PENGEMBANGAN INSTRUMEN EMPAT MODEL KEPRIBADIAN DISC

TUGAS KELOMPOK
Disusun Guna Memenuhi Tugas Matakuliah Pengembangan Sistem Evaluasi II Program Studi Pendidikan Agama Islam Jurusan Tarbiyah STAIN Surakarta Dosen Pengampu Oleh : Esti Winarni Musfiah Fajarwati Asngadi Yahya Ansori Tri Wiratmadji : 26.08.3.4.005 : 26.08.3.4.008 : 26.08.3.4.020 : 30.07.3.4.031

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM JURUSAN TARBIYAH SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI SURAKARTA 2011

0

E...6 6 .. D..5 .DAFTAR ISI COVER DAFTAR ISI BAB I PENDAHULUAN BAB II LANDASAN MATERI A....2 ...3 ...3 .0 . KAJIAN TEORI DEFINISI KONSEPTUAL VARIABEL : EMPAT MODEL KEPRIBADIAN (DISC) DEFINISI OPERASIONAL VARIABEL : EMPAT MODEL KEPRIBADIAN (DISC) KISI-KISI INSTRUMEN EMPAT MODEL KEPRIBADIAN (DISC) CONTOH INSTRUMEN EMPAT MODEL KEPRIBADIAN (DISC) . B. C..7 9 BAB III PENUTUP 1 ....1 .

Untuk itu dalam menilai kepribadian seseorang ada beberapa teori pendukung instrumen penilaian yang dikenal salah satunya model kepribadian DISC yang akan dibahas dalam makalah berikut. setiap orang memiliki nilai. menjelaskan dan mengelola komunikasi dan hubungan. Semakin kita memahami tentang kepribadian kita sendiri dan orang lain. 2 . lebih mampu kita menyadari bagaimana orang lain memandang kita dan bagaimana mereka bereaksi terhadap kepribadian dan gaya kita sendiri. memberi informasi dan belajar. motivasi. apakah tujuan anda pengembangan diri. bagaimana berkomunikasi. dan kekuatan khusus dan kualitas. Memahami kepribadian sangat membantu untuk menghargai bahwa setiap orang itu berbeda. Semakin kita memahami tentang kepribadian kita sendiri dan orang lain semakin kita mampu menilai apa yang memotivasi kita dan orang lain. dan setiap orang seharusnya diperlakukan dengan hati-hati dan terhormat. membantu orang lain atau bidang lain yang berkaitan dengan orang dan bagaimana kita bersikap.BAB I PENDAHULUAN Memahami kepribadian merupakan kunci untuk membuka kualitas manusia yang sulit dipahami. Perilaku dan kepribadian model juga telah digunakan oleh filsuf. Ada kepribadian yang berbeda dan model motivasi dan teori dan masing-masing menawarkan perspektif yang berbeda. bagaimana kita mengidentifikasi dan menyetujui tugas. Perilaku dan kepribadian model secara luas digunakan dalam organisasi terutama dalam psikometri dan tes psikometri. dan empati. Jika digunakan dengan tepat psikometri dan tes kepribadian dapat sangat bermanfaat dalam meningkatkan pengetahuan tentang diri sendiri dan orang lain. misalnya kepemimpian. merupakan faktor utama yang memungkinkan berhasil mengelola dan memotivasi orang lain dan diri sendiri. pemimpin dan manajer untuk ratusan dan dalam beberapa kasus ribuan tahun sebagai bantuan untuk memahami. Mengetahui bagaimana kita bekerja dengan orang lain.

mereka cenderung akan menjadi pemimpin yang otoriter. Sebaliknya. Meskipun demikian ketika menjadi leader. Mereka benarbenar menikmati berada bersama teman-temanya.BAB II LANDASAN TEORI A. Mereka cenderung menyukai posisi sebagai leader. dan melaksanakan berbagai hal. b. Orang-orang dengan model ini juga memiliki empati yeng tinggi terhadap orang lain dan mudah melibatkan perasaan ketika menjalankan aktivitasnya. Ketika orang-orang dimodel ini termotivasi secara negative. tidak bertele-tele. ekstrovert dan senang berada pada lingkaran pertemanan yang luas. berikan mereka kesempatan untuk mengambil keputusan dan berada dalam kendali. problem solver. berikan tantangan-tantangan baru. juga kesempatan untuk megarahkan yang lain. mereka lebih suka berhubungan dengan dan bekerja dengan orang-orang daripada sendirian. KAJIAN TEORI Terdapat empat model kepribadian yang lazim dikenal sebagai DISC yang merupakan singkatan dari : 1. Influence style Orang-orang dengan model ini adalah mereka yang suka bergaul dengan orang lain. Mereka juga kurang suka dengan detail. Mereka adalah jenis pribadi yang suka to the point. Mereka tidak suka menyelesaikan sesuatau atau bekerja sendirian (single fighter). Untuk menciptakan lingkungan motivasi yang benar pada model kepribadian seperti ini. karena pada dasarnya mereka senderung tipe yang suka dengan big view picture dan visioner. Jika anda harus mengarahkan mereka. Pesan harus jelas dan langsung pada pokok pembahasan ketika kita berinteraksi dengan model kepribadian seperti ini. pembuat keputusan. mereka dapat menjadi seorang pembangkang. Orang tipe ini adalah orang yang menyukai tantangan dan berani mengambil resiko. demanding. d. Mereka juga senang mengambil peran penting. dan kurang memiliki kesabaran serta empati pada bawahan. Terimalah kebutuhan mereka untuk variasai dan perubahan. Jika mungkin. Biarkan mereka tahu apa yang anda harapkan dari mereka. 2. Mereka juga tipe orang yang cepat menjadi bosan dengan suatu rutinitas. c. serta senang menggerakkan orang-orang disekitar mereka. Dominance style Orang-orang yang masuk dalam model ini adalah mereka yang suka mengendalikan lingkungan mereka. perlu diperhatikan hal-hal berikut : a. Hindari hal-hal yang terlalu pribadi atau berbicara terlalu banyak yang tidak ada hubunganya dengan pekerjaan. Mereka pada 3 .

Meskipun demikian. Orang-orang dalam model ini juga tergolong pribadi yang sabar. mereka termasuk golongan yang kurang menyukai perubahan yang radikal dan bersifat mendadak.dasarnya orang yang penuh optimisme. Ketika melakukan perubahan. antusias dan cenderung memiliki sifat dasar yang riang. Yakinkan mereka bahwa anda telah berfikir matang sebelum memutuskan perubahan. Pada sisi lain. Mereka adalah orang-orang yang lebih suka melakukan sesuatu secara sistematis. Berikan waktu anda untuk berinteraksi dan mendengarkan aspirasi mereka. termasuk deadline. Berikan mereka kesempatan untuk bekerja sama dalam tim untuk mencapai hasil yang diinginkan. 3. langkah demi langkah dan yakinkan bahwa kekhawatiran dan kecemasan mereka tidak akan terjadi. dapat diprediksi dan lingkungan kerja yang stabil dan harmonis. Berikan bimbingan dan arahan yang jelas. Untuk menciptakan iklim yang positif kepada orang-orang dengan model ini. Juga cenderung terpaku pada system yang yang sudah berjalan. b. Mereka juga cenderung menyukai sesuatu yang berjalan dengan konsisten. 4 . teratur dan bertahap. mereka bukan orang tepat ketika harus mengerjakan tugas-tugas yang menuntut ketelitian tinggi seperti akuntansi dan keuangan. dapat diandalkan dan cenderung memiliki loyalitas yang tinggi. mereka dapat menjadi best promotor untuk gagasan-agasan baru. Untuk memberikan motivasi bagi mereka. dan qulet. b. c. Ketika mereka mangalami demotivasi. Berikan mereka kesempatan atau ruang untuk menyelesaiakan masalah jika terjadi secara bertahap. Berikan arahan-arahan yang spesifik dan sistematis c. Pada sisi lain. reserve. sebab tanpa panduan ini mereka sering akan ngelantur dan tidak mampu menyelesaikan pekerjaan dengan tepat waktu. mereka cenderung akan menjadi orang yang kaku. resisten dan kemudian melakukan perlawanan secara pasif. bisa dilakukan hal-hal berikut : a. Steadiness Style Orang-orang dalam model ini cenderung introvert. bisa dilakukan hal-hal berikut : a. Sediakan tugas dimana mereka memiliki kesempatan untuk membangun relasi dan berhubungan dengan orang lain dari beragam latar belakang. d. pastikan dengan prosedur yang sistematis. Mereka butuh rasa aman. sehingga kurang terdorong untuk melakukan inovasi yang bersifat radikal.

Perlakuan yang optimal untuk orang-orang dalam model ini adalah sebagai berikut : a. merupakan individu yang sangat menghargai hubungan social dan menikmatinya. Mereka cenderung menyukai sesuatu yang direncanakan dengan matang dan bersifat menyeluruh. (2) sangat konsisten. (1) Berani mengambil resiko. sehingga melahirkan indikator sebagai berikut . Ketika memberikan intruksi harus disertai dengan data dan argument yang rasional dan sistematis. Steadiness Style adalah model kepribadian seseorang yang mempunyai ciri keras hati dan kesabaran yang tinggi. (3) memiliki empati tinggi. dan (4) loyalitas tinggi. mereka akan menjadi sinis atau sangat kritis. Memberikan tugas dimana terdapat kesempatan bagi mereka untuk mendemontrasikan keahlian mereka. 4. b. Memberikan tugas yang menuntut akurasi dan ketelitian. bersikap aktif dalam menangani masalah dan cenderung otoriter. sehingga melahirkan indikator sebagai berikut . Dominance Style adalah model kepribadian seseorang dengan kecenderungan mengendalikan lingkungan. (2) Menjadi pemimpin otoriter. Orang-orang dalam kategori ini adalah pemikir yang kritis dan suka melakukan analisa untuk memastikan akurasi. Pada sisi lain karena cenderung terfokus pada keteraturan pribadi dalam model ini cenderung skeptis terhadap gagasan-gagasan baru yang radikal. dan (3) Skeptis pada gagasan baru. Influence Style adalah model kepribadian seseorang dengan kepribadian interpersonal. dan (4) Tidak memiliki empati. (3) pribadi sabar. Conscientiousness Style adalah model kepribadian seseorang yang mempunyai ciri sangat memperhatikan ketelitian dan akurasi. Memberikan tugas yang membutuhkan perencanaan yang matang dan bersifat komprehensip. sehingga melahirkan indikator sebagai berikut : (1) menyukai keteraturan. Conscientiousness Style Orang-orang dalam kategori ini termasuk pribadi yang menekankan akurasi dan ketelitian. d. 2. Mereka juga agak enggan menerima proses perubahan yang mendadak. (2) Kritis dan prosedural. 5 . Mereka juga cenderung suka dengan pekerjaan yang mengacu pada prosedur dan standar operasi yang baku. c.4. B. (2) suka bekerja dalam tim kelompok. sehingga melahirkan indikator sebagai berikut : (1) suka bergaul dengan orang lain. 3. Ketika mereka termotivasi secara negative. (1) menyukai perencanaan yang matang. DEVINISI KONSEPTUAL VARIABEL : EMPAT MODEL KEPRIBADIAN (DISC) 1. (3) tidak sabar.

Steadiness Style adalah total skor dari responden setelah merespon instrument Steadness Style dalam pernyataan dengan rentang skor 0-1 4. DEFINISI OPERASIONAL VARIABEL : EMPAT MODEL KEPRIBADIAN (DISC) 1. Conscientiousness Style adalah total skor dari responden setelah merespon instrument Conscientiousness Style dalam pernyataan dengan rentang skor 0-1. Menyukai keteraturan 2 2. Pribadi sabar 1 4. Sangat konsisten 2 3. KISI-KISI INSTRUMEN EMPAT MODEL KEPRIBADIAN (DISC) Variabel DISC Subvariabel Dominance Style Indikator Jml Butir 1.C. Influence Style adalah total skor dari responden setelah merespon instrument Influence Style dalam pernyataan dengan rentang 0-1 3. Skeptis pada gagasan baru 2 Jumlah Butir 25 No Butir 1-2 3-4 5-6 7 8-9 10-11 12-13 14-15 16-17 18 19 20-21 22-23 24-25 - Influence Style Steadines Style Conscientiousness Style 6 . Memiliki empati tinggi 2 1. Tidak memiliki empati 1 1. Tidak sabar 2 4. Suka bergaul dengan orang lain 2 2. Dominance Style adalah total skor dari responden setelah merespon instrument Dominance Style dalam pernyataan dengan rentang skor 0-1 2. D. Menyukai perencanaan yang 2 matang 2. Loyalitas tinggi 1 1. Kritis dan prosedural 2 3. Berani mengambil resiko 2 2. Suka bekerja dalam tim kelompok 2 3. Menjadi pemimpin otoriter 2 3.

CONTOH INSTRUMEN EMPAT MODEL KEPRIBADIAN (DISC) Petunjuk : 1. jika sesuai dengan Anda atau Tidak. 2. Jawablah pernyataan dibawah ini dengan memberi tanda contreng ( ) pada kolom respon Ya.E. Respon No Pernyataan Ya 1 2 3 4 Dominance Style Saya selalu mengambil keputusan sendiri tanpa berembug Saya sangat berminat membeli barang pada saat cuci gudang Saya tidak bisa menerima kritik dengan lapang dada Saya sangat tersinggung kalau memberi perintah tidak segera dilakukan Saya bisa memahami kondisi kesibukan tiap-tiap individu Saya tidak bisa menunggu giliran terlalu lama Saya tidak peduli dengan kondisi orang lain Influence Style Saya lebih nyaman jika ada yang menemani dalam perjalanan Saya sangat bangga disapa dan dikenal di beberapa daerah Saya sangat bangga dipercaya sebagai anggota tim peneliti Saya lebih nyaman sebagai anggota kelompok dengan tujuan jelas Saya selalu mengajak anak buah saya untuk membantu kaum miskin Dalam bus saya serahkan tempat duduk pada yang lebih membutuhkan Steadiness Style Saya selalu merencanakan kegiatan harian dengan menulis di agenda Saya selalu mencatat yang telah terjadi pada jurnal harian Saya selalu berusaha melakukan hal-hal yang telah direncanakan Saya selalu berusaha menepati janji dengan tepat waktu Saya selalu menasehati anak buah yang selalu melanggar disiplin Saya tidak ingin pindah pekerjaan walau tidak dipromosikan Conscientiousness Style Demi keberhasilan tugas saya siapkan perencanaan seditail mungkin Saya tidak bisa bekerja tanpa perencanaan yang jelas Saya tidak bisa mentolerir kebiasaan menerabas Saya tidak bisa melakukan pekerjaan dengan meninggalkan prosedur 7 Tidak 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 . jika tidak sesuai dengan Anda. Respon Ya mendapat skor 1 dan Respon Tidak mendapat skor 0.

24 25 Saya terkadang masih meragukan keberhasilan pada program baru Saya akan pertimbangkan ide baru dari pegawai baru Jumlah Respon Skoring : Jika jumlah skor Anda 6 produktif Jika jumlah skor anda 7-13 produktif = Anda tidak bisa membangun hubungan interpersonal yang = Anda belum bisa membangun hubungan interpersonal yang Jika jumlah skor anda 14-20 = Anda bisa membangun hubungan interpersonal yang produktif Jika jumlah skor Anda 21 lebih produktif = Anda sangat bisa membangun hubungan interpersonal yang 8 .

Dominance Style y Berani mengambil resiko y Menjadi pemimpin otoriter y Tidak sabar y Tidak memiliki empati b. Definisi konseptual variable empat model kepribadian DISC a. Steadiness Style Model kepribadian seseorang yang mempunyai ciri keras hati dan kesabaran yang tinggi. dan cenderung otoriter. Dominance Style b. Influence Style Model kepribadian seseorang dengan kepribadian interpersonal. Influence Style y Suka bergaul dengan orang lain y Suka bekerja dalam tim kelompok y Memiliki empati tinggi c. merupakan individu yang sangat menghargai hubungan sosial dan menikmatinya. Steadiness Style 2. d. bersikap aktif dalam menangani masalah. Terdapat empat model kepribadian a. Steadiness Style y Menyukai keteraturan y Sangat konsisten y Pribadi sabar y Loyalitas tinggi 9 . Influence Style c. c. Conscientiousness Style Model kepribadian seseorang yang memiliki ciri sangat memperhatikan ketelitian dan akurasi. b. 3.BAB III PENUTUP KESIMPULAN 1. Kisi-kisi instrument empat model kepribadian DISC a. Dominance Style Model kepribadian seseorang dengan kecenderungan mengendalikan lingkungan.

d. Conscientiousness Style y Menyukai perencanaan yang matang y Kritis dan prosedural y Skeptis pada gagasan baru 10 .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful