P. 1
ETIKA KRISTEn

ETIKA KRISTEn

|Views: 242|Likes:
Published by andarjo88

More info:

Published by: andarjo88 on Jul 10, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/23/2014

pdf

text

original

Nilai-nilai Etika Kristen

ETIMOLOGI Etika berasal dari kata: etos (Bahasa Yunani) yang berarti adat istiadat. Etika diartikan sebagai nilai-nilai dan norma moral yang menjadi pegangan bagi seseorang atau kelompok dalam mengatur tingkah lakunya. PENJELASAN Etika Kristen merupakan segala sesuatu tentang apa yang secara moral benar atau salah untuk orang-orang Kristen yang sesuai dengan Alkitab.
y y y y y

Etika Kristen didasarkan pada kehendak Allah Etika Kristen didasarkan pada Wahyu Allah Etika Kristen bersifat mutlak (absolut) Etika Kristen bersifat menentukan Etika Kristen adalah kewajiban (deontological). Kewajiban adalah motif tertinggi kita dalam melakukan suatu perbuatan. Menurut Immannuel Kant : µYang membuat kehendak menjadi baik adalah bertindak karena kewajiban.¶

Theologi berfungsi sebagai komando dan pemberi Roh Kehidupan sehingga Theologi terletak pada tingkat paling atas pada diagram di samping ini. Theologi dan etika akan menentukan sejauh mana dan bagaimana seseorang bekerja atau berperilaku, bertindak, dan bertutur kata. Pokok Etika Kristen:
y

IMAN (Ibrani 11:1).
o o o

Iman sebagai kepercayaan dan kesetiaan pada hal-hal yang dianggap penting Iman sebagai hubungan perorangan dengan Allah Iman sebagai pengikutsertaan dalam pekerjaan Allah

pikiran. (Markus 12 : 28-34) y Agustinus meringkas : µKasihilah Allah dan lakukanlah seperti apa yang dikehendaki-Nya¶ 4 jenis kasih: y y y y Storge Philia Eros Caritas/Agape Kristen : kasih antara orang tua dengan anak : kasih antarteman atau sesama : kasih dalahm hubungan suami-istri : kasih tanpa syarat. penyaliban dan kebangkitan Kristus 4 unsur yang tidak dapat dipisahkan dari iman: y y y y Iman adalah kepercayaan dan kesetiaan Iman adalah tanggapan kepada panggilan perorangan dari Allah Iman adalah tanggapan kepada pekerjaan Allah dalam dunia Iman adalah pendirian kebenaran Doktrin yang tepat akan membawa iman menuju kehidupan yang diwujudnyatakan sesuai bidang kita. Inkarnasi.o Iman sebagai pendirian tentang apa yang benar. dan kekuatan serta mengasihi manusia sepertidiri sendiri adalah dua hal terpenting dalam hidup ini. y KASIH (I Korintus 13 : 4-7) Pemahaman Kristen tentang kasih: y y Berasal dari Allah Allah adalah sumber kasih yang dicerminkan dalam diri manusia serta hubungan kasih antarmanusia y Mengasihi Allah dengan segenap hati. Merupakan yang paling penting bagi orang .

yang memanggil umatNya dari setiap usia untuk pergi ke dalam dunia yang sesat dan kesepian dengan tujuan hidup di dalamnya dan mengasihi untuk bersaksi dan melayani seperti Yesus bagi Yesus Cara memahami tanggung jawab kristiani: y y y y y Kita harus memahami doktrin yangn lengkap tentang Kristus Kita harus memahami doktrin yangn lengkap tentang manusia Kita harus memahami doktrin yangn lengkap tentang Kristus Kita harus memahami doktrin yangn lengkap tentang keselamatan Kita harus memahami doktrin yangn lengkap tentang gereja Tanggung Jawab Kristen berarti: y Tidak boleh mengelak jika diminta penjelasaan tentang perbuatannya. Akal Budi. penolakan pada pihak atasan dan penolakan terhadap Allah Kemajuan rohani dan kemajuan kekristenan dapat terjadi jika manusia mencintai Allah dan waspada trhadap dosa Ibu Teresa: µSaya menemukan suatu paradoks bahwa jika Anda mengasihi sekaligus terluka. dan kepada Tuhan . dan Hati Kemunduran rohani terjadi karena hilangnya kasih terhadap sesama. kepada masyarakat luas.Agustinus Hippo (354-430) Bernard dari Clairvaux: Mengasihi Allah dengan Tubuh. y TANGGUNG JAWAB (Yeremia 29 : 7) John Scott berpendapat bahwa kita tidak boleh lari dari tanggung jawab kita dengan telinga terbuka lebar kita harus menyimak kepada suara Yesus. maka tidak akan ada lagi luka dan yang ada hanya mengasihi¶ Nelson Mandela mengasihi orang-orang kulit putih meskipun sebagai orang kulit hitam ia diperlakukan secara tidak adil. Jawaban itu harus diberikan kepada diri sendiri.

Kerja adalah diperuntukkan badi kemajuan seorang pekerja. keterbukaan. melainkan harus untuk menjawab y Tanggung jawab seorang Kristen tertuju kepada dirinya sendiri. dan perbuatan yang memperlihatkan harmoni antara kepercayaan mendasar seseorang dan manifestasi-manifestasinya. komutas. . Semmos yang berarti µterhormat¶ atau µpatut¶. keluarganya. perkataan. y y y KERJA KERAS (Mazmur 126:5-6) Allah Alkitab adalah Allah yang bekerja. dan tingkah lakunya dan bukan saja ia bisa menjawab tetapi harus untuk menjawab y Tanggung jawab terhadap sesama (Kisah Para Rasul 14 : 27) Tanggung jawab terhadap diri sendiri (Kisah Para Rasul 14 : 26) KEJUJURAN (Matius 5 : 34) Kata kejujuran berasal dari Bahasa Yunani yaitu kalos yang berarti µbaik¶ atau µungul¶. y Kejujuran berarti kebenaran. dan menghindari kebohongan dalam hubungan dengan siapapun maupun dalam hubungan dengan diri sendriri y Kejujuran dalam pikiran adalah kerelaan untuk mengikuti bukti-bukti yang ada. masnyarakat luas dan Allah y Orang Kristen yang bertanggung jawab dapat diminta penjelasan tentang pemikiran. tidak memanipulasi untuk keamanan intelektual atau keuntungan pribadi y Kejujuran dalam perkataan adalah berkata yang benar dan patut kepada Allah dan sesama (Efesus 4:15) y Kejujuran dalam perbuatan adalah akurasi dalam transaksi.y Orang yang diminta penjelasan tentang tingkah lakunya bukan saja ia bisa menjawab. perkataan. keterbukaan dalam hubungan dan kehati-hatian dalam menggunakan segala sesuatunya. y Kejujuran menyertakan piliran.

y Kerja sebagai pelayanan kepada sesama manusia. tujuan tertinggi dari seluruh aktivitas y E. dan selfpropagating y Kemandirian Kristen adalah kemampuan seseorang untuk mengambil keputusan. y y KEMANDIRIAN Kemandirian sebuah organisasi adalah self-governing. Schumacher berpendapat mengenai tujuan kerja Kristen sebagai Labore orare yang berarti kita harus bekerja demi kemuliaan Allah. pelayanan kepada sesama dan kemajuan diri sendiri. F. y PELAYANAN (Markus 10:43-45) o Umat Allah sebagai pelayan   Dipanggil untuk melayani bukan untuk menguasai Tugas utama kita sebagai umat Allah adalah untuk melayani orang lain bukan diri sendiri  Tidak ada pelayan Kristen yang dapat disebut otentik jika bukan ditandai oleh roh kerendahan hati pelayanan dengan sukaciata  IMAN dan ILMU dibutuhkan dalam melakukan PENGABDIAN dan pengabdian tersebut ditopang dalam sebuah komutas yaitu GEREJA. . self-finance. menggunakan dan mengembangkan talenta-talentanya berdasarkan Firman Tuhan dan informasiyang benar dengan tujuan untuk kemuliaan Allah. Kerja bukan saja demi kepuasan hati melainkan juga kegunaannya bagi masyarakat.Dorothy Sayer: µKerja bukanlah sesuatu yang dilakukan orang untuk hidup melainkan sesuatu yang membuat seseorang hidup¶. y Kerja sebagai pelayanan kepada Allah manusia.

Yusuf dibuang ke dalam sumur kosong oleh saudara-saudaranya (Kej 37:19-24) setelah mimpi Yusuf akan kebesaran yang dianugerahkan Allah kepadanya membuat saudara-saudaranya marah. Yusuf merupakan anak yang paling dikasihi oleh Yakub (Kej 37:3) sehingga ia menjadi dibenci oleh saudara-saudaranya (Kej 37:4).Latar belakang Yusuf: Yusuf adalah anak Yakub dari istrinya Rahel (Kej 35:24). Yusuf dijual .

Yusuf berhasil memberitahukan arti mimpi juru minuman dan juru roti di dalam penjara (Kej 40:1-23). . Di dalam penjara. Karena kemampuan Yusuf yang dianugerahkan Allah tersebut. tapi kemudia Yusuf dimasukkan ke dalam penjara karena fitnahan istri Potifar (Kej 39:7-20). Yusuf menjadi kesayangan dan kepercayaan kepala penjara (Kej 39:21-23).kepada orang Midian (Kej 37:27-28) dan oleh orang Midian tersebut dibawa ke Mesir dan dijual kepada Potifar. Yusuf menjadi hamba kepercayaan Potifar dan kuasa atas rumah Potifar diberikan kepadanya (Kej 39:2-6). kepala pengawal Firaun (Kej 37:36). Yusuf berhasil mengartikan mimpi Firaun dan memperingatkan Mesir akan bencana 7 tahun kelaparan setelah mengalami 7 tahun kelimpahan makanan (Kej 41:1-37). Atas jasa Yusuf tersebut. ia diangkat oleh Firaun untuk menjadi kepercayaannya dan diberi kuasa atas tanah Mesir (Kej 41:38-44).

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->