit dan mengejar Barat. karena semakin kita kejar ternyata laju mereka semakin cepat pula. dan hati yang bersih. hati yang buta. bahkan sangat rakus. Disamping sumber daya alam kita habis terkuras tanpa bisa kita nikmati. Kita tidak hanya telah mengalami kerugian besar dalam hal material. kita pun telah dilanda dengan inferioritas yang parah. 26. Kita telah cukup puas dengan menjadi plagiator bagi sains dan teknologi Barat. Kita juga sudah cukup puas. Hati yang tidak digunakan untuk memahami. Hati yang tidak digunakan untuk memahami. Dan sesungguhnya Kami telah meneguhkan kedudukan mereka dalam hal-hal yang Kami belum pernah meneguhkan kedudukanmu dalam hal itu dan Kami telah memberikan kepada mereka pendengaran. dan rendahnya tingkat pendidikan. penglihatan dan hati. dengan menjadi pasar atau konsumen bagi produk-produk Barat. namun yang lebih menyedihkan ialah bahwa kita telah mengalami depresi mental dan intelektual yang parah. karena . etos kerja yang buruk.

lalu mereka mempunyai hati yang dengan itu mereka dapat memahami atau mempunyai telinga yang dengan itu mereka dapat mendengar? Karena sesungguhnya bukanlah mata itu yang buta. dengki. yang ditanamkan oleh syaitan lewat hawa nafsu manusia. (Al-hajj : 46) Dalam ayat diatas dijelaskan Hati manusia menjadi buta. suka membuka rahasia orang lain. Dalam ayat diatas telah dijelaskan bahwa manusia telah diberikan hati tetapi manusia tidak mempergunakan dengan sebaik-baiknya untuk beriman dan bertaqwa kepada allah malahan kebanyakan manusia mengingkari ayat-ayat Allah dan sama sekali tidak menhiraukannnya. . 46.mereka selalu mengingkari ayat-ayat Allah dan mereka telah diliputi oleh siksa yang dahulu selalu mereka memperolok-olokkannya. zinna. Hati yang buta. takabur. bohong. Abdul Qadir Al-Jaelani mengatakan bahwa penyebab yang membutakan hati itu adalah diantaranya jahil atau tidak sefaham tentang hakikat perintah Tuhan. melihat diri lebih utama. maka apakah mereka tidak berjalan di muka bumi. irihati. suka membawa berita adu domba. Manusia menjadi jahil apabila jiwanya sudah dikuasai oleh sifat jiwa zalim. tetapi yang buta. seperti: syirik. ialah hati yang di dalam dada. dan semacamnya yang dapat menjatuhkan manusia ke dalam lembah kehancuran dan kehinaan. dusta. kikir.

kecuali orang-orang yang menghadap Allah dengan hati yang bersih. Ingatlah. . (Asy Syu'araa'. mau menguatkan potensi baik atau potensi buruk. 9. Seperti yang dijelaskan pada ayat di bawah ini. Potensi jiwa (nafs) yang baik dan buruk maka Allah mengilhamkan kepada jiwa itu (jalan) kefasikan dan ketakwaannya (asysyams: 7) disini dijelaskan dua potensi pada jiwa/nafsu setiap manusia.89) (yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka manjadi tenteram dengan mengingat Allah.Hati yang bersih 89. hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram. (ar-ra du :28) Dari ayat di atas dapat disimpulkan hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram. Hati menjadi bersih. Tinggal kita masingmasing.

siapa pun tidak bisa memuliakannya.apa di otak. artinya jika Allah memuliakannya. 10. Keridhaan tersebut terlihat pada anugrah yang diberikan-Nya berupa senantiasa berdzikir. Dimana letak akal itu. 2. Nafsu Mutmainah adalah nafsu yang lemah lembut. Nafsu Raudiah Adalah nafsu yang berusaha untuk melatih diri untuk mencintai Allah sepenuhnya. Nafsu Amarah Adalah nafsu yang berbangga apabila membuat sesuatu kemungkaran. b. 4. golongan ini adalah dijamin surga.( An Naazi´aat. Nafsu Kamaliah adalah nafsu yang sempurna. Mereka bisa juga disebut sebagai wali Allah. Nafsu ini adalah nafsu yang paling di ridhai Allah. sementara kemuliaan yang diberikan Allah SWT itu bersifat universal. ikhlas.Dan adapun orang-orang yang takut kepada kebesaran Tuhannya dan menahan diri dari keinginan hawa nafsunya. 3. nafsu yang hanya dimiliki oleh para Nabi dan Rasul.40) maka sesungguhnya syurgalah tempat tinggal(nya).41) contoh dari nafsu baik dan buruk yaitu: a. Nafsu Mardiah adalah nafsu yang terbaik dan yang paling dicintai Allah. mereka adalah golongan yang bermaksiat dimata dan dihatinya.hati jiwa? Jelaskan. . dan memperoleh kemuliaan. . siapa pun tidak akan bisa menghinakannya. demikian pula sebaliknya orang yang dihinakan oleh Allah SWT. Nafsu Baik 1. Nafsu Buruk 1. Mereka bergaul dengan orang banyak tetapi hatinya semata-mata hanya kepada Allah.( An Naazi´aat.mereka mendapat ketenangan dan menghilangkan gelisah di jiwa. 2. mereka adalah orang yang sholeh. mempunyai karomah. Nafsu Marhamah Adalah nafsu yang telah dapat membuang sifat tercela walau begitu mereka masih mengkritik diri sendiri.

. Berfikir itu berasal dari otak.akal itu mempunyai hubungan dengan otak dan hati. sedang keinginan berasal dari hati. sedang pemahaman berasal dari otak. Orang yang berkeinginan tak mungkin mempuyai keinginan kecuali setelah memahami apa yang ia inginkan.