UJIAN AKHIR SEMESTER GENAP TAHUN 2006 Mata Kuliah : PLTT No.

Kode MK : 2132 Waktu : 100 menit Sifat : Tutup Buku Hari/tgl : Senin /16 Juli 2007 Dosen : Maridjo

A.

Soal Essay, jawab dengan jelas dan singkat (Bobot 40%) 1.Jelaskan 4 keuntungan dari pemakaian combine cycle (PLTGU) a.efisiensi termal tinggi b.pemakaian bahan bakar lebih rendah untuk daya yang dihasilkan sama c.Pembangunan relatif lebih cepat d.kapasitas dayanya bervariasi dari kecil sampai besar e.fleksibilitas tinggi 2.Pada PLTP dipasang peralatan sbb : separator, scrubber, demister, kondensor,re injeksi, jelaskan fungsi alat alat tersebut ! a.separator :memisahkan zat padat yang terikat dalam aliran uap sehingga tidak merusak turbin uap b.scruber : menginjeksikan sejumlah kondensat kedalam aliran uap sehingga sebagian uap akan terkondensasi sambil membawa material padat yang ada dalam aliran uap c.demister : menangkap kondensat atau butir air yang masih terikat dalam aliran uap d.kondensor : mengabsorbsi energi dari keluaran turbin uap e.re injeksi : memompakan air kedalam sumur panas bumi 3.Jelaskan 5 fungsi minyak pelumas ! a.mencegah gesekan b.mencegah terjadinya korosi c.pemisah elemen mesin d.sebagai pendingin e.sebagai perapat f.pembawa kontaminan atau geram pada mesin 4.Jelaskan sifat sifat dasar minyak pelumas ! a.viskositas b.index viskositas c.titik nyala

angka ke basa an e.Jelaskan dan gambarkan secara singkat prosedur warm start (grafik pengoperasian turbin) sampai unit siap sinkron dengan jaringan 6.Apa yang anda ketahui tentang prediktive maintenance. 7.jika dimungkinkan dapat dipantau secara kontinyu. stand by inspection dan running inspection! 8. jika mungkin dihubungkan dengan sistem komputer.ketersediaan intrumen d.Sebutkan faktor-faktor yang perlu dipertimbangkan dalam pemilihan metoda pemantauan kondisi suatu mesin dalam rangka perawatan a. jelaskan ! .titik tuang 5.waktu interprestasi pengukuran dipilih yang singkat dibanding perkembangan kerusakan c. Jelaskan apa yang dimaksud routine inspection.d.dipilih metode yang sederhana b.

Efisiensi Turbin ditentukan oleh faktor-faktor berikut : . c).Apa fungsi inverter pada suatu instalasi listrik? Merubah arus bolak-balik menjadi arus searah Merubah arus searah menjadi bolak-balik Menstabilkan tegangan bolak-balik Menurunkan tegangan DC 4.mengabsorbsi energi dari exhaust gas d. Bogor beserta Salak Baru dipisahkan dari jaringan Jawa Bali.BSoal pilihan ganda (bobot 20%) Petunjuk: a.benar semua 6.Komponen utama dari Pembangkit Listrik Tenaga Gas terbuka adalah. b). kondensor 2. d). 1. 3. Bila jawaban pertama akan dikoreksi berilah tanda = pada tanda X dan pilih kembali jawaban yang anda anggap benar. d. Dan Bogor dipasok oleh Salak Baru b.Berikut ini adalah yang dimaksudkan dengan Islanding Operation Salak: a. b. kompresor a.memisahkan zat padat yang terikut dalam aliran uap b. c atau d dilembar jawaban yang tersedia.Fungsi separator adalah : a. kecuali : a. Benar semua 5. Pilihlah jawaban yang paling benar dengan memberikan tanda X pada a. metode Poiseuille a.Beberapa metode yang digunakan untuk mengukur viskositas dinamik adalah : a. generator d. b.menangkap kondensat atau butir uap yang terikut dalam aliran uap c. turbin gas b. “House load”di pasok oleh pembangkitan lokal c. Metode Oswald b. Jawaban a dan b benar. Metode Stoke c. Tidak terjadi pelepasan jaringan di grid a).

Memberikan kontinuitas yang lebih baik c. Turning gear digunakan untuk memutar poros turbin sebelum star sebanyak 45 derajat setiap 3 menit. turbin gas. 1.Betul semua 9. b.Lebih ekonomis d.Keberadaan energi panas bumi akibat adanya pelepasan energi yang tampak dipermukaan bumi.Tekanan dan temperatur uap masuk turbin b. b.geyser d. Kerusakan pada bearing bisa disebabkan oleh : a. 2.Kegagalan fungsi filter.Jawaban a.Fungsi sinkronisasi diantaranya a. c.perawatan prediktif e. bTekanan pelumas kurang.semua benar 10. untuk memudahkan pemutaran oleh penggerak mula dan meratakan pendinginan poros saat turbin gas .Yang tidak termasuk dalam langkah perawatan adalah : a.Pelumas tercemar air. ruang bakar. B–S B–S Bagian bagian utama PLTG ialah kompresor.perawatan breakdown c. b.fumarole e. Pilihlah jawaban dengan memberi tanda x pada huruf B bila benar dan pada huruf S pada pernyataan pernyataan berikut ini. c benar 8.Jawaban a. Bila jawaban pertama akan dikoreksi berilah tanda = pada tanda x dan pilih kembali pada jawaban yang dianggap benar. c benar 7.perawatan visual b.perawatan terjadwal d. generator. baik yang aktif maupun tidak aktif dalam bentuk ……. d.Untuk meningkatkan stabilitas secara menyeluruh b.hot spring b.Tekanan Kondensor d. a.Soal benar dan salah(bobot 10%) Petunjuk: a.betul semua C.Enthalpy Uap masuk turbin c.hot pools c.

Bila jawaban pertama akan dikoreksi berilah tanda = pada huruh pilihan pertama dan pilih kembali pada jawaban yang dianggap benar Pernyataan I 1. Ca. Yang berfungsi memisahkan zat padat dalam aliran uap Lapisan batuan yang membawa air dan bersifat Jawaban Pernyatan II A. scrubber B. UPS berfungsi sebagai sumber tenaga cadangan bila sumber listrik utama tidak bekerja Motor listrik 3 phasa yang terhubung secara delta dengan sumber tegangan. Sulfat. 3 4 B-S B-S Karakteristik dari energi panas yaitu relatif bersahabat dengan lingkungan Index viskositas adalah konstanta yang menunjukkan pengaruh temperatur terhadap viskositas.berhenti. index viskositas tinggi artinya pelumas sangat terpengaruh dengan perubahan temperatur Viskositas dinamik didefinisikan sebagai perbandingan antara perubahan kecepatan dengan perubahan ketebalan minyak pelumas Secara umum geotermal steam selalu mengandung Si. besarnya arus line sama dengan besarnya arus yang mengalir pada setiap lilitan motor 5 6 7 B–S B–S B–S 8 9 10 B–S B–S B–S D. Soal menjodohkan(bobot 15%) Petunjuk: a. Pilihlah jawaban yang dianggap benar dengan memilih pernyataan yang paling tepat dari kolom pertama yang sesuai dengan pernyataan dari kolom kedua. dan Fe Bila vapor pressure pada temperatur lapisan aquifer lebih rendah dari tekanan hidrostatiknya maka terjadilah evaporasi dalam lapisan aquifer. b. maka reservoir tersebut disebut sebagai vapor dominated system Power faktor (cos phi) merupakan perbedaan sudut phasa antara daya nyata dan daya listrik reaktif Dalam instalasi listrik. aquifer .. 2. Bila rasio uap terhadap liquid cukup besar (dryness). Chlorida.

purging E. bantalan rusak akan menyebabkan Mencegah ledakan susulan pada boiler pada saat di operasikan Unsur dalam pelumas untuk meningkatkan kualitas nya Panas pembakaran bahan bakar dipakai langsung untuk memproduksi uap atau untuk proses industri lain dalam PLTGU Suatu alat untuk memeriksa dan menghindari penutupan Generator atau Transformer breaker bila dideteksi adanya perbedaan fase dan tegangan antara Jaringan dengan Unit. 9. H. (AVR) topping Suatu alat untuk memanfaatkan gas buang untuk memanaskan air sebelum masuk ketel uap M superheater N O cooling tower demister E. 4. load dispatch center 8. 6. Rotor bengkok . 10. bottoming 7. vibrasi D. aditif F. G. Peralatan pada pembangkit yang berfungsi mengubah uap menjadi fluida cair Suatu peralatan /mesin listrik yang mengontrol kecepatan suatu pembangkit berfungsi C. kondensor I. K L electronic governor ekonomiser Automatic Voltage Regulator. Tuliskan nama-nama komponen dibawah ini (bobot 15 %) . 5.permeabel 3. J.

7. 11. 3. 12. 13. 10. 6. 4. 2. 5. 9. 8. .Komponen utama PLTP : 1. 15. 14.