TUGAS MAKALAH

TEKNIK PEMIPAAN
Dosen pembimbing: ir .irwan anwar

Di susun :PENDRI RISMONO NPM :08 331 0435

UNIVERSITAS ISLAM RIAU FAKULTAS TEKNIK JURUSAN MESIN PEKANBARU
2O11

perlengkapannya dan gambar mesin . boiler. Fluida merupakan substansi yang dapat mengalirkan cairan atau gas. pipa kompresor. standar-standar. selain menguasai dasar pengatahuan teknik mesin. Selain itu juga perlu menguasai simbol-simbol.1. spesifikasi-spesifikasi. baik pemipaan dalam automobil hingga sistem perpipaan yang rumit (pipa proses. Untuk menjadi sarjana teknik dengan keahlian pemipaan dituntut pula pengalaman di lapangan beberapa tahun. Teknik Kimia dan mesin ( sistem pemipaan peralatan mekanik. minyak. gas. sentral AC dan peralatan lain yang menggunakan pipa. ILMU SISTEM PEMIPAAN BIASANYA UNTUK BIDANG PERMINYAKAN GAS. dan sebagainya untuk mengalirkan air. juga harus menguasai pengetahuan tentang: pipa. kayu. 2. tabel-tabel dan kurva-kurva perhitungan yang digunakan secara internasional pada pembangunan suatu kilang. konkret. dan cairan-cairan lain. spt. LATAR BELAKANG Pipa sebagai cubing panjang dari tanah liat. turbin. Saat ini pipa dapat dicari hampir di setiap tempat. Hampir setiap tahun diperkenalkan kegunaan baru untuk pipa yang menghasilkan kebutuhan baru dan pengembangan spesifikasi-spesifikasi material serta pengembangan para pakar perancang pemipaan. jalur pipa. loham. tangki bertekanan (pressured vessels).Untuk mendukung sistem produksi yang memadai diperlukan tenaga kerja yang handal atau peningkatan keahlian tenaga kerja profesi Perancangan Sistem Pemipaan. pipa tenaga uap pabrik atau salah satu dari berbagai kategori lainnya) pada industri rekayasa. pompa.

Perencanaan pemipaan (piping design) Metode perhitunganfleksibilitas pipa haruslah didasarkanpada : Batas angker yang diketahuiatau diasumsikan. Aliran proses (process flow) 2. wsiklusoperasi. DALAM PERENCANAAN SUATU KILANG MINYAK GAS KIMIA perencanaan teknik untuk sistem pemipaan menggunakan waktu jam kerja dan biaya sekitar 50%. Perencanaan pada kondisikhusus. Tugas departemen pemipaan: 1.koefisien ekspansi baik untuk jalur utama atau cabang. Perencanaan instrumentasi (instrument design) 7. Isolasi dan pengecatan (insulation and painting) 5. Perencanaan temperatur. Pembuatan model (model making) 3. Pengawasan material pipa ( piping material control) 6. biaya material 35% dan upah buruh 30% dari biaya pembangunan sebuah kilang.3.Adapun korelasi yangdigunakan dalam menghitungfleksibilitas pada pipa adalah sebagai . Menghitung jumlah material pipa (piping material take off) 4. seperti start up. tracing uap dan lainlain.

.

.

Mc Graw-Hill. (1991). Inc.2 dan Bay 4. New York. 3th Ed. J. Tugas Akhir Teknik Keselamatan Dan Kesehatan Kerja. Harris. N. Hall.. Industrial Noise and Vibration Control.DAFTAR PUSAKA Agustiningrum.2. Irwin. Kep-51/MEN/1999 tentang . (1979). Desain Enclosure Blower Inhaust dan Wrapping Pipa Saluran Mesin Big Furnace di Area Bay 3. 07632 Kebisingan Industri dan Hearing Conservation Program.ALSTOM Power Energy System Indonesia (ESI) ± Surabaya). Hand Book of Acoustical Measurement and Noise Control. Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya ± Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya. (2008). Cyril M. E. 2007 USU Repositiory Keputusan Menteri Tenaga Kerja RI No. Prantice. Fajria. Inc. (Studi kasus: PT. R. D Graf. Englewood Cliffs. J.