Oleh

: arid M Z F : Welding 1: dari 8

SYMBOL PENGELASAN

Seri No. Hal.

1.

Dasar Tanda Pengelasan.

Dasar Tanda Pengelasan ditunjukkan pada gambar :

Tanda Permukaan Pengelasan

F A S (E) T
(N)

Sisi Lain Pengelasan di site / lokasi Pengelasan Keliling

R

L-P

Keterangan : 1. P 2. L 3. R 4. A 5. F 6. (E) 7. S 8. T 9. N = = = = = = = = = Titik pengelasan dari pusat ke pusat. Panjang pengelasan. Root opening / Gap / Celah akar las. Sudut dari Groove / Sudut penyerongan. Tanda pengerjaan akhir Effective throat Ukuran Pengelasan. Specification, Proses pengelasan. Nomor untuk pengelasan spot. Tabel – 1 Dasar Tanda Pengelasan Dan Lokasi Pengelasan
Lokasi Sisi Ditunjuk Sisi Lainnya Kedua Sisi Fillet Weld Tanpa Bevel V Groove

Sisi yang ditunjuk

Bevel

Oleh : arid M Z F : Welding : 2dari 8 SYMBOL PENGELASAN Seri No. Menunjukkan tanda penge lasan fillet dimana satu sisi yg ditunjuk panjang kaki ½ mm dan sisi lainnya panjang kaki ¼ mm (seperti yang ditunjuk gbr). Gambar ½ ½ ½ ½ . Tabel – 2 Tanda Pengelasan Tambahan C o n t o u r / Permukaan Pengelasan Melting Flush / Rata Cekung Cembung 2. Menunjukkan tanda penge lasan fillet pada dua sisi dengan ukuran panjang kaki ½ mm (seperti yang ditunjuk gbr). Hal. Tanda Pengelasan Keterangan Menunjukkan tanda penge lasan fillet pada satu sisi dengan ukuran panjang kaki ½ mm (seperti yang ditunjuk gbr). Applikasi Tanda Pengelasan Fillet.

¼ SYMBOL PENGELASAN (¼ x ½) Menunjukkan arid M Z penge : tanda F lasan fillet satu sisi yg ditunjuk panjang kaki ½ mm dan : Welding Seri panjang kaki lainnya ¼ mm (seperti No. dari 8 Oleh 3 Gambar Tanda Pengelasan Keterangan Menunjukkan tanda penge lasan fillet pada satu sisi dengan ukuran panjang pengelasan 24 mm (seperti yang ditunjuk gbr). Menunjukkan tanda lasan fillet intermitten (loncat) pada dua sisi dgn ukuran panjang pengelasan 3 mm kemudian loncat dgn jarak pusat lasan satu ke yang lainnya 10 mm demikian juga lawannya (seperti yang ditunjuk gbr). Hal. ½ 2-4 2-5 2-5 . Menunjukkan tanda lasan fillet intermitten (loncat) pada satu sisi dgn ukuran panjang pengelasan 2 mm kemudian loncat dgn jarak pusat lasan satu ke yang lainnya 4 mm (seperti yang ditunjuk gbr). yang:ditunjuk gbr). Menunjukkan tanda lasan fillet intermitten (loncat) pada dua sisi dgn ukuran panjang pengelasan 2 mm kemudian loncat dgn jarak pusat lasan satu ke yang lainnya 5 mm (seperti yang ditunjuk gbr).

(tidak full penetrasi) bentuk sambungan double “V” groove (seperti yang ditunjuk gbr). Oleh S S 4 3. Applikasi Tanda Pengelasan Butt (Tumpul). Menunjukkan tanda penge lasan tumpul dengan kedalaman penetrasi yang ditunjuk ½ mm dan sisi lainnya ½ mm. bentuk sambungan Single “V” groove (seperti yang ditunjuk gbr). Menunjukkan tanda penge lasan tumpul dengan kedalaman penetrasi yang Gambar ½ ¼ 7/8 ½ ½ . Menunjukkan tanda penge lasan tumpul dengan kedalaman penetrasi yang ditunjuk 7/8 mm dan sisi lainnya ¼ mm. Hal. Tanda Pengelasan Keterangan Menunjukkan tanda penge lasan tumpul dengan kedalaman penetrasi ½ mm (tidak full penetrasi).3-10 3-10 SYMBOL PENGELASAN S S Menunjukkan arid Mlasan fillet : tanda Z F pada dua sisi dgn ukuran panjang kaki:pengelasan S mm Welding Seri dimana pengelasan dilakukan pada bagian: atas dan bawah No. dari 8 (seperti yang ditunjuk gbr). bentuk sambungan “V” groove (seperti yang ditunjuk gbr).

(seperti yang ditunjuk gbr). : dari 8 Menunjukkan tanda penge lasan tumpul dengan (full penetrasi) bentuk sambungan single “V” groove (seperti yang ditunjuk gbr). Applikasi Tanda Pengelasan Butt (Tumpul) Untuk Celah.0 .6 mm.2 mm. Menunjukkan tanda penge lasan tumpul dengan gap (celah) 1/8 atau 3. Menunjukkan tanda penge lasan tumpul dengan gap (celah) 3/16 atau 5. 5 4. No. Menunjukkan tanda penge lasan tumpul dengan gap (celah) 3/16 atau 5. (seperti yang ditunjuk gbr). Hal.½ ½ SYMBOL PENGELASAN ditunjuk ¾ mm dan sisi lainnya ¾ mm. Gambar 1 . Tanda Pengelasan Keterangan Menunjukkan tanda penge lasan tumpul dengan gap (celah) 1/16 atau 1. Dimana pengelasan dilaksanakan full penetrasi (seperti yang ditunjuk gbr).0 mm. 6 4° 5 5. Dimana pengelasan dilaksanakan full penetrasi. (full penetrasi) : arid M Z F Oleh bentuk sambungan double “V” groove (seperti yang ditunjuk : Welding Seri gbr). Dimana pengelasan dilaksanakan full penetrasi.0 mm.

2 mm. Dimana pengelasan dilaksanakan full penetrasi. 6 5. 50° 65° 90° .2 Dimana pengelasan dilaksanakan: arid M Z full penetrasi. Dimana pengelasan dilaksanakan full penetrasi (seperti yang ditunjuk gbr). Menunjukkan tanda penge lasan tumpul dengan sudut penyerongan 50°.2 Menunjukkan tanda penge lasan tumpul dengan gap (celah) 1/4 atau 6.3. : Welding : dari 8 SYMBOL PENGELASAN 6. F Oleh (seperti yang ditunjuk gbr). Menunjukkan tanda penge lasan tumpul dengan sudut penyerongan 65° dan sudut penyerongan lainnya 90°. Applikasi Tanda Pengelasan Butt (Tumpul) Untuk Penyerongan. Hal. Seri No. (seperti yang ditunjuk gbr). Dimana pengelasan dilaksanakan full penetrasi (seperti yang ditunjuk gbr). Dimana pengelasan dilaksanakan full penetrasi (seperti yang ditunjuk gbr). Gambar Tanda Pengelasan 45° Keterangan Menunjukkan tanda penge lasan tumpul dengan sudut penyerongan 45°.

Gambar Tanda Pengelasan Keterangan Menunjukkan tanda penge lasan tumpul (Groove). Hal. Applikasi Tanda Pengelasan Kombinasi Untuk effective throat. Applikasi TandaSYMBOL PENGELASAN effective throat. Menunjukkan tanda penge lasan tumpul (Groove). Dimana permukaan lasan rata dengan material induk (base metal). 7 7. M G . Dimana effective throat 3/8 dan panjang kaki ¼ (seperti yang ditunjuk gbr). : Pengelasan Kombinasi Untuk Welding Seri No.Oleh : arid M Z F 6. Dimana permukaan lasan rata dengan material induk dengan proses grinding dan sisi yang lainnya permukaan lasan tidak dilakukan penggerindaan (base metal). (seperti yang ditunjuk gbr). Gambar : dari 8 Tanda Pengelasan 1/4 3/8 3/8 1/4 Keterangan Menunjukkan tanda penge lasan tumpul dan fillet tanpa celah (gap). (seperti yang ditunjuk gbr).

Hal. Dimana permukaan material induk (base metal) dilapisi dengan deposit metal atau buttering tebal deposit 1/8 in. (seperti yang ditunjuk gbr). proses dari 8 sisi yang lainnya tonjolan las (reinforcement) dibentuk dengan penggerindaan. Gambar Tanda Pengelasan Keterangan Menunjukkan tanda penge lasan. Applikasi Tanda Pengelasan Untuk Pelapisan Permukaan (Buttering). 1 / 8 1 / 8 . (seperti yang ditunjuk gbr). Dimana permukaan material induk (base metal) dilapisi dengan deposit metal atau buttering tebal deposit 1/8 in. Menunjukkan tanda penge lasan.C SYMBOL PENGELASAN G Menunjukkan arid M Z penge : tanda F lasan tumpul (Groove). Dimana ada tonjolan las : Welding Seri (reinforcement) yang dibentuk dengan chipping dan : No. Oleh 8 8. (seperti yang ditunjuk gbr).

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful