P. 1
Perkembangan Teknologi Pendidikan

Perkembangan Teknologi Pendidikan

|Views: 2,534|Likes:
Published by Bakhtiyar Sierad
nunutjoe.com, kumpulanartikel-nunutjoe.blogspot.com,Tugas, sejarah, konsep teknologi, Pens, Politelnik Elektronika Negeri surabaya, Teknik Elektronika
nunutjoe.com, kumpulanartikel-nunutjoe.blogspot.com,Tugas, sejarah, konsep teknologi, Pens, Politelnik Elektronika Negeri surabaya, Teknik Elektronika

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Bakhtiyar Sierad on Jul 04, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/10/2013

pdf

text

original

PENDIDIKAN

Di Pandu Oleh : - Yusuf Ardiansyah - Hersan Fahriansyah Putra - Agus Rizkyawan

Di Dukung Oleh : Firman Arifin

Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya dan masyarakat.

Tahapan Pendidikan

Tahapan Pendidikan
Pendidikan dasar Pendidikan dasar merupakan jenjang pendidikan awal selama 9 (sembilan) tahun pertama masa sekolah anak-anak yang melandasi jenjang pendidikan menengah. Pendidikan menengah Pendidikan menengah merupakan jenjang pendidikan lanjutan pendidikan dasar. Pendidikan tinggi Pendidikan tinggi adalah jenjang pendidikan setelah pendidikan menengah yang mencakup program sarjana, magister, doktor, dan spesialis yang diselenggarakan oleh perguruan tinggi. Pendidikan formal Pendidikan formal merupakan pendidikan yang diselenggarakan di sekolah-sekolah pada umumnya. Jalur pendidikan ini mempunyai jenjang pendidikan yang jelas, mulai dari pendidikan dasar, pendidikan menengah, sampai pendidikan tinggi. Pendidikan nonformal Pendidikan nonformal paling banyak terdapat pada usia dini, serta pendidikan dasar, adalah TPA, atau Taman Pendidikan Al Quran,yang banyak terdapat di setiap mesjid dan Sekolah Minggu, yang terdapat di semua gereja. Pendidikan informal Pendidikan informal adalah jalur pendidikan keluarga dan lingkungan berbentuk kegiatan belajar secara mandiri yang dilakukan secara sadar dan bertanggung jawab.

Jenis pendidikan

Jenis pendidikan
Jenis pendidikan adalah kelompok yang didasarkan pada kekhususan tujuan pendidikan suatu satuan pendidikan. Pendidikan umum Pendidikan umum merupakan pendidikan dasar dan menengah yang mengutamakan perluasan pengetahuan yang diperlukan oleh peserta didik untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Bentuknya: sekolah dasar (SD), sekolah menengah pertama (SMP), dan sekolah menengah atas (SMA). Pendidikan kejuruan Pendidikan kejuruan merupakan pendidikan menengah yang mempersiapkan peserta didik terutama untuk bekerja dalam bidang tertentu. Bentuk satuan pendidikannya adalah sekolah menengah kejuruan (SMK). Pendidikan akademik Pendidikan akademik merupakan pendidikan tinggi program sarjana dan pascasarjana yang diarahkan terutama pada penguasaan disiplin ilmu pengetahuan tertentu. Pendidikan profesi Pendidikan profesi merupakan pendidikan tinggi setelah program sarjana yang mempersiapkan peserta didik untuk memasuki suatu profesi atau menjadi seorang profesional. Pendidikan keagamaan Pendidikan keagamaan merupakan pendidikan dasar, menengah, dan tinggi yang mempersiapkan peserta didik untuk dapat menjalankan peranan yang menuntut penguasaan pengetahuan dan pengalaman terhadap ajaran agama dan /atau menjadi ahli ilmu agama. Pendidikan khusus Pendidikan khusus merupakan penyelenggaraan pendidikan untuk peserta didik yang berkelainan atau peserta didik yang memiliki kecerdasan luar biasa yang diselenggarakan secara inklusif (bergabung dengan sekolah biasa) atau berupa satuan pendidikan khusus pada tingkat pendidikan dasar dan menengah (dalam bentuk sekolah luar biasa/SLB).

Pada saat penjajahan belanda dulu di Indonesia sempat didirikan berbagai jenis sekolah-sekolah belanda yang dibagi-bagi menjadi beraneka ragam jenis, yaitu : 1. ELS (Eurospeesch Lagere School) atau disebut juga HIS (Hollandsch Inlandsch School) sekolah dasar dengan lama studi sekitar 7 tahun. Sekolah ini menggonakan sistem dan metode seperti sekolah di negeri belanda. 2. HBS (Hogere Burger School) yang merupakan sekolah lanjutan tinggi pertama untuk warga negara pribumi dengan lama belajar 5 tahun. AMS (Algemeen Metddelbare School) mirip HBS, namun setingkat SLTA/SMA. 3. Sekolah Bumi Putera (Inlandsch School) dengan bahasa pengantar belajarnya adalah bahasa daerah dan lama study selama 5 tahun. 4. Sekolah Desa (Volksch School) dengan bahasa pengantar belajar bahasa daerah sekitar dan lama belajar adalah 3 tahun. 5. Sekolah lanjutan untuk sekolah desa (Vervolksch School) belajar dengan bahasa pengantarnya bahasa daerah dan masa belajar selama 2 tahun. 6. Sekolah Peralihan (Schakel School) yaitu sekolah lanjutan untuk sekolah desa dengan lama belajar 5 tahun dan berbahasa belanda dalam kegiatan belajar mengajar. 7. MULO Sekolah lanjutan tingkat pertama singkatan dari Meer Uitgebreid Lager Onderwijs dengan tingkatan yang sama dengan smp / sltp pada saat jika dibandingkan dengan masa kini. 8. Stovia (School Tot Opleiding Van Inlansche Artsen) yang sering disebut juga sebagai Sekolah Dokter Jawa dengan masa belajar selama 7 tahun sebagai lanjutan MULO.

FILSAFAT PENDIDIKAN

FILSAFAT PENDIDIKAN Pendidikan adalah upaya mengembangkan potensi-potensi manusiawi peserta didik baik potensi fisik potensi cipta, rasa, maupun karsanya, agar potensi itu menjadi nyata dan dapat berfungsi dalam perjalanan hidupnya.

Filsafat pendidikan nasional Indonesia adalah suatu sistem yang mengatur dan menentukan teori dan praktek pelaksanaan pendidikan yang berdiri di atas landasan dan dijiwai oleh filsafat hidup bangsa "Pancasila" yang diabdikan demi kepentingan bangsa dan negara Indonesia dalam usaha merealisasikan cita-cita bangsa dan negara Indonesia.

Teknologi Pendidikan

Teknologi pendidikan adalah kajian dan praktik untuk membantu proses belajar dan meningkatkan kinerja dengan membuat, menggunakan, dan mengelola proses dan sumber teknologi yang memadai [1] Istilah teknologi pendidikan sering dihubungkan dengan teori belajar dan pembelajaran. Bila teori belajar dan pembelajaran mencakup proses dan sistem dalam belajar dan pembelajaran, teknologi pendidikan mencakup sistem lain yang digunakan dalam proses mengembangkan kemampuan manusia.

dari teknologi pendidikan dapat dinyatakan dengan kutipan pendapat Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Daoed Joesoef dalam Lokakarya Nasional Teknologi Pendidikan di Yogyakarta pada tahun 1982 sebagai berikut : ³Teknologi pendidikan perlu dipikirkan dan dibahas terus menerus karena adanya kebutuhan real yang mendukung pertumbuhan dan perkembangannya, yaitu (i) tekad mengadakan perluasan dan pemerataan kesempatan belajar; (ii) keharusan meningkatkan mutu pendidikan berupa, antara lain, penyempurnaan kurikulum, penyediaan berbagai sarana pendidikan, dan peningkatan kemampuan tenaga pengajar lewat berbagai bentuk pendidikan serta latihan; (iii) penyempurnaan system pendidikan dengan penelitian dan pengembangan sesuai dengan tantangan jaman dan kebutuhan pembangunan; (iv) peningkatan partisipasi masyarakat dengan pengembangan dan pemanfaatan berbagai wadah dan sumber pendidikan; (v) penyempurnaan pelaksanaan interaksi antara pendidikan dan pembangunan di mana manusia dijadikan pusat perhatian pendidikan.´

Pendidikan Jadul Vs Pendidikan Modern

Tinjauan Alat Tulis Tempat Reverensi System Pengajaran Tujuan

Jadul Sabak Sekolah Buku Menejelaskan Teori Belajar

Modern Komputer LBB, Online Internet Memehami Teori Naik ke tahap berikutnya/kerja

Alat Tulis Jadul Vs Alat Tulis Modern

Alat tulis jadul: Kalau mengingat alat sekolah jaman dahulu khususnya alat tulis, sungguh sangat primitive jika dibandingkan dengan alat tulis masa kini. alat tulis ini disebut dengan sabak. Nama itu mungkin sangat asing di telinga anak sekolah jaman sekarang, tetapi tidak bagi yang bersekolah dan duduk di sekolah dasar pada era 60 an. Sabak dan grip merupakan alat tulis yang lazim digunakan sebagai ganti buku tulis pada saat itu. Mungkin waktu itu keberadaan buku tulis sangat langka atau kalau ada harganya juga mahal. Sabak harus selalu berdampingan dengan grip. Sabak sebagai media untuk menulis sedangkan grip adalah alat tulisnya maka sampai sekarang tempat menyimpan pensil atau balpen disebut doosgrip,. Jadi kalau mengerjakan tugas atau ulangan ya sabak itulah yang digunakan. Dengan menggoreskan grip yang runcing di permukaan sabak, akan menghasilkan bekas seperti menulis pada kertas menggunakan pensil, tetapi agak lebih jelas dari pensil.

Alat Tulis Modern: Pada hari Senin 2 Mei 2011, dan bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional, Balai Pustaka meluncurkan buku pelajaran digital pertama di Indonesia. Produk ini dinamai Sabak BUBO. Peluncuran Sabak BUBO dilakukan oleh Menteri Pendidikan Nasional, Mohammad Nuh di Plaza Insan Berprestasi, di gedung Kementrian Pendidikan Nasional Jakarta.Penggunaan sabak digital di dunia pendidikan merupakan hal penting yang dilakukan pada saat ini. Sabak digital akan menggantikan buku konvensional sebagai tulang punggung pengajaran konvensional

Sabak BUBO merupakan program aplikasi komputer yang dapat diaplikasikan pada tablet PC Android maupun dekstop. Program ini dikembangkan dari buku wajib siswa. Sabak BUBO juga memberikan informasi tambahan mengenai subyek mata pelajaran siswa.

Tempat

LBB SSC yang terdepan dalam teknologi selalu berusaha untuk berinovasi sesuai dengan falsafah ³Kaizen´ yang artinya perbaikan terus menerus. Konsisten dengan komitmen tersebut: -LBB SSC mengenalkan Try Out yang terkomputerisasi pada saat itu masih menggunakan disket dan UNDER DOS. -LBB SSC mempelopori Audio Visual System dengan menggunakan TV dan computer serta penggunaan jaringan internet dan LAN. -LBB SSC mempelopori penggunaan internet di dalam kelas, Management Information System yang berbasis internet mulai diluncurkan, LBB SSC Bandung yang pertama sekali online untuk semua outletnya. -LBB SSC mempelopori portal pendidikan yang menghubungkan sekolah di Indonesia pada suatu komunitas pendidikan. Dimana baik Siswa, Orang tua dan Guru dapat saling berkomunikasi. Dengan mengakses www.s-s-net.com siswa dapat melihat informasi dari beberapa sekolah di Indonesia. -LBB SSC memperbaharui Audio Visual Systemnya dengan menggunakan teknologi VCD, sehingga lebih mudah diakses. Media ini menyimpan pengajaran para staf pengajar kami dan bisa dipinjam siswa untuk mengulang pelajaran di rumah. -LBB SSC meluncurkan program terintegrasi dari Management Information System dan fasilitas teknologi informasi terbaru seperti WAP, SMS, dan IVR serta menghubungkan seluruh fasilitas dan outlet seluruh Indonesia yang kami sebut : Sistem Saraf Digital.

Reverensi

Dulu

Sekarang

Sistem Pengajaran

Dahulu

Sekarang

Tujuan

Teknologi Pendidikan Modern

Sistem Belajar Online

Pembelajaran Online, Masa Depan Dunia Pendidikan Internet saat ini dapat dibilang merasuk ke semua sisi kehidupan kita. Tak ada yang tak terimbas olehnya. Salah satunya adalah dunia pendidikan kita. Bila dulu kegiatan belajar mengajar lebih banyak mengandalkan metode konvensional dengan pertemua fisik antara pengajar dan pelajar, dengan internet semua itu tak lagi jadi harga mati. Pengajar tak mesti bertatap muka langsung dengan pelajar, begitu pula sebaliknya. Materi belajar pun tak harus berupa buku dan material fisik tertulis, namun banyak bergeser menjadi materi digital berbasis multimedia. Sekali lagi, semua dimungkinkan dengan adanya perkembangan internet. Manfaat Elearning / E-Learning - Pembelajaran Online via Internet atau Intranet Services

Semakin banyak perusahaan dan individu yang memanfaatkan e-learning sebagai sarana untuk pelatihan dan pendidikan karena mereka melihat berbagai manfaat yang ditawarkan oleh pembelajaran berbasis web - internet ini. Dari berbagai komentar yang dilontarkan, ada tiga persamaan dalam hal manfaat yang bisa dinikmati dari e-learning.

Fleksibilitas Jika pembelajaran konvensional di kelas mengharuskan siswa untuk hadir di kelas pada jam-jam tertentu (seringkali jam ini bentrok dengan kegiatan rutin siswa), maka e-learning memberikan fleksibilitas dalam memilih waktu dan tempat untuk mengakses pelajaran.

Independent Learning E-learning memberikan kesempatan bagi pembelajar untuk memegang kendali atas kesuksesan belajar masing-masing, artinya pembelajar diberi kebebasan untuk menentukan kapan akan mulai, kapan akan menyelesaikan, dan bagian mana dalam satu modul yang ingin dipelajarinya terlebih dulu. Ia bisa mulai dari topik-topik ataupun halaman yang menarik minatnya terlebih dulu, ataupun bisa melewati saja bagian yang ia anggap sudah ia kuasai.

Biaya Banyak biaya yang bisa dihemat dari cara pembelajaran dengan e-learning. Biaya di sini tidak hanya dari segi finansial tetapi juga dari segi non-finansial. Secara finansial, biaya yang bisa dihemat, antara lain biaya transportasi ke tempat belajar dan akomodasi selama belajar (terutama jika tempat belajar berada di kota lain dan negara lain), biaya administrasi pengelolaan (misalnya: biaya gaji dan tunjangan selama pelatihan, biaya instruktur dan tenaga administrasi pengelola pelatihan, makanan selama pelatihan), penyediaan sarana dan fasilitas fisik untuk belajar (misalnya: penyewaan ataupun penyediaan kelas, kursi, papan tulis, LCD player, OHP).

Alhamdulillah Selesai.

Terima Kasih Atas Perhatianya.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->