BAB I PENDAHULUAN A.

Latar Belakang Merupakan suatu fakta historis yang sukar dibantah, bahwa sebelum tanggal 1 Juni 1945 yang disebut sebagai tanggal “lahirnya” Pancasila Ir. Soekarno yang diakui sebagai tokoh nasional yang menggali Pancasila tidak pernah berbicara atau menulis tentang Pancasila, baik sebagai pandangan hidup maupun, atau apalagi, sebagai dasar negara. Dalam pidato yang beliau sampaikan tanpa konsep pada tanggal tersebut, yang mendapat berkali-kali applause dari para anggota Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI), beliau menjelaskan bahwa gagasan tentang Pancasila tersebut terbersit bagaikan ilham setelah mengadakan renungan pada malam sebelumnya. Renungan itu beliau lakukan untuk mencari jawaban terhadap pertanyaan Dr Radjiman Wedyodiningrat, Ketua BPUPKI, tentang apa dasar negara Indonesia yang akan dibentuk. Lima dasar atau sila yang beliau ajukan itu beliau namakan sebagai filosofische grondslag. B. Tujuan Penulisan Adapun tujuan penulisan adalah untuk memenuhi tugas dalam mata kuliah Pendidikan Pancasila, selain itu juga ada beberapa tujuan diantaranya : a. Mengetahui lebih jauh tentang Pancasila Dalam Konteks Sejarah Perjuangan Bangsa Indonesia b. Untuk menambah wawasan dan pengalaman kami sebagai mahasiswa/ i

1

menyusul pula wilayah Banten (Sultan Ageng Tirtoyoso) dapat ditundukan pula oleh kompeni pada tahun 1684. Teuku Tjik di Tiro. dan masih banyak perlawanan rakyat di berbagai daerah di nusantara. kemudian mereka mendirikan suatu perkumpulan dagang yang bernama V. Teuku Umar dalam perang Aceh (1860).P Coen tewas dalam serangan Sultan Agung yang kedua itu. Untuk menghindarkan persaingan di antara mereka sendiri (Belanda). walaupun tidak berhasil meruntuhkan namun Gubernur Jendral J. Baharudin di Palembang (1819). Jlentik. Di Makasar yang memiliki kedudukan yang sangat vital berhasil juga dikuasai oleh kompeni tahun (1667) dan timbullah perlawanan dari rakyat Makasar di bawah Hasanudin.O. Perlawanan Trunojoyo. Pada abad itu sejarah mencatat bahwa Belanda berusaha dengan keras untuk memperkuat dan mengintensifkan kekuasaannya di seluruh Indonesia. (Verenigde Oost Indische Compagnie). Melihat praktek-praktek penjajahan Belanda tersebut maka meledaklah perlawanan rakyat di berbagai wilayah nusantara. Imam Bonjol di Minangkabau (1821-1837). Sisingamangraja di tanah Batak (1900). Polim.C. 2 . anak Agung Made dalam perang Lombok (1894-1895).BAB II ISI A. Pangeran Diponegoro di Jawa Tengah (1825-1830). Mataram di bawah pemerintahan Sultan Agung (1613-1645) berupaya mengadakan perlawanan dan menyerang Batavia pada tahun 1628 dan tahun 1929. Sejarah Perjuangan Pada Zaman Penjajahan Belanda Pada akhir abad ke XVI bangsa Belanda datang ke Indonesia dengan menempuh jalan yang penuh kesulitan. yang dikalangan rakyat dikenal dengan istilah ‘Kompeni’. Untung Suropati di Jawa Timur pada akhir abad ke XVII nampaknya tidak mampu meruntuhkan kekuasaan kompeni saat itu. Mereka ingin membulatkan hegemninya sampai kepelosok-pelosok nusantara kita. antara lain : Patimura di Maluku (1817). Praktek-praktek VOC mulai kelihatan dengan paksaan-paksaan sehingga rakyat mulai mengadakan perlawanan.

satu bangsa. yang isinya satu bahasa. Radjiman Wediodiningrat.R. 3 .S. Ciptomangunkusumo. dan tokoh lainnya. setelah itu munculah Sarekat Dagang Islam(1909). dan beranggotakan 60 orang yang berasal dari pulau Jawa. Sulawesi dan beberapa orang peranakan Eropa. Pemerintah Jepang bersikap bermurah hati kepada bangsa Indonesia. yaitu menjanjikan Indonesia akan merdeka. Pada tanggal 29 April 1945 bersamaan dengan hari ulang tahun Kaisar Jepang beliau memberikan hadiah kepada bangsa Indonesia yaitu kemerdekaan tanpa syarat. Sartono. dan satu tanah air Indonesia. Jepang saudara tua bangsa Indonesia.Wahidin Sudirohusodo dengan Budi Utomo. Untuk mendapatkan simpati dan dukungan dari bangsa Indonesia maka dibentuklah suatu badan yang menyelidiki usaha-usaha persiapan kemerdekaan Indonesia yaitu Badan Penyelidik Usaha Usaha Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) atau Dokuritu Zyumbi Tioosakai yang diketuai oleh Dr. di Indonesia kebangkitan nasional(1908) dipelopori oleh dr. Sumatra. KI Hajar Dewantoro Pada tahun 1927 munculah Partai Nasional Indonesia yang dipelopori oleh Soekarno. Indische Partij(1913).T. B. Budi Utomo yang didirikan pada tanggal 20 Oktober 1908 merupakan pelopor pergerakan nasional. Cokroaminoto. Perjuangan kesatuan nasional kemudian diikuti dengan Sumpah Pemuda tanggal 20 Oktober 1928. Ciptimangunkusumo. Kebangkitan Nasional Pada abad XX dipanggung politik internasional terjadilah pergolakan kebangkitan dunia timur. Cina dan Arab.yang dipimpin oleh tiga serangkai yaitu: Douwes Deker. kemudian diganti dengan Sarekat Islam(1911)di bawah H.Penghisapan mulai memuncak ketika Belanda mulai menerapkan system monopoli melalui tanam paksa (1830-1870) dengan memaksakan beban kewajiban terhadap rakyat yang tidak berdosa. Sejarah Pada Zaman Penjajahan Jepang Fasis jepang masuk ke Indonesia dengan propaganda “Jepang pemimpin Asia. K.O. Maluku.

Hatta ke Rengas dengklok. Radjiman sebagai anggota. c) Cepat atau tidak pekerjaan panitia diserahkan sepenuhnya oleh panitia. b) Panitia persiapan sudah mulai bekerja pada tanggal 9 Agustus1945. Soekarno dan Moh. memilih presiden dan wakil presiden pertama. a. untuk mempersiapkan proklamasi tersebut Soekarno-Hatta pergi ke rumah Laksamana Maeda untuk merumuskan naskah proklamasi dan pada akhirnya konsep Soekarno yang diterima dan diketik oleh Sayuti Melik. agar tidak dapat pengaruh dari Jepang. Hatta sebagai Wakil Ketua. Soekarno yaitu: a) Soekarno diangkat sebagai Ketua Panitia Persiapan Kemerdekaan. tepat pada hari Jum’at legi jam 10. sifat perwakilan seluruh rakyat Indonesia. setelah Jepang jatuh badan berubah menjadi badan nasional. Sejarah Menjelang Kemerdekaan Kemenangan sekutu dalam perang dunia membawa hikmah bagi bangsa Indonesia. Proklamasi kemerdekaan 17 Agustus 1945 Perbedaan pendapat antara golongan tua dan golongan muda membuat diamankannya Ir. Sidang PPKI pertama (18 Agustus 1945) Pada sidang pertama ini PPKI menghasilkan suatu kesepakatan tentang naskah pembukaan Undang Undang Dasar 1945. 4 . Panitia persiapan kemerdekaan menyelenggarakan Undang Undang Dasar Negara republik Indonesia dan memilih presiden dan wakil presiden yang pada hakekatnya sebagai komite nasional memiliki sifat representatif. Pada tanggal 9 Agustus 1945 Jendral Terauci memberikan tiga cap kepada Ir.00 WIB. Setelah diadakan prtemuan di Pejambon Jakarta pada tanggal 16Agustus 1945 diperoleh kepastian bahwa Proklamasi kemerdekaan akan tetap dilaksanakan di Jakarta. Sidang PPKI (1). b. Bung Karno dengan didampingi oleh Bung Hatta membacakan naskah Proklamasi. Moh. Panitia persiapan kemerdekaan Indonesia merupakan badan bentukan Jepang. Kemudian pada tanggal 17 Agustus 1945 di Pegangsaan timur 56 Jakarta.C.

Sidang keempat (22Agustus 1945) Pada sidang keempat PPKI membahas agenda tentang Komite Nasional Partai Nasional Indonesia. Borneo. D. Sidang PPKI kedua (19Agustus 1945) Sidang PPKI yang kedua menentukan tentang daerah propinsi dengan Pembagian dareah propinsi Jawa. Sunda Kecil. Pendidikan dan Kebudayaan h) Departemen Sosial i) Departemen Pertahanan j) Departemen Penerangan k) Departemen Perhubungan l) Departemen Pekerjaan Umum (Sekretariat Negara. salah satu dari delapan pasal tersebut yaitu : pasal 2 dibentuklah suatu badan yang disebut Badan Keamanan Rakyat (BKR). 1995 : 461) (3). Adapun keputusan yang dihasilkan adalah terdiri atas delapan pasal. (4). Sidang ketiga (20 Agustus 1945) Pada sidang ketiga PPKI dilakukan pembahasan terhadap agenda tentang Badan Penolong Korban Perang. Sulawesi.(2). Sejarah Setelah Kemerdekaan Secara ilmiah masa Proklamasi kemerdekaan dapat mengandung pengertian sebagai berikut : 5 . Dalam sidang tersebut dibentuk kementrian atau Departemen yang meliputi : a) Departemen Dalam Negeri b) Departemen Luar Negeri c) Departemen Kehakiman d) Departemen Keuangan e) Departemen Kemakmuran f) Departemen Kesehatan g) Departemen Pengajaran. Sumatra. yang pusatnya berkedudukan di Jakarta. Maluku.

Maklumat Wakil Presiden No. Maklumat pemerintah tanggal 14 Nopember 1945. E. Hadiah pasis Jepang. Kemudian maklumat tersebut memberikan kekuasaan tersebut kepada MPR dan DPR yang semula dipegang oleh Presiden kepada KNIP. maka pemerintah RI mengeluarkan tiga buah maklumat : 1). Sejarah perumusan dan penyusunan Pancasila dan Undang–undang 1945. X tanggal 16 Oktober 1945 yang menghentikan kekuasaan luar biasa dari Presiden sebelum masa waktunya (seharusnya berlaku selama enam bulan). Maklumat pemerintah tanggal 03 Nopember 1945.a) Dari sudut hukum (secara yuridis) proklamasi merupakan saat tidak berlakunya tertib hukum kolonial. Pada masa sidang pertama yang berlangsung dari tanggal 6 . yaitu pemaksaan untuk mengakui pemerintahan Nica ( Netherland Indies Civil Administration). 3). Untuk melawan propaganda Belanda pada dunia internasional. Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) yang dibentuk pada tanggal 29 April 1945 adalah badan yang menyusun rancangan UUD 1945. Hal ini sebagai akibat dari anggapan pada saat itu bahwa salah satu ciri demokrasi adalah multi partai. yang intinya maklumat ini mengubah sistem kabinet Presidental menjadi kabinet parlementer berdasarkan asas demokrasi liberal. tantang pembentukan partai politik yang sebanyak–banyaknya oleh rakyat. Selain itu belanda secara licik mempropagandakan kepada dunia luar bahwa negara Proklamasi RI. Maklumat tersebut juga sebagai upaya agar dunia barat menilai bahwa negara Proklamasi sebagai negara Demokratis. b) Secara politis ideologis proklamasi mengandung arti bahwa bangsa indonesia terbebas dari penjajahan bangsa asing melalui kedaulatan untuk menentukan nasib sendiri dalam suatu negara Proklamasi Republik Indonesia. Setelah prokamasi kemerdekaan 17 Agustus 1945 ternyata bangsa indonesia masih menghadapi kekuatan sekutu yang berupaya menanamkan kembali kekuasaan Belanda di Indonesia. 2) .

Istilah ‘pancasila’-nya sendiri tidak ditulis/dikukuhkan dalam UUD 1945. Istilah ‘pancasila’ dikemukakan pertamakalinya oleh Ir. Ketiganya sama-sama mengusulkan kata-kata-kunci yang serupa (hampir sama). Naskah rancangan UUD 1945 Indonesia disusun pada masa Sidang Kedua Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan (BPUPK). Ir. dan Soekarno). dalam sidang-sidang BPUPKI itu tidak diputuskan usulan Pancasila dari siapa yang sebagai ‘calon’ dasar-negara dari negara yang akan didirikan. Masa Sidang Kedua tanggal 10-17 Juli 1945. Pada tanggal 18 Agustus 1945 setelah Indonesia memproklamasikan kemerdekaannya tanggal 17 Agustus 1945 barulah disepakati oleh bangsa Indonesia (melalui pengesahan PPKI) bahwa Pancasila sebagai dasar-negara dari Negara Kesatuan Republik Indonesia. Yang dikukuhkan adalah kelima-sila yang substansinya pernah disampaikan oleh ketiga tokoh-konseptor/perumus tersebut. Soekarno pada tanggal 1 Juni 1945 di saat ia mendapat giliran berpidato sesudah M. Nama Badan ini tanpa kata "Indonesia" karena hanya diperuntukkan untuk tanah Jawa saja. yang berbeda adalah tata urutannya. Yamin dan Soepomo. Rumusannya itu pun telah mengalami perubahan baik dalam tata-urutan maupun dalam tata-kata. 38 anggota BPUPKI membentuk Panitia Sembilan yang terdiri dari 9 orang untuk merancang Piagam Jakarta yang akan menjadi naskah Pembukaan UUD 1945. PPKI mengesahkan UUD 1945 sebagai Undang-Undang Dasar Republik Indonesia. Soepomo. Setelah dihilangkannya anak kalimat "dengan kewajiban menjalankan syariah Islam bagi pemeluk-pemeluknya" maka naskah Piagam Jakarta menjadi naskah Pembukaan UUD 1945 yang disahkan pada tanggal 18 Agustus 1945 oleh Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI). Sila-sila dari ‘pancasila’ memang secara formal (di dalam Sidangsidang BPUPKI) dikemukakan oleh ketiga tokoh-konseptor/perumus (M. Tanggal 18 Agustus 1945. Yamin. Namun demikian. Rumusan lima-sila yang termuat/tertulis pada 7 . Pengesahan UUD 1945 dikukuhkan oleh Komite Nasional Indonesia Pusat (KNIP) yang bersidang pada tanggal 29 Agustus 1945. Di Sumatera ada BPUPK untuk Sumatera. Soekarno menyampaikan gagasan tentang "Dasar Negara" yang diberi nama Pancasila.28 Mei hingga 1 Juni 1945. Pada tanggal 22 Juni 1945.

Rumusan ini pula yang kemudian menjadi ‘roh’ dari substansi Pembukaan UUD 1945. 8 .Pembukaan UUD 1945 itu lah yang kemudian sebagai rumusan Pancasila yang resmi dan sah. Di sini jelas bahwa UUD yang berkedudukan sebagai konstitusi-negara adalah UUD 1945 yang di dalam Pembukaannya termuat rumusan Pancasila yang merupakan kesepakatan bangsa Indonesia (melalui PPKI) dan yang silapertamanya adalah yang bukan seperti yang terumus di dalam Piagam Jakarta.

f. Setelah prokamasi kemerdekaan 17 Agustus 1945 ternyata bangsa indonesia masih menghadapi kekuatan sekutu yang berupaya menanamkan kembali kekuasaan Belanda di Indonesia. c.BAB III PENUTUP A. Saran a. setelah Jepang jatuh badan berubah menjadi badan 9 . Panitia nasional. d. Kesimpulan a.Wahidin Sudirohusodo dengan Budi Utomo Badan yang menyelidiki usaha-usaha persiapan kemerdekaan Indonesia yaitu Badan Penyelidik Usaha Usaha Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) atau Dokuritu Zyumbi Tioosakai yang diketuai oleh Dr. Belanda datang ke Indonesia pada akhir abad XVI Praktek VOC penuh dengan paksaan sehingga mendapatkan perlawanan dari rakyat dan kerajaan-kerajaan Di Indonesia kebangkitan nasional(1908) dipelopori oleh dr. b. e. Soekarno pada tanggal 1 Juni 1945 di saat ia mendapat giliran berpidato sesudah M. Radjiman Wediodiningrat. Kritik dan saran yang bersifat membangun selalu kami harapkan demi perbaikan dan kesempurnaan Makalah kami. persiapan kemerdekaan Indonesia (PPKI) merupakan badan bentukan Jepang. Istilah ‘pancasila’ dikemukakan pertamakalinya oleh Ir. yaitu pemaksaan untuk mengakui pemerintahan Nica ( Netherland Indies Civil Administration). b. B.R. Yamin dan Soepomo. Jadikanlah Makalah ini sebagai sarana yang dapat mendorong para mahasiswa/i berfikir aktif dan kreatif . g. K.T.

Paradigma Offset.20 April 2011.“pancasila dalam konteks sejarah“.com.blogspot.DAFTAR PUSTAKA Kaelan: 2008. 10 . Yogyakarta http://ridwanal-bantani. Pendidikan Pancasila.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful