Program Bahasa C/C++ tidak mengenal aturan penulisan di kolom/baris tertentu, jadi bisa dimulai dari kolom/baris

manapun. Namun demikian, untuk mempermudah pembacaan program dan untuk keperluan dokumentasi, sebaiknya penulisan program di bahasa C/C++ diatur sedemikian rupa sehingga mudah dan enak dibaca. Berikut contoh penulisan Program Bahasa C/C++ :

#include void main( ) { deklarasi variabel; deklarasi konstanta; perintah ± perintah; //komentar }

Penjelasan :
1. include Adalah salah satu pengarah prepocessor directive yang tersedia pada C++. Preprocessor selalu dijalankan terlebih dahulu pada saat proses kompilasi terjadi. Bentuk umumnya : # include <nama file> Tidak diakhiri dengan tanda semicolon, karena bentuk tersebut bukanlah suatu bentuk pernyataan, tetapi merupakan prepocessor directive. Baris tersebut menginstrusikan kepada kompiler untuk menyisipkan file lain dalam hal ini file yang berakhiran .h (file header) yaitu file yang berisi C++ standard library. contohnya: - # include <iostream.h> : diperlukan pada program yang melibatkanobjek cout dan cin - # include <conio.h> : diperlukan bila melibatkan clrscr( ), yaitu perintah untuk membersihkan layar dan fungsi getch( ) untuk menerima sembarang input keyboard dari user. - # include <iomanip.h> : diperlukan bila melibatkan setw( ) yang bermanfaat untuk mengatur lebar dari suatu tampilan data. - # include <math.h> : diperlukan pada program yang menggunkan operasi sqrt( ) yang bermanfaat untuk operasi matematika kuadrat. 2. Fungsi main ( ) Program C++ terdiri dari satu atau lebih fungsi, dan di antara salah satunya harus ada fungsi main dan hanya boleh ada satu main pada tiap program C++. Setiap program C++ akan dan pasti akan memulai eksekusi programnya pada fungsi main ini, meskipun main bukan fungsi yang pertama ditulis di program. Melihat bentuk seperti itu dapat kita ambil kesimpulan bahwa batang tubuh program utama

Operator " >> " ( Tanpa tanda petik ). yaitu: Jenis 1 : /* Komentar anda diletakkan di dalam ini Bisa mengapit lebih dari satu baris */ Jenis 2 : // Komentar anda diletakkan disini ( hanya bisa sebaris ). dimana untuk menunjukkan fungsi ini dimulai dan berakhir. 5. Komentar Komentar tidak pernah dicompile oleh compiler. Komentar tidak menyebabkan komputer melakukan suatu instruksi ketika program dijalankan. Sedangkan untuk menginputkan data.berada didalam fungsi main( ). Sintaks yang digunakan : cout << daftar_keluaran . Berbalik dengan operator yang digunakan pada cout. . Tanda { harus ada pada setiap awal dari sebuah fungsi dan tentu saja harus diakhiri dengan tanda }. Mengenal Input/Output Pernyataan cout (dibaca C out) merupakan sebuah objek di dalam C++. Tanda ini digunakan untuk menunjukkan cakupan (scope) dari sebuah fungsi. ´ ( Tanpa tanda petik ) digunakan untuk mengakhiri sebuah pernyataan. dan yang menghubungkan program kita dengan layar dengan cout. 3. Maka operator << digunakan.getch( ) dibaca : (get character and echo) dipakai untuk membaca sebuah karakter dengan sifat karakter yang dimasukkan tidak perlu diakhiri dengan menekan tombol ENTER.endl merupakan suatu fungsi manipulator yang digunakan untuk menyisipkan karakter NewLine atau mengatur pindah baris. Untuk sementara bayangkan saja operator << sebagai arah dari aliran data. yang berarti kalimat dialirkan ke arah cout. Disesuaikan dengan fungsional cin. File header yang harus disertakan adalah file header iostream. Komentar juga membantu orang lain untuk membaca dan mengerti isi dari code. dan akan disimpan pada sebuah variabel. dan cout akan mencetaknya ke layar. cin >> variabel tempat penyimpanan data . yaitu jika kita ingin menerima sembarang inputan dari user. . Berarti dalam setiap pembuatan program utama. 4. dan karakter yang dimasukan tidak akan ditampilkan di layar. . Tanda Semicolon Tanda semicolon ³ . Fungsi ini sangat berguna untuk piranti keluaran berupa file di disk.h . Dalam C++ terdapat 2 jenis komentar. Setiap pernyataan harus diakhiri dengan sebuah tanda semicolon. .h Sintaks yang digunakan : cout<<endl . otomatis kita harus mengirimkan kalimat ke cout. Tanda { dan pada akhir program terdapat tanda }. dapat digunakan cin (dibaca C in). Operator ini digunakan sebagai penghubung antara stream dengan kalimat. yang digunakan untuk mengarahkan data ke dalam standar output (cetak pada layar).Operator " << " ( Tanpa tanda petik ). Jadi karena kita ingin mencetak kalimat ke layar. Programmer sering sekali memasukkan komentar di dalam code agar program lebih mudah dibaca. File header yang harus disertakan adalah conio. maka dapat dipastikan seorang pemrogram menggunakan minimal sebuah fungsi. Operator ini disesuaikan dengan fungsional dari cout.

Operator Jika ingin ditetapkan nilai suatu variabel. Contoh : nilai = 80. Misalnya : 9 % 2 = 1 (9 : 2 = 8. Misalnya. juga diperlukan operator tertentu (disebut assignment operators). Artinya : variable ³nilai´ diisi dengan 80 dan variable ³A´ diisi dengan hasil perkalian antara x dan y. Operator Penugasan Operator Penugasan (Assignment operator) dalam bahasa C berupa tanda sama dengan (³=´). sisa pembagian = 1) 9 % 3 = 0 (9 : 3 = 3. C memiliki cara penulisan operator yang unik. sisa pembagian = 0) Berikut Disajikan Operator dalam bahasa C yang lebih lengkap Operator Arti () memanggil fungsi [] elemen array (deret) Contoh printf() int y [11] . adalah operator. A = x * y. Operator Aritmatika * / % + : untuk perkalian : untuk pembagian : untuk sisa pembagian (modulus) : untuk pertambahan : untuk pengurangan Catatan : operator % digunakan untuk mencari sisa pembagian antara dua bilangan. selain memerlukan nama variabel itu. tanda ³=´ pada deklarasi variabel int i=22.

&x). i±. (artinya a yang lama dikalikan dua) . ! ++ ± & * * / % + < > <= >= == != = anggota struktur NOT inkremen(tambah satu satu) dekremen(kurang satu satu) address dari « isi dari « perkalian pembagian modulo (sisa hasil bagi) tambah kurang lebih kecil daripada lebih besar daripada lebih kecil atau sama dengan lebih besar atau sama dengan kesamaan ketidaksamaan menetapkan nilai ed. a=y % z. Z = X . a*=2. *kata x=y*z. C <= 15. x=y/z. scanf(´%c´..Y.jumlah = 2200 i++. K != 4. A < 30. X == 20. x=3. X= Z+ Y. D >= 29. B > 24.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful