P. 1
Perangkat Keras Dan Perangkat Lunak

Perangkat Keras Dan Perangkat Lunak

|Views: 1,852|Likes:
Published by heni_haniah

More info:

Published by: heni_haniah on Jul 06, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/24/2013

pdf

text

original

Perangkat Keras

Perangkat keras komputer (Inggris: hardware) adalah semua bagian fisik komputer, dan dibedakan dengan data yang berada di dalamnya atau yang beroperasi di dalamnya, dan dibedakan dengan perangkat lunak (software) yang menyediakan instruksi untuk perangkat keras dalam menyelesaikan tugasnya. Batasan antara perangkat keras dan perangkat lunak akan sedikit buram kalau kita berbicara mengenai firmware, karena firmware ini adalah perangkat lunak yang "dibuat" ke dalam perangkat keras. Firmware ini merupakan wilayah dari bidang ilmu komputer dan teknik komputer, yang jarang dikenal oleh pengguna umum. Komputer pada umumnya adalah komputer pribadi, (PC) dalam bentuk desktop atau menara kotak yang terdiri dari bagian berikut: y Papan sistem/papan induk (mother board) yang merupakan tempat CPU, memori dan bagian lainnya, dan memiliki slot untuk kartu tambahan.

Figure 1 Mother Board

o

o

RAM - tempat penyimpanan data jangka pendek, sehingga komputer tidak perlu selalu mengakses hard disk untuk mencari data. Jumlah RAM yang lebih besar akan membantu kecepatan PC Buses:  Bus PCI PCI (Peripheral Component Interconnect) adalah bus yang didesain untuk menangani beberapa perangkat keras. PCI juga adalah suatu bandwidth tinggi yang populer, prosesor independent bus itu dapat berfungsi sebagai bus mezzenine atau bus periferal[1]. Standar bus PCI ini dikembangkan oleh

Karena memiliki bandwidth 8-bit. karena bus-bus I/O semacam serial port. Sejak kemunculan-nya sekitar tahun 1992. ISA 16-bit Bus ISA 16-bit adalah sebuah bus ISA yang memiliki bandwidth 16-bit. tapi harus menunggu hingga tahun 1987. Kecepatan bus ini adalah 4. sehingga para manufaktur perangkat pendukung agak kerepotan membuat perangkat berbasis ISA 8-bit. kontrolir keyboard dan lainnya sangat lambat.33 Mbyte/detik. maka transfer rate maksimum yang dimilikinya hanyalah 4. yang digunakan dalam IBM PC 5150 (model PC awal). sebagai PCI vesi 1. sehingga jenis bus ISA yang beredar pun terbagi menjadi dua bagian. bus PCI masih digunakan sampai sekarang. {Wafa Jauhari} Komputer lama menggunakan slot ISA. hingga keluar versi terbarunya yaitu PCI Express (add-on).77 Mbyte/detik atau 8.  Bus ISA Bus ISA (Industry Standard Architecture) adalah sebuah arsitektur bus dengan bus data selebar 8-bit yang diperkenalkan dalam IBM PC 5150 pada tanggal 12 Agustus 1981. ketika IBM merilis IBM PC/AT dengan mikroprosesor Intel 80286 di dalamnya.konsorsium PCI Special Interest Group yang dibentuk oleh Intel Corporation dan beberapa perusahaan lainnya. yang merupakan bus yang lamban. Spesifikasi bus PCI pertama kali dirilis pada bulan Juni 1992. ISA merupakan bus dasar dan paling umum digunakan dalam komputer IBM PC hingga tahun 1995.77 MHz (sama seperti halnya prosesor Intel 8088 dalam IBM PC). parallel port. Tujuan dibentuknya bus ini adalah untuk menggantikan Bus ISA/EISA yang sebelumnya digunakan dalam komputer IBM PC atau kompatibelnya. Bus ini diperkenalkan pada tahun 1984. Meski desainnya sederhana. Bus ISA diperbarui dengan menambahkan bus data selebar menjadi 16-bit pada IBM PC/AT pada tahun 1984. Bus ini telah ditinggalkan pada sistem-sistem modern ke atas tapi sistem-sistem Intel 286/386 masih memilikinya. sehingga mengizinkan transfer rate dua kali lebih cepat dibandingkan dengan ISA 8-bit pada kecepatan yang sama. IBM tidak langsung mempublikasikan spesifikasinya saat diluncurkan tahun 1981. bus ini termasuk mencukupi kebutuhan saat itu. ISA 8-bit Bus ISA 8-bit merupakan varian dari bus ISA. dengan bus data selebar 8-bit. Mengapa IBM meningkatkan ISA menjadi 16 bit adalah karena Intel 80286 memiliki bus . pada tahun 1992. Perkembangan selanjutnya dapat dilihat pada tabel berikut. Slot ini memiliki 62 konektor. kontrolir floppy disk. yakni ISA 16-bit dan ISA 8-bit. Meskipun memiliki transfer rate yang lamban.0.33 MHz pada IBM PC/AT. sebelum akhirnya digantikan oleh bus PCI yang diluncurkan pada tahun 1992. sebelum ditingkatkan menjadi 8.

Meski prosesor ini dapat diinstalasikan di atas motherboard yang memiliki bus I/O dengan bandwidth 8bit. memori.50Mb/s dan tolerasi pensinyalan data pada ±1.5% atau 15. biasanya kepada komputer namun juga digunakan di peralatan lainnya seperti konsol permainan. USB dapat menghubungkan peralatan tambahan komputer seperti mouse. dan komponen networking. Sistem USB mempunyai desain yang asimetris. tahun yang sama saat IBM PC/AT diluncurkan.25% atau 2. hal ini dapat menyababkan terjadinya bottleneck pada bus sistem yang bersangkutan. pemindai gambar. keyboard. Versi terbaru (hingga Januari 2005) USB adalah versi 2. Ini juga menjadi sebab mengapa ISA 16-bit disebut sebagai AT-bus. IBM ternyata hanya merombak sedikit saja dari desain ISA 8-bit yang lama. yang terdiri dari pengontrol host dan beberapa peralatan terhubung yang berbentuk pohon dengan menggunakan peralatan hub yang khusus.  USB Universal Serial Bus (USB) adalah standar bus serial untuk perangkat penghubung. y Full speed data dengan frekuensi clock 12. Hal ini memang membuat interferensi dengan beberapa kartu ISA 8-bit. antara lain: y High speed data dengan frekuensi clock 480.500ppm. ke sebuah desain di mana dua slot tersebut digabung menjadi satu slot. Kecepatan transfer data USB dibagi menjadi tiga. Perbedaan paling mencolok antara versi baru dan lama adalah kecepatan transfer yang jauh meningkat.000Mb/s dan tolerasi pensinyalan data pada ±0. USB kini telah menjadi standar bagi peralatan multimedia seperti pemindai gambar dan kamera digital. Desain USB ditujukan untuk menghilangkan perlunya penambahan expansion card ke ISA komputer atau bus PCI. AGP  . Ketika USB dipasang.000ppm. printer. hard disk.data yang memiliki lebar 16-bit. dan motherboard harus dilakukan dalam ordinal 16-bit. ponsel dan PDA.0. sehingga menjadi 98 konektor). Daripada membuat bus I/O yang baru. sehingga komunikasi antara prosesor. yang pertama kali diluncurkan pada Agustus tahun 1984. dan memperbaiki kemampuan plug-and-play (pasang-dan-mainkan) dengan memperbolehkan peralatan-peralatan ditukar atau ditambah ke sistem tanpa perlu mereboot komputer.00Mb/s dan tolerasi pensinyalan data pada ± 500ppm. yakni dengan menambahkan konektor ekstensi 16-bit (yang menambahkan 36 konektor. y Low speed data dengan frekuensi clock 1. kamera digital. sehingga IBM pun meninggalkan desain ini. ia langsung dikenal sistem komputer dan memroses device driver yang diperlukan untuk menjalankannya.

1a pada bulan April 1999. terlihat dengan jelas bahwa AGP Pro dapat digunakan untuk mendukung kartu grafis berkinerja tinggi yang ditujukan untuk workstation graphics. singkatan dari Accelerated Graphics Port adalah sebuah bus yang dikhususkan sebagai bus pendukung kartu grafis berkinerja tinggi. dalam sebuah sistem. logis dan secara elektronik. yakni hingga 110 Watt. pada kenyataannya kinerja yang ditunjukkan oleh AGP 8x tidak benar-benar dua kali lebih tinggi dibandingkan AGP 4x. Spesifikasi AGP 1.0 dirilis pada Mei 1998 menambahkan kecepatan hingga 266 MHz (AGP 4x). ada lagi spesifikasi AGP yang dinamakan dengan AGP Pro. banyak . tapi memiliki beberapa kemampuan yang lebih baik. tapi tidak sebaliknya. bus VESA atau bus PCI yang sebelumnya digunakan. hanya boleh terdapat satu buah slot AGP saja. Untuk menghindari kerusakan akibat hal ini. karena slot AGP Pro lebih panjang.Bus AGP. menggantikan bus ISA.0 dari AGP Pro diperkenalkan pada bulan Agustus 1998 lalu direvisi dengan versi 1. Selain empat spesifikasi AGP di atas. 1. karena beberapa alasan teknis. dengan tambahan pada daya yang dapat didukungnya.0 bekerja dengan kecepatan 66 MHz (AGP 1x) atau 133 MHz (AGP 2x). semacam ATi FireGL atau NVIDIA Quadro.0 yang umumnya disebut sebagai AGP 8x yang dirilis pada November 2000. Tidak seperti bus PCI yang dalam sebuah sistem bisa terdapat beberapa slot. AGP bersifat independen dari PCI.3 Volt. secara fisik.0) dibuat oleh Intel dalam seri chipset Intel 440 pada Juli tahun 1996. serta tegangan yang lebih rendah. dan menggunakan pensinyalan 3. Selain itu. Sebenarnya AGP dibuat berdasarkan bus PCI.5 Volt. Meskipun demikian. Selain itu. Meskipun demikian. Spesifikasi ini mendefinisikan kecepatan hingga 533 MHz sehingga mengizinkan throughput teoritis hingga 2133 Megabyte/detik (dua kali lebih tinggi dibandingkan dengan AGP 4x). AGP Pro memiliki slot yang lebih panjang dibandingkan dengan slot AGP biasa. Versi 1. 32-bit. lebih besar 25 Watt dari AGP biasa yang hanya 85 Watt. AGP versi 2. Spesifikasi AGP pertama kali (1. Versi terakhir dari AGP adalah AGP 3. kartu grafis AGP 1x atau AGP 2x dapat tidak benar-benar masuk ke dalam slot sehingga dapat merusaknya. Jika dilihat dari daya yang dapat disuplainya. AGP Pro tidaklah kompatibel dengan AGP biasa: kartu grafis AGP 4x biasa memang dapat dimasukkan ke dalam slot AGP Pro.

tanpa harus menambah chip memori lagi. Pengontrol penyimpanan. Firewire) untuk menyambung komputer dengan alat tambahan luar lainnya seperti printer atau scanner Beberapa jenis penyimpanan komputer: o CD . kontrol voltase dan kipas. Mulai tahun 2006. murah tapi mudah rusak.) y y y y y y y y o ROM (Read Only Memory) di mana firmware diletakkan o CPU (Central Processing Unit) sebagai otak dan bagian utama computer Power supply . Selain faktor kinerja video yang lebih baik. yang mengontrol hard disk.sebuah kotak yang merupakan tempat transformer. dengan biaya integrasi yang relatif lebih rendah. AGP mengizinkan penggunaan kartu grafis yang langsung mengakses RAM sistem. USB. dan memiliki terminal untuk mencolok kabel suara speaker. SCSI atau lainnya. meski harus dibarengi dengan berkurangnya memori untuk sistem operasi. sehingga kartu grafis on-board dapat langsung menggunakan memori fisik.tipe paling umum media yang dapat dilepas.menerjemahkan signal dari papan sistem ke bahasa yang dapat dimengerti oleh speaker. serial. . yang hampir dua kali lebih cepat dibandingkan dengan AGP 8x. AGP telah mulai digeser oleh kartu grafis berbasis PCI Express x16.vendor motherboard menambahkan retensi pada bagian akhir slot tersebut: Jika hendak menggunakan kartu grafis AGP Pro lepas retensi tersebut. dengan kebutuhan daya yang lebih sedikit (voltase hanya 800 mV saja. Jaringan komputer . o Hard disk .  CD-ROM  CD-RW  CD-R o DVD  DVD-ROM  DVD-RW  DVD-R o Floppy disk Penyimpanan dalam . CD-ROM dan drive lainnya. kontroler ini terletak di papan induk (atas-papan) atau di kartu tambahan Pengontrol penampilan video yang memproduksi output untuk komputer display Pengontrol komputer bus (paralel.menyimpan data dalam komputer untuk penggunaan jangka panjang. Floppy disk. yang dapat meningkatkan kinerja secara signifikan.untuk menghubungkan komputer ke internet dan/atau komputer lainnya. alasan mengapa Intel mendesain AGP adalah untuk mengizinkan kartu grafis dapat mengakses memori fisik secara langsung.untuk penyimpanan data jangka panjang o Disk array controller Kartu suara . yang dapat mentransfer data hingga 4000 Mbyte/detik. dari jenis IDE.

Dalam Ilmu komputer. lembar tabel hitung.media penyambung ke koneksi internet. Sistem operasi (operating system) misalnya Ubuntu. Di bawah ini merupakan komponen standar atau yang umum digunakan. Di bawah ini ada beberapa contoh macam perangkat lunak. bagian sistem komputer yang tidak berwujud. pemutar media.untuk internet DSL/kabel. dan paket aplikasi perkantoran seperti OpenOffice.y o Modem . y Input o o y y o o o o o Output o Printer o Speaker o Monitor Jaringan/Networking o Modem o Kartu network Keyboard Alat penunjuk  Mouse  Trackball Joystick Gamepad Scanner gambar Webcam Tablet Grafis Perangkat Lunak Perangkat lunak adalah istilah umum untuk data yang diformat dan disimpan secara digital. Istilah ini menonjolkan perbedaan dengan perangkat keras komputer. dan berbagai informasi yang bisa dibaca dan ditulis oleh komputer. Sebagai tambahan. Dengan kata lain. yang digunakan oleh software aplikasi seperti program-program pengolah y . termasuk program komputer. dokumentasinya. yaitu: y Perangkat lunak aplikasi (application software) seperti pengolah kata. perangkat keras dapat memasukan komponen luar lainnya. Alat lainnya. Sistem operasi atau dalam bahasa Inggris: operating system atau OS adalah perangkat lunak sistem yang bertugas untuk memberikan abstraksi terhadap kontrol dan manajemen perangkat keras serta operasioperasi dasar sistem. o Kartu network . dan/atau menghubungkan ke komputer lain.org.

dipelajari dan diubah serta dapat disalin dengan atau tanpa modifikasi. dan Sistem Operasi akan melakukan layanan inti umum untuk software-software itu. pelatihan. atau berada dalam domain publik dan menyediakan akses ke kode sumbernya bagi setiap orang. integrasi atau sertifikasi. y Perkakas pengembangan perangkat lunak (software development tool) seperti Kompilator untuk bahasa pemrograman tingkat tinggi seperti Pascal dan bahasa pemrograman tingkat rendah yaitu bahasa rakitan. mengubah. seseorang tidak perlu meminta izin dari siapa pun. Sedangkan softwaresoftware lainnya dijalankan setelah Sistem Operasi berjalan. y y y . Perangkat lunak bebas (free 'libre' software) dan Perangkat lunak sumber terbuka (open source software) Perangkat lunak bebas (Inggris: free software) adalah istilah yang diciptakan oleh Richard Stallman dan Free Software Foundation [1] yang mengacu kepada perangkat lunak yang bebas untuk digunakan. Gerakan perangkat lunak bebas (free software movement) yang merintis perangkat lunak bebas berawal pada tahun 1983. yaitu penggunaan barcode scanner pada aplikasi database lainnya. karena dapat dilayani dan dilakukan oleh Sistem Operasi. bertujuan untuk memberikan kebebasan ini dapat dinikmati oleh setiap pengguna komputer. Sehingga masingmasing software tidak perlu lagi melakukan tugas-tugas inti umum tersebut. Secara umum. menggunakannya secara komersial dan mengambil untung dari distribusi dan modifikasi kode sumbernya.kata dan browser web. atau dengan beberapa keharusan untuk memastikan bahwa kebebasan yang sama tetap dapat dinikmati oleh pengguna-pengguna berikutnya. perangkat lunak tersebut harus memiliki sebuah lisensi. Sistem Operasi adalah software pada lapisan pertama yang ditaruh pada memori komputer pada saat komputer dinyalakan. Bagian kode yang melakukan tugas-tugas inti dan umum tersebut dinamakan dengan "kernel" suatu Sistem Operasi. Untuk menjadikan sebuah perangkat lunak sebagai perangkat lunak bebas. skeduling task. setiap orang bebas untuk menjual perangkat lunak bebas. Model bisnis dari perangkat lunak bebas biasanya terletak pada nilai tambah seperti dukungan. Dengan konsep kebebasan ini. Layanan inti umum tersebut seperti akses ke disk. Pengendali perangkat keras (device driver) yaitu penghubung antara perangkat perangkat keras pembantu dan komputer adalah software yang banyak dipakai di swalayan dan juga sekolah. Perangkat lunak menetap (firmware) seperti yang dipasang dalam jam tangan digital dan pengendali jarak jauh. Bebas di sini juga berarti dalam menggunakan. manajemen memori. mempelajari. kustomisasi. menyalin atau menjual sebuah perangkat lunak. dan antar-muka user. Walaupun demikian setiap orang yang memiliki salinan dari sebuah perangkat lunak bebas dapat pula menyebarluaskan perangkat lunak bebas tersebut secara gratis.

y Perangkat lunak gratis (freeware) Perangkat gratis adalah perangkat lunak komputer berhak cipta yang gratis digunakan tanpa batasan waktu. Produk perangkat lunak yang dihasilkan ini biasanya bersifat bebas dengan tetap menganut kaidah dan etika tertentu. Berbeda halnya dengan perangkat lunak gratis yang belum tentu boleh dilihat kode aslinya. dan "FOSS". Saat ini. Para pengembang perangkat gratis seringkali membuat perangkat gratis "untuk disumbangkan kepada komunitas". umumnya perangkat lunak bebas tersedia secara gratis dan dibangun/dikembangkan oleh suatu paguyuban terbuka. tapi sebaliknya perangkat lunak sumber terbuka belum tentu perangkat lunak bebas. . umumnya pengembangannya dilakukan oleh satu paguyuban terbuka yang bertujuan mengembangkan perangkat lunak bersangkutan. "FLOSS". namun juga tetap ingin mempertahankan hak mereka sebagai pengembang dan memiliki kontrol terhadap pengembangan selanjutnya. Anggota-anggota paguyuban tersebut umumnya bersifat sukarela tetapi dapat juga merupakan karyawan suatu perusahaan yang memang dibayar untuk membantu pengembangan perangkat lunak tersebut. Perangkat lunak sumber terbuka (Inggris: open source software) adalah jenis perangkat lunak yang kode sumber-nya terbuka untuk dipelajari. Kadang jika para pemrogram memutuskan untuk berhenti mengembangkan sebuah produk perangkat gratis. "software libre". ditingkatkan dan disebarluaskan. beberapa alternatif istilah untuk perangkat lunak bebas digulirkan seperti "perangkat lunak sumber terbuka" (open-source software). tergantung kaidah yang dipakai dalam melisensikan perangkat lunak sumber terbuka tersebut. perangkat lunak sumber terbuka merupakan perangkat lunak yang juga dapat diperoleh dan didistribusikan secara bebas. berbeda dari shareware yang mewajibkan penggunanya membayar (misalnya setelah jangka waktu percobaan tertentu atau untuk memperoleh fungsi tambahan). dimodifikasi dan dikembangkan sendiri oleh kita dengan tetap memperhatikan kaidah yang berlaku sesuai dengan lisensi perangkat lunak tersebut. Anggota-anggota paguyuban itu seringkali sukarela tapi bisa juga pegawai suatu perusahaan yang dibayar untuk membantu pengembangan perangkat lunak itu. Karena sifat ini.Perangkat lunak bebas (free software) jangan disalahartikan dengan perangkat lunak gratis (freeware) yaitu perangkat lunak yang digunakan secara gratis. Sejak akhir tahun 1990-an. Perbedaan perangkat lunak gratis dan perangkat lunak sumber terbuka (open source software) Serupa dengan perangkat lunak gratis. mereka akan memberikan kode sumbernya kepada pemrogram lain atau mengedarkan kode sumber tersebut kepada umum sebagai perangkat lunak bebas. Semua perangkat lunak bebas adalah perangkat lunak sumber terbuka. diubah. Perangkat lunak gratis dapat berupa perangkat lunak bebas atau perangkat lunak tak bebas. perangkat lunak sumber terbuka dapat dibaca kode-kode pemrograman sesuai aslinya. Kode pemrograman ini dapat juga diubah.

Dapat disimpulkan. hal ini tertera dalam kode . untuk dapat terus menggunakan. namun sebaliknya perangkat lunak gratis belum tentu merupakan perangkat lunak sumber terbuka. peladen atau jejaring komputer tanpa izin termaklum (informed consent) dari pemilik. Fitur-fitur perangkat lunak shareware belum tentu mencerminkan keseluruhan fitur yang didapat ketika pengguna sudah membeli perangkat lunak tersebut. perangkat jahat (crimeware) dan perangkat lunak lainnya yang berniat jahat dan tidak diinginkan. Apabila menggunakan kunci pembuka. termasuk virus murni (true virus). perangkat lunak sumber terbuka sudah pasti merupakan perangkat lunak gratis. Kebanyakan perangkat lunak shareware didistribusikan melalui internet dan dapat diunduh secara gratis atau melalui majalah-majalah komputer. Umumnya perangkat lunak shareware hanya bisa dijalankan dalam periode waktu tertentu saja atau dibatasi dari jumlah penggunaannya. y Perangkat lunak perusak (malware) Perangkat perusak (bahasa Inggris: malware. perangkat lunak akan terkunci. perangkat iklan (adware) yang takjujur. Apabila kunci tersebut valid. tetapi beberapa shareware membuka semua fitur tanpa terkecuali.Sebagai contoh untuk memahami perbedaan antara kedua jenis perangkat ini dapat diilustrasikan misalnya perusahaan Microsoft pada suatu saat menjadikan salah satu produknya menjadi perangkat lunak gratis. Hal ini berarti siapapun dapat mendapatkannya secara gratis. Perangkat lunak dianggap sebagai perangkat perusak berdasarkan maksud yang terlihat dari pencipta dan bukan berdasarkan ciri-ciri tertentu. Istilah ini adalah istilah umum yang dipakai oleh pakar komputer untuk mengartikan berbagai macam perangkat lunak atau kode perangkat lunak yang mengganggu atau mengusik. Istilah lainnya untuk shareware adalah trialware. pengguna memasukkan kunci tersebut di perangkat lunak shareware. y Perangkat lunak uji coba (shareware / 'trialware) Shareware atau Perangkat lunak uji coba adalah salah satu metode pemasaran perangkat lunak komersial dimana perangkat lunak didistribusikan secara gratis. kebanyakan kit-akar (rootkit). demoware yang pada intinya "coba dulu sebelum membeli". Perangkat perusak mencakup virus komputer.[1] Istilah 'virus computer' kadang-kadang dipakai sebagai frasa pemikat (catch phrase) untuk mencakup semua jenis perangkat perusak. Setelah periode tertentu atau mencapai jumlah pemakaian tertentu. ia harus membeli untuk memperoleh kunci pembuka atau perangkat lunak versi non-shareware-nya. Akan tetapi anda tidak diperkenankan untuk kemudian memodifikasi dan mengembangkan produk perangkat lunak tersebut. Jika pengguna tidak merasa cocok. perangkat lunak yang tadinya terkunci akan terbuka untuk penggunaan seterusnya tanpa batasan. berasal dari lakuran kata malicious dan software) adalah perangkat lunak yang diciptakan untuk menyusup atau merusak sistem komputer. maka pengguna wajib untuk menghapus program dari komputer pengguna. perangkat pengintai (spyware). cacing komputer. dan tidak ingin menggunakannya lagi. perangkat perusak kadang-kadang dikenali sebagai pencemar komputer . Menurut undang-undang. kuda Troya (Trojan horse). Apabila pengguna merasa cocok.

Kelaziman perangkat perusak sebagai wahana bagi kejahatan Internet terancang. Hasilnya adalah penekanan lebih besar pada sistem kantor-belakang (back-office systems) yang dirancang untuk melacak kegiatan penipuan dalam komputer pelanggan yang berkaitan dengan perangkat perusak canggih. . Cina sebagai ibu kota perangkat perusak sedunia. Menurut F-Secure. bersama dengan ketakmampuan pelantar pemburu perangkat perusak biasa untuk melindungi sistem terhadap perangkat perusak yang terus menerus dibuat.undang-undang di beberapa negara bagian Amerika Serikat. mengakibatkan penerapan pola pikir baru bagi perniagaan yang berusaha di Internet kesadaran bahwa pihak perniagaan tetap harus menjalankan usaha dengan sejumlah pelanggan Internet yang memiliki komputer berjangkit. surel dan Jejaring Jagat Jembar (World Wide Web). "Jumlah perangkat perusak yang dibuat pada tahun 2007 sama dengan pembuatan dalam 20 tahun sekaligus. perangkat lunak yang mempunyai tujuan sah tetapi berisi kutu (bug) yang berbahaya. mungkin akan melebihi aplikasi perangkat lunak yang sah. Hasil penelitian awal dari Symantec yang diterbitkan pada tahun 2008 menyatakan bahwa "kelajuan peluncuran kode yang berbahaya dan perangkat lunak lainnya yang tidak diinginkan." Jalur pembobolan perangkat perusak yang paling umum digunakan oleh penjahat kepada pengguna adalah melalui Internet. Perangkat perusak tidak sama dengan perangkat lunak cacat (defective software). termasuk California dan West Virginia. yaitu. Pada 29 Maret 2010. Symantec Corporation menamakan Shaoxing.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->