P. 1
Perkembangan Teknologi Komunikasi

Perkembangan Teknologi Komunikasi

|Views: 1,938|Likes:
Published by Bakhtiyar Sierad
nunutjoe.com, kumpulanartikel-nunutjoe.blogspot.com,Tugas, sejarah, konsep teknologi, Pens, Politelnik Elektronika Negeri surabaya, Teknik Elektronikanunutjoe.com, kumpulanartikel-nunutjoe.blogspot.com,Tugas, sejarah, konsep teknologi, Pens, Politelnik Elektronika Negeri surabaya, Teknik Elektronikanunutjoe.com, kumpulanartikel-nunutjoe.blogspot.com,Tugas, sejarah, konsep teknologi, Pens, Politelnik Elektronika Negeri surabaya, Teknik Elektronikanunutjoe.com, kumpulanartikel-nunutjoe.blogspot.com,Tugas, sejarah, konsep teknologi, Pens, Politelnik Elektronika Negeri surabaya, Teknik Elektronikanunutjoe.com, kumpulanartikel-nunutjoe.blogspot.com,Tugas, sejarah, konsep teknologi, Pens, Politelnik Elektronika Negeri surabaya, Teknik Elektronika
nunutjoe.com, kumpulanartikel-nunutjoe.blogspot.com,Tugas, sejarah, konsep teknologi, Pens, Politelnik Elektronika Negeri surabaya, Teknik Elektronikanunutjoe.com, kumpulanartikel-nunutjoe.blogspot.com,Tugas, sejarah, konsep teknologi, Pens, Politelnik Elektronika Negeri surabaya, Teknik Elektronikanunutjoe.com, kumpulanartikel-nunutjoe.blogspot.com,Tugas, sejarah, konsep teknologi, Pens, Politelnik Elektronika Negeri surabaya, Teknik Elektronikanunutjoe.com, kumpulanartikel-nunutjoe.blogspot.com,Tugas, sejarah, konsep teknologi, Pens, Politelnik Elektronika Negeri surabaya, Teknik Elektronikanunutjoe.com, kumpulanartikel-nunutjoe.blogspot.com,Tugas, sejarah, konsep teknologi, Pens, Politelnik Elektronika Negeri surabaya, Teknik Elektronika

More info:

Published by: Bakhtiyar Sierad on Jul 04, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/14/2014

pdf

text

original

`

`

`

KANDUNG DRP (7110040005) ALIT SEPTIAN W (7110040021) ARNO PRIMADITYA (7110040028)

Kentongan merupakan media komunikasi paling kuno di indonesia,terkenal sejak jaman kerajaan Demak ,Mataram,Surakarta,Dan Jogjakarta. Kegunaan kentongan pada masa kerajaan di gunakan untuk menyampaikan perintah raja kepada rakyatnya. para pamong memukul kentongan maka rakyat berkumpul pada suatu tempat untuk mendengarkan perintah raja . kentongan besar yang terbuat dari kulit binatang di sebut bedug .

`

`

Nenek moyang, dulu menggunakan asap untuk media komunikasi karena asap di kenal dapat mengirimkan suatu pesan rahasia pada orang lain. Satu kepulan asap dapat berarti suatu peringatan,dua kepulan asap dapat berarti bahaya,dan tiga kepulan asap dapat berarti masalah atau meminta bantuan.

`

`

`

Komunikasi surat menyurat secara sederhana sudah ada sejak zaman kerajaan kutai,Taruma negara, Majapahit,Pejajaran ,Sriwijaya,dAN mAtaram. Media yang di gunakan untuk menulis surat tersebut ,antara lain kulit kayu,kulit bambu,daun lontar,tulang binatang ,labu hutan,dan lempengan batu atau lebih di kenal dengan prasasti. Prasasti adalah piagam yang tertulis pada batu,tembaga dan sebagainya.

Telegrafi adalah pengiriman jarak jauh dari pesan yang ditulis tanpa pengiriman fisik suatu surat. Alat untuk telegrafi dahulu disebut telegraf. Telegrafi nirkabel juga dikenal sebagai "CW", untuk gelombang kontinu (pembawa dimodulasi dengan memasukkan nyala-mati), yang bertentangan dengan teknik radio sebelumnya menggunakan spark gap.

Surat adalah sarana komunikasi untuk menyampaikan informasi tertulis oleh suatu pihak kepada pihak lain. Fungsinya mencakup lima hal: sarana pemberitahuan, permintaan, buah pikiran, dan gagasan; alat bukti tertulis; alat pengingat; bukti historis; dan pedoman kerja. Pada umumnya,dibutuhkan perangko dan amplop sebagai alat ganti bayar jasa pengiriman. Semakin jauh tujuan pengiriman surat maka nilai yang tercantum di perangko harus semakin besar juga.

Telepon merupakan alat komunikasi yang digunakan untuk menyampaikan pesan suara (terutama pesan yang berbentuk percakapan). Kebanyakan telepon beroperasi dengan menggunakan transmisi sinyal listrik dalam jaringan telepon sehingga memungkinkan pengguna telepon untuk berkomunikasi dengan pengguna lainnya.

Walkie Talkie dibuat pada tahun 1937 oleh seorang penemu asal Kanada yang bernama, Donald Lewes Hings , P.Eng, M.B.E., C.M. Pada saat pertama kali ditemukan, benda tersebut dinamakan waterproof 2ways radio dan diproduksi untuk Dominico pada tahun 1938. Nama lainnya Light Aircraft Emergency Set memiliki berat 12 pounds, besarnya 6´ x 7´ x 13´ dengan antena yang melipat kebawah, serta baterai di dalamnya.

Faksimile atau biasa dikenal dengan faks, berasal dari kata 'fac simile' (make similar) dalam bahasa latin, yang artinya membuat salinan yang sama dengan aslinya. Dalam bidang yang lain, mesin faks juga dapat disebut telecopier. Mesin faks adalah peralatan komunikasi yang digunakan untuk mengirimkan dokumen dengan menggunakan suatu perangkat yang mampu beroperasi melalui jaringan telepon dengan hasil yang serupa dengan aslinya. *KELEBIHAN DAN KEKURANGAN Mesin faks membantu pengiriman suatu dokumen ke tempat yang jauh dalam waktu singkat. Ketika mengirim dokumen ke tempat yang jauh, maka mesin faks akan mengirim lebih cepat dan spontan melampaui kinerja pengiriman surat melalui pos. Namun kekurangan mesin faks dalam kualitas telah menurunkannya dalam posisi di bawah surat elektronik atau email sebagai bentuk alat transfer dokumen secara elektronik yang telah tersebar luas dan digunakan banyak sekali orang.

Telepon genggam (telgam) atau telepon selular (ponsel) atau handphone (HP) atau disebut pula adalah perangkat telekomunikasi elektronik yang mempunyai kemampuan dasar yang sama dengan teleponkonvensional saluran tetap, namun dapat dibawa ke mana-mana (portabel, mobile) dan tidak perlu disambungkan dengan jaringan telepon menggunakan kabel (nirkabel; wireless). Saat ini Indonesia mempunyai dua jaringan telepon nirkabel yaitu sistem GSM (Global System for Mobile Telecommunications) dan sistemCDMA (Code Division Multiple Access).

GENERASI 1 Telepon seluler generasi pertama disebut juga 1G. 1-G merupakan telepon seluler pertama yang sebenarnya. Tahun 1973, Martin Cooper dari Motorola Corp menemukan telepon seluler pertama dan diperkenalkan kepada public pada 3 April 1973. Teknologi yang digunakan 1-G masih bersifat analog dan dikenal dengan istilah AMPS. AMPS menggunakan frekuensi antara 825 Mhz- 894 Mhz dan dioperasikan pada Band800 Mhz. Salah satu kekurangan generasi 1-G adalah karena ukurannya yang terlalu besar untuk dipegang oleh tangan.

GENERASI 2
Generasi kedua atau 2-G muncul pada sekitar tahun 1990-an. 2G di Amerika sudah menggunakan teknologi CDMA, sedangkan di Eropa menggunakan teknologi GSM. GSM menggunakan frekuensi standar 900 Mhz dan frekuensi 1800 Mhz. Keunggulan dari generasi 2G adalah ukuran dan berat yang lebih kecil serta sinyal radio yang lebih rendah, sehingga mengurangi efekradiasi yang membayakan pengguna.

GENERASI 3
Generasi ini disebut juga 3G yang memungkinkan operator jaringan untuk memberi pengguna mereka jangkauan yang lebih luas, termasuk internet sebaik video call berteknologi tinggi. Tapi yang menarik pada generasi ini adalah mulai dimasukkannya sistem operasi pada handphone sehingga membuat fitur handphone semakin lengkap bahkan mendekati fungsi PC. Sistem operasi yang digunakan antara lain Symbian, Android dan Windows Mobile

GENERASI 4
Generasi ini disebut juga Fourth Generation (4G). 4G merupakan sistem telepon seluler yang menawarkan pendekatan baru dan solusi infrastruktur yang mengintegrasikan teknologi nirkabel yang telah ada termasuk wireless broadband (WiBro), 802.16e, CDMA, wireless LAN, Bluetooth, dan lain-lain. 4G juga memberikan penggunanya kecepatan tinggi, volume tinggi, kualitas baik, jangkauan global, dan fleksibilitas untuk menjelajahi berbagai teknologi berbeda. Terakhir, 4G memberikan pelayanan pengiriman data cepat untuk mengakomodasi berbagai aplikasi multimedia seperti,video conferencing, online game, dan lain-lain.

` `

1. Radiasi Sejumlah penelitian yang dilakuan menunjukkan radiasi telepon genggam berakibat buruk terhadap tubuh manusia. Misalnya meningkatkan risiko terkena tumor telinga dan kanker otak, berpengaruh buruk pada jaringan otak, merusak dan mengurangi jumlah sperma hingga 30 persen, mengakibatkan meningioma, neurinoma akustik, acoustic melanoma, dan kanker kelenjar ludah. Sayangnya, tak satu pun 6 vendor telepon seluler terbesar dunia merespon hasil-hasil penelitian tersebut. Boleh saja para ahli mengingatkan bahayanya gelombang elektromagnetik, namun hampir selalu ditanggapi produsen dengan statement, ³Aman-aman saja.´ Meski belum ada kepastian terhadap hasil penelitian ini, pimpinan proyek penelitian Franz Adlkofer menyarankan tindakan pencegahan dengan menganjurkan penggunaan telepon genggam hanya dalam keadaan darurat saja. Artinya, kalau di sekitar Anda tersedia telepon biasa sebaiknya Anda menghindari memakai telepon seluler. Atau, menggunakan peralatan hands-free kapan saja memungkinkan. 2. Gangguan Reproduksi Seperti sebuah mitos, tetapi ada sedikit data yang menyebutkan bahwa handphone dapat memberikan efek pada kesuburan pria. Faktanya, sebuah penelitian yang dipublikasikan jurnal medis, Fertility & Serility, menguji penggunaan handphone oleh 361 pria pada sebuah klinik kesuburan. Hasilnya menunjukkan bahwa semakin sering seorang pria menggunakan handphone-nya, semakin rendah jumlah, kualitas dan ketahanan sperma mereka. Pada bulan Oktober, dilaporkan sebuah penelitian yang dilakukan pada hewan menemukan bahwa tikus yang diberi emisi handphone 6 jam perhari selama 18 minggu memiliki kecenderungan yang lebih besar mengalami kematian sperma dibandingkan dengan tikus yang tidak diberi perlakuan. Peneliti tersebut mengatakan dari hasil tersebut bisa diyakini membawa handphone dekat dengan alat reproduksi dapat memberi efek negatif pada kesuburan.

`

` `

`

` `

`

`

`

3. Tumor Mulut Penggunaan ponsel dalam waktu lama dan rutin akan meningkatkan resiko tumor sekitar 50 persen dibanding mereka yang sama sekali tak menggunakan ponsel. Studi baru yang dilakukan ilmuwan Israel yang hasil penelitiannya dimuat di American Journal of Epidemiology menyatakan bahwa setidaknya 402 orang mengalami tumor mulut dalam kondisi sedang, sementara 56 lainnya masuk kategori kanker ganas. Penelitian ini melibatkan 1.266 pengguna ponsel. Mereka yang menggunakan ponsel lebih dari normal, atau menggunakan dalam waktu lama dan kontinyu beresiko mengembangkan tumor padaparotid gland (kelenjar liur), yang terletak di mulut dengan posisi dekat telinga. Pengguna ponsel di area pedesaan atau kawasan pinggiran, di mana ponsel bekerja lebih keras untuk melakukan kontak dengan BTS (Base Transceiver Station) terdekat, beresiko lebih besar terkena tumor. Studi menyebutkan bidang elektromagnetik yang dipancarkan ponsel secara kontinyu akan membuat sel tubuh bereaksi berlebihan. Namun tingkat radiasi ponsel yang digunakan selama ini masih dinilai terlalu kecil efeknya pada kesehatan bahkan untuk mengacaukan atau merusak struktur DNA. Para ilmuwan masih terus melanjutkan misteri efek ponsel pada kesehatan ini. Namun dampak negatif yang ditimbulkan teknologi handphone terhadap kesehatan dapat kita hindarkan dengan menggunakan handsfree agar radiasi yang di pancarkan oleh handphone tidak langsung memancar ke otak.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->