P. 1
KADER

KADER

|Views: 12|Likes:
Published by Ismail Andi Baso

More info:

Published by: Ismail Andi Baso on Jul 01, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/30/2013

pdf

text

original

KADER POSYANDU

1. Hariyati (HR) Usia39 Tahun.  Kira-kira ada nda kegiatan selain imunisasi dan menimbang di posyandu yang dilakukan setiap bulannya tu bu misalnya seperti penyuluhan setiap bulan: kalau penyuluhan nda pernah ada ya, karena kami memang tidak pernah meminta juga ke dinas kesehatan atau ke bagian kesehatan untuk mengadakan penyuluhan, paling vaksin sudah, timbang sudah selesai sudah pulang.  Apa sih sebenarnya yang mendorong ibu untuk jadi kader?: kalau saya ingin membangun desa ini aja, supaya desa ini lebih maju gitu ya dari desa-desa yang lain, itu aja.  Bagaimana tanggapan ibu tentang insentif yang didapat dari kegiatan posyandu?: kalau masalah insentif nda pernah kami dapatkan, selama tiga tahun saya menjadi kader nda pernah saya mendapatkan itu insentif. (ada nda bentuk perhatian misalnya dari PKK, ibu PKK nya lah paling nda?): nda ada, nda ada sama sekali nda ada dukungan sama sekali dari PKK tu, dari bank desa nda ada juga.  Apa sih sebenarnya hambatan ibu dalam menjalankan tugas sebagai kader?: kalau masalah hambatan itu ya ada masalahnya itu ibu PKK nda pernah memebrikan dukungan untuk pertama kali ya, yang kedua masalah ibu balitanya nda ada kerja sama lah dengan kader gitu, kalau mau datang ya datang, datang semaunya ga pake jam lagi gitu. Jam sebelas kah orang mau pulang situ datangnya, nda ada kerja samanya gitu na.

2. Diah Agustati (DG) Usia 42)

Kira-kira ada nda kegiatan selain imunisasi dan menimbang di posyandu yang dilakukan setiap bulannya tu bu misalnya seperti penyuluhan setiap bulan: Ga ada pernah penyuluhan di posyandu itu bu, karena kami juga ga pernah meminta kepada petugas kesehatan. Kalau petugas kesehatan datang habis imunisasi, langsung pulang.

Apa sih sebenarnya yang mendorong ibu untuk jadi kader?: Saya jadi kader sekedar ingin membantu kegiatan di desa bu.

Bagaimana tanggapan ibu tentang insentif yang didapat dari kegiatan posyandu?: Selama saya jadi kader bu ya, kami tidak pernah dapat insentif dari pihak mana pun. (misalnya dari ibu PKK, atau dari aparat desa atau yang petugas desa lain pernah ga bu?): ga, ga pernah bu.

Apa sih sebenarnya hambatan ibu dalam menjalankan tugas sebagai kader?: Ada sih bu, terkadang hambatan-hambatannya tu bu ya karena kami melayani ibu balita kadang-kadang ada juga yang mau cepat ya alasannya mau masak, terus dilayani jadi kadand-kadang ada kesal juga, terus dan kadang-kadang dimintai jimpitan tu ya ada yang mau ada yang ga gitu dan lagi ibu PKK ga pernah datang penyuluhan misalnya memberikan saransaran apa gitu atau pengunjungan setiap sebulan sekali gitu. (jimpitan tadi sebenarnya untuk apa bu?): untuk itu makanan tambahan untuk balita, soalnya kan ga ada dana dari desa, jadi posyandu mengelola sendiri. (terus yang masaknya sayurnya tu siapa yang masak buburnya?): yang masak buburnya sih ibu kader juga.

3. Novika (Novika Usia 38 Tahun)

Kira-kira ada nda kegiatan selain imunisasi dan menimbang di posyandu yang dilakukan setiap bulannya tu bu misalnya seperti penyuluhan setiap bulan:ndik pernah jua ada penyuluhan di posyandu karena kami juga tidak pernah meminta kepada petugas kesehatan, kalau petugas kesehatan datang habis imunisasi langsung pulang.

Apa sih sebenarnya yang mendorong ibu untuk jadi kader?: Ya pengen membantu kegiatan desa aja.

Bagaimana tanggapan ibu tentang insentif yang didapat dari kegiatan posyandu?: Kami tidak pernah mendapat insentif dari pihak mana pun.

Apa sih sebenarnya hambatan ibu dalam menjalankan tugas sebagai kader?: Karena kami melayani ibu balita kadang ada juga pengen cepat dilayani jadi kadang dari pihak kami ada yang kesal sama ibu balita dan lagi ibu PKK nda pernah datang juga nengok ke posyandu kami.

4. Hajah Salmiah (56) Kira-kira ada nda kegiatan selain imunisasi dan menimbang di posyandu yang dilakukan setiap bulannya tu bu misalnya seperti penyuluhan setiap bulan :  Nda pernah bu, selain menimbang nda ada penyuluhan , dari pihak petugas kesehatan. Pokoknya habis datang nyuntik, habis nyuntik pulang.  Apa sih sebenarnya yang mendorong ibu untuk jadi kader?: Ya pengen membantu kegiatan desa aja.  Bagaimana tanggapan ibu tentang insentif yang didapat dari kegiatan posyandu?:ndik pernah bu leh kami dapat insentif .pernah ndik dari PKK memberi pitis untuk kader disini : ndik pernah bu leh.

Apa sih sebenarnya hambatan ibu dalam menjalankan tugas sebagai kader?: Karena kami melayani ibu balita kadang ada juga pengen cepat dilayani jadi kadang dari pihak kami ada yang kesal sama ibu balita dan lagi ibu PKK nda pernah datang juga nengok ke posyandu kami. Kadang tahu jua kami tu kesal bu (,Kenapa kesalnya bu ): sida ibu balita lambat datang nyawa dah lawas nunggui sida

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->