Cara Mengatasi Blink Pada Printer HP Deskjet D2566

Feb 17, 2011 by Eko SupriyantoUnderTips & Trik - 13 Comments

Printer HP Deskjet 2566 adalah printer keluaran vendor HP yang harganya cukup murah dan lumayan bisa diandalkan. Sayangnya kapasitas penyimpanan tintanya di dalam catridge lebih sedikit dibanding catridge versi sebelumnya yaitu D2466 dan versi pendahulu lainnya. Sama dengan printer lainnya, printer HP Deskjet D2566 ini pun tidak luput dari kejadian blink atau lampu indikator led berkedip terus dan printer tidak bisa digunakan. Apakah printer HP juga butuh direset dan bagaimana cara mengatasi blink pada HP D2566? Sebenarnya printer yang membutuhkan reset baik secara manual maupun software eepromnya hanya ada 2, yaitu canon dan epson. Sedangkan untuk printer HP Deskjet termasuk D2566 maupun jenis Printer HP lainnya itu tidak membutuhkan reset, karena tidak ada proteksi terhadap board ataupun catridge printer HP ini. Judul di atas hanya kami tulis HP D2566 saja, tapi sebenarnya berlaku juga untuk printer HP deskjet 3535, 3420, 3920, 2466 yang mengalami blink dengan lampu power atau tinta berkedip terus. Dan bukan berarti kita harus mereset printer HP deskjet tersebut. Blink pada HP D2566, 3535, 3420, 3920, 2466 ini merupakan tanda bahwa salah satu dari cartridge printer HP deskjet tersebut mengalami kerusakan chip dan harus diganti dengan catridge yang baru. Cara mengatasi blink HP Deskjet D2566, 2466, 3535, 3420, 3920 :

printer HP Deskjet blink itu disebabkan oleh catridge yang rusak bukan karena minta direset. 3420. HP deskjet bisa berfungsi hanya dengan 1 catridge. Kemudian hidupkan printer HP Deskjet anda. 3420. Kalau catridge printer HP deskjet anda rusak. baik hitam saja ataupun yang warna saja. Kemudian hidupkan printer HP Deskjet anda. Jadi kesimpulannya. Akan tetapi kalau lampu indikator power atau tinta nyala penuh. 3920. berarti catridge hitam printer HP Deskjet anda masih bagus. 3535. Demikian cara mengatasi blink printer HP deskjet D2566. Kemudian ambil catridge warna dan pasang kembali catridge hitam. 2466 anda masih blink berarti cartridge warnanya rusak. Kalau masih saja rusak atau blink.fastncheap. terserah anda. Semoga bermanfaat ! Read more: http://blog. 3420. Kemudian amati lampu indikator power atau tintanya. 2466. kalau printer HP Deskjet D2566. 3920. berarti catridge warna printer HP Deskjet anda masih bagus. kalau Printer HP Deskjet D2566. Berarti hanya catridge hitam yang terpasang di printer HP deskjet. Ambil catridge hitamnya dan biarkan hanya catridge warna yang terpasang. 3535. 2466 anda masih blink lagi berarti catridge hitam anda rusak. Akan tetapi jika lampu indikator power atau tinta nyala penuh. 3535. Oya.y y y y y y y y y Misalkan yang anda curigai rusak catridge warnanya.com/cara-mengatasi-blink-pada-printer-hp-deskjetd2566/#ixzz1PxuhrS00 . Kemudian amati lampu indikator power atau tintanya. anda dapat mencoba membersihkan dulu pin di catridge dengan penghapus pensil. 3920. berarti anda sudah perlu untuk menggantinya.

Niat saya untuk mengganti cartridge printer tersebut urung ketika saya mengetahui bahwa harga cartridge hitam yang baru Rp.000 (harga tersebut adalah harga pada Januari 2009 di kawasan Mangga Dua Jakarta). Tetap tahan jari tengah anda di tombol power. Lampu power akan menyala warna hijau (tidak kedap-kedip) . 180. tapi setelah di-refill tetap tidak terbaca). tekan dan tahan tombol power sekira tiga detik dengan jari tengah 4. yang muncul malahan tulisan ink-out (tinta habis.000). 400.rod-tobing weblogΠCara mereset printer Canon IP 1980 yang baru di-refill with 194 comments Belum genap sebulan semenjak saya membeli printer Canon IP-1980 (beberapa menyebutnya IP 1900). harga tersebut sudah sama dengan harga printer yang baru (Rp.000 dan yang warna Rp.000 (harga tersebut terlalu mahal bagi mahasiswa berkantong pas-pasan seperti saya). Matikan printer. tinta asli yang dari pabrikan sudah mau habis (pada computer sudah muncul tanda seru) Hal ini membuat saya bingung. cabut kabelnya dari stop kontak. Namun setelah di-refill tampilan indikator tinta di monitor tidak mau naik. Dengan kabel dalam keadaan tidak terpasang (tidak tercolok ke listrik) dan kabel USB tidak tersambung ke komputer/laptop . Akhirnya saya mengambil jalan pintas. 220. Akhirnya lewat sebuah eksperimen (dan saran dari beberapa teman). terlebih ketika saya harus menge-print lembar tugas saya yang panjangnya bisa sampai beberapa halaman. 550. harus diganti dengan cartridge yang baru) dan lampu orange pada printer berkedip-kedip. 2. Kalau ditotal sekitar Rp. tangan yang satunya mencolokkan kabel printer ke stop kontak. Tunggu sekira lima detik 3. saya menemukan cara bagaimana agar printer tersebut mau tetap nge-print kendati tintanya sudah mau habis (atau sudah habis. yaitu me-refill cartridge yang lama. Ini dia caranya: 1. Jika ditambah sedikit lagi.

tekan power dengan jari tengah. lepaskan kedua jari anda. Jari telunjuk menekan tombol resume dua kali (lampu akan berganti dari hijau-orange-hijau) 6. Setelah itu. tunggu printer hingga ready (ditunjukkan dengan lampu hijau menyala tidak putus-putus) . Tetap tahan jari tengah anda.tahan 5.

maka klik [Start]-[Settings]-[Printers and Faxes] dan anda akan melihat tampilan µCopy iP 1900 series (copy 1)¶. langsung saja cabut kabel powernya. tapi hal ini tidak usah dihiraukan. 11. Apabila anda hendak mematikan printer. Komputer akan men-detect printer anda sebagai printer baru 10. anda harus menghapusnya (uninstall) 8. Jika tadinya anda sudah meng-install software printer tersebut. gunakan cara yang sama: cabut kabel-tahan power-colokkan kabel-tekan resume dua kali-gunakan. lampu hijau akan menyala tidak putus-putus 7. Apabila anda ingin menggunakannya kembali. Printer akan menge-print sesuai keinginan anda. apakah asli-palsu. printer tidak akan mempedulikan tinta anda. Memang pada tampilan layar anda akan muncul tanda seru (layaknya tinta mau habis). . Hubungkan printer ke computer 9. Ini tandanya bahwa anda berhasil menginstall software anda. Sebagai bukti bahwa anda berhasil µmenipu¶ komputer anda. Dengan cara seperti ini. Begitu seterusnya. penuhkosong. refill-bukan. Ini bertujuan untuk µmenipu¶ komputer anda agar tidak µmengingat¶ bahwa tinta anda adalah tinta refill atau sudah mau habis. Gunakan printer seperti biasa 12. Tidak usah tekan tombol apapun pada printer 13. Maka install kembali software printer anda.setelah menekan resume dua kali.

nyalakan printer seperti biasa (sewajarnya. Caranya: uninstall software anda. . namun maaf risiko anda tanggung sendiri.Sudah tiga bulan saya menggunakan cara seperti ini. kecuali orang lain yang mungkin agak heran melihat cara saya menyalakan printer tersebut. dengan hanya sekali menekan tombol power). Namun karena kerusakan printer saya tersebut sudah terlalu parah (cartridge bocor dan menggenangi dasar printer). maka cara µaneh ala saya¶ tersebut dapat ditinggalkan. Satu hal lagi. saya tidak pernah memakainya untuk menge-print. Saya juga pernah mengaplikasikan cara tersebut pada printer saya yang lama (Canon S400SP). dan lampu indikator menyala hijau tidak kedip-kedip menunjukkan printer dalam keadaan siap untuk dipakai. Printer akan kembali normal. Mungkin cara ini bisa dicobakan ke printer-printer lain selain Canon IP 1980. dan install kembali softwarenya. pasang cartridge baru tersebut. jika setelah melakukan hal tersebut ternyata anda diberi kemampuan untuk membeli cartridge baru (asli tentunya). dan sampai sekarang tidak ada masalah apaapa.

Setelah itu.Mematikan printer . 2. .Jangan takut membukanya asalkan anda perhatikan setiap alat yang dibuka (mis sekrup harus dicatat dimana posisinya). buka penutup printer . Tetapi printer saya selalu ditolak oleh komputer. Untuk mengatasi tinta yang meluber lakukan cara-cara dibawah ini (dalam contoh ini saya menggunakan kasus pada printer Canon yang menggunakan infus). printer lain belum saya coba. Setiap printer yg menggunakan botol infus (utk yg model lama) harus digunakan utk ngeprint paling sedikit 1 lembar 1 hari.Tutup Cover printer . 4. 1. tekan terus tombol Resume selama 1 ± 2 menit . Setiap infus tinta biasanya bagian atas terdiri dari 2 lubang besar dan kecil (contoh pada infus printer Canon). tintanya terus saja meluber alias mengalir walaupun tidak sedang digunakan. Cara bagaimana agar printer setelah di-refill tetap tidak terbaca. Ini bertujuan utk pembersihan catridge. Untuk mengatasi tinta meluber ada beberapa cara yang ditempuh oleh teknisi komputer maupun oleh user biasa.Dalam keadaan printer nyala.Turn On lagi printer dan lihat hasilnya apakah Anda sukses.Bagaimana Cara MeReset Printer Canon IP 1980 ? Posted by Dede Purnama Blog's 6:11 AM.Lubang kecil dibuka hanya ketika sedang ngeprint dan lubang besar dibuka hanya ketika sedang mengisi tinta.Menurut komputer tinta masih kosong (jadi mogok kerja) padahal tinta baru saja diisi sampai penuh.Lepaskan catridge dan kemudian pasang kembali . Dalam contoh ini saya mereset printer Canon IP 1980. Jika printer sedang tidak digunakan usahakan posisi botol infus harus sejajar dengan printer dan botol tersebut tdk boleh diletakkan di tempat yg lebih tinggi daripada catridge printer agar tdk timbul tekanan menuju catridge sehingga tinta meluber.Bagaimana jalan keluarnya? Jalan keluarnya adalah melakukan reset ulang printer tersebut agar dikenali oleh komputer sebagai printer yang baru saja dibeli. 3. . Untuk perbaikan (jika sudah meluber terlalu banyak) Anda bisa membuka printernya dan bersihkan sisa-sisa tinta tersebut. Usahakan ketika tidak dipakai kedua lubang tersebut ditutup dengan rapat sehingga tdk ada udara yang masuk yg menyebabkan tinta meluber. Lakukan langkah-langkah ini: Cara Singkat. under | Bagaimana memperbaiki tinta printer yang meluber?Adakalanya tinta printer yang menggunakan botol infus.

resetter ip1980.Cara Panjang.Komputer akan menlakukan auto-detect printer anda sebagai printer baru. Dalam percobaan diatas.Selanjutnya silakan install kembali driver printer Anda.Setelah itu. Agar kasus printer penuh tinta ditolak komputer tidak terjadi lagi. . kemudian cabut kabel USB printer dari komputer. . memperbaiki printer canon ip 1980. cara memperbaiki printer 1980.dedepurnama.Tunggu sekitar 25 detik. sumber: agussale. masalah canon ip 1980. tekan dan tahan tombol power sekitar 5 detik dengan dengan salah satu jari Anda. Silakan coba.Setelah uninstall. tags: perbaiki printer canon ip 1980. mereset printer canon ip 1980 . semoga dua-duanya berhasil. lalu dengan tangan satunya pasang kabel listrik printer. Silakan ujicoba printer Anda dengan test print.Biasanya lampu power akan menyala warna hijau (tidak kedap-kedip. . . putuskan hubungan listrik dengan mencabut kabelnya dari stop kontak. Ini dimaksudkan agar komputer mengenali printer tersebut sebagai printer baru. . pada cara singkat saya gagal dua kali baru berhasil dan pada Cara panjang saya mengalami kegagalan satu kali barulah berhasil. .com . . CATATAN : 1. . .Tetap tahan tombol power sambil tekan juga tombol resume disebelahnya sebanyak dua kali dan pada tekanan keduan Anda tahan sehingga lampu hijau akan berganti menjadi hijau-orangehijau.Anda harus menghapus (uninstall) driver printer bersangkutan dari komputer. cara memperbaiki printer canon ip 1980.com http://www. isilah tinta sebelum tintanya benar-benar habis. cara reset printer canon 1980.Masih dengan kabel listrik tidak terpasang (tidak tercolok ke listrik) dan kabel USB tidak tersambung ke komputer atau laptop .Jika proses install selesa maka harapan saya adalah masalah printer Anda akan terselesaikan. hubungkan printer ke komputer.Tetap tekan tombol power.Matikan printer. rahasia reset canon ip1980. 2. . . lepaskan kedua tombol tersebut secara bersamaan dan tunggu hingga printer hingga sampai pada keadaan ready (ditunjukkan dengan lampu hijau menyala tidak putus-putus) .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful