P. 1
Model Pembelaj. Trigonometri dan Lingkaran SMA XI-IA

Model Pembelaj. Trigonometri dan Lingkaran SMA XI-IA

|Views: 867|Likes:
Published by M.Rahmatullah, S.Pd

More info:

Published by: M.Rahmatullah, S.Pd on Jul 05, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/09/2012

pdf

text

original

Bab 3 Trigonometri

Jenjang Sekolah Mata Pelajaran Kelas Program Studi : : : : SMA dan MA Matematika Xl Ilmu Alam

Rumus Trigonometeri Jumlah dan Selisih Dua Sudut
A. B. Standar Kompetensi Menggunakan manipulasi aljabar untuk merancang rumus trigonometri dan menyusun bukti. Kompetensi Dasar 1. Menggunakan rumus trigonometri jumlah dua sudut, selisih dua sudut, dan sudut ganda. 2. Merancang rumus trigonometri jumlah dan selisih dua sudut dan sudut ganda. Indikator • Menggunakan rumus sinus jumlah dan selisih dua sudut. • Menggunakan rumus kosinus jumlah dan selisih dua sudut. • Menggunakan rumus tangen jumlah dan selisih dua sudut. • Menggunakan rumus trigonometri jumlah dan selisih dua sudut dalam pemecahan masalah. • Membuktikan rumus trigonometri jumlah dan selisih dua sudut. Materi Pokok Trigonometri Alokasi Waktu 8 jam pelajaran Strategi Pembelajaran 1. Apersepsi/Motivasi Melakukan tanya jawab tentang permasalahan sehari-hari yang berhubungan dengan penggunaan trigonometri terutama yang berhubungan dengan trigonometri jumlah dan selisih dua sudut. Misalnya menentukan jarak dua kapal yang berjarak 80 km dari pelabuhan dengan kapal pertama pada jurusan 030° dan kapal kedua pada jurusan 045°. 2. Kegiatan Inti Rumus cos (a – b) dan cos (a + b) a. Bertanya jawab untuk membahas penyelesaian dari permasalahan yang disampaikan pada apersepsi. Kegiatan ini bertujuan untuk menyegarkan ingatan siswa pada trigonometri dan sifat-sifatnya yang telah dipelajari di kelas X. Selanjutnya kegiatan ini diarahkan untuk menentukan nilai cos 15° yang merupakan kosinus selisih dua sudut, yaitu 45° dan 60°. Selanjutnya, siswa dikenalkan rumus kosinus jumlah dan selisih dua sudut. cos (a – b) = cos a cos b + sin a sin b cos (a + b) = cos a cos b – sin a sin b b. Secara terbimbing, siswa mendiskusikan bukti dari rumus kosinus selisih dan jumlah dua sudut bersama teman sebangkunya. c. Siswa mencoba menggunakan rumus kosinus jumlah dan selisih dua sudut dengan melengkapi isian. d. Menguji keterampilan siswa dalam menyelesaikan persoalan dengan menggunakan rumus kosinus selisih dan jumlah dua sudut. Selanjutnya, beberapa siswa menuliskan pekerjaannya di papan tulis untuk dibahas bersama. Rumus sin (a + b) dan sin (a – b) e. Secara terbimbing, siswa mendiskusikan bukti rumus sinus jumlah dan selisih dua sudut. sin (a + b) = sin a cos b + cos a sin b sin (a – b) = sin a cos b – cos a sin b
PG Matematika Kelas XI

C.

D. E. F.

51

f. g.

Siswa mencoba menggunakan rumus sinus jumlah dan selisih dua sudut dengan melengkapi isian. Menguji keterampilan siswa dalam menyelesaikan persoalan dengan menggunakan rumus sinus selisih dan jumlah dua sudut. Selanjutnya, beberapa siswa menuliskan pekerjaannya di papan tulis untuk dibahas bersama. Rumus tan (a + b) dan tan (a – b) h. Bersama teman sebangkunya, siswa membuktikan rumus tangen jumlah dan selisih dua sudut. tan (a + b) = tan (a – b) = i. j. k. 3.
tan a + tan b 1 − tan a tan b tan a − tan b 1 + tan a tan b

Siswa mencoba menggunakan rumus tangen jumlah dan selisih dua sudut dengan melengkapi isian. Menguji keterampilan siswa dalam menyelesaikan persoalan dengan menggunakan rumus tangen jumlah dan selisih dua sudut. Selanjutnya, beberapa siswa menuliskan pekerjaannya di papan tulis untuk dibahas bersama. Menguji kemampuan siswa menyelesaikan soal cerita yang berhubungan dengan nilai trigonometri jumlah dan selisih dua sudut.

Penutup a. Mengevaluasi kegiatan belajar yang telah dilakukan. b. Menekankan kepada siswa bahwa rumus trigonometri jumlah dan selisih dua sudut merupakan dasar dari rumus-rumus trigonometri yang akan dipelajari pada subbab-subbab berikutnya.

G. Sumber/Bahan/Alat 1. Buku Matematika kelas Xl Program Studi Ilmu Alam, Intan Pariwara, halaman 75–83. 2. Buku PG Matematika kelas Xl Program Studi Ilmu Alam, Intan Pariwara, halaman 189–200. H. Penilaian 1. Tes tertulis (paper and pen test) Aspek-aspek yang dinilai: a. kemampuan membuktikan rumus kosinus jumlah dan selisih dua sudut; b. kemampuan menggunakan rumus kosinus jumlah dan selisih dua sudut; c. kemampuan membuktikan rumus sinus jumlah dan selisih dua sudut; d. kemampuan menggunakan rumus sinus jumlah dan selisih dua sudut; e. kemampuan membuktikan rumus tangen jumlah dan selisih dua sudut; dan f. kemampuan menggunakan rumus tangen jumlah dan selisih dua sudut. 2. Tes kinerja (performance test) Aspek-aspek yang dinilai: a. keaktifan dalam tanya jawab; b. kemampuan bekerja sama dengan teman sebangku; dan c. kemandirian dalam mengerjakan soal-soal latihan.

Rumus Trigonometri Sudut Rangkap
A. B. Standar Kompetensi Menggunakan manipulasi aljabar untuk merancang rumus trigonometri dan menyusun bukti. Kompetensi Dasar 1. Menggunakan rumus trigonometri jumlah dua sudut, selisih dua sudut, dan sudut ganda. 2. Merancang rumus trigonometri jumlah dan selisih dua sudut dan sudut ganda. Indikator • Menggunakan rumus sinus, kosinus, dan tangen sudut rangkap. • Merancang dan membuktikan rumus trigonometri sudut rangkap. • Menyatakan sinus, kosinus, dan tangen suatu sudut sebagai fungsi trigonometri dari sudut rangkap. Materi Pokok Trigonometri

C.

D.

52

Model Pembelajaran

E. F.

Alokasi Waktu 5 jam pelajaran Strategi Pembelajaran 1. Apersepsi/Motivasi Melakukan tanya jawab untuk mengingatkan rumus-rumus trigonometri yang telah dipelajari di kelas X dan di subbab sebelumnya. Perlu disampaikan kepada siswa bahwa suatu rumus trigonometri dapat berubah penampilan sesuai kebutuhan. Misalkan: cos2 x + sin2 x = 1 sin2 x = 1 – cos2 x cos2 x = 1 sin2 x 2. Kegiatan Inti a. Secara terbimbing, siswa berdiskusi untuk menurunkan rumus trigonometri sudut rangkap, yaitu sin 2a, cos 2a, dan tan 2a. Selanjutnya, tiap kelompok menyampaikan hasil diskusinya dan kemudian disimpulkan bersama. b. Menyampaikan bahwa rumus trigonometri sudut rangkap digunakan untuk menentukan nilai trigonometri sudut 2a apabila nilai trigonometri sudut a diketahui. Sedangkan untuk menentukan nilai trigonometri sudut sin cos c. d. e.
1 a 2 1 a 2

dapat digunakan rumus berikut.

=± =±

1 2

− +

1 2

cos a cos a

1 a 2

1 2

1 2

Selanjutnya, dua siswa diminta ke depan untuk menurunkan rumus tersebut. Memberi tugas kepada siswa untuk menurunkan beberapa rumus trigonometri yang lainnya sebagai pengembangan materi. Misalnya menurunkan rumus sin 3a dan cos 3a. Siswa mencoba menggunakan rumus trigonometri sudut rangkap dengan melengkapi isian. Menguji keterampilan siswa dalam menyelesaikan persoalan dengan menggunakan rumus trigonometri sudut rangkap. Selanjutnya, beberapa siswa menuliskan pekerjaannya di papan tulis untuk dibahas bersama.

3.

Penutup a. Mengevaluasi kegiatan belajar yang telah dilakukan. b. Menyampaikan kepada siswa bahwa rumus-rumus trigonometri terutama rumus trigonometri sudut rangkap banyak digunakan dalam pembahasan bab-bab berikutnya. Misalnya pada bab Limit Fungsi dan Turunan Fungsi, atau Integral yang akan dipelajari di kelas Xll.

G. Sumber/Bahan/Alat 1. Buku Matematika kelas Xl Program Studi Ilmu Alam, Intan Pariwara, halaman 84–87. 2. Buku PG Matematika kelas Xl Program Studi Ilmu Alam, Intan Pariwara, halaman 200–206. H. Penilaian 1. Tes tertulis (paper and pen test) Aspek-aspek yang dinilai: a. kemampuan menurunkan rumus trigonometri sudut rangkap; b. kemampuan menggunakan rumus trigonometri sudut rangkap; dan c. kemampuan menyatakan suatu bentuk tertentu menjadi bentuk trigonometri sudut rangkap. 2. Tes kinerja (performance test) Aspek-aspek yang dinilai: a. keaktifan dalam tanya jawab; b. kemampuan bekerja sama dalam kelompok; dan c. kemandirian dalam mengerjakan soal-soal latihan.

PG Matematika Kelas XI

53

Rumus Penjumlahan dan Perkalian Trigonometri
A. B. Standar Kompetensi Menggunakan manipulasi aljabar untuk merancang rumus trigonometri dan menyusun bukti. Kompetensi Dasar 1. Menggunakan rumus trigonometri jumlah dua sudut, selisih dua sudut, dan sudut ganda. 2. Merancang rumus trigonometri jumlah dan selisih dua sudut dan sudut ganda. Indikator • Menyatakan perkalian sinus dan kosinus dalam jumlah atau selisih sinus atau kosinus. • Membuktikan rumus trigonometri jumlah dan selisih dari sinus dan kosinus dua sudut. Materi Pokok Trigonometri Alokasi Waktu 8 jam pelajaran Strategi Pembelajaran 1. Apersepsi/Motivasi Bertanya jawab tentang permasalahan yang berhubungan dengan materi yang akan dipelajari, yaitu penjumlahan dan perkalian bentuk trigonometri. Misalnya inferensi gelombang dari gitar dengan persamaan y = 3 cos (2t +
π 6

C.

D. E. F.

) dan harmonika dengan persamaan y = 3 cos 2t menghasilkan gelombang dengan
π 6

persamaan y = 3 cos (2t + 2.

) + 3 cos 2t. Bentuk fungsi trigonometri terakhir dapat diubah ke satu suku

trigonometri dengan mengubahnya ke bentuk perkalian. Kegiatan Inti Mengubah Bentuk Perkalian Menjadi Penjumlahan a. Secara terbimbing, siswa berdiskusi untuk menurunkan rumus trigonometri tentang hubungan bentuk kali dan bentuk jumlah, yaitu: cos (a + b) + cos (a – b) = 2 cos a cos b cos (a + b) – cos (a – b) = –2 sin a sin b sin (a + b) + sin (a – b) = 2 sin a cos b sin (a + b) – sin (a – b) = 2 cos a sin b Dengan mengalikan kedua ruas dengan b.
1 , maka akan diperoleh rumus yang dapat digunakan untuk 2

mengubah bentuk perkalian menjadi bentuk penjumlahan. Siswa mencoba menggunakan trigonometri yang telah ditemukannya untuk mengubah bentuk-bentuk perkalian menjadi bentuk penjumlahan dengan melengkapi isian. c. Menguji keterampilan siswa menyelesaikan soal-soal trigonometri dengan menggunakan rumus pengubah bentuk perkalian menjadi bentuk penjumlahan. Selanjutnya, beberapa siswa menuliskan pekerjaannya di papan tulis untuk dibahas bersama. Mengubah Bentuk Penjumlahan Menjadi Bentuk Perkalian d. Bertanya jawab untuk menurunkan rumus yang dapat digunakan untuk mengubah bentuk penjumlahan trigonometri menjadi bentuk perkalian. Rumus ini dapat diperoleh dengan mensubstitusikan a = dan b = e. f.
1 (p 2 1 (p + q) 2

– q) ke rumus hubungan penjumlahan dan perkalian trigonometri.

Siswa mencoba menggunakan rumus yang telah diperoleh untuk mengubah bentuk penjumlahan trigonometri menjadi bentuk perkalian dengan melengkapi isian. Menguji keterampilan siswa dalam menyelesaikan persoalan dengan menggunakan rumus untuk mengubah bentuk penjumlahan trigonometri menjadi bentuk perkalian. Selanjutnya, beberapa siswa menuliskan pekerjaannya di papan tulis untuk dibahas bersama.

54

Model Pembelajaran

g. h. 3.

Menguji keterampilan siswa menggunakan rumus-rumus trigonometri yang telah dikenalnya untuk membuktikan identitas trigonometri. Menguji kemampuan siswa menyelesaikan soal-soal cerita yang berhubungan dengan bentuk trigonometri.

Penutup a. Menekankan kepada siswa bahwa rumus-rumus trigonometri yang telah dipelajari akan banyak digunakan pada bab-bab berikutnya. b. Mengingatkan siswa untuk mencari penerapan materi yang telah dipelajari pada bidang studi lain sebagai bahan proyek. c. Mengevaluasi kegiatan belajar yang telah dilakukan dengan menyelesaikan soal-soal latihan ulangan. d. Membimbing siswa melakukan refleksi diri untuk mengetahui materi-materi yang belum dikuasainya. e. Menugaskan siswa untuk membuat rangkuman bab.

G. Sumber/Bahan/Alat 1. Buku Matematika kelas Xl Program Studi Ilmu Alam, Intan Pariwara, halaman 87–95. 2. Buku PG Matematika kelas Xl Program Studi Ilmu Alam, Intan Pariwara, halaman 206–221. H. Penilaian 1. Tes tertulis (paper and pen test) Aspek-aspek yang dinilai: a. kemampuan menurunkan rumus hubungan antara penjumlahan dan perkalian trigonometri; b. kemampuan mengubah bentuk penjumlahan trigonometri menjadi bentuk perkalian; dan c. kemampuan mengubah bentuk perkalian trigonometri menjadi bentuk penjumlahan. 2. Tes kinerja (performance test) Aspek-aspek yang dinilai: a. keaktifan dalam tanya jawab; b. kemampuan menyampaikan pendapat dalam diskusi; c. kemampuan bekerja secara berpasangan; dan d. kemandirian dalam mengerjakan soal-soal latihan. 3. Penugasan (proyek) Aspek-aspek yang dinilai: kemampuan menerapkan materi pada bidang studi lain.

PG Matematika Kelas XI

55

Bab 4 Lingkaran
Jenjang Sekolah Mata Pelajaran Kelas Program Studi : : : : SMA dan MA Matematika Xl Ilmu Alam

Persamaan Lingkaran
A. Standar Kompetensi Menyusun dan menggunakan persamaan lingkaran beserta garis singgungnya; menggunakan algoritma pembagian, teorema sisa, dan teorema faktor dalam pemecahan masalah; menggunakan operasi dan manipulasi aljabar dalam pemecahan masalah yang berkaitan dengan fungsi komposisi dan fungsi invers. Kompetensi Dasar Merumuskan persamaan lingkaran dan menggunakannya dalam pemecahan masalah. Indikator • Merumuskan persamaan lingkaran berpusat di (0, 0) dan (a, b). • Menentukan pusat dan jari-jari lingkaran yang persamaannya diketahui. • Menentukan persamaan lingkaran yang memenuhi kriteria tertentu. • Menentukan posisi titik dan garis terhadap lingkaran. Materi Pokok Lingkaran Alokasi Waktu 10 jam pelajaran Strategi Pembelajaran 1. Apersepsi/Motivasi Bertanya jawab tentang lingkaran yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya bentuk dasar roda adalah lingkaran. Atau istilah-istilah lingkaran yang digunakan untuk menyatakan sesuatu, seperti ”gempa bumi masih terasa dalam radius 15 km”. 2. Kegiatan Inti Merumuskan Persamaan Lingkaran a. Bertanya jawab untuk mengingatkan siswa tentang pengertian lingkaran dan unsur-unsurnya, yaitu pusat dan jari-jari melalui sebuah contoh. b. Secara terbimbing, siswa menentukan persamaan lingkaran sebagai tempat kedudukan titik yang berjarak tertentu dari sebuah titik tertentu. c. Bertanya jawab untuk menurunkan persamaan lingkaran yang berpusat di (0, 0) dan berjari-jari r, berpusat di (a, b) dan berjari-jari r, serta persamaan umum lingkaran, kemudian bersama-sama menyimpulkannya. d. Menginformasikan kepada siswa bahwa persamaan berbentuk x2 + y2 + Ax + By + C = 0 dengan A, B, dan C bilangan nyata merupakan persamaan lingkaran apabila e.
1 2 A 4

B. C.

D. E. F.

+

1 2 B 4

– C ≥ 0.

Menguji keterampilan siswa menentukan persamaan lingkaran apabila diketahui pusat dan jari-jarinya, serta menentukan pusat dan jari-jari lingkaran apabila diketahui persamaannya kemudian dibahas bersama. Menentukan Persamaan Lingkaran yang Memenuhi Kriteria Tertentu f. Menjelaskan bahwa persamaan lingkaran dapat ditentukan dengan mencari pusat dan jari-jarinya, kemudian menggunakan (x – a)2 + (y – b)2 = r2 atau dengan menentukan nilai A, B, dan C pada persamaan x2 + y2 + Ax + By + C = 0.

56

Model Pembelajaran

g. Secara terbimbing, siswa mencoba menentukan persamaan lingkaran yang memenuhi kriteria tertentu. h. Menguji pemahaman siswa dengan memberikan soal yang menantang. i. Menguji keterampilan siswa untuk menyelesaikan soal-soal latihan, kemudian dibahas bersama. Menentukan Posisi Titik dan Garis terhadap Lingkaran j. Bertanya jawab tentang kedudukan titik T terhadap lingkaran yang berpusat di P dan berjari-jari r. • Titik T di dalam lingkaran apabila PT < r. • Titik T pada lingkaran apabila PT = r. • Titik T di luar lingkaran apabila PT > r. k. Secara berkelompok, siswa mendiskusikan syarat kedudukan titik T(x0, y0) berada di dalam, pada, dan di luar lingkaran dengan persamaan x2 + y2 = r2; (x – a)2 + (y – b)2 = r2; dan x2 + y2 + Ax + By + C = 0. l. Bertanya jawab tentang kedudukan garis terhadap lingkaran. Untuk menentukannya dapat dilakukan dengan melihat banyaknya titik persekutuan garis dan lingkaran. • Apabila mempunyai dua titik persekutuan, maka garis memotong lingkaran. • Apabila mempunyai satu titik persekutuan, maka garis menyinggung lingkaran. • Apabila tidak mempunyai titik persekutuan, maka garis di luar lingkaran. Perlu diingatkan kepada siswa bahwa menentukan titik persekutuan garis dan lingkaran berarti menentukan penyelesaian sistem persamaan linear–kuadrat yang terdiri dari persamaan garis dan persamaan lingkaran. m. Siswa mencoba menentukan kedudukan garis terhadap lingkaran dengan melengkapi isian. Kemudian memahami sajian geometri dari yang telah dikerjakannya. n. Bertanya jawab untuk menjelaskan bahwa selain dengan menentukan banyaknya titik persekutuan, kedudukan garis terhadap lingkaran dapat juga ditentukan dengan membandingkan jari-jari lingkaran dan jarak pusat lingkaran ke garis. • Apabila jarak pusat ke garis kurang dari r, berarti garis memotong lingkaran. • Apabila jarak pusat ke garis sama dengan r, berarti garis menyinggung lingkaran. • Apabila jarak pusat ke garis lebih dari r, berarti garis di luar lingkaran. o. Menginformasikan kepada siswa tentang rumus jarak antara titik (x1, y1) dengan garis ax + by + c = 0, yaitu d = p. q. r. 3.
ax1 + by1 + c a 2 + b2

.

Mencoba menghitung jarak pusat lingkaran terhadap garis untuk menentukan kedudukan garis terhadap lingkaran dengan melengkapi isian. Menguji keterampilan siswa menentukan kedudukan titik terhadap lingkaran dan kedudukan garis terhadap lingkaran kemudian dibahas bersama. Memberikan tugas kepada siswa untuk menentukan persamaan lingkaran luar dan lingkaran dalam suatu segitiga.

Penutup Menekankan kepada siswa bahwa dari persamaan lingkaran dapat ditentukan pusat dan jari-jarinya. Sebaliknya, dari pusat dan jari-jari dapat ditentukan persamaan lingkaran.

G. Sumber/Bahan/Alat 1. Buku Matematika kelas Xl Program Studi Ilmu Alam, Intan Pariwara, halaman 97–107. 2. Buku PG Matematika kelas Xl Program Studi Ilmu Alam, Intan Pariwara, halaman 223–240. H. Penilaian 1. Tes tertulis (paper and pen test) Aspek-aspek yang dinilai: a. kemampuan menentukan persamaan lingkaran apabila pusat dan jari-jarinya diketahui; b. kemampuan menentukan pusat dan jari-jari lingkaran yang diketahui persamaannya; c. kemampuan menentukan persamaan lingkaran yang memenuhi kriteria tertentu; d. kemampuan menentukan kedudukan titik terhadap lingkaran; dan e. kemampuan menentukan kedudukan garis terhadap lingkaran.

PG Matematika Kelas XI

57

2.

Tes kinerja (performance test) Aspek-aspek yang dinilai: a. keaktifan dalam bertanya jawab; b. kemampuan bekerja sama dalam kelompok; c. kemampuan menyampaikan pendapat dalam diskusi; dan d. kemandirian dalam menyelesaikan soal-soal latihan.

Garis Singgung Lingkaran
A. Standar Kompetensi Menyusun dan menggunakan persamaan lingkaran beserta garis singgungnya; menggunakan algoritma pembagian, teorema sisa, dan teorema faktor dalam pemecahan masalah; menggunakan operasi dan manipulasi aljabar dalam pemecahan masalah yang berkaitan dengan fungsi komposisi dan fungsi invers. Kompetensi Dasar Menentukan persamaan garis singgung pada lingkaran dalam berbagai situasi. Indikator • Menentukan persamaan garis singgung yang melalui suatu titik pada lingkaran. • Menentukan persamaan garis singgung yang gradiennya diketahui. • Menggunakan diskriminan untuk menentukan persamaan garis singgung pada lingkaran. • Membuktikan teorema tentang persamaan garis singgung pada lingkaran. (*) Materi Pokok Lingkaran Alokasi Waktu 10 jam pelajaran Strategi Pembelajaran 1. Apersepsi/Motivasi Melakukan tanya jawab tentang garis singgung lingkaran, yaitu garis yang memotong lingkaran di satu titik serta sifat-sifatnya, di antaranya jarak pusat ke garis singgung adalah r dan jari-jari yang melalui titik singgung tegak lurus garis singgung. 2. Kegiatan Inti Menentukan Persamaan Lingkaran yang Melalui Sebuah Titik pada Lingkaran a. Bertanya jawab menurunkan persamaan garis singgung lingkaran x2 + y2 = r2 di titik (x1, y1) pada lingkaran tersebut, kemudian bersama-sama menyimpulkannya. b. Bertanya jawab menurunkan persamaan garis singgung lingkaran (x – a)2 + (y – b)2 = r2 di titik (x1, y1) pada lingkaran tersebut, kemudian bersama-sama menyimpulkannya. c. Siswa mencoba menentukan persamaan garis singgung lingkaran yang melalui titik pada lingkaran dengan melengkapi isian. d. Menguji pemahaman siswa dengan menyelesaikan soal yang menantang. e. Menguji keterampilan siswa menentukan persamaan garis singgung lingkaran yang melalui titik pada lingkaran. Menentukan Persamaan Garis Singgung yang Gradiennya Diketahui f. Bertanya jawab untuk menurunkan rumus garis singgung lingkaran apabila gradiennya diketahui, kemudian bersama-sama menyimpulkannya. Rumus garis singgung di sini diperoleh dengan menentukan persamaan garis-garis yang bergradien m kemudian dari garis-garis tersebut dipilih yang menyinggung lingkaran, yaitu yang mempunyai satu titik persekutuan dengan lingkaran. g. Siswa mencoba menggunakan rumus untuk menentukan persamaan garis singgung lingkaran yang bergradien m dengan melengkapi isian. h. Menjelaskan trik menentukan persamaan garis singgung lingkaran yang bergradien m dengan prinsip jarak pusat ke garis singgung sama dengan jari-jari. i. Menguji keterampilan siswa menentukan persamaan garis singgung lingkaran dengan gradien tertentu kemudian dibahas bersama.

B. C.

D. E. F.

58

Model Pembelajaran

Garis Singgung yang Melalui Titik di Luar Lingkaran j. Bertanya jawab menentukan langkah-langkah untuk mencari persamaan garis singgung melalui titik di luar lingkaran, yaitu dengan mencari titik singgungnya terlebih dahulu atau dengan mencari gradiennya terlebih dahulu. k. Menginformasikan kepada siswa tentang persamaan garis kutub. l. Siswa mencoba menentukan persamaan garis singgung lingkaran yang melalui titik tertentu di luar lingkaran dengan melengkapi isian. m. Menguji keterampilan siswa menentukan persamaan garis singgung lingkaran yang melalui titik di luar lingkaran kemudian dibahas bersama. n. Memberikan tugas kepada siswa untuk menentukan persamaan garis singgung persekutuan luar dan garis singgung persekutuan dalam dari dua buah lingkaran. o. Menguji kemampuan siswa menyelesaikan permasalahan yang berhubungan dengan lingkaran. 3. Penutup a. Mengingatkan siswa untuk mencari penerapan materi yang telah dipelajari pada bidang studi lain sebagai bahan proyek. b. Mengevaluasi kegiatan belajar yang telah dilakukan dengan menyelesaikan soal-soal latihan ulangan. c. Membimbing siswa melakukan refleksi diri untuk melihat materi-materi yang belum dikuasai dan perlu dipelajari lagi. d. Menugaskan siswa untuk membuat rangkuman. e. Memberikan ulangan blok bab 3 dan bab 4. f. Melatih siswa menghadapi ujian semester dengan mengerjakan soal-soal latihan ulangan semester.

G. Sumber/Bahan/Alat 1. Buku Matematika kelas Xl Program Studi Ilmu Alam, Intan Pariwara, halaman 107–119. 2. Buku PG Matematika kelas Xl Program Studi Ilmu Alam, Intan Pariwara, halaman 240–273. H. Penilaian 1. Tes tertulis (paper and pen test) Aspek-aspek yang dinilai: a. kemampuan menentukan persamaan garis singgung yang melalui titik pada lingkaran; b. kemampuan menentukan persamaan garis singgung yang mempunyai gradien tertentu; dan c. kemampuan menentukan persamaan garis singgung yang melalui titik di luar lingkaran. 2. Tes kinerja (performance test) Aspek-aspek yang dinilai: a. keaktifan dalam tanya jawab dan b. kemandirian dalam menyelesaikan soal-soal latihan. 3. Penugasan (proyek) Aspek-aspek yang dinilai: kemampuan menerapkan materi pada bidang studi lain.

PG Matematika Kelas XI

59

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->