KURIKULUM

MADRASAH TSANAWIYAH

AL ISLAMIYAH
TAHUN PELAJARAN 2009/2010

MADRASAH TSANAWIYAH AL ISLAMIYAH
JL. H MURHIDI RT 03/02 DESA TONJONG KEC TAJURHALANG KAB BOGOR Telp (0251) 8552910

KTSP MTS AL ISLAMIYAH TAJURHALANG 2009/2010

MADRASAH TSANAWIYAH AL ISLAMIYAH Nomor : 109/MTs YATRIS/VII/2009 PENGESAHAN Nomor : 109/MTs YATRIS/VII/2009 Setelah mempertimbangkan masukan Komite Madrasah, Kurikulum Madrasah Tsanawiyah Al Islamiyah Tonjong Kec Tajurhalang Kab Bogor Tahun Pelajaran 2009/2010 ditetapkan. Berlaku mulai tanggal 24 Juli tahun 2009 pada akhir tahun Pelajaran, Pelaksanaan Kurikulum akan dievaluasi dan atau ditinjau ulang yang hasilnya akan digunakan sebagai dasar dalam melakukan penyusunan dan penetapan KTSP untuk tahun pelajaran berikutnya Ditetapkan di : Bogor Pada Tanggal : 24 Juli 2009 Mengetahui Ketua Komite Madrasah Kepala Madrasah

H. S. HENDRA Mengetahui

TATANG. M, S.Ag An Kepala Departemen Agama Kab Bogor Kepala Seksi Mapenda Islam

Drs. MACHMUD SYAM NIP. 195406131979031002

KTSP MTS AL ISLAMIYAH TAJURHALANG 2009/2010

TIM PENYUSUN KURIKULUM MADRASAH TSANAWIYAH AL ISLAMIYAH KECAMATAN TAJURHALANG KAB BOGOR No 1 2 3 4 5 6 7 8 9 Nama Tatang.M, S.Ag Endang Sulaeman, S.Pd Agus Nursasih, S.Pd Cecep Supriyadi, S.Pd Nawiyah, S.Pd Eha Julaeha, S.Pd H. S. Hendra E. Mustofa, S.Ag Hj Sururoh Unsur Kepala Madrasah Waka Bid Kur Guru Bhs Inggris Guru Matematika Guru PKn Guru Mulok Komite Madrasah Ketua Yayasan Pengawas Jabatan Ketua Wakil Ketua Sekretaris Anggota Ket

Narasumber

DAFTAR ISI Lembar Pengesahan BAB I
KTSP MTS AL ISLAMIYAH TAJURHALANG 2009/2010

PENDAHULUAN Latar Belakang Kurikulum dikembangkan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. dan tuntutan global dengan semangat manajemen berbasis sekolah (MBS). yaitu Standar Isi (SI) dan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) merupakan acuan utama bagi satuan pendidikan dalam mengembangkan kurikulum. Oleh sebab itu kurikulum disusun oleh satuan pendidikan untuk memungkinkan penyesuaian program pendidikan dengan kebutuhan dan potensi yang ada di daerah. tenaga kependidikan. proses. pengelolaan. kompetensi lulusan. satuan pendidikan dan peserta didik. Standar nasional pendidikan terdiri atas standar isi. pembiayaan dan penilaian pendidikan. Dua dari kedelapan standar nasional pendidikan tersebut. Peraturan Pemerintah nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 22 tahun 2006 tentang Standar Isi Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 23 tahun 2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan dibuat berdasarkan peraturan- KTSP MTS AL ISLAMIYAH TAJURHALANG 2009/2010 . sarana dan prasarana. Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang beragam mengacu pada standar nasional pendidikan untuk menjamin pencapaian tujuan pendidikan nasional. Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah Undang-Undang nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. KTSP merupakan salah satu bentuk realisasi kebijakan desentralisasi di bidang pendidikan agar kurikulum benar-benar sesuai dengan kebutuhan pengembangan potensi peserta didik di sekolah yang bersangkutan di masa sekarang dan yang akan datang dengan mempertimbangkan kepentingan lokal. Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan perundangan yang berlaku yaitu: (a) (b) (c) (d) (e) Undang-Undang Republik Indonesia. nasional. Tujuan tertentu ini meliputi tujuan pendidikan nasional serta kesesuaian dengan kekhasan. kondisi dan potensi daerah.

Tujuan Pengembangan KTSP KTSP disusun sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan di tingkat satuan pendidikan dan memberi kesempatan peserta didik untuk : (a) (b) (c) (d) (e) belajar untuk beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. berakhlak mulia. 2 Tahun 2008 Tentang Tentang Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar serta Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) (i) Keputusan Gubernur Jawa Barat No. kreatif.674-Disdik/2006 Tentang Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar serta Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Mata Pelajaran Bahasa dan Sastra Sunda. Kurikulum dikembangkan berdasarkan prinsip bahwa peserta didik memiliki posisi sentral untuk mengembangkan kompetensinya agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. sehat. belajar untuk memahami dan menghayati. berilmu. perkembangan. Berpusat pada potensi. Prinsip Pengembangan KTSP KTSP MTS Al Islamiyah dikembangkan oleh sekolah dan Komite sekolah berpedoman pada SI dan SKL serta panduan teknis pengembangan kurikulum Madrasah Tsanawiyah yang dikeluarkan oleh Kanwil Depag Propinsi Jawa Barat Bidang Madrasah dan Pendidikan Islam tahun 2008. dan belajar untuk membangun dan menemukan jati diri melalui proses belajar yang aktif. dan kepentingan peserta didik dan lingkungannya. belajar untuk mampu melaksanakan dan berbuat secara efektif.5/Kep. mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Permenag No.(f) (g) (h) Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 24 tahun 2006 tentang Pelaksanaan Standar Isi Rencana Strategis Departemen Pendidikan Nasional 2005-2009. kebutuhan. Untuk mendukung pencapaian tujuan tersebut pengembangan kompetensi peserta didik KTSP MTS AL ISLAMIYAH TAJURHALANG 2009/2010 . cakap kreatif. efektif dan menyenangkan. KTSP MTS Al Islamiyah dikembangkan berdasarkan prinsipprinsip sebagai berikut : 1. belajar untuk hidup bersama dan berguna untuk orang lain. 423.

KTSP MTS AL ISLAMIYAH TAJURHALANG 2009/2010 . Keseimbangan Kurikulum dikembangkan dengan memperhatikan kepentingan nasional dan kepentingan daerah untuk membangun kehidupan bermasyarakat. bidang kajian keilmuan dan mata pelajaran yang direncanakan dan disajikan secara berkesinambungan antar semua jenjang pendidikan. 5. suku. dunia usaha. adat istiadat. nonformal dan informal dengan memperhatikan kondisi dan tuntutan lingkungan yang selalu berkembang serta arah pengembangan manusia seutuhnya. dan pengembangan diri secara terpadu. 4. kondisi daerah. Tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan. Kurikulum mencerminkan keterkaitan antara unsur-unsur pendidikan formal. pengembangan keterampilan pribadi. 7. keterampilan akademik. teknologi dan seni yang berkembang secara dinamis. jenjang dan jenis pendidikan. Beragam dan terpadu Kurikulum dikembangkan dengan memperhatikan keragaman karakteristik peserta didik. 6. termasuk di dalamnya kehidupan kemasyarakatan. keterampilan berpikir.disesuaikan dengan potensi. berbangsqa dan bernegara. kebutuhan dan kepentingan peserta didik serta tuntutan lingkungan. muatan lokal. serta menghargai dan tidak diskriminatif terhadap perbedaan agama. Memiliki posisi sentral berarti kegiatan pembelajarannya berpusat pada peserta didik. 2. Belajar sepanjang hayat Kurikulum diarahkan kepada proses pengembangan. Menyeluruh dan berkesinambungan Substansi kurikulum mencakup keseluruhan dimensi kompetensi. status sosial ekonomi. Oleh karena itu. serta disusun dalam keterkaitan dan kesinambungan yang bermakna dan tepat antar substansi. keterampilan sosial. 3. Kurikulum meliputi substansi komponen muatan wajib kurikulum. Oleh karena itu. dan keterampilan vokasional merupakan keniscayaan. teknologi dan seni Kurikulum dikembangkan atas dasar kesadaran bahwa ilmu pengetahuan. perkembangan. budaya. dan jender. dan seni. dan dunia kerja. Relevan dengan kebutuhan kehidupan Pengembangan kurikulum dilakukan dengan melibatkan pemangku kepentingan (stakeholders) untuk menjamin relevansi pendidikan dengan kebutuhan kehidupan. semangat dan isi kurikulum memberikan pengalaman belajar peserta didik untuk mengikuti dan memanfaatkan perkembangan ilmu pengetahuan. teknologi. pembudayaan dan pemberdayaan peserta didik agar mampu dan mau belajar yang berlangsung sepanjang hayat.

Kepentingan nasional dan kepentingan daerah harus saling mengisi dan memberdayakan sejalan dengan motto Bhineka Tunggal Ika dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). KTSP MTS AL ISLAMIYAH TAJURHALANG 2009/2010 .

Sekolah/madrasah sebagai unit penyelenggara pendidikan juga harus memperhatikan perkembangan dan tantangan masa depan. sehingga visi sekolah mewakili aspirasi berbagai kelompok yang terkait. karyawan. (6) dan era perdagangan bebas. (2) khas. (3) era informasi. (2) harapan masyarakat yang dilayani sekolah/madrasah. Visi juga harus memperhatikan dan mempertimbangkan (1) potensi yang dimiliki sekolah/madrasah. Visi tidak lain merupakan citra moral yang menggambarkan profil sekolah yang diinginkan di masa datang. Usaha-usaha • • Pengembangan kurikulum dilakukan dalam upaya peningkatan mutu pendidikaan nasional. (4) pengaruh globalisasi terhadap perubahan perilaku dan moral manusia. Visi pada umumnya dirumuskan dengan kalimat: (1) filosofis. pemerintah) bersamasama berperan aktif untuk mewujudkannya. Tantangan sekaligus peluang itu harus direspon oleh sekolah kami.BAB II VISI. sehingga seluruh kelompok yang terkait (guru. Perkembangan dan tantangan itu misalnya menyangkut: (1) perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. antara lain : Peningkatan mutu dan jumlah alat-alat pembelanjaran dan buku-buku pelajaran KTSP MTS AL ISLAMIYAH TAJURHALANG 2009/2010 . Berikut ini merupakan visi yang dirumuskan oleh madrasah Tajurhalang. Dalam merumuskan visi. masyarakat. (3) mudah diingat. orang tua. Salah satu masalah pendidikan yang terjadi di Indonesia adalah rendahnya mutu Pemerintah yang telah kami MTS Al Islamiyah pendidikan pada setiap jenjang dan satuan pendidikan. (5) berubahnya kesadaran masyarakat dan orang tua terhadap pendidikan. sehingga visi sekolah diharapkan sesuai dengan arah perkembangan tersebut. (2) globalisasi yang memungkinkan sangat cepatnya arus perubahan dan mobilitas antar dan lintas sektor serta tempat. Namun demikian. pihak-pihak yang terkait (stakeholders) bermusyawarah. visi sekolah harus tetap dalam koridor kebijakan pendidikan nasional. siswa. MISI. DAN TUJUAN PENDIDIKAN MADRASAH TSANAWIYAH AL ISLAMIYAH Kurikulum disusun oleh satuan pendidikan untuk memungkinkan penyesuaian program pendidikan dengan kebutuhan dan potensi yang ada di sekolah/madrasah.

. Telepon KTSP MTS AL ISLAMIYAH TAJURHALANG 2009/2010 : : : : : : : : : : 121. maka diharapkan dimasa yang akan datang dapat menganalisa. Kabupaten e. Pada dasarya pengelola sekolah telah mengetahui kondisi riil sekolah.• • • Peningkatan kompetensi guru dalam upaya peningkatan mutu SDM Peningkatan sarana / prasarana pendidikan Peningkatan management sekolah Kanwil Departeman Agama Propinsai Jawa Barat dan Departemen Agama Kabupaten Bogor telah berusaha melaksanakan peningkatan kesejahteraan guru dengan adanya kesra pegawai dan tunjangan khusus guru.0215 …………………….32. merumuskan dan mengambil kebijakan yang tepat dan baik untuk menanggulangi masalah-masalah pendidikan baik untuk skala wilayah maupun Nasional. Nomor Statistik Madrasah ( NSM ) 2. Nama Madrasah 4. Jalan b. Kecamatan d. sekolah dapat merumuskan dan menyusun program pengembangannya. Pemerintah Daerah berusaha menginventarisasi masalah-masalah pendidikan melalui pendataan Asset Management Plan (AMP) dan menghimpun (input) profil dari setiap sekolah.01. sehingga diharapkan di masa-masa yang akan datang seiring dengan fasilitas-fasilitas kebijakan dari Pemerintah pusat maupun daerah. namun demikian upaya-upaya tersebut sepertinya tidak mampu dan tidak berdaya mengejar atau mengimbangi arus globalisasi seiring pesatnya perkembangan ilmu pengetahuaan dan teknologi dewasa ini. Desa c. IDENTITAS MADRASAH 1.2. Kode Pos g. Dalam pencapaian tujuan pendidikan MTS Al Islamiyah diimplementasikan dalam bentuk Visi dan Misi. Alamat a. Nomor Identitas Sekolah ( NIS ) 3. Propinsi f. MTS Al Islamiyah H Murhidi Rt 03/02 Tonjong Tajurhalang Bogor Jawa Barat 16320 0251 (8552910) .

kepribadian. akhlak mulia. 2. serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut sesuai dengan kejuruannya. Optimal dalam memacu gairah belajar. b. Mendorong kinerja pendidik. c. Meningkatkan efektifitas pembelajaran. b. Tujuan pendidikan menengah kejuruan adalah meningkatkan kecerdasan. Optimal dalam imtaq dan iptek. f. Meningkatkan kualitas pembelajaran. e. pengetahuan. 3. Optimal dalam peningkatan ujian nasional. akhlak mulia. KOMPETENTIF YANG MEWUJUDKAN DILANDASI IMAN DAN TAQWA” Indikator Visi : a. serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti . Visi MTs Al Islamiyah “MEWUJUDKAN PENDIDIKAN YANG BERKUALITAS. KTSP MTS AL ISLAMIYAH TAJURHALANG 2009/2010 pengetahuan. Waktu Penyelenggaraan : Pagi dan Siang Surat Keputusan Nomor Tanggal Nama Madrasah & Status Tahun Keterangan Tujuan Pendidikan Tingkat Satuan Pendidikan Tujuan pendidikan tingkat satuan pendidikan dasar dan menengah dirumuskan mengacu kepada tujuan umum pendidikan berikut : 1. Tujuan pendidikan dasar adalah meletakkan dasar kecerdasan. kepribadian. d. akhlak mulia. kepribadian.5. Membentuk peserta didik yang memiliki iman yang kuat. Meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM). Meningkatkan pelayanan pendidikan pada peserta didik. pengetahuan. Optimal dalam pelayanan pendidikan. Tujuan pendidikan menengah adalah meningkatkan kecerdasan. c. Sekolah di buka No 1 6. d. Misi MTs Al Islamiyah a. pendidikan lebih lanjut. serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut.

KTSP MTS AL ISLAMIYAH TAJURHALANG 2009/2010 . serta mengembangkan kemampuannya untuk melanjutkan pendidikan dan hidup beragama.47 b. d. Memahami dan menjalankan hak dan kewajiban untuk berkarya dan memanfaatkan lingkungan secara certanggung jawab. Mengembangkan manajemen sekolah. berilmu yang diamalkan. c. 50% siswa mampu menyerap dan menggunakan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Memberikan ketrampilan dasar yang dapat digunakan sebagai bekal untuk hidup dimasyarakat. dan menjalankan ajaran agama yang diyakini dalam kehidupan. dan alam sekitar. Pada tahun 2011/2012 mencapai dan memiliki: a. Memberikan kemampuan minimal bagi lulusan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang SLTA. memiliki kecakapan hidup. b. 90% siswa mampu baca Al-Quran dengan fasih dan tulis Al-Quran dengan baik dan benar. dan ketrampilan yang kuat untuk digunakan dalam mengadakan hubungan timbal balik dengan lingkungan sosial. Menyiapkan lulusan menjadi anggota masyarakat yang memahami dan menginternalisasi pengetahuan dan ketrampilan serta perangkat gagasan dan nilai masyarakat beradab dan cerdas. Rata-rata nilai UN + 1. Meyakini. memahami. Berpartisipasi dalam kehidupan sebagai cerminan rasa cinta dan bangga terhadap bangsa dan tanah air. berahklakulkarimah. Tamatan MTS Al Islamiyah diharapkan memiliki kamampuan: a. b. c. Tujuan Khusus Secara khusus bertujuan untuk: a. budaya. 25% siswa mampu berkomunikasi dalam bahasa Arab.e. Tujuan Pendidikan MTs Al Islamiyah Tujuan Umum Tujuan umum penyelenggaraan pendidikan pada MTS Al Islamiyah untuk menghasilkan lulusan yang memiliki iman yang kuat dan taqwa kepada Allah SWT.

kreatif inovatif. bugar. Berpartisipasi dalam kehidupan sebagai cerminan rasa cinta dan bangga terhadap bangsa dan tanah air.5% siswa mampu baca Al-Quran dengan fasih dan tulis Al-Quran dengan baik dan benar. Meningkatkan rata-rata nilai UN + 0.33% siswa mampu berkomunikasi dalam bahasa inggris. 8. c.c. 16.49 b. d. 8.5% siswa mampu baca Al-Quran dengan fasih dan tulis Al-Quran dengan baik dan benar. 3. d. 1. MTS Al Islamiyah mampu: a.49 b. 16. c. Berpikir secara logis.7% siswa mampu menyerap dan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi. dan menjalankan ajaran agama yang diyakini dalam kehidupan.49 b. f. MTS Al Islamiyah mampu: a. dan dikendalikan setiap kurun waktu tertentu. 16. 22. d. e. Pada tahun 2010/2011. kritis. untuk mencapai Standar Kompetensi Lulusan (SKL) SMP/MTS yang dibakukan secara nasional. Meningkatkan rata-rata nilai UN + 0. Menyenangi dan mengharagi seni.5% siswa mampu baca Al-Quran dengan fasih dan tulis Al-Quran dengan baik dan benar. d. c. sebagai berikut: 1. 8. Pada tahun 2009/2010.7% siswa mampu menyerap dan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi. serta berkomunikasi melalui berbagai media. dievaluasi.7% siswa mampu menyerap dan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi.33% siswa mampu berkomunikasi dalam bahasa Arab dan Inggris. Pada tahun 2011/2012. memecahkan masalah. Tujuan madrasah kami tersebut secara bertahap akan dimonitoring. Meningkatkan rata-rata nilai UN + 0. dan sehat. memahami. KTSP MTS AL ISLAMIYAH TAJURHALANG 2009/2010 . 2. Meyakini. MTS Al Islamiyah mampu: a. 22.33% siswa mampu berkomunikasi dalam bahasa Arab dan Inggris. 22. Menjalankan pola hidup bersih.

Berpartisipasi dalam kehidupan sebagai cerminan rasa cinta dan bangga terhadap bangsa dan tanah air. 7. bugar. SKL tersebut lebih kami rinci sebagai profil siswa MTS Al Islamiyah sebagai berikut: 1. 6. kodya. dan desain grafis. kreatif. 2. Mampu mengaktualisasikan diri dalam berbagai seni dan olah raga. Mampu menampilkan kebiasaan sopan santun dan berbudi pekerti sebagai cerminan akhlak mulia dan iman taqwa.2.2. √ √ Belum mendukung 100% √ KTSP MTS AL ISLAMIYAH TAJURHALANG 2009/2010 . Komite Sekolah 1. dan sehat. Mampu mengoperasikan komputer aktif untuk program microsoft word. sesuai pilihannya. 3. inovatif dalam memecahkan masalah. 6. Tenaga Kependidikan Mendukung Mengajar sesuai dengan latar belakang pendidikan Berijazah sekurangkurangnya D3. environmental dan pra-vocasional. Mampu melanjutkan ke SMA/SMK terbaik sesuai pilihannya melalui pencapaian target pilihan yang ditentukan sendiri. Mendukung Sesuai 65%. Mampu mendalami cabang pengetahuan yang dipilih. 5. Mampu memiliki kecakapan hidup personal. 4. Selanjutnya. Mampu bersaing dalam mengikuti berbagai kompetisi akademik dan non akademik di tingkat kecamatan. Memahami dan menjalankan hak dan kewajiban untuk berkarya dan memanfaatkan lingkungan secara bertanggung jawab. Menjalankan pola hidup bersih. sosial. Pendidik Kondisi Ideal Kondisi Nyata Kesiapan Siap Tidak 1. 4. Menyenangi dan menghargai seni. excel. atas keputusan bersama guru dan siswa. Analisis SWOT No 1 Fungsi Dan Faktor Fungsi Perencanaan KTSP 1.3. serta berkomunikasi melalui berbagai media. dan nasional. propinsi. 5. Faktor Internal 1.1. Berpikir secara logis. kritis. 3.

Komite Sekolah 1.1. Biaya 2. Sarana dan Prasarana 1.1. Sarana dan Prasarana 1. Fungsi Internal 1. Asosiasi Profesi 2.4.2.1. Memadai Terpenuhi Mendukung Mendukung Mendukung Mendukung Mendukung Sesuai 65 % √ √ Belum Terpenuhi Memadai 50% Memadai 65% Mendukung Mendukung Mendukung Memadai 75% √ √ √ √ √ √ √ Mendukung Mendukung Mendukung Mendukung Mendukung Mendukung Mendukung Memadai 65% Memadai 70% Mendukung √ √ √ √ √ KTSP MTS AL ISLAMIYAH TAJURHALANG 2009/2010 . Tenaga Kependidikan 1.4.3.5. 1.No Fungsi Dan Faktor 1. Pendidik Kondisi Ideal Memadai Terpenuhi Mendukung Kondisi Nyata Memadai 50% Terpenuhi 65% Mendukung Kesiapan Siap Tidak √ √ √ Mendukung Mendukung Mendukung Mendukung Mendukung Mendukung 80% √ √ √ 2.3.2.4. Pengawas 1. Lingkungan Masyarakat Fungsi Pelaksanaan KTSP 1.4. Dewan Pendidikan 2. Faktor Eksternal 2. Lingkungan Masyarakat 3 Fungsi Evaluasi KTSP 1.2. Biaya 2. Fungsi Internal 1.5. FaktorEksternal 2. KomiteSekolah 1.4. Dewan Pendidikan 2. Dinas Kabupaten dan Depag Kabupaten 2. Sarana dan Prasarana 1. Asosiasi Profesi 2. Faktor Eksternal 2. Dinas Kabupaten/Kota 2. Biaya 2.3.1. Dinas Mendukung Mengajar sesuai dengan latar belakang pendidikan Berijazah sekurangkurangnya D3.1.2.3.

3.No Fungsi Dan Faktor Kabupaten/Kota 2. Dewan Pendidikan 2. Lingkungan Masyarakat Kondisi Ideal Mendukung Mendukung Kondisi Nyata Mendukung Memadai 75% Kesiapan Siap Tidak √ √ √ KTSP MTS AL ISLAMIYAH TAJURHALANG 2009/2010 .2.

berupa mata pelajaran Muatan Lokal yang ditentukan oleh kebijakan Dinas Setempat dan kebutuhan sekolah. Keseluruhan jenis Program Pendidkan MTS Al Islamiyah terdiri dari Program Umum. Pendidikan Kejuruan. penghargaan terhadap hak-hak asasi manusia. meliputi 5 kelompok mata pelajaran sebagai berikut : No 1 Kelompok Mata Pelajaran Agama dan Akhlak Mulia Cakupan Kelompok mata pelajaran dan akhlak mulia dimaksudkan untuk membentuk peserta didik menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa. dan program Pilihan yang merupakan mata pelajaran unggulan yang menjadi ciri khas suatu daerah.BAB III STRUKTUR DAN MUATAN KURIKULUM MTS AL ISLAMIYAH Struktur Kurikulum Pada struktur Kurikulum Pendidikan Dasar dan Menengah berisi sejumlah mata pelajaran yang harus disampaikan kepada peserta didik. Mengingat adanya perbedaan bakat. 2 Kewarganegaraan dan Kepribadian KTSP MTS AL ISLAMIYAH TAJURHALANG 2009/2010 . meliputi sejumlah mata pelajaran yang wajib diikuti oleh seluruh peserta didik. budi pekerti atau moral sebagai perwujudan dari pendidikan agama Kelompok mata pelajaran Kewarganegaraan dan Kepribadian dimaksudkan untuk peningkatan kesadaran dan wawasan peserta didik akan status hak dan kewajibannya dalam kehidupan bermasyarakat. Struktur dan muatan KTSP pada jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah yang tertuang dalam Standar Isi yang menjadi pedoman KTSP MTS Al Islamiyah . maka sudah barang tentu keluasan atau kedalaman pengetahuan akan sangat berpengaruh terhadap peserta didik pada setiap satuan pendidikan. Program pendidikan terdiri dari Pendidikan Umum. Akhlak mulia mencakup etika. Program Pendidikan di Sekolah ini jumlah jam pelajaran adalah 44 jam setiap minggu. Setiap jam memiliki durasi 40 menit. berbangsa dan bernegara serta peningkatan kualitas dirinya sebagai manusia. serta berakhlak mulia. minat atau sifat yang terdapat pada individu. dan Pendidikan Khusus. jiwa dan patriotisme bela negara. Kesadaran dan wawasan termasuk wawasan kebangsaan.

kolusi dan nepotisme.No Kelompok Mata Pelajaran 3 Ilmu Pengetahuan dan Teknologi 4 Estetika 5 Jasmani. Struktur kurikulum MTS Al Islamiyah merujuk pada: 1. Olahraga dan Kesehatan meliputi pelajaran Jasmani. Matematika. dimaksudkan untuk meningkatkan potensi fisik serta membudayakan sikap sportifitas dan kesadaran hidup sehat Adapun pengelompokan mata pelajaran selengkapnya adalah sebagai berikut: 1. Permendiknas No. maupun dalam kehidupan kemasyarakatan sehingga mampu menciptakan kebersamaan yang harmonis Kelompok mata pelajaran jasmani. kreatif dan mandiri. tanggung jawab sosial. sikap serta perilaku anti korupsi. Bahasa Inggris. Kelompok mata pelajaran Kewarganegaraan dan Kepribadian meliputi mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. ketaatan pada hukum. dan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Kelompok mata pelajaran Jasmani. Kelompok mata pelajaran estetika dimaksudkan untuk meningkatkan sensitifitas. 3. Aqidah Akhlak. Fiqih. IPA. Kelompok mata pelajaran Agama dan akhlak mulia meliputi Pendidikan Agama Islam (Al Qur’an dan Hadits. Olahraga dan Kesehatan. 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar Dan Menengah. Kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi.meliputi Seni Budaya dan Bahasa Daerah. 2. Sejarah Kebudayaan Islam. kesetaraan gender. pelestarian lingkungan hidup. 23 Tahun 2006 Tentang Standar Kompetensi Lulusan Untuk Satuan KTSP MTS AL ISLAMIYAH TAJURHALANG 2009/2010 . IPS. olah raga dan kesehatan pada SMP/ MTs atau SMPLB. sehingga mampu menikmati dan mensyukuri hidup. kemampuan mengekspresikan dan kemampuan mengapresiasi dan mengeksopresikan keindahan serta harmoni kehidupan individual. Kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi pada SMP/ MTs atau SMPLB dimaksudkan untuk memperoleh kompetensi dasar ilmu pengetahuan dan teknologi serta membudayakan berpikir ilmiah serta kritis. ketaatan membayar pajak. Kelompok mata pelajaran Estetika. demokrasi. Olahraga dan Kesehatan Cakupan kemajemukan bangsa. Permendiknas No. 5. dan Bahasa Arab) 2. 4. meliputi Bahasa Indonesia.

Bimbingan Konseling ( Melalui Pend. Keputusan Gubernur Jawa Barat No. Permenag No. Matematika 4 4 4 6. Muatan Lokal: 1. 23 Tahun 2006. Permendiknas No. Mata Pelajaraan: 1. Fiqih 2 2 2 d. BK ) 2 2 2 2. Bahasa Inggris 4 4 4 5. 3. Ekstrakurikuler *)  Kepramukaan Jumlah 44 44 44 *) dilaksanakan sebagai ekstrakurikuler dengan lama waktu ekuivalen 2 jam pembelajaran KTSP MTS AL ISLAMIYAH TAJURHALANG 2009/2010 . Baca Tulis Al Qur’an 2 2 2 C. 423. Bahasa Indonesia 4 4 4 4. Seni Budaya 2 2 2 2 2 2 9. 4. Ilmu Pengetahuan Sosial 4 4 4 8. Ilmu Pengetahuan Alam 4 4 4 7. Al-Qur’an Hadis 2 2 2 b. 24 Tahun 2006 Tentang Pelaksanaan Permendiknas No. Pendidikan Agama: a. Pendidikan Kewarganegaraan 2 2 2 3. Pendidikan Jasmani. maka struktur kurikulum MTS Al Islamiyah sebagai berikut: Kelas dan Alokasi Waktu VII VIII IX Komponen A. Sejarah Kebudayaan Islam 2 2 2 e. Bahasa Arab 2 2 2 2.674-Disdik/2006 Tentang Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar serta Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Mata Pelajaran Bahasa dan Sastra Sunda. Bahasa Sunda 2 2 2 2. 22 Tahun 2006 dan Permendiknas No. Teknologi Informasi dan Komunikasi 2 2 2 B. Aqidah Akhlak 2 2 2 c. Olahraga dan Kesehatan 10. Serta dengan mempertimbangkan Visi dan Misi MTS Al Islamiyah dan sesuai dengan kemampuan madrasah.5/Kep.Pendidikan Dasar Dan Menengah. 2 Tahun 2008 Tentang Tentang Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar serta Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) 5. Pengembangan Diri 1.

Pendidikan Agama Pelajaran agama yang diajarkan kepada siswa yaitu agama Islam. pengamalan. penghayatan. 3) Fikih Tujuan : • Mengetahui dan memahami pokok-pokok hukum Islam dalam mengatur ketentuan dan tata cara menjalankan hubungan manusia dengan Allah yang diatur dalam fikih ibadah dan hubungan manusia dengan sesama yang diatur dalam fikih muamalah. baik dalam kehidupan individu maupun sosial. serta pengalaman peserta didik tentang akidah Islam sehingga menjadi manusia muslim yang terus berkembang keimanan dan ketakwaannya kepada Allah SWT. 2) Akidah Akhlak Tujuan : • Menumbuhkembangkan akidah melalui pemberian. yang meliputi: 1) Al Qur. • Mewujudkan manusia Indonesia yang berakhlak mulia dan menghindari akhlak tercela dalam kehidupan sehari-hari. Pengalaman tersebut diharapkan menumbuhkan ketaatan menjalankan hukum Islam. disiplin dan tanggung jawab sosial yang tinggi dalam kehidupan pribadi maupun sosial. dan pengembangan pengetahuan. • Melaksanakan dan mengamalkan ketentuan hukum Islam dengan benar dalam melaksanakan ibadah kepada Allah dan ibadah sosial. Muatan Kurikulum 1. KTSP MTS AL ISLAMIYAH TAJURHALANG 2009/2010 . menerapkan hukum bacaan tajwid serta isi kandungan surat/ayat dalam suratsurat pendek yang mereka baca. sebagai manifestasi dari ajaran dan nilai-nilai akidah Islam. Mata Pelajaran a. Membekali siswa dengan dalil-dalil yang terdapat dalam al-Qur'an dan Meningkatkan kekhusyukan siswa dalam beribadah terlebih salat. dengan hadis sebagai pedoman dalam menyikapi dan menghadapi kehidupan. pembiasaan.B.am dan Hadits Tujuan : • • • Meningkatkan kecintaan siswa terhadap al-Qur'an dan hadis. pemupukan.

masa kini. meneladani tokoh-tokoh berprestasi. • Menumbuhkan kesadaran tentang pentingnya bahasa Arab sebagai salah satu bahasa asing untuk menjadi alat utama belajar. ekonomi. dan menulis (kitabah). politik. peninggalan sejarah Islam sebagai bukti peradaban umat Islam di masa lampau. Dengan demikian. dan masa depan. yang mencakup empat kecakapan berbahasa. dan mengaitkannya dengan fenomena sosial. baik lisan maupun tulis. • Mengembangkan kemampuan peserta didik dalam mengambil ibrah dari peristiwa-peristiwa bersejarah (Islam). yakni menyimak (istima’). membaca (qira’ah). berbicara (kalam). KTSP MTS AL ISLAMIYAH TAJURHALANG 2009/2010 .4) Sejarah Kebudayaan Islam Tujuan : • Membangun kesadaran peserta didik tentang pentingnya mempelajari landasan ajaran. iptek dan seni. peserta didik diharapkan memiliki wawasan lintas budaya dan melibatkan diri dalam keragaman budaya b. Kewarganegaraan dan Kepribadian Tujuannya : • Memberikan pemahaman terhadap siswa tentang kesadaran hidup bermasyarakat. budaya. benar dengan didasarkan pada pendekatan ilmiah. khususnya dalam mengkaji sumber-sumber ajaran Islam. nilai-nilai dan norma-norma Islam yang telah dibangun oleh Rasulullah saw dalam rangka mengembangkan kebudayaan dan peradaban Islam. dan lain-lain untuk mengembangkan kebudayaan dan peradaban Islam. 5) Bahasa Arab Tujuan : • Mengembangkan kemampuan berkomunikasi dalam bahasa Arab. • • • Membangun kesadaran peserta didik tentang pentingnya waktu dan tempat Melatih daya kritis peserta didik untuk memahami fakta sejarah secara Menumbuhkan apresiasi dan penghargaan peserta didik terhadap yang merupakan sebuah proses dari masa lampau. • Mengembangkan pemahaman tentang saling keterkaitan antara bahasa dan budaya serta memperluas cakrawala budaya.

KTSP MTS AL ISLAMIYAH TAJURHALANG 2009/2010 .berbangsa dan bernegara dan menanamkan pentingnya rasa persatuaan dan kesatuan.

Ekonomi dan Sejarah. Ilmu Pengetahuan ALam Mata pelajaran ini meliputi dua ilmu yaitu Ilmu Fisika dan Ilmu Biologi. Mengembangkan sikap apresiatip terhadap karya seni rupa maupun seni musik. Ilmu Pengetahuan Sosial Mata pelajaran ini meliputi bidang pengetahuan sejarah. Seni Budaya Mata pelajaran ini meliputi bidang seni rupa. e. h. Tujuan • : Membeikan pengetahuan dan keterampilan kepada siswa dalam memahami dan menguasai dasar-dasar sains dalam rangka menunjang penguasaan IPTEK g. KTSP MTS AL ISLAMIYAH TAJURHALANG 2009/2010 . Bahasa Indonesia Tujuan • : Membina Keterampilan berbahasa secara lisan dan tertulis serta dapat menggunakan bahasa sebagai alat komunikasi dan sarana pemahaman terhadap IPTEK d. Matematika Tujuan • : Memberikan pemahaman logika dan kemampuan dasar matematika dalam rangka menunjang penguasaan IPTEK f. seni musik. dan berusaha mengembangkan kesadaran dalam hidup bermasyarakat serta memiliki keterampilan hidup secara mandiri.c. Bahasa Inggris Tujuan • : Membina keterampilan berbahasa dan berkomunikasi secara lisan dan tertulis untuk menghadapi perkembangan IPTEK dalam menyongsong era globalisasi. dengan mempprioritaskan Tujuan • : dua bidang yang disesuaikan dengan situasi sekolah maupun tenaga pengajar. Jadi yang diajarkan adalah seni rupa dan seni musik. serta melatih siswa untuk berani berkreasi atau berkarya seni sesuai dengan kebudayaan Indonesia. seni tari dan seni teater. Tujuan • : Memberikan pemahaman tentang pengetahuan Sosio Cultural masyarakat yang majemuk.

. KTSP MTS AL ISLAMIYAH TAJURHALANG 2009/2010 . dan IX. dalam rangka menunjang penguasaan IPTEK menuju era globalisasi. meningkatkan semangat hidup melalui kegiatan yang berkaitan dengan kebugaran dan keterampilan dalam berolahraga. berbicara. pengolahan data dan penugasan proyek pada media Komputer. sehingga harus menjadi mata pelajaran mandiri. 2. Mulok juga merupakan suatu pelajaran. Berdasarkan SK gubernur Jawa Barat. setiap sekolah diberikan keleluasaan dalam menentukan mulok tambahan selain mulok yang merupakan ciri khas dari daerah Jawa Barat selama tidak melebihi beban belajar maksimal. yang materi di dalamnya tidak sesuai menjadi bagian dari mata pelajaran lain karena terlalu banyak. menanamkan sikap sportifitas. sehingga sekolah harus mengembangkan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasarnya. khusus untuk MTS Al Islamiyah kelas VII. Muatan Lokal Muatan Lokal merupakan kegiatan kurikuler untuk mengembangkan kompetensi yang disesuaikan dengan ciri khas dan potensi daerah. membaca.i. Bahasa Sunda Mata pelajaran ini adalah Muatan Lokal yang merupakan ciri khas dari daerah Jawa Barat. Dengan adanya aturan tersebut MTS Al Islamiyah menentukan mulok sebagai berikut: a. Bahasa Sunda bermuatan 2 jam pelajaran Tujuan: • Mengembangkan kemampuan dan ketrampilan dasar yang meliputi menyimak. yang wajib diikuti oleh seluruh siswa pada Tingkat Pendidikan Dasar. Teknologi Informasi dan Komunikasi Mata pelajaran ini menitik beratkan pada etika pemanfaatan. VIII. termasuk keunggulan dari daerah. Pendidikan Jasmani. dan menulis dengan menggunakan tata bahasa yang baik dan benar. Tujuan • : Memberikan pengetahuan dan keterampilan di bidang teknologi informasi komunikasi khususnya Komputer. tanggungjawab dan disiplin serta meningkatkan rasa percaya diri pada siswa. j. Olahraga dan Kesehatan Tujuan : • Menanamkan kebiasaan hidup sehat.

3. Kegiatan pengembangan diri dilaksanakan di bawah bimbingan guru BK. bakat.b. atau tenaga pelatih diluar guru atas koordinator dari staf bidang kesiswaan. minat atau kemampuan setiap peserta didik yang disesuaikan dengan kondisi sekolah. MTS Al Islamiyah melaksanakan kegiatan pengembangan diri yang tercakup dalam berbagai kegiatan sebagai berikut : a. b. Kegiatan Pengembangan Diri Kegiatan pengembangan diri adalah kegiatan yang bertujuan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan dan mengekspresikan diri sesuai dengan kebutuhan. Baca Tulis Al Qur’an Tujuan : • Mengembangkan kemampuan siswa dalam membaca dan menulis Al-qur’an sesuai dengan tajwid dan makhroj yang benar. guru. Kegiatan Layanan Konseling Kegiatan layanan konseling yang dilaksanakan meliputi : 1) Layanan bimbingan belajar 2) Layanan bimbingan perorangan 3) Layanan bimbingan kelompok 4) Layanan bimbingan karir Tujuan: • • • • Untuk membantu siswa dalam mengatasi masalah belajar yang dihadapi Membantu mengatasi masalah kehidupan sosial siswa Membantu dalam pemilihan jenjang pendidikan yang lebih tinggi Membantu siswa dalam pengembangan karir atau bakat yang dimiliki. Kepramukaan Tujuan : • • • • • • Sebagai wahana untuk berlatih berorganisasi Melatih siswa untuk terampil dan mandiri Melatih siswa untuk dapat mempertahankan hidup dalam keadaan apapun Melatih siswa untuk senantiasa memiliki kepekaan jiwa social yang tinggi Melatih siswa untuk dapat memiliki sikap kerjasama yang tinggi orang lain Melatih siswa untuk dapat menyelesaikan masalah dengan cepat dan tepat KTSP MTS AL ISLAMIYAH TAJURHALANG 2009/2010 .

Kegiatan Pengembangan diri diberikan di luar jam pembelajaran pokok.30 15 menit pada jam pertama 09. Yaitu pada Kegiatan Ekstrakurikuler dan Kegiatan khusus Pelayanan Bimbingan dan dibina langsung oleh guru-guru yang memiliki kualifikasi yang baik. d. dalam bentuk kualitatif sebagai berikut : Katagori A B C D Sangat Baik Baik Cukup Kurang Keterangan KTSP MTS AL ISLAMIYAH TAJURHALANG 2009/2010 . tauhid dll. Penilaian Kegiatan pengembangan diri dinilai dan dilaporkan secara berkala kepada kepala Sekolah dan Orang tua.c. Kegiatan No 1 2 3 4 Jenis Kegiatan Pelayanan Bimbingan dan Konseling Kepramukaan Pembiasaan Bina Akademik Hari Senin s. Ujian Sekolah dan Ujian Nasional. Sedangkan kelas IX diberikan materi bina akademik untuk menghadapi kegiatankegiatan yang berkaitan dengan Ulangan Semester.d Sabtu Sabtu Senin s..30 15. Pembiasaan Kegiatan pembiasaan yang dilakukan setiap hari oleh para siswa dan guru adalah melaksanakan Tadarus Al-quran bagi yang beragama Islam.00 – 11. Kegiatan Rohani Islam Kegitan yang memberikan tuntunan ajaran-ajaran Islam secara mendalam yang mencakup membaca Al-quran/ belajar Iqro bagi yang belum bisa membaca dalam rangka upaya pemberantasan buta Al-qur’an serta penanaman aqidah . dipandu langsung oleh guru mata pelajaran jam pertama.30 – 16. Sabtu Waktu 13:30 – 16.d. Mekanisme pelaksanan kegiatan pengembangan diri a.00 c.d Sabtu Senin s. b. berdasarkan surat keputusan Kepala Madrasah. d. Kegitan yang berlangsung selama 15 menit menjelang KBM dimulai. Alokasi Waktu Untuk kegiatan Ekstra Kurikuler kelas VII dan VIII diberikan 2 jam Pelajaran ( ekuivalen 2 x 40 menit ).

d 36 32 s. Ketuntasan Belajar Ketuntasan belajar setiap mata pelajaran yang dikembangkan sebagai suatu pencapaian hasil belajar dari suatu kompetensi dasar. Hal ini sesuai dengan yang tercantum pada struktur kurikulum MTS Al Islamiyah .5 s. VIII. IX. tugas di rumah adalah ½ dari 80 menit = 40 menit c.1584 1408 . dengan mempertimbangkan tingkat kemampuan rata-rata peserta didik. Contoh : Aqidah Akhlak. tingkat esensial dari masing-masing KD mata pelajaran. dimana pemanfaatan alokasi waktu harus memperhitungkan dan mempertimbangkan peserta didik dalam mencapai kompetensi. Pengaturan Beban Belajar Beban belajar menggunakan sistem paket dengan beban belajar maksimal 44 jam pelajaran per minggu. kompleksitas tiap-tiap mata pelajaran serta kemampuan sumber daya pendukung dalam penyelenggaraan kegiatan pembelajaran. Alokasi waktu untuk penugasan terstruktur dan kegiatan mandiri tidak berstruktur adalah 50 % dari kegiatan tatap muka mata pelajaran yang bersangkutan. adapun kriteria idealnya adalah 75.d 36 Waktu pembelajaran/ jam/ tahun 1408 . untuk kelas VII. sebagaimana rincian berikut : a.4. Jam pembelajaran untuk setiap mata pelajaran pada sistem paket dialokasikan sebagaimana tertera dalam struktur kurikulum.d 36 32 s.1584 berarti beban 5. MTS Al Islamiyah menambah 2 jam pelajaran untuk memberikan program bimbingan secara klasikal oleh guru BK. Oleh karena itu MTS Al Islamiyah menentukan Kriteria Ketuntasan Minimal sebagai target pencapaian kompetensi ( TPK ). berkisar antara 67. 100. b. dilakukan secara fleksibel dengan jumlah beban belajar yang tetap. Berikut adalah rincian waktu yang diperlukan dalam satu tahun ajaran 2009/2010 : Kelas VII VIII IX Satu jam pembelajaran tatap muka/ menit 40 40 40 Jumlah jam pembelajaran/minggu 44 44 44 Minggu efektif/ tahun ajaran 32 s. Pengaturan alokasi waktu untuk setiap mata pelajaran yang terdapat pada semester ganjil dan genap dalam satu tahun ajaran. Alokasi waktu untuk praktek adalah 2 jam pelajaran praktik di luar kelas setara dengan 1 jam tatap muka di kelas. Jadi penugasan atau PR harus diperhitungkan waktu pengerjaannya yaitu ½ Kali jam pelajaran di sekolah. KTSP MTS AL ISLAMIYAH TAJURHALANG 2009/2010 .d.1584 1408 . Satu jam pelajaran 40 menit. jumlah per minggu adalah 2 jam pelajaran.

Menyusun Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) c. Kegiatan Remedial dapat dilakukan maksimal tiga kali. 3. Kriteria Ketuntasan Minimal Tahun Pelajaran 2009-2010 Komponen 1. Melaksanakan Analisa Hasil Ulangan g. Bagi peserta didik yang belum mencapai nilai lebih besar atau sama dengan KKM. dapat mengikuti program pengayaan atau Enrichment atau tingkat diatasnya lagi yaitu mengikuti program percepatan atau Acclerated. hingga siswa mencapai ketuntasan belajar yang dipersyaratkan. Langkah-langkah dalam pencapaian ketuntasan belajar adalah sebagai berikut: a. Al-Qur’an Hadis Aqidah Akhlak Fiqih Sejarah Kebudayaan Islam Bahasa Arab Pendidikan Kewarganegaraan Bahasa Indonesia KKM VII 71 71 VIII 71 71 IX 71 72 73 69 68 69 KTSP MTS AL ISLAMIYAH TAJURHALANG 2009/2010 . Sedangkan bagi siswa yang sudah mencapai kriteria ketuntasan minimal. Menyusun Program Tahunan dan Program Semester b. 2. Melaksanakan Program e. Tahun Pelajaran 2009/2010. dengan didahului pembelajaran ulang tentang materi yang belum dikuasai. 4. 6. Mengadakan Remedial Pelaksanaan remedial dapat dilakukan berulang kali sesuai indikator mana yang belum tercapai oleh siswa yang bersangkutan. Memyusun Rancana Program Pembelajaran (RPP) d. 7.Sekolah secara bertahap dan berkelanjutan akan selalu berupaya meningkatkan kriteria ketuntasan minimal ( KKM ) untuk mencapai kriteria ketuntasan ideal. Melaksanakan Evaluasi f. akan diberikan kesempatan remedial. 5. Berikut ini adalah tabel Kriteria Ketuntasan Minimal yang menjadi target pencapaian kompetensi ( TPK ) di MTS Al Islamiyah .

MTS Al Islamiyah menyusun program evaluasi yang disesuaikan dengan tujuan diadakannya evaluasi. Pelaksanaan evaluasi dibagi dalam beberapa tahapan evaluasi antara lain: 1) Ulangan Harian Ulangan harian diselenggarakan setiap selesai proses pembelajaran dalam satuan bahasan atau kompetensi tertentu. Seni Budaya 13. Minimal dilaksanakan tiga kali dalam setiap semester. Matematika 10. Ilmu Pengetahuan Alam 11. Evaluasi KKM VII 64 72 64 VIII 64 72 65 Minimal Baik 66 IX 65 Evaluasi dilakukan dalam rangka pengendalian mutu pendidikan secara nasional sebagai bentuk akuntabilitas penyelenggaraan pendidikan kepada pihak-pihak yang berkepentingan. Bahasa Inggris 9. Olah Raga dan Kesehatan 14. Pelaksanaan ulangan harian diserahkan kepada masing-masing guru mata pelajaran. Pendidikan Jasmani. Bahasa Sunda 16. Tujuan evaluasi adalah untuk : 1) Mengetahui tingkat kemampuan peserta didik 2) Mengukur pertumbuhan dan perkembangan peserta didik 3) Mendiagnostis kesulitan belajar peserta didik 4) Mengetahui hasil pengajaran 5) Mengetahui hasil belajar 6) Mengetahui pencapaian kurikulum 7) Mendorong guru untuk memperbaiki metode mengajar yang telah dilaksanakan. Pengembangan Diri 6. Ketrampilan/Teknologi Informasi dan Komunikasi 15.Komponen 8. indikator yang diharapkan. Ilmu Pengetahuan Sosial 12. serta benchmarking. KTSP MTS AL ISLAMIYAH TAJURHALANG 2009/2010 . Baca Tulis Alqur’an 17.

Bahan ulangan semester ganjil diambil dari materi-materi semester ganjil. 3) Ulangan Semester Ulangan semester dilaksanakan untuk mengevaluasi penguasaan kompetensi siswa setelah mengikuti proses belajar semester ganjil. Sedangkan bagi para siswa yang memperoleh hasil belajar di atas KKM tiap-tiap Kompetensi Dasar. Pelaksanaan ulangan semester dilasanakan pada akhir semester ganjil/genap. Dilakukan setelah selesai proses pembelajaran satu pokok bahasan tertentu. berbentuk penugasan dan atau pengulangan/tambahan materi pelajaran. Pengolahan Nilai Raport Nilai ulangan harian (UH) bobotnya harus lebih besar dari pada ulangan tengah semester (UTS) dan ulangan akhir semester (UAS). Perbaikan diberikan kepada siswa yang memperoleh hasil belajar di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal belajar baik KKM tiap-tiap Kompetensi Dasar (KD) dan atau KKM tiap-tiap mata pelajaran. Nilai UH untuk aspek KTSP MTS AL ISLAMIYAH TAJURHALANG 2009/2010 . 7. Tindak Lanjut Perbaikan dan Pengayaan Ada dua tindakan bagi para siswa setelah mereka telah menyelesaikan proses belajar dan evaluasi yaitu : perbaikan dan pengayaan. Pelaksanaan perbaikan bagi siswa yang memiliki hasil belajar di bawah KKM tiap-tiap KD diberikan setelah mereka melaksanakan Ulangan Blok dan bagi siswa yang memperoleh hasil belajar di bawah KKM mata pelajaran diberikan setelah mereka memperoleh hasil belajar akhir semester untuk semester ganjil serta untuk semester genap sebelum penetapan kenaikan kelas. Pelaksanaan remedial dan pengayaan tersusun dalam program belajar mengajar oleh guru masing-masing mata pelajaran. 8.2) Ulangan Mid Semester Ulangan Mid Semester dilaksanakan untuk mengetahui standar kompetensi yang telah dikuasai oleh siswa. Diselenggarakan sesuai dengan kalender pendidikan. Kenaikan Kelas dan Kelulusan a. maka mereka diberikan program pengayaan untuk lebih mendalami materi dan esensi tiap-tiap Kompetensi Dasar masing-masing mata pelajaran. Pelaksanaan ulangan Mid Semester diserahkan pada masing-masing guru mata pelajaran dan disesuaikan dengan standar kompetensi yang harus dicapai siswa.

4) Ketidakhadiran tanpa ijin lebih dari 5% dari jumlah hadir efektif. 3) Karena alasan yang kuat. 2) Tidak terdapat nilai dibawah KKM pada lebih dari 2 (dua) mata pelajaran pada semester yang diikuti. dan kerapian. kelompok mata pelajaran estetika. baik tertulis maupun lisan sebesar 70 % ditambah rata-rata tugas sebesar 30 %. c. yang menyatakan bahwa Peserta didik dinyatakan lulus dari satuan pendidikan. ∑UH x3 +UTS 5 + US b. Kenaikan Kelas Kenaikan kelas dilaksanakan pada setiap akhir tahun pelajaran. kelakuan. misalnya gangguan kesehatan fisik. emosi. olahraga dan kesehatan. kelompok kewarganegaraan dan kepribadian. Kelulusan Siswa Dengan mengacu kepada ketentuan PP 19/2005 Pasal 72 ayat 1. setelah memenuhi persyaratan sebagai berikut : • • Siswa menyelesaikan seluruh program pembelajaran Siswa memperoleh nilai minimal baik tentang kelompok mata pelajaran agama akhlak dan budi pekerti. Kriteria kenaikan kelas untuk siswa MTS Al Islamiyah diatur sebagai berikut : Peserta didik dinyatakan naik kelas apabila memenuhi syarat sebagai berikut: 1) Menyelesaikan seluruh program pembelajaran pada dua semester di kelas yang diikuti. 4) Jumlah ketidakhadiran (absen) maksimal 5% dari jumlah hari efektif. observasi. KTSP MTS AL ISLAMIYAH TAJURHALANG 2009/2010 . Peserta didik dinyatakan mengulang dijenjang kelas yang sama apabila: 1) Memiliki nilai dibawah KKM pada lebih dari 3 mata pelajaran. 3) Memiliki nilai minimal baik untuk aspek kepribadian. Formula untuk menetapkan nilai raport: untuk aspek yang lainnya disesuaikan dengan karakteristik mata pelajaran melalui pengamatan. 5) Mendapat persetujuan Dewan Guru dalam rapat pleno kenaikan kelas. dan mental sehingga tidak mungkin berhasil dibantu mencapai kompetensi yang ditargetkan. dan kelompok mata pelajaran jasmani. 2) Kepribadian dan pengembangan diri kurang dari cukup. Sedangkan maupun unjuk kerja dan lainnya.pemahaman konsep diperoleh dari nilai tes.

Formula untuk menetapkan kelulusan: NK = A+ B +C 3 NK A B C NK >= 85 NK < 75 = Nilai Kelulusan = Rata-rata nilai raport semester 1 s. • • • • Lulus ujian nasioanl yang diselenggarakan Depdiknas. dengan nilai rata-rata minimal 60 dan nilai minimal setiap mata pelajaran 60 atau mengikuti ketentuan dari Depdiknas Ujian sekolah dibuat oleh sekolah masing-masing dengan kisi-kisi yang telah ditentukan dari Dinas Pendidikan Dasar.d. kecakapan akademik dan/atau kecakapan vokasional. yang mencakup kecakapan pribadi.• Lulus ujian madrasah untuk kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi. Kurikulum untuk SMP/Madrasah dapat memasukkan pendidikan kecakapan hidup. semester 6 = Rata-rata nilai Ujian Madrasah = Rata-Rata nilai Ujian Nasional = A (Sangat Baik) = C (Cukup) Predikat kelulusan berdasarkan kategori sebagai berikut: 75 >= NK >85 = B (Baik) 9. dengan nilai yang telah ditentukan oleh Depdiknas untuk semua mata pelajaran yang diujikan. Pendidikan Kecakapan Hidup (Life Skill) Kecakapan hidup adalah kecakapan yang dimiliki seseorang untuk berani menghadapi problema hidup dan kehidupan dengan wajar tanpa merasa tertekan. Ketentuan tersebut di atas dapat mengalami perubahan. kecakapan sosial. Meliputi beberapa hal yaitu : a. KTSP MTS AL ISLAMIYAH TAJURHALANG 2009/2010 . jika ada peraturan pemerintah yang baru. Memiliki nilai rata-rata minimal 65 untuk seluruh mata pelajaran yang diujikan (Ujian Nasional dan Ujian Madrasah) Siswa dinyatakan tidak lulus jika salah satu kriteria diatas tidak dapat dipenuhi. kemudian secara proaktif dan kreatif mencari serta menemukan solusi sehingga akhirnya mampu mengatasinya.

SADAR AKAN POTENSI DIRI maka kita perlu: MEMILIH c. maka kita perlu: TOLERAN. mengambil keputusan. 3) Kecakapan sosial. KERJA KERAS DSB. b. SALING MENGHORMATI. merumuskan hipotesis. Materi dan bahan ajar yang mengandung kecakapan vokasional terdapat pada jenis mata pelajaran keterampilan atau muatan lokal KTSP MTS AL ISLAMIYAH TAJURHALANG 2009/2010 . Dalam kegiatan pembelajaran perlu dilatihkan kecakapan hidup. memecahkan masalah. SADAR SBG MAKHLUK LINGKUNGAN maka kita perlu: MEMELIHARA DAN MEMANFAATKAN LINGKUNGAN DG ARIF. Pendidikan kecakapan hidup dapat diperoleh peserta didik dari satuan pendidikan yang bersangkutan dan/atau dari satuan pendidikan formal lain dan/atau nonformal. 4) Kecakapan akademik. meningkatkan potensi fisik. SADAR SEBAGAI MAKHLUK SOSIAL. 5) Kecakapan vokasional : keterampilan yang terkait dengan bidang pekerjaan/kejuruan (misalnya menjahit. keterampilan menguasai teknologi informasi dan komunikasi. Pendidikan kecakapan hidup dapat merupakan bagian integral dari pendidikan semua mata pelajaran dan/atau berupa paket/modul yang direncanakan secara khusus. otomotif). yang terdiri dari kesadaran diri. GOTONG ROYONG d. berinteraksi dalam masyarakat. membudayakan sikap disiplin. membudayakan sikap hidup sehat. meliputi : Kecakapan bekerjasama. DISIPLIN. maka kita perlu: IBADAH. mengidentifikasi variabel. keterampilan bekerja. membudayakan sikap sportif. JUJUR. atau jenis keterampilan yang dapat memberikan jiwa wiraswasta atau bekal untuk hidup siswa yang meliputi : 1) Kecakapan personal. berinteraksi dalam budaya loka dan global. 2) Kecakapan berpikir rasional : menggali informasi. SADAR SEBAGAI MAKHLUK TUHAN. kecakapan sosial dan kecakapan akademik terintegrasi dalam mata pelajaran. keterampilan kewirausahawan. menunjukkan tanggung jawab sosial. mengolah informasi. dan keterampilan merangkai alat. c. menghubungkan variabel. meliputi : a.b. merencanakan dan melakukan penelitian Materi atau bahan ajar yang mengandung kecakapan personal. mengendalikan emosi.

misalnya : a. Pendidikan berbasis keunggulan lokal dan global dapat merupakan bagian dari semua mata pelajaran dan juga dapat menjadi mata pelajaran muatan lokal. Pada mata pelajaran Bahasa Inggris. d. ekologi. Kurikulum untuk semua tingkat satuan pendidikan dapat memasukkan pendidikan berbasis keunggulan lokal dan global. apalagi pada masa era globalisasi mendatang d. teknologi informasi dan komunikasi. Pada mata pelajaran Bahasa Arab. c. bahasa. baik dalam keuangan. e. menghitung besarnya modal usaha. siwa mampu berkomunikasi dengan menggunakan bahasa Inggris dengan baik. siswa memiliki keterampilan dan mampu mengoperasikan komputer dan jaringan internet dan pada masa mendatang 10. Pendidikan berbasis keunggulan lokal dapat diperoleh peserta didik dari satuan pendidikan formal lain dan/atau satuan pendidikan nonformal. Pendidikan berbasis keunggulan lokal dan global adalah pendidikan yang memanfaatkan keunggulan lokal dan kebutuhan daya saing global dalam yang semuanya bermanfaat bagi pengembangan kompetensi peserta didik. KTSP MTS AL ISLAMIYAH TAJURHALANG 2009/2010 .Pelaksanaan Pendidikan Kecakapan Hidup di MTS Al Islamiyah adalah : 1) Bentuk kecakapan hidup yang terintegrasi dalam mata pelajaran. berpuisi atau sastrawan yang berprosa yang nantinya siswa dapat menjadi wartawan atau profesional. b. Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal MTS Al Islamiyah adalah Pramuka aspek ekonomi. dan lain-lain. seperti pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). budaya. keuntungan dan besarnya penjualan barang. c. Pada mata pelajaran bahasa Indonesia. dan lain-lain. 2) Bentuk kecakapan hidup yang terintegrasi pada mata pelajaran keterampilan. b. siswa dapat mengarang. siswa mampu menghitung berbagai bentuk kegiatan usaha. Pada pelajaran matematika. apalagi pada masa era globalisasi mendatang. siwa mampu berkomunikasi dengan menggunakan bahasa Arab dengan baik. Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal dan Global a.

waktu libur dapat berbentuk jeda tengah semester. waktu libur adalah waktu yang ditetapkan untuk tidak diadakan kegiatan pembelajaran terjadwal. Kalender pendidikan mencakup permulaan tahun ajaran. serta ketentuan dari pemerintah/pemerintah daerah. Beberapa aspek penting yang menjadi pertimbangan dalam menyusun kalender pendidikan sebagai berikut: a. Pengaturan waktu belajar di sekolah/madrasah mengacu kepada Standar Isi dan disesuaikan dengan kebutuhan daerah. permulaan tahun pelajaran adalah waktu dimulainya kegiatan pembelajaran pada awal tahun pelajaran pada setiap satuan pendidikan. Permulaan tahun pelajaran telah ditetapkan oleh Pemerintah yaitu bulan Juli setiap tahun dan berakhir pada bulan Juni tahun berikutnya. dan/atau organisasi penyelenggara pendidikan dapat menetapkan hari libur khusus. hari libur keagamaan. minggu efektif belajar.BAB IV KALENDER PENDIDIKAN MTS AL ISLAMIYAH Kalender pendidikan adalah pengaturan waktu untuk kegiatan pembelajaran peserta didik selama satu tahun ajaran. karakteristik sekolah/madrasah. minggu efektif belajar. waktu pembelajaran efektif adalah jumlah jam pembelajaran setiap minggu. Setiap permulaan tahun pelajaran. waktu pembelajaran efektif dan hari libur. e. c. KTSP MTS AL ISLAMIYAH TAJURHALANG 2009/2010 . tim penyusun program di sekolah menyusun kalender pendidikan untuk mengatur waktu kegiatan pembelajaran selama satu tahun ajaran yang mencakup permulaan tahun pelajaran. kebutuhan peserta didik dan masyarakat. b. dan/atau Menteri Agama dalam hal yang terkait dengan hari raya keagamaan. Kepala Daerah tingkat Kabupaten/Kota. minggu efektif belajar adalah jumlah minggu kegiatan pembelajaran untuk setiap tahun pelajaran. meliputi jumlah jam pembelajaran untuk seluruh matapelajaran termasuk muatan lokal. dan hari libur khusus. ditambah jumlah jam untuk kegiatan pengembangan diri. Sekolah/madrasah dapat mengalokasikan lamanya minggu efektif belajar sesuai dengan keadaan dan kebutuhannya. Hari libur sekolah/madrasah ditetapkan berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan Nasional. hari libur umum termasuk hari-hari besar nasional. libur akhir tahun pelajaran. waktu pembelajaran efektif dan hari libur. d. jeda antar semester.

Kegiatan Pendidikan MTS Al Islamiyah No 1 2 3 4 5 6 Tanggal 2 . sekolah/madrasah-sekolah pada daerah tertentu yang memerlukan libur keagamaan lebih panjang dapat mengatur hari libur keagamaan sendiri tanpa mengurangi jumlah minggu efektif belajar dan waktu pembelajaran efektif. i. A. Masuk sekolah tahun pelajaran 2009/2010 b. h. jeda antarsemester.f. Persiapan perangkat pembelajaran b.6 Juli 2009 13 Juli 2009 14-16 Juli 2009 18 Juli 2009 20 Juli 2009 1 Agustus 2009 Kegiatan Penyusunan KTSP a. Persiapan MOPD siswa baru MOPD siswa baru Rapat dewan guru: a. B. g. Hari libur umum/nasional atau penetapan hari serentak untuk setiap jenjang dan jenis pendidikan disesuaikan dengan Peraturan Pemerintah Pusat/Provinsi/Kabupaten/Kota. Alokasi Waktu No Kegiatan 1 Minggu efektif belajar 2 3 4 5 6 7 8 Jeda Tengah Semester Jeda Antar semester Libur Akhir tahun Pelajaran Hari Libur Keagamaan Hari Libur Umum Hari Libur Khusus Kegiatan Khusus Sekolah Alokasi Waktu Minimum 34 minggu dan maksimum 38 minggu Maksimum 2 minggu Maksimum 2 minggu Maksimum 3 minggu 2 – 4 minggu Maksimum 2 minggu Maksimum 3 minggu Maksimum 3 minggu Keterangan Digunakan untuk pembelajaran efektif 1 minggu setiap semester Antar semester 1 dan 2 Digunakan untuk penyiapan kegiatan dan administrasi akhir dan awal pelajaran Disesuaikan dengan peraturan pemerintah Digunakan untuk acara perlombaan yang mengundang tamu dari luar. libur akhir tahun pelajaran digunakan untuk penyiapan kegiatan dan administrasi akhir dan awal tahun. libur jeda tengah semester. Pembagian jam mengajar Libur IsroMi’roj Nabi Muhammad SAW Rapat orang tua murid KTSP MTS AL ISLAMIYAH TAJURHALANG 2009/2010 . bagi sekolah/madrasah yang memerlukan kegiatan khusus dapat mengalokasikan waktu secara khusus tanpa mengurangi jumlah minggu efektif belajar dan waktu pembelajaran efektif.

Koreski soal Ulangan Akhir Semester Ganjil oleh guru mata pelajaran untuk mata pelajaran yang telah diujikan Libur tahun baru Hijriayah (1 Muharam 1431) a. Penyerahan nilai dari panitia ke wali kelas Penulisan raport oleh wali kelas Libur Nasional (Natal) Pembagian raport semester ganjil Libur Semester Ganjil Masuk sekolah semester genap TUC I Ujian Nasional Rapat dewan guru persiapan Ulangan Tengah Semester Genap Penyusunan kisi-kisi dan soal Ulangan Tengah Semester 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 4 Oktober 2009 5-9 Oktober 2009 10 Oktober 2009 12-17 Oktober 2009 27 Nopember 2009 28 Nopember 2009 1-5 Desmber 2009 7 Desember 2009. Telaah kisi-kisi dan soal Ulangan Tengah Semester Ganjil oleh panitia c. Persiapan Ujian Nasional dan Ujian Madrasah Bedah SKL UN oleh guru mata pelajaran yang di-UN-kan Pendalaman materi Ujian Nasional dengan jadwal terprogram a.9 Mei 2010 14-22 Desmber 2009 18 Desmber 2009 23. Analisis soal Ulangan Akhir Semester Ganjil oleh guru mata pelajaran b. Penyerahan kisi-kisi dan soal Ulangan Tengah Semester Ganjil ke panitia b. Analisis soal Ulangan Tengah Semester Ganjil b. Pelaksanan Ulangan Tengah Semester Ganjil b. Penyusunan kisi-kisi dan soal Ulangan Tengah Semester Ganjil oleh guru mata pelajaran Idul Fitri 1430 H a.Desmber 2009 26 27 28 29 30 31 32 33 24-25 Desmber 2009 25 Desmber 2009 26 Desmber 2009 27 Desmber – 10 Januari 2010 11 Januari 2010 8-11 Pebruari 2010 6 Maret 2010 8-11 Maret 2010 KTSP MTS AL ISLAMIYAH TAJURHALANG 2009/2010 .No 7 8 9 10 11 12 13 14 Tanggal 14 Agustus 2009 17 Agustus 2009 18 Agustus 2009 20-22 Agustus 2009 12 September 2009 14-29 September 2009 21-22 September 2009 30 Oktober -3 Oktober 2009 Kegiatan Upacara hari Pramuka Upacara HUT RI Class meeting dalam rangka peringatan HUT RI Libur awal puasa Rapat dewan guru persiapan Ulangan Tengah Semester Ganjil a. Persiapan Ulangan Akhir Semester Ganjil b. Penyerahan nilai Ulangan Harian dan nilai Ulangan Tengah Semester Ganjil ke panitia Jeda tengah semester diisi dengan kegiatan remidial dan pengayakan Libur Idul Adha Rapat dewan guru: a. Penggandaan soal Ulangan Tengah Semester Ganjil Persiapan akhir Ulangan Tengah Semester Ganjil a. Penyerahan nilai dari guru mata pelajaran ke panitia c. Pelaksanaan Ulangan Akhir Semester Ganjil b. Libur Idul Fitri 1430 H b. Koreski soal Ulangan Tengah Semester Ganjil oleh guru mata pelajaran untuk mata pelajaran yang telah diujikan a.

Dengan minggu efektif belajar MTS Al Islamiyah sejumlah 36. Penandatangan raport oleh Kepala Madrasah Pembagian raport kenaikan kelas Libur semester genap *) Kalender pendidikan terlampir. Penyerahan nilai dari panitia ke wali kelas c. Koreski soal Ulangan Kenaikan Kelas oleh guru mata pelajaran untuk mata pelajaran yang telah diujikan Analisis soal Ulangan Kenaikan Kelas Penyerahan Nilai dari guru mata pelajaran ke panitia a. Dengan pengaturan kalender akademik diatas maka belajar efektif semester 1 adalah 116 hari dan semester 2 adalah 142 hari jumlah 258 hari atau 36. Koreski soal Ulangan Tengah Semester Genap oleh guru mata pelajaran untuk mata pelajaran yang telah diujikan Analisis Ulangan Tengah Semester Genap Jeda Tengah Semester diisi dengan remidial dan pengayakan TUC II Ujian Nasional Ujian Nasional (UN) Ujian Tertulis Madrasah (kelas IX) Ujian Praktik Madrasah (kelas IX) a.85 minggu efektif belajar. Rapat kenaikan kelas b.85 maka ketentuan minggu efektif belajar 34 minggu (Permendiknas No. Pelaksanaan Ulangan Kenaikan Kelas b. Penulisan raport oleh wali kelas b. Telaah kisi-kisi dan soal Ulangan Tengah Semester Genap oleh panitia c. Persiapan Penerimaan Siswa Baru 2010/2011 a. Penyerahan kisi-kisi dan soal Ulangan Tengah Semester Genap ke panitia b. Ulangan Tengah Semester Genap b.No 34 Tanggal 11-12 Maret 2010 35 36 37 38 39 40 41 42 43 44 45 46 47 48 49 13 Maret 2010 15-19 Maret 2010 20 Maret 2010 22-27 Maret 2010 12-15 April 2010 17-20 Mei 2010 24-29 Mei 2010 1-7 Juni 2010 14-21 Juni 2010 22 Juni 2010 23 Juni 2010 24 Juni 2010 25-27 Juni 2010 28 Juni 2010 27 Juni – 11 Juli 2010 Kegiatan Ganjil oleh guru mata pelajaran a. Penggandaan soal Ulangan Tengah Semester Genap Persiapan akhir Ulangan Tengah Semester Genap a. 22 Tahun 2006) terpenuhi KTSP MTS AL ISLAMIYAH TAJURHALANG 2009/2010 .

dan wali murid agar proses pembelajaran dapat berjalan dengan maksimal. MTS Al Islamiyah secara serempak akan melaksanakan KTSP untuk semua kelas.Ag NIP. khususnya para guru.BAB V PENUTUP Dengan telah selesainya penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) ini. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang kami susun ini telah memenuhi syarat sehingga seluruh kegiatan yang kami rencanakan dapat berjalan dengan lancar. Harapan kami. 150 123 399 KTSP MTS AL ISLAMIYAH TAJURHALANG 2009/2010 . 6 Juli 2009 Kepala MTs Al Islamiyah TATANG. peserta didik. M. Dengan demikian. Kami juga sangat mengharapkan dukungan dari semua pihak. maka MTS Al Islamiyah telah memiliki acuan untuk menyelenggarakan kegiatan pembelajaran pada tahun pelajaran 2009/2010. karyawan. Bogor. mulai tahun 2009/2010 ini. S. Semoga Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) ini dapat menjadi sarana bagi sekolah untuk meningkatkan kualitas peserta didik secara lahiriah maupun batiniah.

Catatan: KTSP MTS AL ISLAMIYAH TAJURHALANG 2009/2010 .