TSUNAMI

Tsunami berasal dari bahasa Jepang, yang berarti µpelabuhan¶ (tsu) dan µgelombang¶ (nami). Terminologi ini untuk menyebutkan fenomena gelombang laut yang tinggi dan besar akibat dari gangguan mendadak pada dasar laut yang secara vertikal mengurangi volume kolom air.

seperti letusan gunung api. 90% tsunami adalah akibat gempa bumi bawah laut.  Hal ini mengakibatkan terjadinya aliran energi air laut. Tsunami dapat terjadi jika terjadi gangguan yang menyebabkan perpindahan sejumlah besar air. longsor maupun meteor yang jatuh ke bumi. gempa bumi.  Gerakan vertikal pada kerak bumi.  Namun. yang mengakibatkan gangguan keseimbangan air yang berada di atasnya. . dapat mengakibatkan dasar laut naik atau turun secara tiba-tiba. yang ketika sampai di pantai menjadi gelombang besar yang mengakibatkan terjadinya tsunami.

5 Skala Richter Gempa bumi dengan pola sesar naik atau sesar turun .  Syarat terjadinya tsunami akibat gempa Gempa bumi yang berpusat di tengah laut dan dangkal (0 ± 30 km) Gempa bumi dengan kekuatan sekurang-kurangnya 6. Tsunami bisa menyebabkan kerusakan erosi dan korban jiwa pada kawasan pesisir pantai dan kepulauan.

yang terjadi pada lokasi tertentu. dan sifatnya tidak berkelanjutan. Pergeseran secara tibatiba terjadi karena adanya sumber gaya (force) sebagai penyebabnya.GEMPA BUMI  Gempa bumi didefinisikan sebagai getaran yang bersifat alamiah. Getaran pada bumi terjadi akibat dari adanya proses pergeseran secara tiba-tiba (sudden slip) pada kerak bumi. . baik bersumber dari alam maupun dari bantuan manusia (artificial earthquakes).

dan (4) pergerakan kulit Bumi. Yang paling sering kita rasakan adalah karena pergerakan kulit Bumi. . (2) tubrukan meteor. (3) ledakan bawah tanah (seperti uji nuklir). Gempa bumi bisa disebabkan oleh berbagai sumber. antara lain : (1) letusan gunung berapi (erupsi vukalnik). atau disebut gempa tektonik.

 Berdasarkan seismology. gempa tektonik dijelaskan oleh ³Teori Lapisan Tektonik´ Teori ini menyebutkan bahwa lapisan bebatuan terluar yang disebut lithosphere mengandung banyak lempengan. lapisan ini seakanakan melumasi bebatuan tersebut sehingga mudah bergerak. . Di bawah lithospere ada lapisan yang disebut athenosphere.

Ujung pulau Sumatera bergeser 36 meter ke arah barat daya. .KEKUATAN DAN EFEK GEMPA TERHADAP FISIK BUMI  Perubahan yang terjadi akibat gempa dan tsunami di Aceh : Efeknya adalah beberapa pulau di barat daya Sumatera bergeser 20 meter ke arah barat daya. Beberapa pulau kecil di sekitar Provinsi Aceh hilang.