P. 1
bimbel

bimbel

|Views: 14|Likes:
Published by Hadi Wono Gunners

More info:

Published by: Hadi Wono Gunners on Jul 06, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as TXT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/06/2011

pdf

text

original

Cara Membuat Bisnis Bimbingan Belajar Secara Profesional E-mail Written by admin Pertanyaan: Pak Freddy yang baik

,

PDF

Print

Saya membuka usaha bimbingan tes disekitar perumahan tempat saya tinggal di Depo k. Sudah dua tahun dan perkembangan murid sangat bagus. Murid saya sekarang ada 60 orang. Bimbingan tes itu masih menggunakan satu ruangan berukuran sedang di p avilion sebelah rumah saya. Semuanya saya kelola sendirian bersama istri. Mulai dari administrasi dan proses belajar mengajar.

Sudah banyak yang menyarankan agar saya membuka lagi kelas kelas lainnya. Juga m ereka mendorong saya agak high profile, dengan membuat merek dan memantapkan ins titusinya. Tapi saya masih ragu. Saya masih ingin menjalankannya sebagai usaha ru mahan saja, sebab sekarang ini saya masih bekerja sebagai seorang guru di sekolah negeri.

Bagaimana menurut Pak Freddy. Apakah saya sudah mulai memikirkan bagaimana memas arkan bimbingan tes saya ini? Ar di Jawaban: Saat ini perusahaan tidak lagi dapat dibedakan berdasarkan tempatnya usaha rumaha n dan usaha kantoran , tetapi mereka akan dibedakan berdasarkan bagaimana cara mer eka menghubungkan antara apa yang ditawarkan dengan persepsi pelanggan saat ini maupun di masa yang akan datang. Perusahaan yang memiliki kantor besar, bisa saj a dikelola secara tradisional, atau sebaliknya perusahaan rumahan bisa saja dike lola secara professional atau disebut dengan perusahaan yang berorientasi jaring an (networking). Depok

Struktur perusahaan yang dijalankan secara tradisional adalah perusahaan yang se lalu berorientasi pada apa yang dibuat dan bagaimana cara menjualnya. Perusahaan ini memiliki kelemahan kurang mengetahui apa yang diharapkan pelanggannya,

Perusahaan yang berorientasi jaringan, merupakan model bisnis saat ini yang dibe ntuk berdasarkan persepsi dan harapan pelanggan. Tidak berdasarkan pada produk y ang dibuat. Perusahaan ini berfokus pada memahami pelanggannya secara lebih deta il dan membangun hubungan jangka panjang dengan cara mengantisipasi kebutuhannya dan berupaya menawarkan pengalaman terhadap nilai produk atau jasa yang ditawar kan. Perusahaan ini memberikan akses yang sangat mudah melalui multiple channel, integrated channel bahkan melalui berbagai kerjasama yang bersifat strategic.

Perusahaan ini tidak lagi dikenal berdasarkan produk yang dibuat atau produk yan g dijual, tetapi dikenal berdasarkan kemampuannya untuk menawarkan produk atau j asa, melalui saluran distribusi dan people, dengan menawarkan pengalaman sesuai dengan yang diinginkan pelanggannya.

sehingga dapat memberikan Unique value proposition kepada para pelanggan. calon murid dan orang tua. Menurut saya mulailah sekarang juga. Misalnya bimbingan belajar agar dapat diterima di sekolah dasar. Komunikasikan siswa yang berhasil diterima di Sekolah lanjutan favorit. good luck! . Strategi yang paling penting untuk meningkatkan loyalitas pelanggan adalah membe rikan superior customer value. sekolah sek olah serta berbagai perkumpulan. metode harus dipatenkan dan rekrut pengajar pengajar yang potensial.Untuk bisnis bimbingan belajar yang professional dapat dimulai dengan cara memba ngun struktur kelompok pelanggan. Dengan cara ini Anda dapat melakukan efisiensi biaya. Sebab nilai superior yang diterima customer lebih bermakna dibandingkan dengan hanya sebatas harga murah. Tingk atkan terus customer feedback. Kita dapat merekrut penanggung jawab untuk masing masing segmen tersebut. SMA atau perguruan tinggi terkenal. dengan membina jaringan k epada pemilik tempat. Anda dap at terus bekerja di pavilion rumah yang sekarang sebagai kantor pusat dan ciptak an satelit satelit baru di tempat lain yang potensial. sehingga secara terus menerus dapat memberikan ni lai yang lebih valueable dan customized dibandingkan dengan para pesaing lainnya . modul. sehingga harga jual kepada para siswa bisa dibuat seoptimal mungkin. pelajari kurikulum dan soal soal Ujian Akhir Na sional (UAN). temukan metode dan cara memecahkan masalah secara praktis dan cepa t. Mate ri. Artinya kita menggun akan model customer segmentation specialists . pengajar yang baik. Sayangnya Bapak tidak menyebutkan bimbinga n tes yang Bapak kerjakan untuk tingkat apa? Kalau Bapak spesialis di bimbingan tes untuk masuk ke SMA favorit. SMP. jangan tunggu sampai orang lain mengerjakan nya.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->