Peranan Sistem Operasi Pada Sistem Komputer

By: Ahmad Haatim Roslan Muhammad Nafis

.

PERANAN SISTEM OPERASI PADA SISTEM KOMPUTER Extented Machine / Virtual Machine Menyederhanakan atau mempermudah pemakaian perangkat keras. yaitu tanpa memberikan perintah low level untuk mengaktifkan perangkat keras. Kita tidak memberikan perintah drave terlebih dahulu. . tetapi cukup dengan memberikan perintah sederhana yang dimengerti sesuai dengan yang diinginkan. kemudian cari data atau file pada sektor tertentu. dsb. Contoh : Pembacaan data atau file pada disk.

. timer. Pengelolaan file di dalam suatu direktori yang dapat dikelompokkan susuai dengan fungsinya (dispesifikasikan).‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ Resource Manager Memberikan kemampuan untuk mengatur (manajemen) perangkat keras (hardware) seluruh sistem yang sangat kompleks. memindahkan. Untuk membuat. dsb. printer. dan menulis file. Pada dasarnya proses adalah pengeksekusian suatu program yang terdiri dari program executable. program data dan stack. Berikut ini adalah aktivitas atau kegiatan yang dilakukan oleh Sistem Operasi: · Proses Merupakan kunci utama dari semua kegiatan sistem komputer. memori. dsb). program. program counter. disk. · Files Kemampuan untuk menangani dan mengelola file (data. yang biasanya dunamakan sebagai command interpreter. disebut juga dengan system call · Shell Merupakan suatu interface yang digunakan user untuk berkomunikasi langsung dengan komputer. Sehingga adanya proses hirarki dalam penyimpanan file. stack pointer. Seperti pengaturan pemakai prosesor. register-register serta seluruh informasi yang dibutuhkan untuk menjalankan program tersebut. membaca.

untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. membatasi pemakai memanipulasi file.‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ System Calls Kemampuan suatu sistem operasi untuk menangani suatu proses baik itu menjalankan program induk (parent) maupun program anak (child) dsb. · System Calls for File Management Sistem untuk manajemen file baik untuk mambuat. membaca. seperti untuk user tertentu. disebut dengan System Calls For Proccess Management. dan untuk pemakain secara bersama. . dsb. · System calls for Directory Management Sistem untuk mengatur suatu direktori yang berisikan file-file yang biasanya sudah dispesifikasikan tujuannya. sehingga tidak perlu banyak mengatur file-file tersebut tetapi cukup dengan mengatur direktorinya saja. · System Calls For Signaling Pemanggilan sinyal interupsi yang digunakan untuk menghentikan suatu proses jika terdapat kesalahan atau jika ada proses lainnya yang perlu didahulukan. · System Call for protection Sistem untuk menjaga kamanan pada suatu file atau direktori sehingga hanya user tertentu yang dapat menggunakannya.

Maka.‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ Sistem komputer terkomposisi dari banyak unit. Jadi. . diperlukan super controller yang bisa memastikan bahwa sebagian besar fasilitas digunakan untuk mendapatkan keuntungan optimum. Sistem Operasi oleh Fredy As. hanya sebagian kecil yang in action dalam menjalankan tugsa tertentu pada suatu waktu. Sistem Operasi merupakan suatu program yang mengambil alih pengoperasian sistem komputer dengan memungkinkan sejumlah program dijalankan pada komputer tanpa intervensi operator manusia. Pekerjaan tersebut hanya bisa dilakukan oleh beberapa bentuk program yang disimpan secara internal yang dikenal dengan Operating System. Sumber : Modul Pendahuluan Sistem Operasi oleh Universitas Gunadarma.