PANKREAS

Fungsi dalam Sistem Pencernaan

.

Insulin juga merangsang hati untuk merubah glukosa menjadi glikogen dan menyimpannya di dalam sel-selnya. yang menambah kadar gula dalam darah dengan mempercepat tingkat pelepasan dari hati. Beberapa fungsi dari pankreas adalah : ‡ Mengatur kadar gula dalam darah melalui pengeluaran glucagon. .Pankreas terletak pada bagian posterior perut dan berhubungan erat dengan duodenum (usus dua belas jari). terutama otot. ‡ Pengurangan kadar gula dalam darah dengan mengeluarkan insulin yang mana mempercepat aliran glukosa ke dalam sel pada tubuh.

Pankreas merupakan suatu organ yang terdiri dari 2 jaringan dasar: ‡ Asini menghasilkan enzim-enzim pencernaan ‡ Pulau pankreas menghasilkan hormon. .

dimana keduanya akan masuk ke dalam duodenum. Duktus pankreatikus akan bergabung dengan saluran empedu pada sfingter Oddi. . Enzim-enzim pencernaan dihasilkan oleh sel-sel asini dan mengalir melalui berbagai saluran ke dalam duktus pankreatikus.Pankreas melepaskan enzim pencernaan ke dalam duodenum dan melepaskan hormon ke dalam darah.

Pankreas juga melepaskan sejumlah besar sodium bikarbonat. Enzim proteolitik memecah protein ke dalam bentuk yang dapat digunakan oleh tubuh dan dilepaskan dalam bentuk inaktif. . yang berfungsi melindungi duodenum dengan cara menetralkan asam lambung. karbohidrat dan lemak.Enzim yang dilepaskan oleh pankreas akan mencerna protein. Enzim ini hanya akan aktif jika telah mencapai saluran pencernaan.

3 hormon yang dihasilkan oleh pankreas adalah: ‡ Insulin ‡ Glukagon ‡ Somatostatin atau GHIH .

. Merupakan sebuah hormon polipeptida yang mengatur metabolisme karbohidrat. hormon ini juga ambil bagian dalam metabolisme lemak(trigliserida) dan protein hormon ini memiliki properti anabolik. ‡ Insulin menyebabkan sel (biologi) pada otot dan adiposit menyerap glukosa dari sirkulasi darah melalui transporter glukosa GLUT1 dan GLUT4 dan menyimpannya sebagai glikogen di dalam hati dan otot sebagai sumber energi.Insulin ‡ Dihasilkan sel beta berfungsi menurunkan kadar gula dalam darah. Selain merupakan "efektor" utama dalamhomeostasis karbohidrat. Hormon tersebut juga mempengaruhi jaringan tubuh lainnya.

‡ Kadar insulin yang rendah akan mengurangi penyerapan glukosa dan tubuh akan mulai menggunakan lemak sebagai sumber energi. Pasien dengan diabetes mellitus tipe 1 bergantung pada insulin eksogen (disuntikkan ke bawah kulit/subkutan) untuk keselamatannya karena kekurangan absolut hormon tersebut. ‡ Insulin digunakan dalam pengobatan beberapa jenis diabetes mellitus. pasien dengan diabetes mellitus tipe 2 memiliki tingkat produksi insulin rendah atau kebal insulin. . dan kadang kala membutuhkan pengaturan insulin bila pengobatan lain tidak cukup untuk mengatur kadar glukosa darah.

berfungsi menghalangi pelepasan kedua hormon lainnya (insulin dan glukagon). satu dengan 14 asam amino dan 28 asam amino.Somatostatin ‡ Dihasilkan sel delta. . dan neuron dari nukleus perventrikular dari hipotalamus. sel delta pankreas. GHIH mempunyai dua bentuk dari irisan sebuah preproprotein. Merupakan hormon peptida yang mengendalikan sistem endokrin dan berpengaruh terhadap transmisisinyal saraf dan perkembangan sel tubuh. kelenjar hipokampus danbatang otak pada bagian nucleus tractus solitarii.GHIH disekresi oleh beberapa organ antara lain lambung. usus.