SOAL DAN PEMBAHASAN IPA SMP KELAS 8 SEMESTER 2

GAYA
1. Perhatikan pernyataan di bawah ini : 1) Kelapa jatuh dari pohonnya. 2) Mendorong meja. 3) Magnet menarik paku kecil yang jatuh. 4) Kuda menarik gerobak. Peristiwa tersebut yang berhubungan dengan gaya tak sentuh adalah .... a. 1 dan 2 c. 3 dan 1 b. 2 dan 3 d. 3 dan 4 Jawaban : C Pembahasan : Gaya tak sentuh adalah gaya yang terjadi tanpa adanya sentuhan. Contohnya : gaya listrik, gaya magnet dan gaya gravitasi. Kelapa jatuh dari pohonnya terjadi karena adanya gaya gravitasi bumi, sedangkan magnet menarik paku kecil yang jatuh terjadi karena adanya gaya magnet. 2. Pengertian mengenai gaya di bawah ini benar, kecuali .... a. gaya dapat berupa dorongan atau tarikan. b. gaya dapat menggerakkan benda yang diam. c. gaya merupakan besaran skalar. d. gaya dapat mempercepat atau memperlambat gerak suatu benda. Jawaban : C Pembahasan : Gaya adalah suatu tarikan atau dorongan yang dapat menyebabkan perubahan bentuk atau gerak suatu benda. Benda termasuk besaran vektor karena mempunyai nilai dan arah. 3. Dua buah gaya masing-masing besarnya 110 N dan 65 N bekerja pada sebuah benda. Besarnya resultan kedua gaya tersebut adalah .... a. 175 N, jika kedua gaya tersebut berlawanan arah. b. 175 N, jika kedua gaya tersebut searah. c. 45 N, jika kedua gaya tersebut searah. d. 45 N, jika kedua gaya tersebut tegak lurus. Jawaban : B Jika kedua gaya searah, maka R = F1 + F2 = 110 N + 65 N = 175 N Jika kedua gaya berlawanan arah, maka R = F1 - F2 = 110 N – 65 N = 45 N 4. Resultan dua gaya yang segaris dan searah sama dengan .... a. jumlah kedua gaya itu. b. selisih kedua gaya itu. c. perkalian kedua gaya itu. d. pembagian kedua gaya itu. Jawaban : A Pembahasan : resultan dua gaya yang segaris dan searah sama dengan jumlah kedua gaya tersebut.

IPA Kelas 8 Semester 2 __________________________________________________________________ Oleh :Sukajiyah, SKM

GAYA

5. d. d.Yang menyebabkan sepeda yang sedang melaju menjadi berhenti (tanpa di rem) adalah terdapatnya gaya gesekan di antara as sepeda dengan bagian luarnya (konusnya) . Perhatikan gambar di samping. Jawaban : B Pembahasan : Benda yang dalam keadaan seimbang maka benda tidak mengalami perubahan gerak. resultannya nol c. benda tersebut mengalami kelembaman dan resultan gayanya sama dengan 0. 45 N d..Gaya gesekan antara ban dengan tanah merupakan gaya gesekan statis. F2 searah dengan F3 sehingga F2. berlawanan arah. 105 N b. a. terdapat gaya gesekan antara kaki dengan pedal.. sama besar dan searah. Jika sepeda yang sedang melaju kita biarkan tidak dikayuh lagi maka lama kelamaan akan berhenti...3 = F1 . Benda dikatakan dalam keadaan seimbang bila gaya-gaya yang bekerja pada benda tersebut .. 400 N Jawaban : A Pembahasan : Karena massa benda selalu tetap. Bila percepatan gravitasi bulan 1/6 percepatan gravitasi bumi.3 sehingga resultan ketiga gaya tersebut adalah : F 1. 95 N c.3 = F2 + F3 = 40 N + 45 N = 85 N F1 berlawawan arah dengan F2. jadi tidak menyebabkan sepeda berhenti.. a. Seorang astronot di bumi beratnya 600 N.3 = 100 N – 85 N = 15 N 8.. 100 N b.. karena . a. 15 N Jawaban : D Pembahasan : Pada gambar. terdapat gaya gesekan antara ban dengan tanah b.. sama b.. SKM GAYA . 7.. maka berat astronot di bulan adalah . 6. 200 N d.F2.. terdapat gaya gesekan antara As sepeda dengan bagian luarnya (konusnya) c.2. Resultan gaya dari ketiga gaya tersebut adalah . 160 N c. maka 1 𝑤 𝑏𝑢𝑚𝑖 𝑔 𝑏𝑢𝑚𝑖 = 𝑔 𝑏 𝑢𝑙𝑎𝑛 => wbulan = wbumi x 𝑏 𝑢𝑙𝑎𝑛 𝑤 𝑔 𝑏 𝑢𝑙𝑎𝑛 𝑔 𝑏𝑢𝑚𝑖 Wbulan = 600 N x 6𝑔 𝑏𝑢𝑚𝑖 1 𝑔 𝑏𝑢𝑚𝑖 = 600 N x 6 = 100 N IPA Kelas 8 Semester 2 __________________________________________________________________ Oleh :Sukajiyah. a. karena jalan tidak rata Jawaban : B Pembahasan : .

. __Semoga Bermanfaat__ IPA Kelas 8 Semester 2 __________________________________________________________________ Oleh :Sukajiyah.nilai gravitasi di khatulistiwa paling besar Jawaban : A Pembahasan : Semakin dekat suatu tempat ke pusat bumi. Ternyata bumi tidak sepenuhnya bulat tetapi agak pepat di kedua ujungnya. a. yaitu di kutub. gesekan ban dengan jalan raya yang permukaannya kasar Jawaban : C Pembahasan : Gesekan pada sistem pengereman memberikan keuntungan yaitu dapat menghentikan laju kendaraan misalnya untuk menghindari tabrakan. gesekan antar logam pada mesin b. sehingga jarak kutub ke pusat bumi lebih dekat dibandingkan jarak khatulistiwa ke pusat bumi. SKM GAYA .. a.9... Gesekan antar logam pada mesin akan mengakibatkan mesin cepat aus  merugikan Gesekan udara dengan badan mobil akan menghambat laju mobil  merugikan Gesekan ban dengan jalan raya yang permukaannya kasar mengakibatkan ban akan cepat aus  merugikan.. karena . 10. gesekan pada sistem pengereman d.. Dengan demikian berat benda di kutub lebih besar daripada berat benda di khatulistiwa. Berat benda di kutub lebih besar daripada berat benda di khatulistiwa. maka akan mengalami gaya tarik gravitasi semakin besar. gesekan udara dengan badan mobil c. sehingga gaya gravitasi di kutub lebih besar daripada gaya gravitasi di khatulistiwa. nilai gravitasi di kutub paling besar b. panjang jari-jari bumi ke kutub paling besar c. panjang jari-jari bumi ke khatulistiwa paling kecil d. Peristiwa gesekan berikut yang menguntungkan adalah .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful