WAWASAN WIYATAMANDALA

Disampaikan dalam Masa Orientasi Peserta Didik Baru SMK COKROAMINOTO PANDAK Hari Rabu, 14 Juli 2010

Wahyu Tri Nugroho, S.Pd

PENGERTIAN WAWASAN WIYATA MANDALA = PENGETAHUAN = PENDIDIKAN = LINGKUNGAN .

dimana para anggotanya merasa ikut memiliki.Wawasan Wiyata Mandala adalah suatu pandangan atau sikap menempatkan sekolah sebagai lingkungan pendidikan. melindungi dan menjaga citra dan proses wibawa tersebut. proses komunikasi. Suatu lingkungan dimana terjadi proses koordinasi. . Suatu wawasan proses pembudayaan tata kehidupan keluarga besar. tempat saling bekerja sama dan bantu membantu.

Wawasan Wiyatamandala 1. sehingga tidak boleh digunakan untuk tujuan selain bidang pendidikan 2. dan bertujuan sesuai tujuan pendidikan 3. Sekolah harus bertumpu pada masyarakat sekitarnya . Sekolah merupakan wiyatamandala (lingkungan pendidikan). Paraguru guru di dalam maupun di luar lingkungan sekolah harus senantiasa menjunjung tinggi martabat dan citra guru 5. Antara guru dengan orang tua siswa harus adasa ling pengertiandan kerjasama yang baik untuk mengemban tujuan pendidikan 4. Kepala Sekolah mempunyai tanggung jawab penuh untuk menyelenggarakan dalam lingkungan sekolahnya.

y Sekolah sebagai masyarakat belajar. .Makna yang terkandung dalam proses pendidikan Wiyata Mandala adalah : y Sekolah hendaknya betul-betul menjadi tempat terselenggaranya proses belajar mengajar tempat dimana ditanamkan dan dikembangkan berbagai nilai-nilai ilmu pengetahuan. keterampilan dan wawasan dalam rangka mencapai tujuan pendidikan Nasional yaitu manusia yang cerdas. menguasai ilmu dan tehnologi tetap berakar pada nilai-nilai budaya bangsa. nyaman. maka dalam kehidupan sekolah berperan unsur dan macam macam satuan. guru. seperti. tempat terjadinya proses pembudayaan kehidupan hanya dapat berfungsi dengan sebaik-baiknya apabila di lingkungan sekolah tersebut dapat diciptakan suasana aman. guru dan lingkungan sekolah. kepala sekolah. para siswa. dimana terjadi proses interaksi antara siswa. tertib dari segala ancaman. siap kerja. orang tua siswa. y Sekolah sebagai tempat terselenggaranya proses belajar mengajar. pegawai dan hubungan timbal balik antara sekolah dengan masyarakat dimana sekolah itu berada.

Wawasan wiyatamandala dapat diwujudkan dengan beberapa cara. ko-kurikuler. antara lain: Menciptakan sekolah sebagai masyarakat belajar (learning society) Pembinaan OSIS. keindahan. dalam kegiatan. kebersihan. ketertiban.kegiatan kurikuler. dan kekeluargaanya . Menciptakan suatu kondisi kemampuan dan ketangguhan yakni memiliki tingkat keamanan.

Hubungan Sekolah dengan Masyarakat berdasarkan wawasan wiyatamandala Sekolah Masyarakat .

PENUNJANG WAWASAN WIYATA MANDALA Mentaati tatatertip sekolah serta kepemimpinan kepala sekolah Hormat dan taat kepada guru Kerjasama antara Warga sekolah. orang tua siswa dan masyarakat Peran aktif siswa dalam proses belajar mengajar Ketahanan sekolah .

SEKIAN .