Struktur Data Dengan Bahasa C

- 50 -

BAB 6

APLIKASI STACK

Tujuan Instruksional Umum: Mahasiswa memahami aplikasi STACK Tujuan Instruksional Khusus:

Mahasiswa memahami aplikasi STACK dalam notasi matematika (prefix, postfix

dan infix) Pokok Bahasan:

Implementasi STACK dengan ekspresi matematika    Notasi Prefix Notasi Postfix Notasi Infix

Latihan

6.1 Aplikasi Stack Stack mempunyai aplikasi yang sangat luas di bidang komputer, salah satu aplikasi yang akan kita bahas di sini adalah penggunaan stack dalam polish notation ( notasi polish ). Sebelum dibahas tentang bagaimana penggunaan stack ini, akan disinggung terlebih dahulu tentang apakah polish notation ini. Didalam menuliskan ekspresi matematika, kita selalu mempergunakan operator dan operand. Operand adalah tanda operasi yang dipergunakan, diantaranya + (penjumlahan), (pengurangan), * (perkalian), / (pembagian), ^ (pangkat), dsbnya. Sedangkan operand adalah identifier yang dipergunakan sebagai symbol, misalnya alphabet a/A … z/Z. selain operator dan operand, di dalam pengerjaan ekpresi matematika harus diperhatikan juga mengenai prioritas dari operator, dengan urutan sebagai berikut: 1.() Operasi dalam tanda kurung akan dikerjakan paling awal. 2. ^ ( pangkat ) 3. * ( Perkalian dan / ( pembagian ). 4. + ( penjumlahan ) dan - ( pengurangan ). Pusat Pengembangan Bahan Ajar - UMB DEVI FITRIANAH, S.Kom, MTI STRUKTUR DATA

Notasi ini merupakan notasi yang sering kita gunakan sehari – hari. Ulangi langkah 1 sampai 4 sehingga keseluruhan ekspresi dilaksanakan. Lakukan operasi yang berada di dalam tanda kurung. Contoh : *+AB+CD POSTFIX Suatu notasi akan disebut postfix atau suffix atau juga dikenal sebagai Reverse Polish Notation bila operand berada di belakang kedua operandnya. Ganti ekspresi di dalam tanda kurung tersebut dengan hasil operasi.Struktur Data Dengan Bahasa C . Scan dari kiri ke kanan sampai ketemu dengan kurung tutup yang paling awal. 5. 2. Contoh : AB+CD +*. Scan kembali dari posisi tadi ke kiri sampai pertama. berada diantara operandnya. INFIX Algoritma pengerjaan operasi matematika dengan notasi infix adalah sebagai berikut : 1.Kom. 3. 4.UMB DEVI FITRIANAH. PREFIX Notasi disebut prefix.51 - Notasi yang dipergunakan untuk menuliskan ekspresi matematika ada tiga yaitu : INFIX Suatu notasi disebut infix jika operator Contoh : ( A+ B ) * ( C + D ). atau sering juga di sebut Polish Notation ( diambil dari nama penemunya ) jika operator berada di depan dari kedua operandnya. S. ketemu dengan kurung buka yang Pusat Pengembangan Bahan Ajar . MTI STRUKTUR DATA .

diperlukan tanda kurung untuk menandai operasi yang lebih rendah prioritasnya. 700 Beberapa kelemahan dari notasi infix di antaranya adalah proses pengerjaan ekspresi sangat lama. MTI STRUKTUR DATA . maka pengerjaan operasi infix adalah sebagai berikut: 1. ((10+15)*20)+200 { scan ke kiri sampai ketemu kurung buka yang pertama } { lakukan operasi ( 10+15) dan ganti ekspresi yang berada dalam tanda kurung dengan hasil operasi } { scan lagi ke kanan sampai ketemu kurung buka yang pertama } { scan kembali ke kiri sampai ketemu kurung buka yang pertama } 3. 500 + 200 7. dan pengerjaan sangat tidak efisien. ((10 + 15 )*20) + 200 { scan ke kanan sampai ketemu kurung tutup yang pertama } 2. ( 25 * 20)+200 5.52 - Dengan menggunakan contoh ((10+15)*20)+20)=200. S.Struktur Data Dengan Bahasa C .Kom. ( 25 * 20)+200 { lakukan operasi ( 25*20) dan ganti ekspresi yang berada dalam tanda kurung dengan hasil operasi} tetap lakukan scan ke kanan untuk mencari tanda kurung bila sudah tidak ketemu maka lakukan operasi dari kiri ke kanan dengan memperhatikan prioritas pengerjaan ekspresi 6.UMB DEVI FITRIANAH. ( 25 * 20)+200 4. Pusat Pengembangan Bahan Ajar .

Dengan contoh yang dikonversikan dari notasi infix .UMB DEVI FITRIANAH. 25 20*200 + 3. 4.Kom. Lebih cepat dan efisien karena tidak diperlukan scan dari awal ekspresi. lakukan operasi terhadap kedua operand ( 10 15+) dan ganti ekspresi dengan hasil operasi}. 500 200+ {scan lagi dari posisi tadi ke kanan untuk mencari operator} berikutnya } { scan ke kanan lagi sampai ketemu tanda operator yang 5.53 - POSTFIX/ SUFFIX / REVERSE POLISH Notasi postfix atau juga disebut suffix atau reverse polish notation (selanjutnya akan dipergunakan istilah postfix) dapat mengatasi kelemahan dari notasi infix. yaitu 10 15 + 20 * 200 +. S.Struktur Data Dengan Bahasa C . Lakukan operasi dan ganti ekspresi tersebut dengan hasil operasi. maka hasil pengerjaan dengan menggunakan notasi postfix adalah sebagai berikut : 1. { ambil operand ( 25 20* ) dan lakukan operasi terhadapnya} 2. Ulangi langkah 1 sampai 3 hingga keseluruhan ekspresi dilaksanakan. Scan dari kiri ke kanan sampai ketemu dengan tanda operator. 3. 1. scan dilakukan mulai dari posisi pergantian ekspresi. Berikut adalah algoritma pengerjaan operasi matematika dengan notasi postfix. 700 Pusat Pengembangan Bahan Ajar . MTI STRUKTUR DATA . 25 20 *200+ 4. 500 200+ selanjutnya } { ambil kedua operand ( 500 200+) dan lakukan operasi } 6. Ambil 2 operand yang berada langsung di sebelah kiri dari operator tersebut. jadi tidak perlu men-scan dari posisi paling awal. 10 15 + 20* 200+ { scan ke kanan sampai ketemu tanda operator yang pertama } { ambil dua operand yang berada di kirinya. di antaranya adalah tidak diperlukannya tanda kurung untuk menandai operasi yang lebih tinggi prioritasnya. 2.

While(!eoln(infix)) { Read(symb). symb) == TRUE) { Pop(c). S. oleh karena itu diperlukan algoritma yang mengkonversikan ekspresi yang ditulis oleh user dalam notasi infix ke dalam notasi postfix sehingga dapat dikerjakan oleh compiler.54 - KONVERSI INFIX KE POSTFIX Setelah mengetahui keuntungan notasi postfix dibandingkan dengan notasi infix. Postfix = postfix + c. } } While (!empty(STACK)) { Pop(c). MTI STRUKTUR DATA .Kom. If(symb == operand) postfix = postfix + symb. Postfix = postfix + c. } Push(symb). Clear(STACK). } } Pusat Pengembangan Bahan Ajar . Permasalahannya adalah pengguna komputer (user) lebih menyukai dan lebih akrab dengan notasi infix dibandingkan dengan notasi postfix. Algoritma Konversi INFIX ke POSTFIX Infixtopostfix() { Postfix=” ”. Else { While(!empty(STACK)) && prcd(stack[top].UMB DEVI FITRIANAH. maka pada umumnya compiler akan dipergunakan notasi postfix di dalam mengerjakan ekspresi yang ada.Struktur Data Dengan Bahasa C .

selain itu ada function lain yang diperlukan: Precedence atau disingkat prcd. clear dan empty dalam algoritma konversi ini). Contoh prcd (’’*’’. Beberapa operator didalam stack memiliki presedence yang harus dikerjakan dan seharusnya di pop dan tidak boleh berada di stack lagi. push. MTI STRUKTUR DATA . yaitu sebuah function yang akan mengecek prioritas dari dua buah operator dan akan mengembalikan nilai TRUE bila operator pertama mempunyai prioritas lebih tinggi dari operator kedua. ’’*’’) FALSE Ide dasar dari algoritma ini adalah ketika terlihat sebuah operator dan di letakkan didalam sebuah stack.Kom.UMB DEVI FITRIANAH. diperlukan STACK sebagai penampungan atau penyimpan operand (kita akan menemukan operasi stack seperti pop. Algoritma di atas hanya berlaku bagi notasi infix yang tidak mempergunakan tanda kurung. Stack disana berfungsi sebagai sebuah operator. untuk notasi infix yang dipergunakan tanda kurung diperlukan sedikit modifikasi terhadap algoritma di atas. S.55 - Seperti terlihat pada algoritma konversi di atas. Pusat Pengembangan Bahan Ajar . ’’+’’) TRUE prcd (’’+’’.Struktur Data Dengan Bahasa C .

A + B * C + D / E b. hj*br/l-s c. A * (R + (C . S. (b * b – 4 * a * c) / (2 * a) 2.F) + T c.56 - Latihan 1.UMB DEVI FITRIANAH. MTI STRUKTUR DATA . Latihan dirumah 1. MN*R/S-T d. Rubah ke notasi postfix dan prefix a. Buat algoritma untuk konversi dari notasi infix menjadi notasi prefix. K*LC+S*S e.D)) * (E . AB+CD*S*S Pusat Pengembangan Bahan Ajar . Rubahlah ke notasi prefix dan postfix a.Struktur Data Dengan Bahasa C . (a+b)c-d*e b.Kom.

57 - Referensi 1. MTI STRUKTUR DATA . Mark Alan. S.Struktur Data Dengan Bahasa C . Struktur Data. Weiss. Maria. Daniel F Stubbs & Neil W.UMB DEVI FITRIANAH. Data Structures with Abstract Data Type and Pascal. (2006). Buku Ajar Universitas Bina Nusantara Jakarta. Florida 3.Kom. Data Structures and Algorith Analysis in C++ . Pusat Pengembangan Bahan Ajar . Webre (1985). Brook/ Cole Publishing Company 2. Pearson Int’l. Anna (1998).

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful