Neraca (akuntansi

)
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari Di dalam akuntansi keuangan, Neraca atau laporan posisi keuangan (bahasa Inggris: balance sheet atau statement of financial position) adalah bagian dari laporan keuangan suatu entitas yang dihasilkan pada suatu periode akuntansi yang menunjukkan posisi keuangan entitas tersebut pada akhir periode tersebut. Neraca terdiri dari tiga unsur, yaitu aset, kewajiban, dan ekuitas yang dihubungkan dengan persamaan berikut:
y

aset = kewajiban + ekuitas

Informasi yang dapat disajikan di neraca antara lain posisi sumber kekayaan entitas dan sumber pembiayaan untuk memperoleh kekayaan entitas tersebut dalam suatu periode akuntansi (triwulan, caturwulan, atau tahunan).

[sunting] Pernyataan standar akuntansi keuangan
Sesuai dengan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan No. 1 yang dikeluarkan oleh Ikatan Akuntan Indonesia disebutkan di dalam neraca:
y

y y

Perusahaan menyajikan aset lancar terpisah dari aset tidak lancar dan kewajiban jangka pendek terpisah dari kewajiban jangka panjang kecuali untuk industri tertentu diatur dalam PSAK khusus. Aset lancar disajikan menurut urutan likuiditas sedangkan kewajiban disajikan menurut urutan jatuh tempo. Perusahaan harus mengungkapkan informasi jumlah setiap aset yang akan diterima dan kewajiban yang dibayarkan sebelum dan sesudah dua belas bulan dari tanggal neraca. Apabila perusahaan menyediakan barang atau jasa dalam siklus operasi perusahaan yang dapat diidentifikasi dengan jelas, maka klasifikasi aset lancar dan tidak lancar serta kewajiban jangka pendek dan jangka panjang dalam neraca memberikan informasi yang bermanfaat dengan membedakan aset bersih sebagai modal kerja dengan aset yang digunakan untuk operasi jangka panjang.

Pengertian neraca lajur Neraca lajur adalah suatu lembaran kertas berlajur / berkolom yang digunakan dalam kegiatan dalam kegiatan akuntansi secara manual. Adapun kegunaan dari neraca lajur adalah untuk mempermudah penyusunan laporan keuangan.Neraca lajur berisi semua informasi untuk laporan keuangan seperti saldo-saldo perkiraan sebelum jurnal penyesuaian , perkiraan-perkiraan jurnal penyesuaian dan saldosaldo perkiraan setelah jurnal penyesuaian. Dalam praktek penyelenggaraan akuntansi secara manual, laporan keuangan justru disusun terlebih dahullu sebelum keseluruhan tahap penyesuaian rekening diselesaikan, yang dimaksudkan sebagai sarana uji kebenaran. Dalam akuntansi secara manual dapat dilakukan dengan cara membuat neraca

tidak perlu dibuat secara terpisah. . bila sisi debit yang lebih besar dari sisi kredit. (4) laporan perhitungan laba-rugi. langsungdipindah ke lajur ini. Selanjutnya kolom debit dan kredit dalam lajur rugi-laba dijumlahkan. yang nantinya akan terlihat pada laporan keuangan. neraca saldo dapat langsung dibuat pada neraca lajur . yang merupakan perkiraan yang akan dikelompokkan atau akan dimasukkan dalam laporan perhitungan rugi-laba. Untuk perkiraan-perkiraan neraca saldo yang tidak dipengaruhi oleh jurnal penyesuaian. Lajur Rugi-Laba Lajur rugi-laba berisi semua perkiraan nominal. 7. (6) neraca. Untuk perkiraan baru yang timbul akan dituliskan dibawah perkiraan-perkiraan neraca saldo tersebut.2 Bentuk umum neraca lajur: Rekening Neraca Saldo Penyesuaian Neraca saldo setelah penyesuaian Laba Rugi Neraca Debet Kredit Debet Kredit Debet Kredit Debet Kredit Debet Kredit Lajur neraca saldo Informasi-informasi yang tercantum pada lajur neraca saldo adalah sama persis dengan neraca saldo. Jadi sebenarnya dengan menggunakan neraca lajur. (3) neraca saldo setelah penyesuaian. Lajur Neraca Lajur neraca berisi semua perkiraan riil.Bila sisi kredit lebih besar sisi debitnya. Lajur neraca saldo setelah jurnal penyesuaian Setelah dilakukan jurnal penyesuaian. Lajur ini pada akhirnya harus dijumlahkan ke-2 sisinya .lajur. maka perusahaan akan mendapat laba. yang merupakan perkiraan yang akan dikelompokkan dalam neraca. (5) laporan perubahan modal/laba ditahan. neraca saldo akan memperkirakan semua perkiraan dan saldosaldo yang terdapat dalam lajur ini. Sehingga kebenaran dan ketelitian dalam lajur ini dapat terjamin. maka perusahaan menderita kerugian. Sebaliknya. Neraca lajur memuat 6 bagian pokok yaitu : (1) neraca saldo. tetapi bagi perkiraan yang dipengaruhi oleh jurnal penyesuaian. harus dihitung saldo perkiraan yang bersangkutan dan kemudian dipindahkan ke lajur ini. Jurnal-jurnal penyesuaian yang telah dibuat akan menyesuaikan perkiraan-perkiraan neraca saldo yang sudah ada. (2) penyesuaian. Lajur jurnal penyesuaian Lajur ini berisi penyesuaian-penyesuaian.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful