P. 1
Bentuk-Bentuk Badan Usaha (3)

Bentuk-Bentuk Badan Usaha (3)

|Views: 157|Likes:
Published by vaneshaalma

More info:

Published by: vaneshaalma on Jul 06, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/10/2012

pdf

text

original

BENTUK-BENTUK BADAN USAHA

Pemilihan Bentuk Badan Usaha Faktor-faktor yang perlu dipertimbangkan : Jenis usaha yang dijalankan (perdagangan. dll) Ruang lingkup usaha Pihak-pihak yang terlibat dalam kegiatan usaha Besarnya risiko kepemilikan Batas-batas pertanggungjawaban terhadap utang perusahan Besarnya investasi yang ditanamkan Cara pembagian keuntungan Jangka waktu berdirinya perusahaan Peraturan-peraturan pemerintah . industri.

Bentuk Yuridis Perusahaan Perusahaan perseorangan Firma Perseroan komanditer Perseroan Terbatas (PT) Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Koperasi .

Perusahaan Perseorangan Perusahaan yang dikelola dan diawasi oleh satu orang Keuntungan : ¹ Mudah dibentuk dan dibubarkan ¹ Bekerja dengan sederhana ¹ Pengelolaannya sederhana ¹ Tidak perlu kebijaksanaan pembagian laba Kelemahan : ¹ Tanggung jawab tidak terbatas ¹ Kemampuan manajemen terbatas ¹ Sulit mengikuti pesatnya perkembangan perusahaan ¹ Sumber dana hanya terbatas pada pemilik ¹ Risiko kegiatan perusahaan ditanggung sendiri .

Bila salah seorang anggota keluar maka firma pun bubar .Firma Badan usaha yang didirikan oleh beberapa orang dengan menggunakan nama bersama atau satu nama digunakan bersama Keuntungan : ¹ Prosedur pendirian relatif mudah ¹ Mempunyai kemampuan finansial yang lebih besar (gabungan modal beberapa orang) ¹ Pengambilan keputusan lebih baik karena diambil dengan keputusan bersama Kelemahan : ¹ Utang-utang perusahaan ditanggung oleh kekayaan pribadi para anggota firma ¹ Kelangsungan hidup perusahaan tidak terjamin.

Perseroan Komanditer Persekutuan yang didirikan oleh beberapa orang yang menyerahkan dan mempercayakan uangnya untuk dipakai dalam persekutuan Jenis-jenis sekutu : .Sekutu komanditer Orang yang mempercayakan uangnya dan bertanggung jawab terbatas pada kekayaan yang diikutsertakan dalam perusahaan .Sekutu komplementer Orang yang bersedia memimpin pengaturan perusahaan dan bertanggung jawab penuh dengan kekayaan pribadinya .

Perseroan Komanditer Keuntungan : ¹ Pendiriannya relatif mudah ¹ Modal yang dapat dikumpulkan lebih banyak ¹ Kemampuan untuk memperoleh kredit lebih besar ¹ Manajemen dapat didiversikan ¹ Kesempatan untuk berkembang lebih besar Kelemahan : ¹ Tanggung jawab tidak terbatas ¹ Kelangsungan hidup tidak terjamin ¹ Sukar untuk menarik kembali investasinya .

yang terpisah dari kekayaan. hak dan kewajiban para pendiri maupun para pemilik Keuntungan : ¹ Kelangsungan hidup perusahaan terjamin ¹ Terbatasnya tanggung jawab Tidak menimbulkan risiko bagi kekayaan pribadi/pemilik. terbatas pada saham yang dimiliki ¹ Saham dapat diperjualbelikan dengan relatif mudah ¹ Kebutuhan modal lebih besar akan mudah dipenuhi Memungkinkan perluasan usaha ¹ Pengelolaan perusahaan dapat dilakukan lebih efisien Kelemahan : ¹ Biaya pendiriannya relatif mahal ¹ Rahasia tidak terjamin ¹ Kurangnya hubungan yang efektif antara pemegang saham . hak dan kewajiban sendiri.Perseroan Terbatas (PT) Suatu badan yang mempunyai kekayaan.

kontrak serta hubungan dengan pihak lain ¹ Dapat dituntut dan menuntut ¹ Seluruh/sebagian modalnya dimiliki negara serta dapat memperoleh dana dari pinjaman dalam & luar negari atau dari masyarakat dalam & luar negeri atau dalam bentuk obligasi ¹ Pada prinsipnya secara finansial harus dapat berdiri sendiri . kecuali ditentukan lain berdasarkan undang-undang Ciri-ciri utama : ¹ Tujuan utama adalah melayani kepentingan umum sekaligus mencari keuntungan ¹ Berstatus badan hukum dan diatur berdasarkan undang-undang ¹ Pada umumnya bergerak pada bidang jasa-jasa vital ¹ Mempunyai nama & kekayaan sendiri serta bebas begerak untuk mengikat suatu perjanjian.Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Semua perusahaan dalam bentuk apapun dan bergerak dalam bidang usaha apapun yang sebagian atau seluruh modalnya merupakan kekayaan negara.

makmur dan berlandaskan pancasila dan UUD 45 Prinsip koperasi : ¹ Keanggotaan bersifat sukarela ¹ Pengelolaan dilakukan secara demokratis ¹ Pembagian sisa hasil usaha dilakukan secara adil sebanding dengan besarnya jasa masing-masing anggota ¹ Pemberian balas jasa yang terbatas terhadap modal ¹ Kemandirian . adil.Koperasi Bentuk badan usaha yang beranggotakan orang-orang atau badan hukum koperasi yang melandaskan kegiatannya pada prinsip koperasi sekaligus sebagai gerakan ekonomi rakyat yang berdasar atas azas kekeluargaan Tujuan : Meningkatkan kesejahteraan anggota pada khususnya dan masyarakat pada umumnya serta ikut membangun perekonomian nasional dalam rangka mewujudkan masyarakat yang maju.

Koperasi Ciri-ciri koperasi : ¹ Lebih mementingkan keanggotaan dan sifat persamaan ¹ Anggota-anggotanya bebas keluar masuk ¹ Merupakan badan hukum yang menjalankan usaha untuk kesejahteraan anggota ¹ Koperasi didirikan secara tertulis dengan akte pendirian dari notaris ¹ Tanggung jawab kelancaran usaha koperasi berada di tangan pengurus ¹ Anggota koperasi turut bertanggung jawab atas utang-utang koperasi terhadap pihak lain ¹ Kekuasaan tertinggi berada dalam rapat anggota Pengelompokan koperasi menurut bidang usahanya : ¹ Koperasi produksi ¹ Koperasi konsumsi ¹ Koperasi simpan pinjam ¹ Koperasi serba usaha .

Koperasi Pengelompokan koperasi menurut luas wilayahnya : ¹ Primer koperasi ¹ Pusat koperasi ¹ Gabungan koperasi ¹ Induk koperasi Pihak yang terlibat dalam memajukan koperasi : ¹ Rapat anggota ¹ Pengurus ¹ Pengawas .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->