Pembelajaran Al-Qur’an Hadits MI

Makalah ini disusun untuk memenuhi tugas Mata Kuliah Pendidikan Al-Qur’an Hadits Yang diampu oleh Miftachur Rif’ah, M. Ag

Disusun oleh: Inna Imroatun 11508018

Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Salatiga 2010 1

2

Bab I Pendahuluan Mata pelajaran Al-Qur'an-Hadis di Madrasah Ibtidaiyah adalah salah satu mata pelajaran PAI yang menekankan pada kemampuan membaca dan menulis alQur'an dan hadis dengan benar, serta hafalan terhadap surat-surat pendek dalam al-Qur'an, pengenalan arti atau makna secara sederhana dari surat-surat pendek tersebut dan hadis-hadis tentang akhlak terpuji untuk diamalkan dalam kehidupan sehari-hari melalui keteladanan dan pembiasaan.1 Pembelajaran Al-Qur’an Hadits di Madrasa Ibtidaiyah terdiri dari materi hafalan, baca tulis Al-Qur’an, tajwid dan Hadits. Tentu hal ini menyebabkan perlunya metode dan strategi khusus dan berbeda dalam mengajarkan masingmasing tema. Dalam makalah ini, penulis akan mencoba memberikan resume materi mata kuliah pendidikan Al-Qur’an Hadits dan metode serta strategi yang tepat dalam mengajarkan Al-Qur’an Hadits di Madrasah Ibtidaiyah sesuai dengan materi dan temanya. Bab II Isi A. Resume Materi Mata Kuliah Pendidikan Al-Qur’an Hadits 1. Review kurikulum Al-Qur’an Hadits Madrasah Ibtidaiyah Kebijakan kurikulum yang berkembang di Indonesia, sangat mempengaruhi perkembangan materi pelajaran Al Qur’an Hadits. Pada kurikulum 1984 dan kurikulum 1994 menggunakan system CBSA, ke-2 kurikulum ini merupakan kurikulum keterampilan proses. Pada kurikulum 2004 (KBK), kurikulum 2006 (KTSP) serta permenag no 2 tahun 2008, lebih menekankan pada kompetensi yang dimiliki siswa, merupakan kurikulum berbasis kompetensi.

1

Permenag nomer 2 tahun 2008

3

yaitu kurikulum 1975 dengan pendekatan tujuan dan kurikulum 1984 dengan pendekatan proses. serta rasa tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan. guru berkewajiban menjadikan daerah abu-abu ini dapat teraktualisasi. CBSA didasarkan pada disertasi Conny R. yang memunculkan Zone of Proximality Development. pendidikan dasar dipatok menjadi sembilan tahun (SD dan SMP). yang didasarkan pada pandangan Sikortsky. Pada kurikulum1994. meski mengutamakan proses tapi faktor tujuan tetap dianggap penting. berbudi luhur. Posisi siswa dalam kurikulum 1984 diposisikan sebagai subyek belajar. yang berfungsi mengembangkan kemampuan siswa yang di anggap perlu oleh daerahnya. hingga melaporkan. yang senada dengan tuntunan GBHN 1983 bahwa pendidikan harus mampu mencetak tenaga terdidik yang kreatif. merupakan pemicu lahirnya kurikulum 1994. dan efisien bekerja. Dari halhal yang bersifat mengamati. mengelompokkan. 4 . Lahirnya UU No. kurikulum 1994 berusaha menyatukan kurikulum sebelumnya. memiliki keterampilan dan pengetahuan.Kurikulum 1984 mengusung proses skill approach. Tetapi antara potensi dan aktualisasi terdapat daerah abu-abu (grey area). kesehatan jasmani dan rohani. Teori yang mengatakan bahwa setiap manusia mempunyai potensi dan potensi itu dapat teraktualisasi melalui ketuntasan belajar tertentu. Dalam kurikulum 1974. Semiawan. inilah yang disebut konsep Cara Belajar Siswa Aktif (CBSA). menurut UU tersebut. Berdasarkan struktur kurikulum. mendiskusikan. Caranya dengan belajar kelompok. kepribadian yang mantap dan mandiri. Oleh karena itu kurikulum 1984 disebut kurikulum 1975 yang disempurnakan. Kurikulum 1984 tidak mengubah semua hal. bermutu. Pada kurikulum inipun dimasukkan muatan lokal. 2 tahun 1989 tentang pendidikan nasional. pendidikan nasional bertujuan untuk mencerdaskan kehidupan berbangsa dan mengembangkan manusia Indonesia seutuhnya yaitu manusia beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. menjadi bagian penting proses belajar mengajar.

Menerjemahkan Al Qur’an dan Hadits f. KTSP muncul sebagai respon dari UU No.Kurikulum 2004 lebih populer dengan sebutan KBK (Kurikulum Berbasis Kompetensi). Kompetensi dimaknai sebagai perpaduan pengetahuan. terjadi perubahan materi ajar khususnya pada mata pelajaran Al Qur’an Hadits hal ini disebabkan oleh pergantian kurikulum. nilai dan sikap yang direfleksikan dalam kebiasaan berfikir. KTSP bertujuan memandirikan dan memberdayakan satuan pendidikan melalui pemberian kewenangan (otonom) kepada lembaga pendidikan. sehingga pada mata pelajaran Al Qur’an Hadits di MI dapat dirumuskan menjadi enam Standar Kompetensi meliputi : a. di mana tiap tingkatan kurikulum memiliki landasan tersendiri yang dititik beratkan pada pencapaian tujuan pembelajaran. Sejalan dengan perkembangan kurikulum. Melaksanakan kandungan surat pada Al Qur’an dan Hadits. terutama pasal 36 ayat 1 dan 2. Lahir sebagai respon dari tuntunan reformasi. KBK tidak lagi mempersoalkan proses belajar. dan bertindak. 25 tahun 2000 tentang kewenangan pemerintah dan kewenangan propinsi sebagai daerah otonom. kurikulum 2006 serta permenag no 2 tahun 2008 lebih ditekankan pada kompetensi siswa. 5 . IV / MPR / 1999 tentang arah kebijakan pendidikan nasional. 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional. Seseorang telah memiliki kompetensi dalam bidang tersebut yang tercermin dalam pola perilaku sehari-hari. dan tap MPR No. sedangkan pada kurikulum 2004. Menuliskan lafadz-lafadz Al Qur’an dan Hadits c. 2 1999 tentang pemerintah daerah. Hafal surat-surat Al Qur’an dan Hadits e. Melafazkan ayat-ayat Al Qur’an dan matan hadits b. UU No. proses pembelajaran dipandang merupakan wilayah otoritas guru. yang terpenting pada tingkatan tertentu peserta didik mencapai kompetensi yang diharapkan. Menerapkan ilmu tajwid dalam membaca Al Qur’an dan Hadits d. diantaranya UU No. keterampilan. Pada kurikulum 1994 lebih mengedepankan proses pembelajaran.

Surat al-Fatihah a. Belajar surat al-Ikhlas 3. Belajar surat an-Nas a. surat alFaatihah. al-Lahab a. surat alFaatihah. Belajar surat al-Falaq 4. Menghafalkan.1 Mengidentifi kasi hurufhuruf hijaiyah dan tanda bacanya 6 . anNaas. al-Kautsar 4. Lafal Surat alFalaq b. Perbedaan materi Al-Qur’an Hadits dari setiap kurikulum dapat dilihat pada tabel berikut: a. al-Fil 1. hafal surat al-Falaq 4. hafal surat al-Ikhlas 3. melafalkan surat alfatihah b.Sedangkan materi Al-Qur. Lafal Surat alFatihah b. an-Nashr 3. Lafal Surat alLahab b. Surat al-Lahab a. al-Falaq. al-Fatihah 2. melafalkan surat al-fatihah per lafal 2. hafal surat al-Fatihah c. an-Nas 3. al-Falaq a. Surat al-Fatihah 1. Surat al-Falaq a. melafalkan surat anNas b. dan surat al-Lahab secara benar dan fasih c. Surat an-Nas Catur wulan 3 Bahan hafalan 1. anNaas. Belajar surat alFatihah 2. al-Kafirun 2. al-Lahab 2. hafal surat an-Nas c. dan surat al-Lahab secara benar dan fasih c.an Hadits MI di setiap kurikulum selalu berkurang. Materi Kurikulum yang baru lebih dijabarkan. Menghafal suratsurat pendek secara benar dan fasih 1994 Catur wulan 1 Semester 1 Bahan hafalan 1. al-Falaq. melafalkan surat alFalaq b. al-Ikhlaas. al-Qadr 5. melafalkan surat al-NAs per lafal a. al-Quraisy 5. melafalkan surat al-Lahab 2. maka tingkat kesulitannya menjadi lebih ringan. surart al-Ikhlas Permenag no 2 tahun 2008 Semester 1 1. melafalkan surat al-Falaq per lafal a. al-Ikhlaas. al-Ikhlas 4. melafalkan surat alIkhlas b. Kelas I Kurikulum Kurikulum 2004 Kurikulum 2006 Semester 1 1. an-Nas a. al-Ashr 5. Memahami hurufhuruf hijaiyah dan tanda bacanya 2. Lafal Surat alNas b. Lafal Surat alIkhlas b. al-Ikhlas Semester 2 2. al-Falaq Catur wulan 2 Bahan hafalan 1. Jika ada materi yang bertambah. al-umazah 4. melafalkan surat alLahab a. an-Ma’un 3. Melafalkan. melafalkan surat al-Ikhlas per lafal 5.

Lafal Surat alQuraisy b. melafalkan surat alMa’un b. Lafal Hadits tentang persaudaraan 2. melafalkan surat an-Nashr per lafal al-Quraisy a.3 Menunjukkan perilaku bersih di lingkungannya 7 . menggunakan tanda baca dalam kata Surat an-Nashr a. Belajar surat al-Lahab 6. Menghafal suratsurat pendek 3. Belajar surat al-Fil 6. melafalkan surat alAshr b. Surat al-Fil a. melafalkan surat al-Quraisy per lafal Hadits tentang persaudaraan 1. hafal surat al-Quraisy c. hafal surat al-Fil c.1 Melafalkan surat al-Nashr 3. hafal surat al-Ma’un c. Belajar surat al-Ma’un 3. Surat al-Kautsar a. Hadits tentang persaudaraan a. melafalkan surat anNashr b. melafalkan surat alQuraisy b. Surat al-Ashr a. melafalkan Hadits tentang persaudaraan b. hafal Hadits tentang 4.2 Membaca huruf-huruf hijaiyah sesuai makhrajnya 3. Surat al-Quraisy a. 3. Membedakan tanda baca d. per lafal Semester 2 1.b. hafal surat al-Ashr c.2 Menghafalkan hadis tentang kebersihan 4. perilaku hidup bersih di lingkungan 2. hafal surat al-Kautsar c. Huruf Hijaiyah a. Surat an-Nashr a. Belajar surat alQuraisy 4. Belajar surat alKautsar 2. Memahami hadis tentang kebersihan secara sederhana 4. Belajar surat an-Nashr Semester 2 1. melafalkan surat al-Fil b. Lafal Surat anNashr b.2 Menghafalkan al-Nashr. hafal surat al-Lahab c. Belajar surat al-Ashr 5. Surat al-Ma’un a. hafal surat an-Nashr c. Mengenal huruf Hijaiyah b. melafalkan surat alKautsar b. Perilaku hidup tentang kebersihan 3.1 Menerjemahka n hadis tentang kebersihan secara sederhana 4. alQuraisy 4. Mengucapkan huruf Hijaiyah c. 2.

surat alQadr hurufhuruf hijaiyah secar terpisah c. Pengenalan huruf dan tanda baca 1 b. b. penulisan 1. Menghafal surat pendek 3. Pengenalan huruf dan tanda baca 1 b.1 Melafalkan surat al-Kausar secara benar dan fasih a. Tanda baca kata-kata dalam alterpisah Qur’an dan bersambu ng 5. Pengenalan huruf dan tanda 3. menulis huruf hijaiyah secara bersambung d. Memahami kaidah ilmu tajwid 2.persaudaraan c.2 Menghafalka n surat al-Kausar secara benar dan fasih Semester 2 b.1 huruf hijaiyah secara terpisah Men ulis huruf- dengan benar c. hadits tentang kebersiha n b. menulis kata Semester 2 1. Menulis 1. Belajar membaca Al-Qur’an 1 a. Pengenalan huruf melalui kalimat Catur wulan 2 1. hurufhuruf hijaiyah 2. Surat alKautsar Menulis huruf-huruf hijaiyah secara bersambung dengan benar 2. Pengenalan huruf melalui kalimat 1 surat at-Takatsur Surat al-Qari’ah 1. Kelas II Kurikulum 1994 Kurikulum 2004 Semester 1 Kurikulum 2006 Semester 1 Permenag no 2 tahun 2008 Semester 1 Catur wulan 1 Bahan hafalan 1. Belajar membaca Al-Qur’an 4 a. Tanda baca waqaf dan wasal 1. mengha falkan surat alKautsar 8 . Hafalan surat-surat pilihan a. menulis huruf b. Belajar Hadits tentang persaudaraan b. menerapkan tanda baca waqaf dan wasal 3. menulis kata secara bersambung 2. Belajar membaca Al-Qur’an 3 a. Pengenalan huruf melalui kata b. Menulis huruf hijaiyah secara huruf hijaiyahh terpisah dan bersambung hijaiyah a. 2. Pengenalan huruf dan tanda baca 2 baca 2 3. penulisan a. Pengenalan huruf dan tanda baca 2 2.2 4.melafalkan Surat alKautsar 3. Belajar membaca Al-Qur’an 2 a.1 Menerapkan tanda baca wakaf dan wasal 3.

b. Pengenalan huruf melalui kalimat 1 b.2 Menghafalka n surat alKaafirun. perilaku hormat kepada orang tua 4. Pengenalan huruf melalui kalimat 2 2. latihan membaca ayat-ayat pendek dari al-Qur’an Semester 2 1. dan surat al-Qadr secara benar dan fasih 5. membaca ulang huruf-huruf hijaiyah b. Surat At Permenag no 2 tahun 2008 Semester I 1. Menghafal surat- Catur wulan I Bahan Hapalan 9 . Surat al-‘Ashr 5. Pengenalan huruf melalui kata c. Pengenalan huruf melalui kalimat b. Surat al-Fil e. Kelas III Kurikulum 1984 Kurikulum 1994 Catur wulan I 1. Latihan membaca surratsurat pendek dari al-Qur’an 4. al-Fiil. surat al-Ma’un c. al-Fiil. Belajar membaca Al-Qur’an 7 a. Belajar membaca Al-Qur’an 5 a. dan surat al-Qadr secara benar dan fasih 4. Belajar membaca Al-Qur’an 6 a. Surat alKafirun d. al-‘Ashr. Belajar membaca Al-Qur’an 8 a. Pengenalan huruf melalui kalimat 2 3.2 Menunjukkan perilaku hormat kepada orang tua c. Pengenalan huruf melalui kalimat 1 b. Menghafal surat-surat pendek secara benar dan fasih 4.1 Melafalkan surat alKaafirun. Bel Kurikulum 2004 Semester I 1. alMaa’un. Pengenalan huruf melalui kalimat 2 Catur wulan3 1. melafalkan hadits tentang birul walidain b.1 Menerjemah kan hadis tentang hormat kepada orang tua secara sederhana 5. Surat Al- Kurikulum 2006 Semester I 1. Memahami hadis tentang hormat kepada kedua orang tua 5. Surat al-Qodar b. al-‘Ashr. Menghafal suratsurat pendek a. Hadits tentang birul walidain a. alMaa’un.

Surat AlInsyirah Bahan Bacaan 1. Identifikasi ijaiyah surat Al2. c. a. Surat Al- 10 . 4. Surat Al-‘Qadar 7. c. Memahami arti Semester II 6. Al1.Surat AdhDhuha Catur Wulan III Bahan Hapalan 1. Surat Atayat-ayat Tiin dalam Al a. Baha n Bacaan 1. Melafalkan a. Menghafa lkan surat alHumazah. Identifikasi a. Syiddah Surat Al Qadr 7.1. Surat Almembaca Zalzalah Al Qur’an a. Surat Al-Lail Qari’ah a. Surat Al3. Me b. Alif Lam Syamsiyah A.Membaca surat al-Humazah. Almenyalin. Surat AlQuraisy 4. Melafalkan a. Identifikasi ajar surat membaca al 5. setiap kata Alif lam b. Makna Zalzalah Lafdziyah 2. Surat AlKautsar 2. c. b. Surat Almenghafal Ikhlas surat Ala. atTakaatsur. Melafalkan Qur’an setiap kata 4. Syamsiyah dan 8.“Al-Qamariyah” dan “AlSyamsiyah” b. surat aldan Ikhlas ajar Membaca Al Qur’an a. Surat Al-‘Adiyat 4. Menghafa lkan surat alQaari’ah dan surat at-Tin secara benar dan fasih 5. Surat At-Tin 2. Surat AlQadar 2. surat AlMembaca Qari’ah huruf b. c. Surat Az-Zalzalah 5. a. a. Bel b. Surat AlInsyirah 10. atTakaatsur. b. Me Qorariyah mbaca. -Takasur Melafalka n surat At – Takasur Menghafa l surat At-Takasur Sekilas kandungan surat At-Takasur Surat AlZalzalah Lafal surat Al-zalzalah Menghafa l surah Al Zalzalah per lafal Kandunga n surat al zalzalah Surat AlHumazah Lafal surah AlHumazah Menghafa l surah AlHumazah per lafal Kandunga n surat Al Humazah Bacaan syiddah. 6. Contoh pilihan Bacaan a. Menghafal suratsurat pendek secara benar dan fasih a.Membaca surat al-Qaari’ah dan surat at-Tin secara benar dan fasih b. 3. Al Qomariyah dan Al Syamsiyah Pengertia n bacaan syiddah Ghnnah musyaddah Pengertia n Al Qomariyah dan Al Syamsiyah Cara membaca Al Qomariyah dan Al syamsiyah Hadits tentang shalat berjamaah Lafal hadits tentang sholat berjamaah Kandunga n hadits tentang sholat berjamaah surat pendek secara benar dan fasih a. Surat AlQari’ah 3. b. Membaca b. Menerapkan perilaku salat berjamaah dalam kehidupan seharihari Semester II 4. Surat Al’Alaq 9. Kandungan menyalin. Surat AlHumazah 6. 5. b. a. dan al-Zalzalah secara benar dan fasih b. b. Surat Al-‘Alaq Bahan Bacaan 1. Surat AlBaqarah284286 Ilmu Tajwid 1. Memahami bacaan ghunnah c. Surat AlQur’an Fatihah a. Melafalkan membaca setiap kata Al Qur’an b. Menerapkan bacaan ghunnah “Al-Qamariyah” dan “AlSyamsiyah” 3. Melafalkan setiap kata a. Surat Al-‘Ashr Catur Wulan II Bahan Hapalan 1. Surat Al-Fil 5. Surat AlMa’uun 3. AlSurat Al Qamariyah Adiyat dan Al Syamsiyah Caturwulan II a. Alif Lam Qamariyah 2. Identifikasi qomariyah surat b. surat Ra Tarqiq 3. Identifikasi b. Membaca Alif lam Al-Qur’an syamsiyah dengan 5. Surat At-Tin 8. dan al-Zalzalah secara benar dan fasih 2. Pokok mbaca. Haf Syiddah alan al a. Memahami kaidah ilmu tajwid a. surat Membaca 4. Surat AlBayyinah 6. Membaca hadis tentang salat berjamaah a. b. Menghafalkan hadis tentang salat berjamaah b. d. Surat AlBaqarah 1-5 2. Bacaan Qur’an Syiddah surat b. Surat AtTakatsur 2. 2. setiap kata Makhraj huruf b. Surat AlBaqarah 225 3. bela Qari’ah jar 2. Bel Humazah ajar a.

Mengartikan surat al-Faatihah dan surat alIkhlaas b. Melafalka n surat AlQori’ah per lafal c. Me mbaca. Menerapk an bacaan Mad Thabi’i. lafal hadits tentang persaudaraan b. Lafal surat Al-Fatihah b. Surat AlInsyiqaq 10. Menerjem ahkan surat AlFatihah c.Surat AlMuthaffifin 11. Hadits Tentang Niat a.Mengenal bacaan Mad Thabi’i. Menerapk an perilaku persaudaraan dengan sesama d. 9. Memahami kaidah ilmu tajwid a. Kandunga n surat At-Tin 8. Pengertia n Mad b. Menerapk an kandungan surat al-Faatihah dan al. Kelas IV Kurikulum 1994 Kurikulum 2004 Kurikulum Permenag no 2 tahun 11 . menyalin. Surat AlBuruj 9.Surat ‘Abasa 14.Surat AtTakwir 13. Surat At-tin a. menyalin. Makna Lafdziyah b. Menerjem ahkan surat AlIkhlas c. Macammacam Mad 11. Me mbaca. c. Kan dungan isi surat-surat pilihan Al Ikhlas. Me mbaca. Melafalka n surat At-Tin c. Surat AlFatihah a. Memahami hadis tentang persaudaraan secara benar dan fasih a. menyalin. Me mbaca. Surat Al-‘A’la 7. dan menghafal surat AlInsyirah Caturwulan III 1. Mad Waajib Muttasil dan Mad Jaa’iz Munfasil 7. Lafal surat Al-Ikhlas b. Menghafalkan hadis tentang persaudaraan b. Kandunga n surat al-Fatihah 9. dan Mad Jaa’iz Munfasil b. Surat Al-Fajr 5. dan menghafal surat Addhuha 3. Mad Waajib Muttasil. menyalin. surat-surat pendek a. dan menghafal surat AtTin 4. Surat AlGhasiyah 6.Ikhlas 6.Surat AnNaziat 15.Surat AlInfithar 12. melafalka n hadits tentang persaudaraan per lafal. Surat AlBalad 4. Lafal surat Al Qori’ah b. Kan dungan isi surat-surat pilihan Al Fatihah 4. Kandunga n surat AlQori’ah 7. hadits tentang persaudaraan a. Pokok Kandungan Hadits Qari’ah a. Kandunga n hadits tentang persaudaraan. Surat AthThariq 8. Surat Al Ikhlas a.2. dan menghafal surat AlBayyinah 2. Kandunga n surat Al-Ikhlas 10. Surat AsySyamsyi 3. Lafal surat At-tin b. Bacaan Mad a.Surat AnNaba menghafal surat AlAlaq 3.

sukun 2.1 Memahami hukum bacaan idhar dan ikhfa’ 3. m 3. Menghafal suratsurat pendek secara benar dan fasih mengenal 2. terjemah surat anNashr surat alKautsar 4. Membaca Al-Qur’an dan Tajwid a. ghafal surat alGhasiyah c. Islam dan Ihsan a. Terjemah surat alKautsar a. terjemah surat al-Lahab b. Bacaan idzhar dan gunnah a. Memahami arti surat pendek dan hadis tentang niat dan silaturahmi 12 . terjemah surat alFatihah 2008 Semester 1 1. ghafal surat atTariq dengan benar 2.2 Memahami isi kandungan surat an-Nashr dan al-Kautsar secara sederhana idzh Terjemah surat an. pengertan ikhfa’ dan huruf ikhfa’ 5. Hadits tentang menghormati orang tua Semester 2 Idzhar dan huruf idzhar 2. ts tentang ihsan Catur wulan 2 1. ts tentang iman b.1 Membaca surat al-‘Adiyat dan surat alInsyiraah secara benar dan fasih menerjem 3. t al-Ghasiyah b. Memahami kandungan 3. Nashr menerjem ahkan surat an- c.mengenal terjemah surat an-Nashr b.2 Menerapkan hukum bacaan idhar dan ikhfa’ Semester 2 4. men me hadi hadi hadi idga Bac aan mim dan nun men sura Semester 1 1. Memahami kandungan pokok surat anNashr 3. Memaha mi kandungan pokok surat alLahab 2. Pengertian a. menerjemahkan surat al-Kautsar c. Memahami kaidah ilmu tajwid 3.Catur wulan 1 1. Nashr 2006 Semester 1 1. pengertian iqlab dan huruf iqlab 4. Hadits tentang 2. 1. hadits tentang Iman. dan memahami hadits tentang persaudaraan 6. menerjemahk an. Terjemah surat alLahab a.1 Mengartikan surat an-Nashr dan surat alKautsar 2. ahkan surat alLahab c. Surat at-Tariq a. mengenal terjemah surat al-Kautsar b. ar halqi b. membaca.2 Menghafalka n surat al-‘Adiyat secara benar dan fasih Memahami arti surat-surat pendek 2. mbaca surat atTariq dengan fasih b. ts tentang islam c. pengertian idgam dan huruf idgam 3. Terjemah 1. Hadits tentang persaudaraan a.1.

idgham bilaghunnah. aan idgham mutamasilain c.4 Menjelaskan isi kandungan hadis tentang niat dan silaturahmi secara sederhana 5. dan memahami hadits tentang persaudaraan 4. serta persaudaraan a. arti ikhfa’ dan huruf ikhfa’ membaca dan menerjemahkan hadits tentang persaudaraan dan memahami hadits tentang persaudaraan bac membaca dan menerjemahkan hadits tentang silaturrahmi dan memahami hadits tentang silayurrahmi silaturrahmi a.2 Menerapk an hukum bacaan idgham bighunnah. Bac 3. huruf idzhar. membaca. hadi menyebutkan arti idzhar. hadi 2. huruf iqlab. Menerapkan kaidah-kaidah ilmu tajwid 5. kewajiban menghormati ibu dan bapak. d.1 Mengartikan surat al-Lahab 4.bacaan iqlab dan ikhfa’ a. idgham bilaghunnah. 2. Tafsir surat al-Fil 3. Al-Qur’an surat al-Fil a. dan iqlab 13 . ts tentang kewajiban menghormati ibu dan bapak b.1 memahami hukum bacaan idgham bighunnah. aan iqlab b. Al-Qur’an surat alBuruj a. ts tentang persaudaraan sesama mukmin catur wulan 3 1.3 Menerjemah kan isi kandungan hadis tentang niat dan silaturahmi 4. 3. arti idgam dan huruf idgam menyebutkan arti iqlab. dan iqlab 5. Menggunakan waktu aan idzhar safawi bac aan ikhfa’ safawi 4. mel afalkan surat alBuruj dengan fasih b.2 Menjelaskan isi kandungan surat al-Lahab secara sederhana 4. pokok surat alKautsar memahami dan mengamalkan hadits tentang hormat kepada orang tua Semester 2 1. bac aan ikhfa’ haqiqi bac 4. menerjemahk an.

Hadits fasih tentang 2. Hadits tentang sifatsifat tercela a. Hadits tentang keutamaan memberi a.a. Lafal hadits a. Qur’an 2. Membaca AlQur’an dengan Ikhfa’ a. Menghafal surat Adsurat ad-Dhuhaa Duha secara benar dan 2. Memahami Keutamaan arti surat pendek memberi pilihan a. Melafalkan bacaan Idhar 2. Menjelaska b. Kandungan b. Me lafalkan bacaan Ikhfa’ 3. lafal surat secara benar dan Ad-Duha fasih b. Hadits a. Surat 1. Terjemahan hadits b. Makna lafdiyah b. Membaca ALQur’an dengan idhar a. Menerjemah n isi kandungan kan hadits surat ad-Dhuhaa tentang tentang meyakini Keutamaan kehidupan akhirat memberi lebih baik c. Terjemahan Hadits b. Kelas V Kurikulum 1994 Kurikulum 2004 Kurikulum 2006 Permenag no 2 tahun 2008 f. Pokokpokook isi hadits Caturwulan II Kurikulum 2004 Semester I 1. Memahami hadis 1984 Catur wulan I: 1. Hadits tentang akhlak baik dan buruk a. Kandungan daripada hadits kehidupan dunia tentang dengan sederhana Keutamaan 3. Pokok-pokok si hadits 3.Membaca surat kan surat ad-Dhuhaa secara Ad-Duha benar dan fasi c. Menghafal suratad-Duha surat pendek a. Qur’an 4. Menerjemah a. Kelas VI Kurikulum Kurikulum 1994 Caturwulan I : 1. Surat Al-Zalzalah a. me ngaplikasikan tajwid dalam bacaan AlQur’an b.Menerjemahkan tentang surat ad-Dhuhaa Keutamaan memberi b. Hadits Catur Wulan II 3. Pokok kandungan Kurikulum Permenag no 2 2006 tahun 2008 Semester I Semester I 1. menghafal hadits tentang menggunakan waktu e. mengaplikasik an tajwid dalam bacaan Al-Qur’an b. Terjemah surat al-Zalzalah b. Anjuran 14 . pokok-pokok surat alZalzalah 2. melafalkan hadits tentang mengggunakan waktu b.

Lafal surat memberi Al-Bayyinah b. Pokok-pokok isi hadits 4. Memberikan kemampuan dasar kepada peserta didik dalam membaca. Keutamaan b. Pokok-pokok Jumu’ah isi hadits Caturwulan III 6. Menghafal tentang amal surat al-Bayyinah shaleh dengan baik dan c. 15 . Membaca AlQur’an dengan Idgham a. Identifi kasi surat 6. Alif lam b. Hadits tentang amal shaleh a. Surat AlBaqarah 225 b. dan menggemari membaca al-Qur'an dan hadis. Makna Lafdziyah b. Menerjemah baik dan fasih kan Hadits b. Menerjemahkan hadis tentang amal salih b. Tujuan Mata Pelajaran Al-Qur’an hadits Tujuan Al-Qur’an Hadits menurut permenag no 20 tahun 2008 adalah : a. menulis. Hadits tentang amal shaleh a. Pokok-pokok Catur Wulan si hadits III 6. Terjemahan hadits b. Menjelaskan isi kandungan hadis tentang amal salih secara sederhana c. Bacaan Mad ‘iwadh e. Menerapkan isi kandungan hadis tentang amal salih kaitannya dengan berakhlak dengan sesama memberi 2. Surat a. Bacaan mad 8. Membaca AlQur’an dengan qalqalah a. amal yang tidak putus pahalanya d. Surat Alkeutamaan Ghasiyah memberi b. Terjemahan hadits b. Al-Qur’an tentang a. Menjauhi Al-Lail prasangka a. Kandungan fasih Hadits 5. menyantuni kaum lemah (1) menyantuni kaum lemah (2) Surat al-Insyirah a. Hadits 5. Menjelaskan hadis b. Surat Al-‘Adiyat 111 b. Bacaan Mad aridh lisukun 8. Surat al-fil 1-5 7. Terjemahan A’la hadits c.menyebut nama Allah b. Hadits 7. Membaca AlQur’an dengan tajwid a. Nun mati tolong dan tanwin menolong c. Surat Ala. Hadits Semester II 4. Surat hadis tentang Bayyinah keutamaan a. Bacaan Mad wajib muttasil c. Menerjemahkan 3. keutamaan sifat jujur c. membiasakan. Pokok-pokok isi surat alInsyirah 5. Menerjemah tentang keutamaan kan surat Almemberi secara Bayynah sederhana c. Terjemah surat alInsyirah b. Bacaan mad jaiz munfasil d. Hadits tentang kebersihan a. Perintah syamsiyah menjaga dan kebersihan qamariyah c. Memahami arti arti hadis tentang amal salih a. Bacaan Mad Thabi’i b. Pokok Kandungan Hadits tentang keutamaan memberi Semester II a. Surat Alb.Membaca surat alshaleh Bayyinah dengan b. Identifikasi surat 5. Menghafal surattentang amal surat pendek shaleh secara benar dan a. Kandungan surat AlBayyinah Semester II 4. Hadits 4. Lafal Hadits fasih tentang amal a. Membaca AlQur’an dengan mad a.

atau dummah tanwin. Tanda Waqaf adalah tanda untuk menghentikan bacaan Al-Qur’an. a. takwa. salat berjamaah. b. penghayatan isi kandungan ayatayat al-Qur’an-hadis melalui keteladanan dan pembiasaan. dan .b. menyayangi anak yatim. menghormati amal salih. Membina dan membimbing perilaku peserta didik dengan berpedoman pada isi kandungan ayat al-Qur'an dan hadis. persaudaraan. ii. Memberikan pengertian. niat. Apabila di akhir ayat hurufnya berupa ta’ marbuṭah. Apabila di akhir ayat hurufnya berharakat fathah tanwin (selain huruf ta’ marbuṭah). maka huruf terakhir dibaca sukun/mati. dummah. Apabila di akhir ayat hurufnya berharakat fatḥah. Pemahaman dan pengamalan melalui keteladanan dan pembiasaan mengenai hadis-hadis yang berkaitan dengan kebersihan. Pengetahuan dasar membaca dan menulis al-Qur'an yang benar sesuai dengan kaidah ilmu tajwid. 20 tahun 2008. silaturahmi. Hafalan surat-surat pendek dalam al-Qur'an dan pemahaman sederhana tentang arti dan makna kandungannya serta pengamalannya melalui keteladanan dan pembiasaan dalam kehidupan sehari-hari. a) Macam-macam cara membaca waqaf: i. kasrah. 16 orang tua. Pemetaan Materi Al-Qur’an Hadits MI Tajwid 1) Waqaf Waqaf artinya berhenti. maka tanwinnya tidak dibaca tetapi diganti fatḥah panjang (mad) iii. pemahaman. Ruang Lingkup Mata Pelajaran AL-Qur’an Hadits Menurut Permenag no. 3. ruang lingkup mata pelajaran AlQur'an-Hadis di Madrasah Ibtidaiyah meliputi: a. 4. c. maka ta’ tersebut berubah menjadi ha’sukun/mati. kasrah tanwin. c. ciri-ciri orang munafik.

. Waqaf ta’anuq/mu’anaqah/ (. v. Menurut istilah. Macam-macam tanda wasal a) Waqaf mamnu’/ ‫ ل‬artinya tidak boleh berhenti/harus terus. gunnah adalah bacaan apabila ada nun atau mim yang berharakat tasydid. b) Macam-macam tanda waqaf i. Huruf qamariyah ada 14 yaitu : -‫ا-ب-ج-ح-خ‬ ‫ع-غ-ف-ق-ك -م-و-ه-ي‬ 2 . terus.2009. b) Waṣal aula/ ‫ صلى‬artinya terus lebih utama. maka huruf tersebut dibaca panjang. iv. Jakarta. Apabila akhir ayat berupa huruf alif atau ya dan sebelumnya berharakat fatḥah. 2) Wasal Waqaf aula/ ‫ قلى‬artinya berhenti lebih utama Saktah/‫ س سسكته‬artinya ‫س‬ berhenti sejenak dan Waqaf lazim/ Waqaf jaiz/ ‫م‬ ‫ج‬ artinya harus berhenti. 23-30 17 ...iv. Al qamariyah sering Tim Bina Karya Guru. ii. ) artinya berhenti pada salah satu tanda (yang pertama atau kedua) dan terus Waṣal artinya terus atau menyambung bacaan. . Erlangga hal. iii. Tanda waṣal adalah tanda untuk meneruskan bacaan al-Qur’an.2 3) Bacaan ghunnah Gunnah artinya dengung. artinya boleh berhenti dan boleh menahan nafas. Bina Belajar Al-Qur’an Hadits untuk Madrasah Ibtidaiyah Kelas II.. Cara membaca gunnah adalah dengan berdengung. Huruf gunnah ada 2 yaitu: Mim Tasydid dan nun tasydid 4) Al-Qamariyah dan Al-Syamsiyah a) Al-Qamariyah atau alif lam qamariyah adalah al/alif lam ( ‫ )ال‬yang bertemu langsung dengan salah satu huruf qamariyah.

Huruf mad ada 3 yaitu: . ii.ز-س-ش-ص-ض -ط-ظ-ل-ن‬ sering juga disebut idgam syamsiyah. Qamariyah berarti bulan. b) Al-Syamsiyah atau alif lam syamsiyah adalah al/alif lam ( ‫ )ال‬yang bertemu langsung dengan salah satu huruf syamsiyah.juga disebut iẓhar qamariyah. ْ b) Mad far’i Mad Far’i atau mad cabang adalah semua bacaan mad selain mad thabi’i. Syamsiyah berarti matahari.3 5) Mad Mad artinya memanjangkan. 37-41 4 ibid hal 103-107 18 .Wau sukun (‫ )و‬yang didahului dummah. Mad Wajib Muttaṣil Mad Jaiz Munfaṣil4 3 Tim Bina Karya Guru. Bina Belajar Al-Qur’an Hadits untuk Madrasah Ibtidaiyah Kelas III. Jakarta. yang terlihat jelas dalam bayangan air.2009. Erlangga hal. Mad di bagi menjadi 2 yaitu: a) Mad Thabi’i/mad asli Mad Thabi’i artinya memanjangkan bacaan disebabkan bertemu salah satu huruf mad.Alif sukun (‫ )ا‬yang didahului dengan fatḥah . Huruf syamsiyah ada 14 yaitu : -‫ت-ث-د-ذ-ر‬ Al syamsiyah ‫. Mad far’i antara lain: i. ْ .Ya sukun (‫ )ي‬yang didahului dengan kasrah. Mad thabi’i dibaca panjang 2 ḥarakat atau 1 alif. Cara membaca al qamariyah suara lam sukun (“L”) jelas. Menurut istilah ilmu tajwid artinya memanjangkan bacaan huruf tertentu karena sebab-sebab tertentu. Cara membaca al syamsiyah suara lam sukun hilang dan masuk ke dalam huruf selanjutnya/ huruf syamsiyah dibaca tasydid (rangkap).

vi. Mad Silah Mad Silah thawilah yaitu apabila ada ha’ dhomir (‫)ﻩ‬ bertemu dengan dengan hamzah qata’/ hamzah yang berharakat. Panjang bacaannya adalah 4 harakat. Mad ‘Iwad adalah fatḥah tanwin yang berada di akhir kalimah dan dibaca waqaf. tandanya fathah berdiri. v. dibaca dengan ringan sepanjang 1 alif. viii. biasanya ditandai dengan tanda alis (~) dibaca dengan berat sepanjang 3 alif. Mad ‘Arid lisukun adalah bacaan panjang karena ada huruf mad bertemu dengan huruf mati yang disebabkan karena waqaf dan terjadi di akhir ayat. x. Cara membacanya panjang 1 alif. Mad Lazim Mukhaffaf Harfi adalah bacaan panjang pada permulaan surah. Mad Badal adalah setiap hamzah yang dibaca panjang/hamzah bertemu dengan huruf mad Mad lazim Musaqqal kilmy adalah bacaan panjang karena bertemunya huruf mad dengan tasydid dalam 1 kalimah (kata). Cara membacanya panjang 2 harakat. xi. Mad Lazim Mukhaffaf kilmy adalah bacaan panjang karena huruf mad bertemu dengan huruf mati dalam satu kalimah (kata). xii. Mad Lin adalah mad yang terjadi pada huruf wau (‫ )و‬atau ya’ (‫ )ي‬sukun yang jatuh setelah harakat fathah dan dibaca waqaf. ix. iv.iii. 19 . vii. Mad Lazim Musaqqal Harfi adalah bacaan panjang pada permulaan surah. Mad Silah Qasirah yaitu apabila ada ha’ dhomir (‫)ﻩ‬terletak setelah huruf hidup. xiii.

Hukum Ikhfa’ ada 2 yaitu: a) Ikhfa’ ḥaqiqi Ikhfa’ ḥaqiqi sering hanya disebut ikhfa’.xiv. nun sukun atau tanwin harus dibaca jelas tanpa dengung. Hukum bacaan Iẓhar ada 3 yaitu a) Iẓhar ḥalqi atau sering disebut iẓhar saja yaitu bila ada nun sukun atau tanwin bertemu dengan huruf ḥalqi (huruf yang keluar dari tenggorokan) Huruf Ḥalqi ada 6 yaitu: -‫ا-ح-خ‬ ‫ع-غ-ه‬ b) Iẓhar wajib yaitu apabila ada nun sukun atau tanwin bertemu dengan huruf ya’ atau wau dalam 1 kata. yaitu apabila ada nun sukun atau tanwin bertemu dengan huruf ikhfa’.2009.6 7) Ikhfa’ Ikhfa’ artinya samar-samar. Cara membaca bacaan iẓhar. 46-53 20 .2009. Panjang bacaannya 1 alif. Ya’ yang pertama berharakat kasrah dan tasydid dan ya’ yang kedua berharakat sukun. c) Iẓhar syafawi yaitu apabila ada mim sukun bertemu dengan huruf hijaiyah selain mim dan ba’. Cara membaca Ikhfa’adalah samar-samar dan berdengung.5 6) Iẓhar Iẓhar artinya jelas (terang). xv. Mad Farqu adalah apabila ada hamzah bertemu dengan al ta’rif. 77-84 6 Tim Bina Karya Guru. Bina Belajar Al-Qur’an Hadits untuk Madrasah Ibtidaiyah Kelas IV. Jakarta. Mad Tamkin adalah bacaan panjang yang terjadi karena ada 2 ya’. Erlangga hal. Bina Belajar Al-Qur’an Hadits untuk Madrasah Ibtidaiyah Kelas VI. Huruf Ikhfa’ ada 15 5 Tim Bina Karya Guru. Panjangnya 3 alif. Huruf Iẓhar syafawi ada 26 yaitu semua huruf hijaiyah kecuali mim dan ba. Jakarta. Erlangga hal.

yaitu qalqalah kecil (tipis membacanya). Huruf qal-qalah asli berharakat sukun/mati.)م‬ atau wau (‫)و‬ b) Idgham bilaghunnah Idgam bilagunnah adalah apabila ada nun sukun/tanwin bertemu dengan salah satu huruf lam (‫ . Menurut istilah. 8) Idgam Idgam artinya melebur/masuk.)ن‬mim (‫.)ر‬ 9) Iqlab Iqlab artinya membalikkan atau beralih. gunnah artinya dengung. Huruf qalqalah ada 5 yaitu : ‫ ق،ط،ب،ج،د‬Bacaan qalqalah ada 2 macam yaitu: a) Qalqalah sughra.)ب‬ 10) Qalqalah Qalqalah artinya memantul. bacaan qalqalah adalah apabila ada huruf qalqalah yang dibaca sukun.)ي‬nun (‫ . Qalqalah sughra adalah qalqalah yang ada ditengah kalimah. Iqlab yaitu apabila ada nun sukun atau tanwin bertemu dengan huruf ba’ (‫9.yaitu : -‫ت-ث-ج-د-ذ-ز-س-ش-ص-ض-ط-ظ‬ ‫7ف-ق-ك‬ b) Ikhfa’ Syafawi Ikhfa’ syafawi adalah apabila ada mim sukun bertemu dengan huruf ba’. 7 8 9 ibid hal 59-60 ibid hal 99-104 ibid hal 109-110 21 . idgam bigunnah adalah apabila ada nun sukun/tanwin bertemu dengan salah satu huruf ya’ (‫ . Hukum idgam ada 2 yaitu: a) Idgam bighunnah Idgam artinya memasukkan.)ل‬atau ra’ (‫8.

Baca Tulis Al-Qur’an 10 11 op. 5) Kelas 5 Semester 1 Pada semester 1. untuk semester 2 yaitu Surat Surat al-Qaari’ah dan Surat at-Tin 4) Kelas 4 Semester 1 Materi hafalan kelas 4 semester 1 yaitu Surat al-‘adiyat dan Surat al-Insyiraah. di kelas 5 tidak ada materi hafalan dan pada semester 2 materi hafalannya adalah surat al-‘Alaq 6) Kelas 6 Semester 1 Untuk kelas 6 semester 1 materi hafalannya Surat ad-Dhuhaa dan semester 2 surat al-Bayyinah11 c. 10 b.b) Qalqalah Kubra. Surat at-Takaatsur. dan Surat al Lahab. surat al-Maa’un. surat al-Fiil. Qalqalah Kubra adalah qalqalah yang ada di akhir kalimah. yaitu qalqalah besar (tebal membacanya). 56-57 opcit 1 hal 22 . dan Surat Al-Zalzalah. Surat an Naas. Surat al Falaq. sedangkan untuk semester 2 tidak ada materi hafalan. Hafalan Materi Hafalan Al-Qur’an Hadits MI menurut permenag no 2 tahun 2008 adalah: 1) Kelas 1 Materi Hafalan Kelas 1 Semester 1 adalah surat al Fatihah. 2) Kelas 2 Materi Hafalan Kelas 2 Semester 1 adalah surat al-Kautsar dan untuk semester 2 yaitu Surat al-Kaafirun.cit 3 hal. Untuk semester 2 yaitu surat an Nasr dan surat al Quraisy. dan al-Qadr 3) Kelas 3 Semester 1 Materi Hafalan Kelas 3 Semester 1 adalah surat al-Humazah. Surat al Ikhlas. surat al-‘Ashr. Huruf qalqalah dibaca sukun karena berhenti/waqaf.

Erlangga 13 opcit 2 hal 94 23 . Kewajiban berbuat baik kepada orang tua masih tetap berlaku saat mereka sudah meninggal dunia yaitu dengan memintakan ampunan pada Allah. yaitu d. al-Ikhlas. Bina Belajar Al-Qur’an Hadits untuk Madrasah Ibtidaiyah Kelas I. 3. 2009. meminta.13 Kelas 3: isi kandungan surat al-Fatihah. makhraj. Kelas 1: huruf-huruf hijaiyah.12 Kelas 2: hadits tentang hormat kepada orang tua Isi Kandungannya yaitu berbakti kepada orang tua tidakterbatas saat orang tua masih hidup saja. Jakarta.Materi Baca Tulis Al-Qur’an pelajaran Al-Qur’an hadits di MI hanya ada pada kelas 1 dan 2 saja. 2. Kebersihan juga merupakan salah satu syarat ibadah kita akan diterima oleh Allah. dan menyembah hanya kepada hamba-hamba-Nya yang melaksanakan perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya. hadits tentang salat berjamaah dan hadits tentang persaudaraan Surat Al-fatihah mengandung hal-hal yang penting antara lain:  Ayat 1. dan 5 berisi tentang keimanan yang menekankan bahwa: o o Allah. 12 Tim Bina Karya Guru. serta tanda baca Kelas 2: menulis dan membaca huruf hijaiyah secara huruf arab bersambung dan terpisah Kandungan isi ayat dan hadits Materi Hadist pada pelajaran Al-Qur’an Hadits di MI yaitu: Kelas 1: hadits tentang kebersihan Isi Kandungannya yaitu Islam sangat memperhatikan kebersihan. 4. o o Pujian dan syukur hanya untuk Allah semata Allah akan memberikan pahala dan menyayangi Tidak ada Tuhan selain Allah Memohon.

 Ayat ketujuh menjelaskan kisah orang-orang yang mendapat nikmat dan yang mendapat murka Allah. Ada beberapahal yang harus kita perhatikan dalamhidup 14 15 opcit 3 hal 87-88 24 ibid hal 114 . 3. 2. amal pun akan benar. ada 3 jenis persaudaraan yang perlu diketahui yaitu:  Ukhuwah Islamiyah yaitu persaudaraan sesama umat Islam  Ukhuwah wathaniyah yaitu persaudaraan sesama satu bangsa  ukhuwah basyariya yaitu persaudaraan sesama manusia. Melaksanakan amal karena takut kepada Allah. kita hharus menjalin silaturrahmi. Begitu juga sebaliknya. AdDhuha Hadits hadits tentang niat dan silaturahmi Kandungan Hadits niat Niat adalah salah satu sumber benarnya suatu amal. Maksudnya yaitu aturan yang sudah diberikan Allah berupa perintah dan larangan.14 Surat Al-Ikhlas menjelaskan tentang Ke-Esaan Allah. Hadits tentang persaudaraan berisi tentang persaudaraan sesama muslim. Tetangga adalah keluarga yang paling dekat. baik dengan keluargamaupun tetangga. Jika niat itu benar.o Hanya Allah yang menjadi raja di hari kiamat  Isi ayat keenam adalah tentang ibadah. merupakan ibadah seorang pedagang. Al Kautsar.15 • Kelas 4: isi kandungan Surat An-Nashr. Kandungan Hadits silaturahmi Untuk mempererat persatuan. Niat seorang hamba kepada Allah dibagi menjadi tiga tingkatan: 1. Melaksanakan amal karena malu kepada Allah dan dalam rangka melaksanakan hak ubudiyah dan ungkapan rasa syukur. Melaksanakan amal karena mengharap pahala. merupakan ibadah seorang ‘abid.

drill dan tanya jawab. Metode dan Strategi Pembelajaran 1. saling mengunjungi. dan metode setoran ayat. berbicara dengan bahasa yang santun. Metode dan Strategi Materi Menghafal Metode untuk menghafal surat pendek adalah metode tahlili yaitu urut ayat per ayat. ceramah. Sebab orang yang memberi lebih baik daripada orang yang meminta. 3. penugasan 25 . dan mengingatkan untuk beribadah kepada Allah. Orang yang suka meminta menunjukkan bahwa dia adalah orang yang lemah. yaitu suka memberi pertolongan kepada orang yang lemah atau tidak mampu. Beberapa hal yangharus diperhatikan dalam bersilaturrahmi: mengucapkan salam. B. Metode tersebut bisa dilakukan dengan berbagai strategi.bertetangga. Kelas 5 : Hadits tentang menyayangi anak yatim dan hadits tentang ciri-ciri orang munafik Kelas 6: Hadits tentang keutamaan memberi dan hadits Kandungan Hadits keutamaan memberi tentang amal salih Bahwa harta yang diberikan oleh Allah SWT. Metode dan Strategi Materi Baca Tulis Al-Qur’an Metode yang sesuai untuk materi baca tulis Al-Qur’an adalah praktek. Di antaranya saling tolong menolong. menjaga keamanan lingkungan. demonstrasi. metode pemberian tugas. Kita juga diharuskan menjadi orang yang dermawan. dan gunakan waktu yang tepat untuk bersilaturrahmi. harus kita sisihkan sebagiannya untuk disedekahkan. misalnya Strategi Demonstrasi variasi permainan 2. permainan. berjabat tangan. Metode dan Strategi Materi Tajwid Metode yang bisa dipakai untuk mengajarkan ilmu tajwid antara lain metode demonstrasi pembiasaan.

5. dan permainan. c.Siswa dibagi ke dalam beberapa kelompok . . juz . b. . point). a. Lembaran-lembaran kertas berisi ayat/surah al-Qur’an.Kelompok yang sudah selesai membaca memilih kelompok lain untuk giliran selanjutnya.Secara bergantian siswa menyebutkan bacaan tajwid yang ditemukan dan mempraktekkan cara membacanya. Metode untuk mengajarkan kasndungan isi ayat/hadits antara lain metode penemuan/discovery. tanya jawab. d. b.Guru memberi contoh cara membaca dengan tajwid yang benar . point).Guru menjelaskan materi disertai dengan media bagan. ceramah. d.4.Setiap kelompok mencari contoh bacaan tajwid yang tadi dijelaskan. Tujuan : siswa memahami kaidah tajwid Media : Bagan (kertas Karton atau Power Cara bermain : berkelompok Langkah: serta dapat menerapkan ke dalam bacaan al-Quran dengan benar. Metode dan Strategi Materi Kandungan isi Hadits kerja kelompok. . resume. . Lembaran-lembaran kertas berisi ayat/surah al-Qur’an . diskusi. a. ’amma c. Cara bermain : individu Langkah: 26 Permainan Kepala Bernomor Tujuan : siswa mamahami kaidah tajwid Media : Bagan (kertas Karton atau Power serta dapat menerapkan ke dalam bacaan al-Quran dengan benar.Setiap kelompok diberikan lembaran berisi surat/ayat-ayat alQur’an yang mengandung bacaan tajwid sesuai materi.

Guru menjelaskan materi disertai dengan media bagan. .siswa yang sudah selesai membaca memilih nomor untuk mendapat giliran selanjutnya. a.Siswa berhitung dari angka 1 sampai sejumlah siswa yang ada.Secara bergantian siswa membaca ayat yang mnegandung bacaan tajwid..siswa mencari pasangan yang sesuai denga kartu yang dimiliki. 6. Strategi dan Media dalam Pemahaman Ayat/Hadits a.Guru membagikan kartu soal dan kartu jawaban . . . Bermain mencari pasangan Tujuan : siswa bisa membedakan dan Media : Kartu soal dan jawaban. . MATERI PEMBELAJARAN QUR’AN HADITS DALAM HAL MEMAHAMI KANDUNGAN AYAT/HADITS STRATEGI DAN MEDIA 1. .Guru memberi contoh cara membaca dengan tajwid yang benar . c.Secara bergantian siswa membaca soal dan jawaban yang dipegang. Cara bermain : berpasangan Langkah: memahami bacaan-bacaan tajwid yang diajarkan. b. Strategi Teks Acak • • Guru menyiapkan beberapa kartu Sebagian bertuliskan potongan-potongan ayat/hadits. sebagian bertuliskan terjemahannya 27 . d.Guru menjelaskan materi dengan media yang disiapkan. .

• Kartu dibagikan kepada murid. sehingga ayat/hadits. ditulis dalam kertas Guru membagikan kertas tadi kepada siswa Siswa disuruh menyempurnakan ayat/hadits beserta terjemahannya Setelah sempurna. siswa disuruh membacakan ayat/hadits dan terjemahannya b. Strategi Tebak Isi • • • • • • Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok Guru menyiapkan ayat/hadits yang belum lengkap dan terjemahannya juga belum lengkap. Strategi Reading Guide • • • • • • Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok Guru juga menyiapkan terjemahan ayat/hadits yang ditulis dikertas Kertas dibagikan kepada siswa Siswa disuruh mencari kandungan ayat/hadits Tugas dikumpulkan kepada guru Guru membacakan hasilnya. Strategi Picture and Picture • • Guru membawa beberapa gambar Kemudian guru membacakan sebuah ayat/hadits 28 .siswa disuruh membacakan ayat/hadits dan terjemahannya kepaa kelompok lain Kelompoklainbertugas mendengarkan dan menilai ayat/hadits dan terjemahannya tadi benar/salah c. kemudian memberikan penjelasannya d. sebagian sebagian mendapatkan • • kartu bertuliskan mendapatkan kartu bertuliskan terjemahannya Kemudian siswa disuruh mencari pasangannya yang sesuai Setelah ketemu dengan pasangannya.

b. Drama Siswa disuruh melakukan/memperagakan sebuah drama yang berhubungan dengan ayat/hadits. Sebagai calon guru. Masih banyak strategi lain yang dapat dikembangkan untuk dapat mengajarkan ilmu tajwid dan menarik minat dan menambah semangat anak untuk belajar ilmu tajwid. Setiap pembelajaran di kelas.• Siswa disuruh mencari gambar yang sesuai dengan ayat/hadits yang dibacakan oleh guru e. Menulis diary Siswa disuruh mencatat apa saja yang mereka lakukan yang berhubungan dengan ayat/hadits. Bab III Penutup Strategi-strategi di atas hanyalah sebagian kecil dari strategi yang dapat dikembangkan dalam pembelajaran ilmu tajwid. Setelah itu. Critical Insident (pengalaman penting) Guru membacakan tema pembelajaran. kita dituntut untuk kreatif dalam mengembangkan strategi pembelajaran yang membuat murid tidak bosan. siswa disuruh menceritakan pengalaman mereka yang berhubungan dengan tema. sekaligus menerapkan tentang kebersihan bagi siswa lain. Strategi dan Media dalam Penerapan Ayat/Hadits a. catatan tadi dibacakan di depan kelas.skenario dibuat oleh siswa sendiri. 29 mencari . kemudian menjelaskannya kepada siswa. di depan teman-temannya. Strategi Pesan Berantai • • • Guru/siswa membacakan ayat/hadits Guru menunjuk salah seorang siswa untuk menrjemahkan Kemudian menunjuk siswa yang lain untuk kandungan ayat/hadits 2. Misal tentang kebersihan. c.

30 .

2009. Tim Bina Karya. Guru. Tim Bina Karya. Bina Belajar Al-Qur’an Hadits untuk Madrasah Ibtidaiyah Kelas II. Jakarta. 2009. Erlangga. Erlangga. Bina Belajar Al-Qur’an Hadits untuk Madrasah Ibtidaiyah Kelas III. 31 . Tim Bina Karya. Jakarta. Erlangga. Jakarta. Guru. Guru.Daftar Pustaka: Guru. 2009. Bina Belajar Al-Qur’an Hadits untuk Madrasah Ibtidaiyah Kelas IV. Erlangga. Bina Belajar Al-Qur’an Hadits untuk Madrasah Ibtidaiyah Kelas VI. 2009. Tim Bina Karya. Jakarta.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful