RESUME SEMINAR KESEHATAN NASIONAL

Kesiapan Rencana Aksi Daerah Sebagai Upaya Pencapaian Target MDG¶s Poin 4 dan 5 ( Penurunan Angka Kematian Ibu dan Angka Kematian Bayi )

Septi Diah Sukmawati 25010110120039 R1-A 2010

FAKULTAS KESEHATAN MASYARAKAT UNIVERSITAS DIPONEGORO SEMARANG 2011

Mkes dalam sambutannya. Menurunkan angka kematian anak 5. Bibit Waluyo ( Letjend. V. Soedarto SH pada sabtu. Seminar ini juga di hibur dengan penampilan dari bagian AKK. Gubernur Jawa Tengah yaitu H. Dra. Seminar yang di adakan oleh Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro bagian peminatan Administrasi dan Kebijakan Kesehatan di isi oleh beberapa pembicara. Yuswanti. Meningkatkan kesehatan ibu hamil 6.TNI(Purn)) dengan perwakilan dr. Memerangi penyakit HIV/Aids/ Malaria/ TBC 7. Moeloek SpM ( Utusan khusus Presiden Republik Indonesia untuk MDG¶s) y 8 Tujuan Pembangunan Milenium 1.Sudiro. Sementara itu.Seminar Kesehatan Nasional yang di adakan di Gedung Prof.dr. Mendorong kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan 4.Dr. IAKMI ( Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia). diantaranya Gubernur Jawa Tengah sebagai keynote speaker.DrPH Materi I : Mengapa perlu upaya pencapaian Millenium Development Goals oleh Prof.Nila Juwita F. 4 Juni 2011 bertemakan ³ Kesiapan Rencana Aksi Daerah Sebagai Upaya Pencapaian Target MDG¶s poin 4 dan 5 ( Penurunan AKI dan AKB) ³.MPH. Aktivis mensosialisasikan rencana aksi daerah sebagi upaya pencapaian target MDG¶S poin 4 dan 5 ( penurunan AKI dan AKB ) yang disampaikan Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro. penampilan tembang jawa dan lagu modern sekarang ini. memperluas kemiskinan dan terjadinya penurunan pendapatan ) . Memastikan kelestarian lingkungan 8.G. Ibu Dekan juga berharap dapat meningkatkan pemahaman masyarakat serta merealisasikan target MDG¶s poin 4 dan 5. Memberantas kemiskinan 2. Materi I dan II dimoderatori oleh dr. MHSc menyampaikan bahwa terjadi penurunan AKI dari tahun 2009.Tinuk Istiarti. Mengembangkan kemitraan global untuk pembangunan y MDG¶s dibuat karena dampak proses pembangunan ( ketimpangan sosial. Mewujudkan pendidikan dasar untuk semua 3.

Aborsi yang tidak aman 2. y Langkah ± langkah untuk Akselerasi Pencapaian MDG¶s 1. ada 4 poin tentang kesehatan ( poin 3. Memanage rumah tangga 5. Unmet need Keluarga Berencana 3. Mendidik dan menjaga kesehatan anak 2. Memperluas penggunaan sistem pelayanan yang sudah terbukti efektif 4. poin 1 tentang lingkungan dan poin 8 tentang kemitraan Materi II : Strategi Pencapaian MDG¶s dan Implementasinya oleh dr. Menjaga kesehatan diri 3. Pertolongan persalinan tidak oleh petugas kesehatan terlatih 4. y Perempuan penting untuk: 1.5 dan 6) Poin 2 tentang pendidikan.dampak ekonomi. Memperkuat kemampuan dalam manajemen publik. Pemberdayaan masyarakat . MQIH ( Direktur Bina Kesehatan Anak ) y y MDG¶s berkolerasi dengan IPM ( Indikator Pembangunan Manusia ) Tahun 2002 sampai 2007 terdapat penurunan 1 poin. cacingan dan kurang gizi y Pola pikir MDG¶s. Monitoring dari program percepatan pembangunan 5. walaupun grafik menunjukan terjadinya peningkatan ekonomi tetapi tidak adil dan merata yang membuat ketimpangan. Penyebab tidak langsung : oleh anemia penyakit. Maluku dan Papua karena ketersediaan pelayanan kesehatan dan transportasi.4. Merencanakan keluarga 4. SDM dan infrastruktur 3. dari 35 kematian bayi menjadi 34. Kirana Pritasari. y Hampir semua wilayah di Indonesia terjadi penurunan AKB kecuali Nusa Tenggara. Menetapkan tujuan yang spesifik dan menyusun rencana akselerasi 2. Hidup dalam lingkungan asri y Penyebab kematian ibu : 1.

pro job. Faktanya : dari seluruh Kabupaten di Jawa Tengah hanya 3 Kabupaten yang membuat RAD. Peran dalam penentuan anggaran Pembahasan anggaran murni atau perubahan Bersama eksekutif Anggaran pro rakyat. Masyarakat Forum koordinasi konsultasi kelurahan Forum koordinasi konsultasi kecamatan Musrenbag kota/ kabupaten Seminar.20 tahun 2011 tentang Rencana Aksi Daerah Pencapaian Target Millenium Goals. y Peran DPRD dalam RAD 1.1/ 2010 Percepatan Pelaksanaan Prioritas Pembangunan Nasional Propinsi Jawa Tengah membuat Pergub no. Messy Widiastuti. pro poor.Materi III. Eksekutif Perencana pelaksana sesuai sasaran yang akan di capai Wakil dari pemerintah 3. pro growth. MARS ( Komisi E DPRD Jawa Tengah ) y RAD ( Rencana Aksi Daerah ) Inpres no. forum diskusi dll 2. Legislatif Menentukan anggota yang ditugasi khusus Membentuk komunikasi antara pihak terkait Adanya laporan perkembangan RAD secara rutin Mengadakan rapat evaluasi rutin dll Membuat pedoman sebagi tolak ukur dalam intern DPRD yang berkaitan dengan MDG¶s 4. pro enviromental . IV dan V dimoderatori oleh Febriyanto Materi III : Peran DPRD dalam Moonitoring dan Evaluasi RAD oleh dr.

Dukungan Manajemen dan sistem kesehatan yang diperlukan untuk pelaksanaan kegiatan 5.kelompok ( KP Ibu) Community IMCI MTBS di fasilitas kesehatan Materi V : Bukan Sekedar MDG : Daya Saing Bangsa (dan Rakyat Jateng ) Dipertaruhkan Oleh Hasbullah Thabrany y Yang menentukan dapat tercapainya MDG¶s adalah Kapasitas dan isi otak SDMnya. Lukman Hendro Laksmono. MBA (HPN) UNICEF Jakarta y Kiat ±kiat dalam percepatan pencapaian MDG 4 dan 5 1. Partisipasi keluarga dan masyarakat Kemitraan dengan mitra kerja terkait y Program kerja UNICEF dalam percepatan pencapaian MDG 4 dan 5 1. Melaksanakan kegiatan yang efektif terbukti menurunkan kesakitan dan kematian bayi. pelayanan kesehatan komprehensif bagi ibu hamil dan setelahnya dan pelayanan kesehatan ibu dan bayi baru lahir bagi kelompok miskin Kegiatan kunci : kemitraan antar provinsi 2. Fokus pada kelompok yang selama ini belum mendapatkan pelayanan kesehatan berkualitas ( equity) 4. Dapat dicapai melalui pendekatan berkesinambungan dari sejak remaja (continuum of care ) 2. . Kesehatan bayi dan anak balita ( REACH ) Kelompok ibu ± ibu mendukung kelompok. bayi baru lahir dan balita ( Evidence Based). 6. bibit unggul. Kesehatan ibu dan bayi baru lahir ( ACHEVE) Kegiatan utama : pelayanan kegawatdaruratan obstetri dan bayi baru lahir.Materi IV : Peran UNICEF dalam Pencapaian MDG 4 dan 5 Oleh Dr. 3.

y y Otak paling cepat berkembang dalam rahim ibu cukup gizi dan sehat. .y Bibit unggul bukan hanya hidup dan anak menjadi berkualitas. Ranking IQ Indonesia no 20 dunia dengan rata ± rata 87 %. tetapi diperlukan juga gizi yang cukup.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful