1.

TUGAS POKOK DAN FUNGSI KEPALA DESA

TUPOKSI KEPALA DESA

a. Membantu dalam memasyarakatkan tujuan, prinsip dan kebijakan PNPM Mandiri Perdesaan kepada masyarakat di wilayahnya b. Mewakili desanya dalam urusan kerja sama antar desa di dalam MAD c. Mengoordinasikan pembangunan yang seluruh ada di kegiatan desa hasil dusun

d. Mengoordinasikan pelaksanaan pendataan RTM setiap

dan

e. Membantu dan mendorong terlaksananya MMDD dan pemanfaatan hasil MMDD dalam penyusunan RPJMDes serta tahapan pelaksanaan lain di desa f. Mendorong Badan Kerja dan memfasilitasi terbentuknya sama Antar Desa (BKAD)

g. h. dan Surat Pernyataan Penyelesaian Pelaksanaan Kegiatan (SP3K). . i.Menandatangani dokumen-dokumen yang diperlukan seperti: Surat Perjanjian Pemberian Bantuan (SPPB).Turut menyelesaikan perselisihan dan permasalahan yang terjadi dalam masyarakat berkaitan dengan pelaksanaan PNPM Mandiri Perdesaan.Memeriksa setiap laporan. termasuk laporan penyelesaian akhir kegiatan PNPM Mandiri Perdesaan baik fisik. administrasi dan keuangan. Surat Kesanggupan Menyelesaikan Pekerjaan.

7. 15. 5. Pengelolaan administrasi umum meliputi penyusunan program. 14. Pengkoordinasian kegiatan pembangunan. Pengelolaan pengaduan masyarakat. 9. 2.2. kepustakaan dan kearsipan. Pelayanan masyarakat. ketatausahaan. Penyusunan dan pelaksanaan Standar Pelayanan Publik (SPP). Pemeliharaan sarana dan prasarana pelayanan umum. Pemberdayaan masyarakat. Pelaksanaan kegiatan pemerintahan. 11. 10. Penyampaian data hasil pembangunan dan informasi lainnya terkait layanan publik secara berkala melalui web site Pemerintah Daerah. 8. TUGAS POKOK DAN FUNGSI LURAH TUPOKSI LURAH 1. 4. Pelaksanaan fasilitasi pengukuran Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) dan/atau pelaksanaan pengumpulan pendapat pelanggan secara periodik yang bertujuan untuk memperbaiki kualitas layanan. Penyusunan dan pelaksanaan Rencana Strategis dan Rencana Kerja. keuangan. Penyelenggaraan ketentraman dan ketertiban umum. perlengkapan. 12. Penyelenggaraan kegiatan peningkatan kesejahteraan masyarakat. 13. rumah tangga. Pembinaan lembaga kemasyarakatan. kehumasan. 3. 6. . ketatalaksanaan. kepegawaian. Pelaksanaan Standar Pelayanan Minimal (SPM).

b. .16. Ketentraman dan Ketertiban Umum. 17. Seksi Pemerintahan. Sekretaris Kelurahan. Seksi Kesejahteraan Masyarakat. Lurah. d. Seksi Pemberdayaan Masyarakat dan Pembangunan. Pengevaluasian dan pelaporan pelaksanaan tugas pokok dan fungsi. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Walikota sesuai dengan tugas dan fungsinya. c. 4) Struktur organisasi Kelurahan. e. terdiri dari : a.

dan selektif. dan keseimbangan dalam pengendalian Penyelenggara Negara. 3. 6. 5. dan 7 di jelaskan tentang asas umum penyelenggaraan negara yaitu sebagai berikut : 1. . 4. dan keadilan dalam setiap kebijakan Penyelenggara Negara. Asas Kepentingan Umum adalah asas yang mendahulukan kesejahteraan umum dengan cara yang aspiratif. ASAS PEMERINTAHAN Dalam Pasal 3 UU RI No. 28 Tahun 1999 Poin 1. 2. keseraslan. Asas Kepastian Hukum adalah asas dalam negara hukum yang mengutamakan landasan peraturan perundang-undangan. kepatutan. Maksudnya asas ini menghendaki pemerintah harus mengutamakan kepentingan umum terlebih dahulu. akomodatif. 2. Maksudnya asai ini menhendaki dihormatinya hak yang telah diperoleh seseorang berdasarkan suatu keputusan badan atau pejabat administrasi negara. Asas Tertib Penyelenggaraan Negara adalah asas yang menjadi landasan keteraturan.3. 3.

. Asas Keterbukaan adalah asas yang membuka diri terhadap hak masyarakat untuk memperoleh informasi yang benar.4. Asas Proporsionalitas adalah asas yang mengutamakan keseimbangan antara hak dan kewajiban Penyelenggara Negara. 7. golongan. Asas Profesionalitas adalah asas yang mengutamakan keahlian yang berlandaskan kode etik dan ketentuan peraturan perundangundangan yang berlaku. 6. Asas Akuntabilitas adalah asas yang menentukan bahwa setiap kegiatan dan hasil akhir dari kegiatan Penyelenggara Negara harus dapat dipertanggungjawabkan kepada masyarakat atau rakyat sebagai pemegang kedaulatan tertinggi negara sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku. 5. jujur. dan rahasia negara. dan tidak diskrirninatif tentang penyelenggaraan negara dengan tetap memperhatikan perlindungan atas hak asasi pribadi.

Penulis berharap makalah ini dapat bermanfaat bagi siapa saja yang membacanya dan dipergunakan dengan sebaik baiknya. puji dan syukur pada Allah Subhanahu Waa Ta¶ala. Jatinangor. yang merupakan tugas Pelatihan dan sebagai Kelengkapan tugas Mata perkuliahan. Wassalamu¶alaikum Warahmatullahi Wabarakatu. Alhamdulillahirabil alamin. Tak lupa penulis mengucapkan terima kasih kepada pelatih dan pengarahan Ilmu Praktek Lapangan Penyelenggaraan Pemerintah Desa dan Kelurahan bermanfaat. April 2011. Penulis . dimana atas berkat rahmat dan karunianya penulis dapat menyelesaikan tugas makalah ini. Serta penulis mengharapkan pembaca dapat memaklumi kesalahan dalam penyusunan dan keterbatasan dalam makalah ini.KATA PENGANTAR Bismillahirahmanirrahim Assalamu¶alaikum warahmatullahi wabarakatuh. serta pada junjungan kita Nabi Muhammad SAW.