P. 1
Definisi Kehamilan

Definisi Kehamilan

|Views: 174|Likes:
Published by zhatielcute1992

More info:

Published by: zhatielcute1992 on Jul 05, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/14/2012

pdf

text

original

Definisi Kehamilan Kehamilan adalah pertumbuhan dalam perkembangan janin intra uterin mulai sejak konsepsi dan berakhir

sampai permulaan persalinan. Perubahan Fisiologi 1. Rahim dan Uterus Rahim yang semula besarnya sejempol atau beratnya 30 gram akan mengalami hipertrofi dan hiperplasia sehingga menjadi seberat 1000 gram saat akhir kehamilan otot rahim mengalami hiperplasia dan hipertrofi menjadi lebih besar, lunak dan dapat mengikuti pembesaran rahim karena pertumbuhan janin. 2. Vagina (Liang Senggama) Vagina dan vulva mengalami peningkatan pembuluh darah karena pengaruh esterogen sehingga tampak makin merah dan kebiru-biruan (tanda chadwicks). 3. Ovarium Pada terjadinya kehamilan indung telur yang mengandung korpus luteum gravidarum akan meneruskan fungsinya sampai terbentuknya plasenta yang sempurna pada umur 16 minggu, tetapi setelah bulan IV corpus luteum ini akan mengisut. 4. Payudara Payudara mengalami pertumbuhan dan perkembangan sebagai persiapan pemberian ASI pada saat laktasi. Perkembangan payudara tidak dapat dilepaskan dari pengaruh hormon saat kehamilan yaitu esterogen, progesteron dan somamotropin. 5. Dinding Perut Pada seorang multigravida disamping strie yang baru terdapat juga garis putih agak mengkilat ialah perut cicatrik dan strie gravidarum pada kehamilan yang lalu. 6. Kulit Selain strie gravidarum pada kulit terdapat pula hiperpigmentasi kadang-kadang terdapat pada kulit muka (pipi) disebut cloasma gravidarum. Pada umumnya setelah partus selesai gejala hiperpigmentasi ini akan menghilang. Perubahan Psikologi Kehamilan Menurut teori Reva Rubin: 1. Trimester I - Penerima keluarga khususnya pasutri terhadap kehamilannya. - Perubahan kehidupan sehari-hari. - Mencari tanda kehamilan. - Merasa tidak sehat dan membenci kehamilannya. - Merasakan kekecewaan, penolakan, kecemasan, kesedihan. - Hasrat hubungan seks terbatas. - Khawatir kehilangan bentuk tubuh. - Ketidakstabilan mirip sindroma prahaid, mudah marah, ayunan suasana hati, irasionalisme, cengeng.

Merasa terlepas dari rasa cemas dan tidak nyaman. . Trimester III : 28-40 minggu. Sumber: http://id. .. 3. 2. . .Meningkatkan kewaspadaan timbulnya tidak dan gejala persalinan. Trimester II : 13-27 minggu. Trimester I : 0-12 minggu.Ibu merasa sehat. . yaitu: 1.Tidak sabaran dan resah. Trimester III .Kehilangan perhatian yang didapat dari hamil.Sudah menerima kehamilan. . .shvoong. 2.Gerakan bayi dan membesarnya perut kadang merasa khawatir bayinya lahir sewaktu-waktu. .Merasakan kehadiran bayi sebagai seorang diluar dirinya. . . .Bermimpi dan berkhayal tentang si bayi.Disebut periode menunggu dan waspada sebab rasa tidak sabar menunggu kehamilannya.Perasaan was-was. 3. Pembagian Usia Kehamilan Kehamilan dibagi menjadi 3 trimester.Perut belum terlalu besar sehingga belum dirasa beban.Mulai merasa gerak janin. . .com/medicine-and-health/gynecology/2058315-konsep-dasarkehamilan/#ixzz1REsNI8tz .Rasa tidak nyaman.Semakin ingin menyudahi rasa kehamilannya. Trimester II .Libido meningkat. takut dan gembira.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->