P. 1
Pp 1 Prinsip Dasar Peta Dan Pemetaan Baru

Pp 1 Prinsip Dasar Peta Dan Pemetaan Baru

|Views: 843|Likes:
Published by RioMukris

More info:

Published by: RioMukris on Jul 08, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/19/2013

pdf

text

original

PRINSIP DASAR PETA DAN PEMETAAN
KELAS XII/1

STANDAR KOMPETENSI 1. Mempraktekkan ketrampilan dasar peta dan pemetaan

KOMPETENSI DASAR 1.1 Mendeskripsikan prinsipprinsip dasar peta dan pemetaan

Menentukan skala peta suatu peta  5.INDIKATOR  1. Melalui suatu peta. Menghitung jarak dengan menggunakan skala peta  4. Membedakan prinsip dasar pemetaan  3. Menjelaskan pengertian peta  2. dapat menentukan bentuk proyeksi peta .

Sedangkan ilmu yang mempelajari peta disebut kartografi .MATERI Prinsip-Prinsip Dasar Peta dan Pemetaan Pengertian Peta : gambaran seluruh atau sebagian permukaan bumi pada bidang datar yang diperkecil dengan menggunakan skala tertentu.

dan proyeksi peta yang disebut dengan komponen atau unsur peta . tahun pembuatan. orientasi peta. warna. garis astronomi. tulisan. legenda. sumber. seperti : judul. inset lokasi. garis tepi.‡ Peta memiliki syarat-syarat yang harus dipenuhi yaitu : Peta harus dilengkapi dengan unsur/komponen peta. skala peta.

Contoh Unsur-Unsur Dasar Suatu Peta Garis astronomis Tepi Peta Mata Angin Skala Insert peta Judul peta Simbol .

Judul Peta Peta harus diberi judul atau identitas yang mencerminkan isi peta. dan timur pada peta.KOMPONEN PETA : 1.barat. 2. Mata Angin ( Petunjuk Arah ) Mata angin harus dicantumkan dalam peta untuk mengetahui arah utara. selatan. .

Skala Peta Skala peta menunjukkan perbandingan antara jarak sebenarnya dan jarak pada peta.000 . . artinya 1 cm pada peta sama dengan 50. Penulisan skala dapat berupa skala angka atau skala grafis.3.5 km dilapangan.000 cm atau 0. Contoh skala angka adalah 1 : 50.

‡ Contoh skala grafis di bawah ini mengandung arti 1 cm pada peta sama dengan 2 km dilapangan .

4. . Simbol merupakan tanda untuk menggambarkan ( melambangkan ) kenampakan atau objek dan letaknya di permukaan bumi dalam peta. Secara umum simbol dibedakan menjadi empat kelompok.

Legenda biasanya diletakkan dibagian kiri atau kanan bawah peta di sebelah dalam garis tepi. .‡ 5. Legenda Legenda menjadi kunci untuk membaca peta karena berisi keterangan simbosimbol yang terdapat dalam peta.

Garis-garis itu berguna untuk mengetahui posisi absolut suatu objek pada peta utama.. Garis Tepi merupakan garis untuk membatasi ruang peta. . Tanda tanda koordinat garis astronomis umumnya digambarkan dengan garis garis pendek memotong garis tepi. 7. umumnya berbentuk persegi empat. Garis Astronomis Garis astronomis terdiri atas garis lintang dan garis bujur.

Contoh garis astronomis .

Sumber Peta Contoh :Ba an Koor inasi S rv i an P m taan Nasional (BAKOSURTANAL). . S rta Ba an P rtahanan Nasional. awatan To ografi Angkatan Darat.‡ 8. Tahun Pembuatan Tah n mb atan ta b rg na nt k m ng tah i wakt ta it ib at. 10. 9. Tah n mb atan ta nting nt k icant mkan kh s snya a a ta yang sifat atanya s lal m ngalami r bahan. Tulisan/Lettering Yait t lisan ata angka yang t rt ra i ta.

disebut juga proyeksi azimutal atau zenital.yaitu proyeksi yang menggunakan bidang silinder sebagai bidang proyeksi . Proyeksi tersebut menggunakan bidang datar sebagai bidang proyeksi.JENIS-JENIS PROYEKSI PETA BERDASARKAN BIDANGNYA: PROYEKSI BIDANG DATAR. PROYEKSI BIDANG SILINDER.yaitu proyeksi yang menggunakan bidang kerucut sebagai bidang proyeksinya. PROYEKSI BIDANG KERUCUT.

Macam-Macam Bi ang Proy ksi P ta .

PROYEKSI MIRING. PROYEKSI TRANSVERSAL.yaitu proyeksi peta yang garis sumbu bidang proyeksinya berimpit dengan garis ekuator .yaitu proyeksi peta yang garis sumbu bidang proyeksinya memotong (diantara) sumbu bola bumi dan garis ekuator.yaitu proyeksi peta yang garis sumbu bidang proyeksinya berimpit dengan sumbu bumi.‡ BERDASARKAN KEDUDUKAN BIDANGNYA: PROYEKSI NORMAL.

.

artinya bentuk dan sudut pada peta yang dibuat harus sama dengan bentuk dan sudut aslinya. artinya luas pada peta yang dibuat harus sama dengan luas permukaan bumi setelah dikalikan skala. Conform. ‡ 2.‡ SYARAT PETA DIKATAKAN BAIK YAITU : ‡ 1. Equidistant. artinya jarak pada yang dibuat harus sama dengan jarak sebenarnya di permukaan bumi setelah dikalikan skala. ‡ 3. Equivalent. .

SOAL LATIHAN .

PERTANYAAN : 1.Sedangkan ilmu yang mempelajari peta disebut kartografi . Sebutkan pengertian peta ! JAWAB : Peta adalah gambaran seluruh atau sebagian permukaan bumi pada bidang datar yang diperkecil dengan menggunakan skala tertentu.

rapi dan bersih . menarik. Sebutkan syarat-syarat peta ! JAWAB : Syarat-syarat peta : 1) Tidak boleh membingungkan 2) Peta harus mudah dimengerti 3) Peta harus memberikan 4) gambaran yang sebenarnya 5) Tampilan peta hendaknya indah dipandang.PERTANYAAN : 2.

.PERTANYAAN : 3. Apakah proyeksi peta itu ? JAWAB : ‡ Proyeksi peta merupakan upaya memindahkan garis-garis paralel dan meridian dari bidang lengkung (globe) ke bidang datar.

. Apakah skala peta itu ? JAWAB : Skala peta merupakan komponen yang sangat penting dalam peta karena berfungsi menunjukkan perbandingan antara jarak sebenarnya dan jarak pada peta.PERTANYAAN : 4.

. Apa arti skala angka1 : 50.5 km dilapangan.000? Jawab : artinya 1 cm pada peta sama dengan 50.‡ Pertanyaan 5.000 cm atau 0.

UJI KOMPETENSI .

google. Jakarta : Quadra .Isda Sugara. Piranti ‡ Totok Gunawan (2009).2007.id/imglanding? ‡ Samdi. Erlangga ‡ Iskandar (2004).Geografi kls 3. Rosda ‡ Isda Sugara (2009).google.co. Geografi SMA.id/images? ‡ http://www. Ganeca Inter Plus ‡ http://www.REFERENSI ‡ Wardiyatmoko (2004). Geografi SMA Jakarta. Geografi 1 Bandung.co.

PENYUSUN DRA.L TINON CATUR Y .

SELESAI .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->