MEMBEDAKAN FAKTA DAN OPINI DARI BERBAGAI LAPORAN

Diajukan untuk memenuhi salah satu Tugas Mata Kuliah Bahasa Indonesia

Disusun Oleh : Dinda Junaedi Abdurrahman
120 940 2036

KPI – A

FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI BANDUNG 2009

Berkat limpahan karunia-NYa. nasional. Saya dapat menyelesaikan penulisan. tetapi juga jaringan kerja sama dengan pihak lain. Kritik dan saran akan sangat membangun saya untuk terus maju. Terkait dengan berbahasa maka kita akan menemui permasalahan mengenai penentuan fakta dan opin. yang terkadang menjadi suatu kontrofersi. dan global. September 2009 Dinda Junaedi Abdurrahman 120 940 203 . Shalawat beserta salam juga semoga tercurah limpahkan kepada pemimpin kita Habibana Wanabiyyana Muhammad SAW. kita harus membekali diri untuk menghadapi persaingan tersebut.KATA PENGANTAR Segala puja-puji dan syukur saya panjakan kehadirat Allah SWT Yang Maha Esa. Oleh karena itu. baik persaingan secara local. kemampuan berbahasa atau berkomunikasi sangat diperlukan. Mohon maaf apabila ada pembahasan dalam sajian ini yang kurang berkenan. Persaingan dalam segala hal yang terkadang sulit untuk kita hindari. abad yang penuh persaingan. Oleh karena itu. Pada abad sekarang. Bekal ilmu pengetahuan dan Teknologi saja tidak cukup karena dalam era global sekarang ini sistem kerja tidak hanya mengandalkan individu. karena kurang bisa memahami apa yang disampaikan.

Bahkan. orang-orang dapat berbeda opini karena faktor-faktor pengalman tersebut. Begitu pula dengan Opini. Contoh .Apakah yang dimaksud dengan Fakta dan Opini ? Fakta adalah suatu hal atau peristiwa yang benar-benar terjadi dengan apa adanya sedangkan Opini adalah suatu hal yang berupa pendapat atau tanggapan seseorang. Ciri-ciri Opini Aspek Isi Ciri-ciri Isi opini merupakan hasil pemahaman dan penilaian seseorang mengenai sesuatu hal (hal. dan perspektif seseoran. sudut pandang. Bagaimana ciri-ciri Fakta dan Opini ? Untuk menentukanfakta dan opini suatu laporan dari sumber yang kita peroleh terkadang tidak mudah. untuk mengenal lebih cepat dalam menetukan apakah laporan yang kita dapat itu fakta atau opini. Berikut sebagian ciri-cirinya. yang banyak digunakan sebagai penyempurna suatu laporan. peristiwa atau kejadian). tergantung dengan bukti-bukti/ fakta yang mendukungnya. Namun. Opini bisa salah atau benar. namun belum tentu terjadi. bumi . Oleh karena itu. Cara pengungkapan Wujud Berupa kalimat berita atau pernyataan Pengungkapan dalam kalimat berita atau pernyataan. Kebenaran Kebenaran opini bersifat relatif bergantung pada waktu dan tempat. Fakta sering kita temukan dari berbagai media. dan bukti-bukti pendukung yang relevan.Terhadap suatu hal. Opini sangat dipengaruhi oleh suatu pengalaman. latar belakang. faktor kepentingan juga sering mempengaruhi pendapat seseorang. Pada Tahun 2012. Opini biasanya berasal dari sumber laporan atau penulis laporan.

perhatikan ciri-ciri fakta sebagai berikut.diperkirakan akan hancur dan seluruh makhluk hidup akan mati akibat dari pergeseran lempengan bumi yang sangat besar. orang. Contoh . . Shalat Idul Adha yang dilaksanakan di daerah Kecamatan Situraja tepatnya di Mesjid Agung Situraja berjalan dengan lancar. Cara pengungkapan Wujud Berupa kalimat berita atau pernyataan Dalam kalimat berita atau pernyataan. Sebagai pembanding. Manfaat Bagi pendengar atau pembaca. Ciri-ciri Fakta Aspek Isi Ciri-ciri Isi fakta merupakan suatu peristiwa atau kejadian. Manfaat Bagi pendengar atau pembaca. atau entitas faktual lainnya dan selalu bersifat faktual. benda. fakta berguna untuk melengkapi informasi dan menambah pemahaman suatu konsep tertentu. Kebenaran Kebenaran suatu fakta seperti apa adanya sesuai dengan konteksnya masing-masing. opini membantu memahami sesuatu yang diuraikan dalam berita ataupun laporan Karena opini berbeda dengan fakta. Pada tanggal 27 November 2009.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful