SILABUS Sekolah Mata Pelajaran Kelas Semester Standar Kompetensi : SMP ……………….

: Ilmu Pengetahuan Alam : IX (Sembilan) : 1 (satu) : Memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusia
Penilaian Kompetensi Dasar Materi Pokok/ Pembelajaran Sistem ekskresi pada manusia dan hubunganya dengan kesehatan Kegiatan Pembelajaran Indikator Teknik Tes tertulis Bentuk Instrumen PG Contoh Instrumen - Organ yang bentuknya mirip kacang dan berwarna merah maron adalah…… a. Janiung b. Paru-paru c. ginjal d. hati - Kem - Mengamati tarso/gambar karakteristik struktur organ penyusn sistem ekskresi pada manusia - Mendeskripsikan fungsi sistem ekskresi Tes tertulis Uraian - Kemukakan fungsi sistem ekskresi yang dimiliki oleh tubuh manusia

Alokasi Waktu 3 x 40

Sumber Belajar Buku siswa buku referensi tarso, gambar LKS, lingkungan

1.1 Mendeskripsikan sistem ekskresi pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan

- Mencari informasi tentang karakteristik struktur dan fungsi organ penyusun sistem ekskresi pada manusia melalui studi pustaka

- Mendeskripsikan bentuk / bangun organ-organ penyusun sistem ekskresi pada manusia

- Mencari informasi tentang kelainan dan

- Mendata contoh kelainan dan

Penugasan

Protek

- Buatlah tulisan tentang salah satu

Lembar penilaian antar teman untuk menilai tingkat keterlibatan siswa dalam penyelesaian proyek) . a. lingkungan . gambar LKS. tarso. oviduct d.Menyebutkan macam organ penyusun sistem reproduksi pada manusia Pemberian angket .Mencari informasi tentang karakteristik struktur dan fungsi organ penyusun sistem reproduksi pada manusia melalui studi pustaka .2 Mendeskripsikan sistem reproduksi dan penyakit yang berhubungan dengan sistem reproduksi pada m anusia Sistem reproduksi dan penyakit yang berhubungan dengan sistem reproduksi pada manusia .Angket model skala likert Tes tertulis PG . buku referensi.Menyadari pentingnya menjaga kesehatan organ sistem reproduksi 1.Salah satu organ yang menyusun sistem reprouksi pada laki-laki adalah…. testes b. ovarium c.penyakit pada sistem ekskresi pada manusia beserta cara mengatasinya melalui studi pustaka dan dari pusat kesehatan (klinik/puskesmas/ru mah sakit) penyakit pada sistem ekskresi yang biasa disampai dalam kehidupan seharihari dan upaya mengatasinya contoh penyakit pada sistem ekskskresi yang dijumpai dalam kehidupan seharihari . uterus 6 x 40 Buku siswa.

Mencari informasi tentang kelainan dan penyakit pada sistem reproduksi pada manusia beserta cara mengatasinya melalui studi pustaka dan dari pusat kesehatan (klinik/puskesmas/ru mah sakit) .Mengamati .Menyadari penitngnya menjaga kesehatan organ sistem reproduksi 1.3 Mendeskrip sikan sistem koordinasi dan alat indera pada manusia dan hubunganya dengan kesehatan Sistem koordinasi dan alat indera pada maniusia dan hubungannya dengan kesehatan .Perhatikan gambar sistem saraf berikut ini: 6 x 40 Buku siswa.Mencari informasi tentang karakteristik struktur dan fungsi organ penyusun sistem kordinasi alat indera pada manusia melalui studi pustaka . Ciplis.Menulis artikel tentang cara penularan dan pencegahan penyakit yang berhubungan dengan sistem reproduksi Penugasan Tugas rumah . gambar LKS.Membandingkan bentuk / bangun bagian organ dan / atau organ penyusun sistem syaraf pada manusia Penugasan Angket Tes tertulis PG . buku referensi tarso..Mengamati torso/gambar karakteristik struktur organ penyusun sistem reproduksi pada manusia . gonomoe) .Mendeskripsikan fungsi sistem reproduksi Tes tertulis Uraian .Buatlah tulisan tentang penularan dan pencegahan penyakit yang berhubungan dengan sistem reproduksi (Misalnya: HIV AIDS.Jelaskan fungsi uterus yang terdapat dalam sistem reproduksi wanita! . lingkungan .Angket skala perbedaan semantik .

fungsi sumsum tulang belakang. 1 dan 2 b. 4 dan 1 .Buatlah kliping tentang penyakit pada alat indra yang bias dijumpai . dan sel saraf dalam sistem koordinasi Tes tertulis Uraian Bagian otak dan sumsum lanjutan ditandai dengan nomor a.Dengan menggunakan model mata tunjukkan dan dekskripsikan fungsi bagian pupil dan retina .Mencari informasi tentang kelainan dan penyakit pada sistem koordinasi dan alat indera pada manusia beserta cara mengatasinya melalui studi pustakia dan dari pusat kesehatan (klinik / puskesmas / rumah sakit .Mendeskripsikan fungsi otak. 3 dan 4 d.torso/gambar karakteristik struktur organ penyusun sistem koordinasi dan alat indera pada manusia . 2 dan 3 c.Mendata contoh kelainan dan penyakit pada alat indera yang Penugasan Tugas rumah .Menunjukkan bagian-bagian alat indra dan fungsinya Tes wujuk kerja Tes wujud kerja .

Mencari informasi melalui studi pusataka dan merumuskan cara-cara perkembangbiakan Tes tertulis Uraian . gambar LKS.biasa dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan upaya mengatasinya 2.Mencari informasi melalui studi pustaka tentang peran adaptasi. banyak hewan ktub di musim dingin melakukan… a. reproduksi c. estivasi 6 x 40 Buku Siswa buku referensi video. seleksi alam.Mendeskripsikan hubungan interspesifik (antar populasi) dengan seleksi Tes tertulis Isian . hibernasi b. dan perkembangbiakan . dan perkembangbiakan hubungannya dengan kelangsungan hidup mahluk hidup .Untuk menjaga kelangsungan hidupnya.Melihat peristiwa mekanisme adaptasi.Hubngan antar spesies (antar populasi) yang bagaimanakah yang berkaitan .1Mengidentifikasi kelangsungan hidup makhluk hidup melalui adaptasi seleksi alam dan perkembangbia kan Kelangsungan hidup makhluk hidup melalui adaptasi. seleksi alam. .Mengaitkan perilaku adaptasi hewan tertentu dilingkungannya dengan kelangsungan hidup T^es tertulis PG dalam kehidupan sehari-hari . dan perkembangbiakan hubungannya dengan kelangsungan hidup mahluk hidup melalui video/film . adaptasi d. lingkungan .Badak bercula satu hampir punah karena selain habitatnya rusak juga disebabkan..Mamprediksikan punahnya beberapa jenis makhluk hidup akibat seleksi alam hubungannya dengan kemampuan nyang dimiliki . seleksi alam.

Mencari informasi melalui studi pustaka tentang deskripsi dari materi genetis baik gen maupun kromosom dilihat dari sifat-sifatnya .Menjelaskan peran perkembangbiaka n bagi kelangsungan hidup .Menyebutkan materi-materi genetis yang bertanggung jawab dalam pewarisan sifat.Jelaskan pengertian gen dan kromosom .2 Mendeskripsikan konsep pewarisan sifat pada makhluk hidup .Mendiskripsikan cara perkembangbiaka n pada tumbuhan dan hewan 2.Materi genetis yang bertanggung jawab dalam penurunan sifat adalah 4 x 45 Buku siswa. buku referensi gambar LKS. Penugasan Tugas rumah .Buatlah tabel cara perkembangbiakan pada beberapa jenis tumbuhan dan hewan .tumbuhan dan hewan sebagai mekanisme untuk mendukung kelangsungan hidup alam erat dengan seleksi alam? Berikan contohnya! Tes tertulis Isian . lingkungan Tes tertulis Isian .Jelaskan peran perkembangbiakan pada makhluk hidup! .Mendeskripsikan materi genetis yang bertanggung jawab dalam pewarisan sifat Tes tertulis Uraian .

Membedakan pengertian sifat resesif dominan dan internediat 2. Tentukan perbandingan genotif dan fenotif keturunannya.Tentukan macam gamet dari induk bergenotif MM dan MM 6 x40’ Buku siswa. Dominan dan intermedial! Isian . lingkungan Test tertulis . .Kemukakan perbedaan pengertian resesif. gambar LKS. kromosom) .Organisasi yang berfenotif bulat (bulat dominan terhadap kisut) bergenotif Bb disilangkan dengan sesamanya.Kacang ercis berbiji bulat berwarna kuning homozigot (BBKK) disilangkan dengan . buku referensi video.Menentukan rasio hasil persilangan dihibrida Tes tertulis Uraian .3 Mendeskripsikan proses pewarisan dan hasil pewarisan sifat beserta penerapannya Proses pewarisan dan hasil pewarisan sifat beserta penerapannya .Mencari informasi melalui studi pustaka tentang deskripsi proses pewarisan sifat pada makhluk hidup .(gen.Menentukan genet dari genotip tertua/induk/pare ntal Test tertulis .

Kemukakan minimal dua keuntungan pemanfaatan bioteknologi dalam produksi pangan! .Mencari informasi melalui studi pustaka tentang contoh-contoh penerapan bioteknologi dalam produksi pangan .kacang ercis berbiji kisut berwarna hijau (BBKK). lingkungan .Mencari informasi melalui studi pustaka tentang pengertian. buku referensi video.4 Mendeskripsikan penerapan bioteknologi dalam mendukung kelangsungan hidup manusia melalui produksi pangan Penberapan bioteknologi dalam mendukunmg kelangsungan hidup manusia melalui produksi pangan .Definisikan pengertian bioteknologi! 6 x 40’ Buku siswa.Mendeskripsikan keuntungan pemanfaatan bioteknologi dalam produksi pangan Tes tertulis Uraian . menghasilkan keturunan kacang yang semuanya berbiji bulat berwanra kuning tentukan perbandingan fenotif dan genotif dari hasil persilangan keturunannya 2. gambar LKS. macam dan manfaat bioteknologi yang mendukung kelangsungan hidup manusia .Mendeskripsikan pengertian bioteknologi Tes tertulis Uraian .

Melakukan observasi untuk mendata produk bioteknologi yang sederhana dan yang modern yang dipakai di lingkungan rumah tangga .Mencari informasi melalui studi pustaka tentang contoh produk bioteknologi baik yang konvensional maupun yang modern yang biasa dimanfaatkan sebagai bahan pangan . .Lakukanlah survey dilingkungan sekitar yang berhubungan dengan pemanfaatan bioteknologi konvensional dan modern kemudian laporkan hasilnya. .Membuat produk bioteknologi sederhanan yang dapat dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-0hari (membuat tempe. fermentasi sari buah. penanaman secara hidroponik dan aeroponik) Penugasan Tugas rumah .untuk mendukung kelangsungan hidup manusia.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful