P. 1
makalah

makalah

|Views: 422|Likes:
Published by Lala Ichie

More info:

Published by: Lala Ichie on Jul 07, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/14/2013

pdf

text

original

KATA PENGANTAR

Puji syukur penulis panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena dengan karuniaNya penulis dapat menyelesaikan makalah ini. Tujuan penulisan makalah ini adalah untuk menambah pengetahuan kepada pembaca tentang ³Pengaruh Globalisasi terhadap Kelakuan Remaja´ Penulis menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu kritik dan saran dari semua pihak yang bersifat membangun selalu kami harapkan demi kesempurnaan makalah ini. Akhir kata, kami sampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah berperan serta dalam penyusunan makalah ini dari awal sampai akhir. Semoga Tuhan Yang Maha Esa senantiasa memberkati usaha kita.

Surabaya, 29 Mei 2011

Penulis

Dewasa ini berbagai macam bentuk penyimpangan sosial semakin meningkat dan marak terjadi di masyarakat dengan seiring berkembangnya zaman yang semakin canggih. Globalisasi merupakan perkembangan kontemporer yang mempunyai pengaruh dalam mendorong munculnya berbagai kemungkinan tentang perubahan dunia yang akan berlangsung. Atas pertimbangan yang lebih moderat dan mengingat kepentingan subyek. Dari kesimpulan di atas dapat di tarik kesimpulan bahwa . Selain faktor kurangnya pengawasan dari lingkungan keluarga dan sekolah. tidak dapat di pungkiri bahwa globalisasi juga .1 Latar Belakang Masalah Definisi kenakalan remaja menurut Sudarsono. justru terjadi berbagai macam penyimpangan kenakalan remaja. kenakalan remaja yang bertentangan dengan norma hokum yang telah dengan jelas ditentukan dalam KUHP norma social dan norma agama. akan tetapi pengertian tersebut memberikan konotasi yang cenderung negative atau negative sama sekali. Karena remaja zaman sekarang semakin berani untuk berani bertindak dan semakin bebas untuk berekspresi.BAB I PENDAHULUAN 1. kenakalan remaja secara estimologis dapat di artikan sebagai kejahatan anak. Pengaruh globalisasi dapat menghilangkan berbagai halangan dan rintangan yang menjadikan dunia semakin terbuka dan saling bergantung satu sama lainnya. 1991 dalam bukunya mengatakan. Globalisasi akan membawa prespektif baru tentang konsep ³Dunia Tanpa Tapal Batas´ yang saat ini diterima sebagai realita masa depan yang akan memengaruhi perkembangan budaya dan membawa perubahan baru.

serta bisa dilakukan oleh siapapun.2 Rumusan Masalah 1. salah satu faktor yang cukup dominan saat ini karena pada dasarnya globalisasi itu sendiri identik dengan pasar bebas dan kapitalis.3 Tujuan Penulisan 1. Bukan tidak mungkin hal seperti itu bisa terjadi pada jaman globalisasi sekarang ini. Untuk mengetahui macam-macam dan jenis-jenis perilaku yang tergolong kenakalan remaja saat ini. Bagaimana perkembangan kenakalan remaja di era globalisasi sekarang ini? 3. dimanapun dan kapanpun itu.mempengaruhi dalam kehidupan remaja saat ini. . Untuk mencari solusi penanggulangan dan pencegahan untuk menanggulangi perkembangan kenakalan remaja saat ini. 3. anarkisme. dimana antarNegara atau warga Negara dapat dengan mudah tersebar. Bagaimana solusi yang tepat untuk menanggulangi kenakalan remaja? 1. permekosaan. Untuk mengetahui faktor ± faktor apa sajakah yang mendasari serta mendukung terjadinya kenakalan remaja pada era globalisasi 2. narkoba. Faktor apa sajakah yang mendasari serta mendukung terjadinya kenakalan remaja di era globalisasi sekarang ini? 2. Mulai dari pornografi. dll. 1.

1 Penyebab terjadinya kenakalan remaja Perilaku 'nakal' remaja bisa disebabkan oleh faktor dari dalam (internal) maupun faktor dari luar (eksternal).K e d u a. namun tidak bisa mengembangkan kontrol diri untuk bertingkah laku sesuai dengan pengetahuannya. seseorang sudah melampaui masa kanak-kanak.Kontrol diri yang lemah Remaja yang tidak bisa mempelajari dan membedakan tingkah laku yang dapat diterima dengan yang tidak dapat diterima akan terseret pada perilaku 'nakal'. 2.P e r ta m a. tercapainya identitas peran. Para ahli pendidikan sependapat bahwa remaja adalah mereka yang berusia 13-18 tahun. terbentuknya perasaan akan konsistensi dalam kehidupannya.BAB II PEMBAHASAN Kenakalan remaja meliputi semua perilaku yang menyimpang dari norma-norma hukum pidana yang dilakukan oleh remaja. Faktor internal: 1. Ada beberapa jenis ± jenis kenakalan remaja yaitu: Penyalahgunaan narkoba. Begitupun bagi mereka yang telah mengetahui perbedaan dua tingkah laku tersebut. Pada usia tersebut. Perilaku tersebut akan merugikan dirinya sendiri dan orang-orang di sekitarnya. seks bebas. namun masih belum cukup matang untuk dapat dikatakan dewasa. Kenakalan ramaja terjadi karena remaja gagal mencapai masa integrasi kedua. 2. . tawuran pelajar. Ia berada pada masa transisi. dll.Krisis identitas Perubahan biologis dan sosiologis pada diri remaja memungkinkan terjadinya dua bentuk integrasi.

yaitu aspek positif dan aspek negatif. terdapat beberapa macam pengaruh terhadap kehidupan masyarakat. yaitu: a. kehidupan lamban menjadi kehidupan serba cepat. atau perselisihan antar anggota keluarga bisa memicu perilaku negatif pada remaja. agraris tradisional menjadi masyarakat industri modern.Keluarga Perceraian orangtua. bisa menjadi penyebab terjadinya kenakalan remaja. 3) Pemanfaaatan sumber daya alam yang melimpah. Banyak yang terlihat jelas dalam perubahan dan pergeseran pola hidup masyarakat. 2. Pengaruh tersebut dapat dibagi menjadi dua macam aspek. tidak memberikan pendidikan agama.2 Perkembangan Remaja di Era Globalisasi Berkembangnya arus globalisasi jelas memberikan dampak pada kebudayaan manusia. kehidupan berasas nilai sosial menjadi konsumeris materialis. b. Pendidikan yang salah di keluarga pun. 2) Pesatnya perkembangan informasi dan transportasi. atau penolakan terhadap eksistensi anak. kehidupan berasaskan kebersamaan menjadi kehidupan individualis. . 3. 2. Dengan pesatnya perkembangan. Teman sebaya yang kurang baik Komunitas/lingkungan tempat tinggal yang kurang baik. Dari contoh tersebut. aspek positif paling diharapkan manusia. c. tidak adanya komunikasi antar anggota keluarga. e. kehidupan yang bergantung pada alam menjadi kehidupan menguasai alam. d. Diantaranya beberapa aspek positif dari arus globalisasi dan perkembangan teknologi yakni : 1) Pola hidup yang serba cepat.Faktor eksternal: 1. seperti terlalu memanjakan anak.

padahal budaya timur jelas melarang hal yang seperti itu. sopan dan santun. perkembangan arus globalisasi juga memberikan dampak negatif bagi kebudayaan masyarakat. diantaranya : 1) Beralihnya masyarakat agraris menjadi masyarakat industri modern. dan pemakaian perhiasan wanita oleh laki-laki. Korban terbesar dari aspek ternegatif globalisasi ini tak lain dan tak bukan adalah para remaja. Fenomena anak melawan kepada orangtua. dan agama yang selama ini kita junjung tinggi akan menghilangkan jati diri dari nilai-nilai budaya itu sendiri. Ancaman Pengaruh Budaya Asing Bentuk dari perkembangan globalisasi ke arah negatif atau mungkin tertafsir negative. sekarang banyak remaja yang menggunakan pakaian yang memerlihatkan auratnya. mode pakaian yang tidak sesuai. merupakan perilaku menyimpang sebagai dampak negatif dari era globalisasi dan arus informasi yang tidak terbendung. antara lain : 1) Narkoba dan Minuman keras Narkoba dan minuman keras juga merupakan salah satu diantaranya. perkelahian antar-pelajar. Hal ini sesuai dengan pendapat Selo Soemardjan bahwa perubahan budaya yang cepat dan saling menyusul mengakibatkan suasana anomi yang berkepanjangan. Namun. murid yang mengancam atau melawan gurunya. Pesatnya teknologi informasi dan transportasi juga mebawa dampak negatif. seperti masuknya budaya barat yang bertolak belakang dengan budaya timur yang sederhana. budaya. Remaja . kebudayaan negatif barat yang masuk dan menyebar dengan cepatnya di Indonesia. moral. Arus globalisasi yang membonceng nilai-nilai tradisi. 2) Perubahan dari kehidupan berasaskan kebersamaan menjadi kehidupan individualis.Selain memberikan aspek positif. Dan dampak negatif yang sekarang paling banyak terlihat dan bermunculan yaitu : Masuknya pola hidup budaya barat.

miras dan narkoba pun melanda desa. Sehingga mengakibatkan banyak dari mereka yang terjerat mabuk-mabukan dan tak jarang mengakibatkan banyak bentuk penyimpangan sosial lain bahkan yang bersifat kriminal. Jangankan di kota. sama halnya dengan narkoba. Faktor rentannya kontrol diri dan iman serta godaan lingkungan sosial dan juga rasa keingintahuan yang berlebihan seiring hasrat tanpa pikiran jernih. Sama halnya dengan narkoba. Alasannya. 2) Sex bebas Sex bebas juga merupakan salah satu bentuk tindakan penyimpangan kenakalan remaja yang sekarang ini semakin marak terjadi seiring berkembangnya zaman. dengan mudahnya. Dan lagi-lagi korban utama dari kebudayaan negatif ini adalah remaja. Banyak para remaja yang terjebak dalam kehidupan malam dan pergaulan yang tak terbatas. Akan tetapi dengan berkembangnya globalisasi. Seperti kita ketahui sex bebas diluar ikatan pernikahan merupakan salah satu budaya barat yang sangat bertolak belakang dengan budaya ketimuran Indonesia. mau tidak mau budaya negatif bagi masyarakat Indonesia tersebut masuk dan berkembang di Indonesia. selain itu godaan dan tekanan yang kuat dari lingkungan pergaulan juga menjadi salah satu faktor maraknya narkoba di kalangan narkoba. Kebanyakan para remaja di Indonesia terjebak akan perilaku seperti ini akibat minimnya pengetahuan mereka akan resiko dan tanggung jawab yang harus ditanggung nantinya. Kenikmatan sesaat yang didapatkan. juga membawa dampak negatif bagi para remaja di negeri ini. dimana batas antar negara seakan hilang. kalangan remaja akan menjadi pemakai yang ketergantungan obat-obat terlarang. peredaran minuman keras yang tanpa batas di negeri ini. membuat banyak remaja yang terjerumus dalam budaya surga dunia ini. masyarakat pada usia remaja ini memiliki rasa ingin tahu yang besar dan cenderung akan mencoba menggunakan. Apabila dibiarkan tanpa pengawasan yang ketat. Pada dasarnya perkembangan adiktif narkoba dan miras di kalangan remaja. Padahal kontrol diri yang dimilikinya sangat lemah karena belum matangnya jiwa mereka. bisa berakibat sangat fatal sekali .adalah kelompok masyarakat yang sangat peka terhadap bahaya penyalahgunaan obatobatan tersebut. lebih pada didasari oleh perkembangan zaman yang semakin pesat.

semakin kuat pula kepribadian dan pemikiran liberalisasi mereka terbentuk. yang tak hanya membawa segi positif. tapi di lain sisi membawa aspek negatif yang bisa sangat merusak. akibat doktrinasi berlebihan secara tidak langsung dari globalisasi ini. tapi juga segisegi negatif yang bertentangan dalam nilai-nilai bermasyarakat Indonesia. Mereka yang masih rentan dan labil dapat dengan mudahnya terpengaruh bahkan terdoktrin untuk mengikuti. perkembangan teknologi juga memiliki peranan penting dalam penyebaran aspek-aspek negatif globalisasi.bagi mereka para remaja di masa depan. hingga mereka tidak tahu lagi nilai-nilai dan norma-norma yang ada sesungguhnya di masyarakat. dan tentunya tak hanya menghasilkan bentuk kenakalan remaja pada akhirnya bahkan kriminalitas pun bisa tercipta. Akan tetapi hal tersebut kembali lagi pada SDM sebagi pengguna dari teknologi dan informasi itu sendiri. bisa dikatakan perkembangan teknologi sebagai media pengantar pengaruh-pengaruh. Perkembangan informasi dan teknologi : Perkembangan informasi dan teknologi merupakan faktor terpenting dalam perkembangan zaman globalisasi di dunia. maupun kebudayaan-kebudayaan negara lain. Dapat diungkapkan bahwa perilaku seksual bebas bisa sangat beresiko bagi para remaja. Karena bagaimanapun juga teknologi dan informasi merupakan symbol dari perkembangan zaman. dan menganggap yang dia lakukan selau benar. di satu sisi membawa aspek positif yang sangat membantu. tentunya membawa dua aspek yang saling berlawanan. Pesatnya perkembangan teknologi dan informasi. Banyak contoh remaja yang seperti di . aspekaspek. akibat sex bebas pra-nikah ini masa depan mereka bisa hancur begitu saja dan akan menodai nama baik keluarga mereka. Hingga akhirnya pola hidup mereka menjadi pola hidup barat. Karena semakin banyak dan seringnya remaja Indonesia mengikuti perkembangan tersebut. Mulai dari hamil di luar nikah sampai terjangkitnya penyakit kelamin mematikan seperti AIDS berpotensi sangat besar terjadi bagi mereka para remaja yang melakukannya. Dalam hal kenakalan remaja. symbol dari globalisasi dunia. Dan yang tak kalah fatalnya.

Hal-hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi kenakalan remaja: 1. 2. Kemauan orangtua untuk membenahi kondisi keluarga sehingga tercipta keluarga yang harmonis. dan nyaman bagi remaja. khususnya yang buruk. teman sebaya untuk melakukan point pertama. 5. komunikatif. Remaja harus bisa mendapatkan sebanyak mungkin figur orang-orang dewasa yang telah melampaui masa remajanya dengan baik juga mereka yang berhasil memperbaiki diri setelah sebelumnya gagal pada tahap ini. Kaitan pertumbuhan dan perkembangan individu remaja dengan lingkungannya terhadap struktur sosial dengan jalur ± jalur system yang tersedia dan berlangsung di masyarakat untuk mobilitas yang lebih baik. Adapun berbagai hal yang dapat di aplikasikan untuk mengatasi kenakalan remaja. guru. . 3.3 Solusi Menanggulangi Kenakalan Remaja Perbuatan kenakalan remaja pada hakekatnya merupakan proses usaha pencapaian suatu keberhasilan tertentu dalam perkembangan kehidupan remaja. mereka out of control dan terbawa pengaruh.jabarkan sebelumnya. dan semua berawal adari hal-hal yang kecil dan tidak mereka sadari. Remaja pandai memilih teman dan lingkungan yang baik serta orangtua memberi arahan dengan siapa dan di komunitas mana remaja harus bergaul.pengaruh luar. Kegagalan mencapai identitas peran dan lemahnya kontrol diri bisa dicegah atau diatasi dengan prinsip keteladanan. 4. Adanya motivasi dari keluarga. 2. Remaja membentuk ketahanan diri agar tidak mudah terpengaruh jika ternyata teman sebaya atau komunitas yang ada tidak sesuai dengan harapan.

selayaknya cepat diubah dan di perbaiki. karya wisata. f) Motivasi belajar siswa timbul dari dirinya sendiri sehingga siswa dapat belajar dengan tertib. olahraga. c) Bagi guru layak bersikap objektif terhadap semua siswa di kelas. b) Lingkungan sekolah yang sehat dan dinamis. Guru adalah orangtua siswa di sekolah karena itu perlu adanya sikap berdialog guru dengan siswa tentang berbagai hal khusus tentang masalah belajar sehingga keberhasilan dalam belajar dapat tercapai. pencinta alam dan sebagainya. Melalui kegiatan pramuka. antara lain : A. patuh pada peraturan yang ada di sekolah dan tidak terpengaruh oleh hal ± hal yang negative g) Program sekolah yang terpadu.kesenian. jika ada kebiasaan / sifat yang dapat mengganggu interaksi guru dan siswa atau emosional di dalam kelas. B. dapat memberikan aktivitas yang sehat dan dinamis serta bekal untuk masa depannya.Selain itu. serta dalam organisasi remaja diharapkan remaja dapat berkomunikasi dengan teman ± temannya. d) Perhatian guru terhadap siswanya di upayakan agar dapat mengetahui kelemahan siswa dalam banyak aspek terutama dalam proses belajar dan pergaulan yang sehat sehingga guru menadapat cara yang paling baik untuk menolong dan mengatasi kesulitan lainnya siswanya. sebagai indikator pengimplementasian nilai-nilai moral dan agama pada siswa (anak remaja). Lingkungan Pendidikan a) Sekolah wajib memberikan pendidikan agama lanjutan setelah keluarga. karena sekolah merupakan tempat kedua remaja sering dan mudah berinteraksi dengan berbagai hal termasuk yang buruk. Diberikan kegiatan intrakurikuler dan ekstrakurikuler secara terpadu. Lingkungan Masyarakat a) Pengadaan karang taruna. remaja masjid. . lingkungan yang ada sekitar kita juga turut memberikan solusi bagi penangulangan kenakalan remaja. KNPI atau organisasi pemuda lainnya oleh masyarakat sebagai wadah aktifitas yang bermanfaat bagi para remaja.

Pendidikan Kewarganegaraan. dalam hal dan bentuk apapun.aspek globalisasi yang masuk maupun dapat merusak generasi remaja bangsa. . aktivitas dan kreativitas remaja sehingga terbentuk pribadi yang militant dan dinamis sebagai generasi penerus. Hal ini untuk melatih fisik. bacaan. e) Ikut serta dalam menciptakan suasana lingkungan yang kondusif. c) Pemerintah harus bersifat selektif dan preventif terhadap aspek. Pendidikan Pancasila. c) Masyarakat hendaknya menjadi kontrol sosial terbesar perkembangan para remaja.tongkrongan remaja yang tidak bermanfaat dan cenderung menimbulkan kemaksiatan. C. Pemerintah a) Dalam hal pendidikan dan ilmu pengetahuan.membicarakan masalah . Ilmu Budaya Dasar. tayangan maupun teknologi yang mendidik dan membentuk pribadi remaja yang baik. yang secara tidak langsung juga akan sangat bermanfaat memengaruhi pertumbuhan tingkah laku serta psikologis remaja. dengan memberi fasilitas-fasilitas sosial baik berupa. pemerintah harus turut serta memberikan penanaman tata nilai dan norma yang baik dan seuai dengan kehidupan sosial dan beragama Indonesia melalui. mental. khususnya bagi para remaja. b) Bersama remaja warga masyarakat juga aktif dalam melaksanakan bakti sosial sehingga diperoleh pengalaman praktis yang positif dari kehidupan bermasyarakat. pemerintah wajib menjadi kontrol sosial bagi pertumbuhan dan perkembangan generasi muda negaranya.masalah atau kesulitan yang dialaminya dengan dibimbing oleh konsultan yang ada di dalam organisasi tersebut. dll. dengan mengarahkan remaja kea rah yang baik d) Menutup / membubarkan tempat-tempat / tongkrongan. pemberian bidang studi seperti Pendidikan Agama. b) Dalam hal kehidupan sosial.

d) Pemerintah perlu mengadakan berbagai penyuluhan kepada para remaja mengenai hal-hal negative yang dapat merusak masa depan para remaja. .

Tapi tidak bisa dipungkiri juga pengaruh globalisasi mampu membuat remaja yang labil dan haus akan mencari jati diri sendiri menjadi pribadi yang mudah ikut arus globalisasi. . tanpa menyadari budayanya sendiri.BAB III PENUTUP 3.Kiranya peranan masyarkat dan pendidikan mengenai globalisasi dan kecintaan akan kehidupan berbangsa dan bernegara lebih ditanamkan dalam diri masing-masing.1 Kesimpulan: Dampak dari globalisasi secara sadar dan tidak sadar telah memasuki kehidupan di semua bidang. Di satu sisi dampak globalisasi mampu membuat gaya hidup dan arah berpikir lebih berkembang dan modern.

...........DAFTAR ISI Kata Pengantar..............2 Rumusan Masalah......... 2.....................1 Latar Belakang Masalah................... Daftar Isi.................................................................................. BAB II PEMBAHASAN 2................................................................................. .........3 Tujuan Masalah.................................................. BAB I PENDAHULUAN 1............................... 2.......................................................1 Penyebab Terjadinya Kenakalan Remaja....................................2 Perkembangan Remaja di Era Globalisasi.................. BAB III PENUTUP 3.........................3 Solusi Menanggulangi Kenakalan Remaja......................... 1............................................................................................................1 Kesimpulan...... 1............................................................................................

Stephani Mertanisa Astari 2009620015 2009620004 Fakultas Sastra Jepang Universitas Dr. Soetomo 2011 .MAKALAH Pengaruh Globalisasi Terhadap Kenakalan Remaja Disusun oleh: 1. Angela Merici 2.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->