1.

Adina Winanda P 2. Ahmad Faiz B 3. Amin Hudaya 4. Andi Setyo 5. Andiah Zahroh 6. Arif Rachman

LETAK GEOGRAFIS

390 km2. Dengan luas Wilayah: 55. .Secara Geografis NAD terletak pada Koordinat: 2°-6° LU dan 95°-98°BT. termasuk sejumlah pulau-pulau yang ada dilepas pantai sepanjang pantai Barat dan Selatan kawasan ini.

365.: 57.57 km2 € Ibukota : Banda Aceh € Batas-batas :  Utara : Laut Andaman  Timur : Selat Melaka  Selatan : Provinsi Sumatera Utara  Barat : Samudera Hindia € Luas .

€         Lingkup Daerah : 119 Pulau 35 Gunung 73 Sungai 21 Kabupaten 228 Kecamatan 642 Mukim 111 Kelurahan 5947 Gampong (Desa) .

termasuk Inggris. . Kekuasaan Aceh pula meliputi hingga Perak. kekuasaan Aceh mencapai pesisir barat Minangkabau. Aceh merupakan negeri yang amat kaya dan makmur. Kesultanan Aceh telah menjalin hubungan dengan kerajaan-kerajaan di dunia Barat pada abad ke-16. Menurut seorang penjelajah asal Perancis yang tiba pada masa kejayaan Aceh di zaman tersebut. dan Belanda.Pada zaman kekuasaan zaman Sultan Iskandar Muda Meukuta Perkasa Alam. Ottoman.

4. Bahasa Gayo Alas Bahasa Aneuk Jamee Bahasa Tamiang Bahasa Aceh .1. 3. 2.

SUKU-SUKU DI ACEH .

000 jiwa.Suku Gayo Suku Gayo adalah sebuah suku bangsa yang mendiami dataran tinggi di provinsi Aceh. Suku Gayo menggunakan bahasa yang disebut bahasa Gayo. Hal ini ada kaitannya dengan keadaan daerah itu yang membentang datar seperti tikar di sela-sela pegunungan Bukit Barisan. Suku Gayo beragama Islam dan mereka dikenal taat dalam agamanya. Kata "alas" dalam bahasa Alas berarti "tikar". Suku Alas Suku Alas merupakan salah satu suku yang bermukim di Kabupaten Aceh Tenggara. . Suku Gayo sebagian besar mendiami tiga kabupaten yaitu Kabupaten Aceh Tengah. Namun masih ada juga yang mempercayai praktek perdukunan misalnya dalam kegiatan pertanian. Jumlah populasinya mencapai 250. Kabupaten Aceh Bener Meriah dan kabupaten Gayo Lues. Suku Alas 100% adalah penganut agama Islam.

Suku Aneuk Jamee Suku Aneuk Jamee adalah sebuah suku yang tersebar di sepanjang pesisir barat Aceh. Jumlah penduduknya kurang lebih 200. .000 jiwa. Dari segi bahasa. Mereka mempunyai kesamaan dialek dan bahasa dengan masyarakat Melayu yang tinggal di kabupaten Langkat Sumatra Utara serta berbeda dengan masyarakat Aceh. mereka juga sama dengan masyarakat Melayu pesisir timur Sumatera lainnya.Dari segi kebudayaan. Orang Aceh menyebut mereka sebagai Aneuk Jamee yang berarti tamu atau pendatang. mereka memang berasal dari Ranah Minang. mereka diperkirakan masih merupakan dialek dari bahasa Minangkabau dan menurut cerita. Meski demikian mereka telah sekian abad menjadi bagian dari Aceh. Suku Melayu Tamiang Suku Melayu ini sebagian besar berdiam di kabupaten Aceh Tamiang.

Suku Kluet Suku Devayan Suku Sigulai Suku haloban Suku Julu .yang lain«..

SISTEM KEMASYARAKATAN .

golongan uleebalang yaitu orang-orang keturunan bawahan para sultan yang menguasai daerah-daerah kecil di bawah kerajaan.golongan keluarga sultan yaitu keturunan bekas sultan-sultan yang pernah berkuasa. Biasanya mereka bergelar Teuku. golongan ulama lazim disebut Teungku atau Tengku golongan rakyat biasa . dan cut untuk perempuan. Panggilan yang lazim untuk keturunan sultan ini adalah ampon untuk lakilaki.

.

Upacara Adat              Meunineum/Keumaweueh Kelahiran Bayi Upacara Adat Peucicap Peusijuek Dapu dan Peutron Aneuk Menyerahkan Anak Ketempat Pengajian Upacara Sunat Rasul (Khitan) Upacara Adat dalam Menyelesaikan Persengketaan atau Perkelahian antar Anak-Anak Pertunangan Menjelang Pernikahan Ba Ranub kong Haba Upacara Adat Perkawinan (Woe Linto) Mampleue (Mempelai) Woe Linto Upacara Sesudah Mampleue Teung Dara Baro .

.

.

Pada zaman dahulu dijadikan salah satu senjata untuk melawan penjajah asing.SENJATA Rencong merupakan senjata khas Aceh. Saat ini Rencong dijadikan souvenir yang indah dan unik .

TARIAN DAERAH .

dan sekarang menjadi salah satu Kesenian Nasional Indonesia.Tarian ini mulanya berkembang di Aceh Utara. .Tari Seudati Tari Seudati adalah tarian yang terkenal dan berasal dari NAD. Tarian ini juga dipertunjukkan hingga kemanca negara. Tari Rapa`i Geleng Rapa`i Geleng adalah salah satu tarian Aceh yang terkenal. Tari Tarek Pukat Tari Tarek Pukat ini adalah tarian yang menggambarkan aktifitas para nelayan yang menangkap ikan dilaut.

Tarian ini terkenal hingga kemanca negara. Tarian ini ditarikan oleh para pria ataupun juga para wanita Tari Bines Tari Bines merupakan tarian khas Gayo. yang bermula dari Daerah Gayo Lues. Tari Rateb Meuseukat/Tari Saman Tari Rateb Meuseukat adalah Tarian yang dikenal sebagai Tari Saman.Tari Likok Pulo Tarian Likok Pulo adalah salah satu dari tarian Khas Aceh yang terkenal hingga ke Luar Negeri. . Tari Rateb Meuseukat ini ditarikan oleh para wanita.

Kesenian Didong Tari Japin Tamiang Tari Ranup Lampuan Tari Guel Tari Laweut Tari Ula-Ula Lembing .yang lain«..

MAKANAN KHAS .

. Kue ini biasanya dijadikan hantaran/seserahan pada acara pernikahan adat Aceh.Kue Keukarah Kue Keukarah adalah salah satu kue tradisional Aceh. namanya adalah bolu bhoi/bolu ikan. Dodol Aceh Dodol Aceh juga biasanya dijadikan hantaran/seserahan pada saat acara pernikahan adat Aceh. Bolu Manis Aceh / Bolu Bhoi Bolu manis Aceh ini adalah Bolu tradisional Aceh. karena bentuknya memang seperti ikan.

yang lain«. Bebek Bakar Kari Kambing Martabak Aceh Mie Aceh Mie Kepiting ..

4.Perkembangan Kebudayaan Aceh 1. 3. Kerajaan Penjajahan Gerakan Aceh Merdeka Pasca-pencabutan DOM Pembangunan Pasca Tsunami . 2. 5.

kok masih berlaku? Tata caranya bagaimana? Livia : Kepanjangan dari Aceh? .Q&A € € € € € € Nico : Kenapa perempuan juga ditonjolkan di aceh antara islam dan kesetaraan gender? Elok : Apa filosofi di balik upacara perdamaian anak? Yanuar : kenapa di aceh terkenal ganja? padahal kan dalam islam ganja itu harom Lilis : Apa yg harus diperhatikan saat kita berkunjung ke aceh? Antik : hukum cambuk melanggar ham.

sebuah tindakan preventif Lilis : mempelajari kebudayaannya. di situ langit dijunjung´ . pengobatan korban ditanggung pihak yang membuat perkara Yanuar : ganja dulunya dipakai buat bahan makanan Nico : perpaduan budaya aceh terdahulu dengan budaya islam Livia : ACEH (Arab-Cina-Eropa-Hindia) Antik : hukum cambuk adalah hukum SYARIAT ISLAM bkan hukum negara. belajar dari penduduk lokal. mendekati kepala adat sehingga mudah meminta pertolongan. sopan santun.€ € € € € € Elok : Selama belum sembuh. ³di mana bumi dipijak.

€ Wassalam«. .