P. 1
Perkembangan Teknologi Kesehatan

Perkembangan Teknologi Kesehatan

|Views: 2,640|Likes:
Published by Bakhtiyar Sierad
nunutjoe.com, kumpulanartikel-nunutjoe.blogspot.com,Tugas, sejarah, konsep teknologi, Pens, Politelnik Elektronika Negeri surabaya, Teknik Elektronika
nunutjoe.com, kumpulanartikel-nunutjoe.blogspot.com,Tugas, sejarah, konsep teknologi, Pens, Politelnik Elektronika Negeri surabaya, Teknik Elektronika

More info:

Published by: Bakhtiyar Sierad on Jul 04, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/10/2013

pdf

text

original

Kesehatan

Definisi Kesehatan
Kesehatan adalah keadaan sejahtera dari badan, jiwa, dan sosial yang memungkinkan setiap orang hidup produktif secara sosial dan ekonomis. Kesehatan erat kaitannya dengan bidang kedokteran. Namun dalam presentasi kami ini, kami mengkhususkan topik bahasan kami tentang upaya pemerintah indonesia dalam pengembangan dalam bidang kesehatan.

Sejarah Dunia Kesehatan
Pada masyarakat Paleolitik (Jaman Purba), manusia hidup dengan tempat tinggal yang terisolasi dan mobilitas rendah. Hal ini dianggap dapat melindungi diri dari penyakit. Pada kenyataanya kekurangan nutrisi, kehidupan berpindah-pindah dan gangguan dari hewan buruan merupakan penyebab utama kematian.

Pada zaman Neolitic (Prasejarah), transisi kebiasaan manusia mengumpulkan dan memproduksi makanan serta kebiasaan manusia yang tidak menjaga kebersihan mengakibatkan jumlah penyakit bertambah. Pada zaman itu, manusia sudah mulai mengenal pengobatan tradisional yang berupa jamu maupun pembalut luka. Pada zaman itu pula manusia menggunakan pengobatan dengan menggunakan kekuatan supranatural dengan cara memilih dukun untuk melindungi masyarakat dari gangguan makhluk halus yang dianggap dapat menyebabkan penyakit.

Munculnya Ilmu kedokteran
Dari banyaknya penyakit yang telah berkembang, manusia kuno mulai berfikir untuk membuat penanggulanya yang disebut dengan ilmu kedokteran. Dunia kesehatan awalnya berkembang sejak 2500 tahun lalu di Yunani kuno. Ilmu kedokteran berangsur-angsur berkembang di berbagai tempat terpisah yakni Mesir kuno, Tiongkok kuno, India kuno, Persia, dan lainnya.

Sejarah Kedokteran Dunia
Ilmu kedokteran yang seperti dipraktikkan pada masa kini berkembang pada akhir abad ke-18 dan awal abad ke-19 di Inggris (oleh William Harvey, abad ke17), Jerman (Rudolf Virchow) dan Perancis (JeanMartin Charcot, Claude Bernard). Ilmu kedokteran modern, kedokteran "ilmiah" (di mana semua hasilhasilnya telah diujicobakan) menggantikan tradisi awal kedokteran Barat, herbalisme, humorlasime Yunani dan semua teori pra-modern. Pusat perkembangan ilmu kedokteran berganti ke Britania Raya dan Amerika Serikat pada awal tahun 1900-an (oleh William Osler, Harvey Cushing).

Dunia Kesehatan di Indonesia
Di Indonesia sendiri, ilmu pengobatan sudah ada sejak zaman nenek moyang dahulu. Pengobatan yang digunakan dari dulu sampai sekarang contohnya adalah jamu, ataupun obat-obat yang berasal dari ramuan yang tradisional lainnya.

Obat-obatan tradisional
Indonesia memiliki banyak sekali sumber daya alam yang dapat dijadikan sebagai obat. Beberapa contoh yang kita ambil adalah : 1. Buah Pala (sakit gigi, sakit perut) 2. Jeruk Nipis (kolesterol) 3. Tanaman Sosor Bebek (perut mules, asma) 4. Daun Kemangi (mencegah kemandulan) 5. DLL

Ini Penampakannya :

Jamu
Jamu sudah dikenal sudah berabad-abad di Indonesia yang mana pertama kali jamu dikenal dalam lingkungan Istana atau keraton yaitu Kesultanan di Djogjakarta dan Kasunanan di Surakarta. Bahan-bahan jamu sendiri diambil dari tumbuh-tumbuhan yang ada di Indonesia baik itu dari akar, daun, buah, bunga, maupun kulit kayu.

Kesehatan di Indonesia
Pemerintah Indonesia sudah cukup berbuat banyak untuk memperbaiki pelayanannya dalam hal kesehatan masyarakat. Sudah banyak program program yang dijalankan pemerintah Indonesia untuk membantu rakyatnya.

Asuransi Kesehatan
Asuransi kesehatan adalah sebuah jenis roduk asuransi yang secara khusus menjamin biaya kesehatan atau perawatan para anggota asuransi tersebut jika mereka jatuh sakit atau mengalami kecelakaan. Secara garis besar ada dua jenis perawatan yang ditawarkan perusahaanperusahaan asuransi, yaitu rawat inap (in-patient treatment) dan rawat jalan (out-patient treatment). Produk asuransi kesehatan diselenggarakan baik oleh perusahaan asuransi sosial, perusahaan asuransi jiwa, maupun juga perusahaan asuransi umum.

ASKES
Di Indonesia, PT Askes Indonesia merupakan salah satu perusahaan asuransi sosial yang menyelenggarakan asuransi kesehatan kepada para anggotanya yang utamanya merupakan para pegawai negeri baik sipil maupun non-sipil. Anak-anak mereka juga dijamin sampai dengan usia 21 tahun. Para pensiunan beserta istri ataupun suami juga dijamin seumur hidup. Di luar golongan tersebut pemerintah juga menyediakan program asuransi kesehatan kepada warga berpenghasilan rendah, kini disebut Jamkesmas

JAMKESMAS
Jaminan Kesehatan Masyarakat (JAMKESMAS) adalah sebuah program asuransi kesehatan untuk warga Indonesia. Program ini dijalankan oleh Departemen Kesehatan sejak 2004.

Pada tahun 2009 program ini mendanai biaya kesehatan untuk 76,4 juta penduduk, jumlah ini termasuk sekitar 2,650 juta anak terlantar, penghuni panti jompo, tunawisma dan penduduk yang tidak memiliki kartu tanda penduduk

Jamsostek
Jamsostek (Jaminan Sosial Tenaga Kerja) merupakan program publik yang memberikan perlindungan bagi tenaga kerja untuk mengatasi risiko sosial ekonomi tertentu dan penyelenggaraannya menggunakan mekanisme asuransi sosial. Risiko sosial ekonomi yang ditanggulangi oleh Program Jamsostek terbatas yaitu perlindungan pada : ‡ Peristiwa kecelakaan ‡ Sakit ‡ Hamil ‡ Bersalin ‡ Cacat ‡ Hari tua ‡ Meninggal dunia Hal-hal ini mengakibatkan berkurangnya atau terputusnya penghasilan tenaga kerja yang membutuhkan perawatan medis.

Data terakhir menunjukkan bahwa saat ini lebih dari 80 persen rakyat Indonesia tidak mampu, mendapat jaminan kesehatan dari lembaga atau perusahaan di bidang pemeliharaan kesehatan, seperti Akses, Taspen, dan Jamsostek.

Kemana yang 20% ?

20% sisanya adalah masyarakat kurang beruntung yang menggantungkan kondisi kesehatan mereka kepada .

Golongan masyarakat yang terbuang ini lebih memilih jalan pintas untuk menyelesaikan masalah kesehatan mereka pada teknik teknik pengobatan tradisional ataupun pengobatan alternatif yang belum tentu kebenaranya.

Golongan masyarakat yang dianggap 'teranaktirikan' dalam hal jaminan kesehatan adalah mereka dari golongan masyarakat kecil dan pedagang

Quotes
‡ "Kalau ke dokter mahal. Di sini (rumah Ponari), cukup hanya dengan membeli kupon saja. Soal tarif, tak ditentukan, - Karim, Pasien Ponari ‡ "Saya berangkat dari keyakinan. Dan saya yakin bisa sembuh, seperti beberapa tetangga saya yang sudah mendapatkan hasil dari sini, - Anonymous, Pasien Ponari ‡ "Dokter mahal. Berkali-kali saya berobat, selalu di tempat pengobatan alternatif, - Sutianah, Pasien Ponari ‡ orang yang gak punya duit itu dilarang sakit bocahiseng.blogspot.com

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->