PEKERJAAN PENUTUP LANTAI

LINGKUP PEKERJAAN

1.

2.

Termasuk dalam pekerjaan pemasangan keramik ini adalah penyediaan tenaga kerja, bahan-bahan, peralatan dan alat-alat bantu lainnya yang digunakan dalam pekerjaan ini sehingga tercapai hasil pekerjaan yang bermutu dan sempurna untuk operasional. Pekerjaan pemasangan keramik ini meliputi keramik lantai, dinding, meja beton sesuai yang dinyatakan/ ditunjukkan dalam detail gambar berikut plint dan nosing tangga dan/ atau ketentuan lain yang disyaratkan.

PERSYARATAN BAHAN Penutup Lantai − Ukuran : 20 x 20 cm , 30 x 30 cm dan 40 x 40 cm atau ditentukan lain Granit 40 x 40 cm dan 60 x 60 cm atau ditentukan lain. − Produksi : Keramik ex ASIA TILE atau setara Granit ex Niro atau setara − Warna : ditentukan kemudian − Kualitas : KW I − Type : Permukaan polished dan unpolished − Tangga dan ramp menggunakan step nosing dan/ atau anti slip dari type keramik yang sama, atau ditentukan lain kemudian

Keramik Dinding − Ukuran : 20 x 25 cm dan 60 x 60 atau ditemtukan lain − Produksi : Keramik ex ASIA TILE atau setara Granit ex Niro atau setara − Warna : ditentukan kemudian − Kualitas : KW I (kualitas terbaik) − Type : Keramik dinding (wall tile) Persyaratan lain untuk material keramik harus memiliki warna, motif yang sama, tidak ada gumpil/ retak/ pecah/ cacat lainnya, mempunyai lapisan keras cukup tebal, sisi-sisinya saling tegak lurus, dan memiliki ukuran yang relatif sama (toleransi ± max. 2 mm)

Pekerjaan Penutup Lantai Hal. 1 dari 4

Bahan Perekat − Bahan perekat keramik terdiri atas spesi. 2. dan Pemberi Tugas sebagai dasar pelaksanaan. atau setara Bahan Pengisi Naat (siar) Bahan pengisi naat (siar) keramik menggunakan bahan cement grout seperti yang direkomendasikan produsen. Keramik harus disusun menurut garis-garis lurus dengan naat setiap perpotongan naat harus membentuk dua garis tegak lurus. termasuk keserasian terhadap dinding keramik atau finishing dinding lain yang perlu diperhatikan keserasiannya. Shop drawing paling tidak harus memuat : . atau setara SYARAT-SYARAT PELAKSANAAN 1. Drymix. panel.Pola pemasangan dan titik permulaan pemasangan yang memperlihatkan keserasian hubungan pada setiap sudut-sudut ruang. seperti AM 30 Mortarflex. Naat arah horisontal pada dinding yang berbeda ketinggian peil lantainya harus merupakan satu garis lurus.Ukuran ruang yang dipakai sebagai dasar shop drawing adalah ukuran ruang yang aktual di lapangan/ bukan blaad dari gambar perencanaan. sanitary & aksesoris. atau − Cement Grout (spesial tile adhesive) seperti yang direkomendasikan produsen. seperti AM 50. Pekerjaan Keramik Dinding − − Sebelum keramik dipasang terlebih dulu harus direndan air sampai jenuh Pola keramik dinding harus memperhatikan ukuran/ letak dan semua peralatan ME yang akan terpasang di dinding seperti : exhaust fan. . 2 dari 4 − − − . keramik dapat langsung direkatkan dengan permukaan keramik bagian belakang harus terisi padat menggunakan spesi atau perekat tile adhesive dengan type sesuai rekomendasi produsen. . ABA Grout. Pekerjaan Persiapan − Kontraktor terlebih dahulu harus mengajukan shop drawing untuk mendapatkan persetujuan Perencana/ MK. stop kontak. Drymix. ABA Grout. peralihan dari satu bagian ruang ke bagian ruang yang lain. Pekerjaan Penutup Lantai Hal. lemari gantung. Bidang dinding keramik harus benar-benar rata. Pada permukaan dinding beton/ plesteran. garis nad serapat mungkin dan harus benar-benar lurus.Lebar naat terhitung sehingga didapat ukuran potongan terkecil yang serasi. campuran semen dan pasir dengan perbandingan 1 : 3 dengan water rasio yang cukup. dll sebagaimana diterangkan dalam gambar.

Pembersihan permukaan keramik dari sisa-sisa cement grout atau kotoran lainnya dilakukan langsung dengan lap basah. Usahakan agar permukaan keramik yang sudah terpasang tidak terkena adukan/ air semen. Pekerjaan Keramik Lantai − − − Kontraktor diwajibkan mengadakan pengecekan terhadap peil lantai dan kemiringannya. Sebelum diisi. Sewaktu pengisian naat ini. Naat keramik diisi dengan bahan cement grout/ setara . 3. Permukaan lantai yang sudah terpasang. cat dan kotoran lainnya. Warna perekat naat ini disesuaikan dengan warna keramik. dapat digunakan sikat baja atau bahan pembersih khusus. maka lantai harus dilap/ disapu hingga bersih. Sewaktu keramik dipasang. Pengisian/ pengecoran naat dilakukan paling cepat 24 jam setelah keramik dipasang. tidak bergelombang. disesuaikan dengan jenis kotorannya. Sebelum diisi. celah-celah naat ini harus dibersihkan terlebih dahulu dari debu dan kotoran lain. keramik harus sudah benar-benar melekat dengan kuat pada dinding. sebelum pekerjaan ini dilaksanakan. permukaan keramik bagian belakang harus terisi padat dengan spesi. Pemadatan pasir dilakukan dengan penyiraman air. harus segera dibersihkan sebelum mengering/ mengeras. Bila masih diperlukan. Pelaksanaan pekerjaan disesuaikan dengan spesifikasi bahan penutup lantai yang dipakai. Bila pemasangan telah selesai seluruhnya. Sewaktu pengisian naat ini. Kemudian dikasarkan agar pelekat adukan spesi lebih sempurna. Kotoran semen dan lain-lain yang menempel di permukaan keramik pada waktu pengecoran naat. Permukaan lantai yang akan dipasangi keramik harus dibersihkan dari debu. tidak miring. − − − − − − − − − − − Pekerjaan Penutup Lantai Hal. hasilnya harus rapi baik.− − − Naat keramik diisi dengan bahan cement grout / setara. Tanah dasar lantai terlebih dahulu harus dipadatkan dan diberi lapisan pasir urug padat menurut ukuran yang telah ditentukan. atau dengan menggunakan cairan pembersih keramik yang telah mendapat persetujuan Perencana/ MK. keramik harus sudah benar-benar melekat dengan kuat pada lantai. terpasang dengan kuat. 3 dari 4 . celah-celah naat ini harus dibersihkan terlebih dahulu dari debu dan kotoran lain. keramik harus dibersihkan dengan lap basah atau bahan-bahan pembersih keramik yang disetujui Perencana/ MK Untuk menghilangkan kotoran yang sukar terlepas.

4 dari 4 . Pekerjaan Penutup Lantai Hal. maka pada beberapa bagian harus disediakan alur-alur expansion. Pada bagian-bagian yang memerlukan pemotongan harus dilakukan dengan menggunakan mesin gelombang. Alur-alur expansion ini harus diisi dengan bahan yang elastis/ sealant sesuai dengan gambar dan mendapat persetujuan Konsultan Manajemen Konstruksi. termasuk di dalam ketentuan ini adalah sistem delatasi.− − Untuk mencegah terjadinya keretakan akibat pengembangan.