P. 1
Konsep AD & ART Organisasi UECU

Konsep AD & ART Organisasi UECU

|Views: 86|Likes:
Published by BAs Rib

More info:

Published by: BAs Rib on Jul 11, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/23/2012

pdf

text

original

AKTA PEMBENTUKAN

BERITA ACARA RAPAT KHUSUS PEMBENTUKAN
ANGGARAN DASAR DAN ANGGARAN RUMAH TANGGA

ANGGARAN DASAR

UNIÃO ESTUDANTES CREATIVO UATOLARI (UECU)
Pembukaan Bahwa sesungguhnya kesadaran dan kepedulian untuk memperbaiki sebuah peradapan adalah tugas dan tanggung jawab setiap manusia yang mengakui eksistensi dirinya dan penciptaNYA. Oleh sebab itu dengan konsep ini kami berusaha untuk selalu menjaga kesadaran dan menumbuhkan serta mengembangkan kepedulian demi terciptanya cita-cita diri, daerah, bangsa dan negara yang sampai saat ini masih menjadi impian kita semua. Kami meyakini bahwa melalui upaya yang tidak mengenal akhir dan kiprah yang tidak mengedepankan egosentris, cita-cita kami akan sampai pada tujuan yang didambakan oleh setiap pribadi untuk selalu mengikat tali persaudaraan keluarga Uatolari. Dan dengan modal tekad yang bulat dalam rangka meningkatkan kualitas SDM kami berhimpun dalam satu ikatan kreaktifitas pelajar Uatolari (UECU) untuk berkarya bersama demi ikatan persaudaraan bersama. BAB I KETENTUAN UMUM Pasal 1 Anggaran Dasar ini adalah pedoman dalam melaksanakan dan menjalankan roda organisasi dan selanjutnya diperjelas di Anggaran Rumah Tangga. BAB II NAMA, WAKTU, LAMBANG dan KEDUDUKAN Pasal 2 Nama Organisasi ini bernama “União Estudante Creactivo Uatolari” yang disingkat “(UECU)”. Pasal 3 Waktu 1. UECU didirikan di Malang pada hari Minggu, 23 Agustus 2009. 2. UECU berakhir sampai batas waktu yang tidak ditentukan.

Pasal 4 Lambang Lambang organisasi UECU di atur di Anggaran Rumah Tangga Organisasi. Pasal 5 Tempat Kedudukan UECU adalah organisasi kepemudaan pelajar Uatolari yang berkedudukan di Indonesia, dan dapat pula membuka cabang-cabang di negara-negara lain serta Timor Leste yang menjadi basis terfokusnya organisasi. BAB III ASAS, SIFAT, TUJUAN dan FUNGSI Pasal 6 Azas UECU berasas pada konstitusi RDTL Pasal 7 Sifat UECU bersifat Demokrasi berpihak pada kepentingan kreaktifitas pelajar Uatolari Pasal 8 Tujuan UECU bertujuan : 1. Membina daya organisasi untuk turut mengarahkan pendapat umum di kalangan kreaktifitas pelajar Uatolari. 2. Menciptakan suatu iklim organisasi yang demokratis dan kondusif. 3. Menumbuhkan rasa kesejahteraan kritis secara kolektif untuk memperjuangkan hak dan kesejahteraan kreaktifitas pelajar Uatolari. 4. Membentuk kreaktifitas pelajar Uatolari yang berwawasan luas, berfikir kritis, komunikatif dan dinamis. Pasal 9 Fungsi UECU berfungsi : 1. 2. 3. 4. Wahana pemberdayaan kreaktifitas pelajar Uatolari Wahana untuk menyalurkan aspirasi dan partisipasi kreaktifitas pelajar Uatolari Wahana pengembangan keilmuan dan kreaktifitas. Sarana komunikasi dan mempersatukan kreaktifitas pelajar Uatolari

BAB IV VISI DAN MISI Pasal 10 Visi Membangun dan memperdayakan kreatifitas pemuda pelajar Uatolari yang berkualitas, professional, proporsional, agresif dan tangguh agar mampu bersaing di dunia globalisasi Pasal 11 Misi Mempersatukan pelajar uatolari guna mewujudkan tali persaudaran dan perdamaian ditenggah masyarakat. Mencerdaskan dan menyadarkan pelajar uatolari menjadi insan yang bertanggungjawab atas pelaksanaan hak dan kewajibannya guna menuju kreativitas pelajar uatolari yang lebih berguna bagi bangsa dan negara. Memperjuangkan aspirasi terjuwudnya kecerdasan dan kreativitas pelajar uatolari secara konsisten dan konsekuen. Meningkatkan kualitas kreativitas pelajar uatolari yang berakhalak mulia, mandiri, terampil dan kritis terhadap linkungannya. Membangun pelajar uatolari yang kreatif dan koperatif. Mendorong partisipasi pelajar uatolari dalam penyelenggaraan pembangunan bangsa dan negara, dibidang masing-masing sebagai tindak kontribusi kreativitas pelajar uatolari. Mengembangkan kerja sama antara pelajar agar saling memberi pengalaman dalam hal pendidikan di segala bidang dan saling menghormati dalam rangka menciptakan perdamaian abadi. Menegakkan Etika dan prinsip moral guna memungkinkan seluruh pelajar uatolari untuk mendapatkan perlakuan yang sama dari lembaga-lembaga pendidikan. BAB V KEANGGOTAAN Pasal 12 Anggota UECU adalah seluruh Pelajar Uatolari yang aktif di organisasi União Estudantes Creativo Uatolari. BAB VI STRUKTUR ORGANISASI Pasal 13 Struktur organisasi UECU yaitu : 1. 2. Dewan Penasehat UECU. Pengurus UECU.

1. 2.

3. 4. 5. 6.

7.

8.

BAB VII GARIS-GARIS BESAR ORIENTASI Pasal 14 Pembangunan Kreativitas Pendidikan Program pembangunan jangka pendek, menengah dan jangka panjang tahap pertama dilandasi oleh : 1. Pembangunan pendidikan yang diarahkan untuk mewujudkan pemerataan kesempatan belajar bagi semua pelajar uatolari yang kreatif dalam suatu sistem pendidikan yang berorientasi kepada kebutuhan proses pembangunan Bangsa. 2. Pengembangan kreativitas pendidikan yang aktif BAB VIII KEUANGAN Pasal 15 Keuangan UECU : 1. 2. 3. 4. Angaran dana dari kepengurusan União Estudante Creativo Uatolari. Iuran wajib anggota. Sumbangan dana yang tidak mengikat/donatur. Usaha-usaha lain yang tidak bertentangan dengan AD/ART. BAB IX PERMUSYAWARATAN Pasal 16 a) b) c) Musyawarah Pelajar Uatolari (MUSPU). Musyawarah Luar Biasa (MLB). Musyawarah Kerja (MUSKER). BAB X PERUBAHAN ANGGARAN DASAR DAN PEMBUBARAN ORGANISASI Pasal 17 Perubahan Anggaran Dasar 1. Perubahan-perubahan pada Anggaran Dasar (AD) baik secara keseluruhan ataupun menyangkut bab dan pasal tertentu didalamnya dilakukan melalui Musyawarah Pelajar Uatolari (MUSPU).

2.

Perubahan-perubahan Anggaran Dasar (AD) dilakukan apabila disetujui oleh sekurangkurangnya 1/3 dari peserta Musyawarah Pelajar Uatolari (MUSPU). Pasal 18 Pembubaran Organisasi Pembubaran organisasi hanya dapat dilakukan oleh keputusan Musyawarah Pelajar Uatolari (MUSPU). BAB XI PENJABARAN, ATURAN TAMBAHAN dan PENGESAHAN AD Pasal 19 Penjabaran Penjabaran Anggaran Dasar (AD) dirumuskan dalam Anggaran Rumah Tangga (ART) dan aturan-aturan yang diperlukan. Pasal 20 Aturan Tambahan

1. Hal-hal yang belum termaksud dalam Anggaran Dasar ini, dibuat dalam aturan dan ketentuan tersendiri yang tidak bertentangan dengan Anggaran Dasar (AD) dan Anggaran Rumah Tangga (ART). 2. Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga merupakan satu kesatuan yang utuh dan tidak berdiri sendiri-sendiri. Pasal 21 Pengesahan Angaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga ini telah disahkan pada MUSPU I tanggal 25 September 2009 di Malang. BAB X PENUTUP Pasal 19 Hal-hal yang belum diatur dalam Anggaran Dasar UECU ini, akan diatur dan dijabarkan dalam Anggaran Rumah Tangga (ART).

ANGGARAN RUMAH TANGGA

UNIÃO ESTUDANTES CREATIVO UATOLARI (UECU)
BAB I STRUKTUR ORGANISASI, SUSUNAN KEPENGURUSAN FUNGSI, WEWENANG DAN TANGGUNG JAWAB Pasal 1 Struktur Organisasi UECU yaitu : 1. Dewan Penasehat UECU. yang terdiri dari : Ketua, Sekretaris dan Anggota perwakilan. 2. Pengurus UECU. Yang terdiri dari: a. Pengurus Umum: Ketua Umum, Wakil Ketua, Sekretaris, Bendahara, dan Divisidivisi. b. Pengurus Regional: Ketua, Wakil, Sekretaris, Bendahara, devisi-devisi dan anggota. Pasal 2 Susunan Kepengurusan Susunan Kepengurusan UECU serta wewenang, fungsi dan tanggung jawabnya : 1. Dewan penasehat UECU a. Ketua dewan penasehat UECU adalah badan eksekutif yang menentukan Garis-garis Besar Haluan Organisasi (GBHO) yang diamanatkan oleh Musyawarah Pelajar Uatolari (MUSPU) dan selanjutnya dilaksanakan oleh pengurus UECU.

b. Memiliki masa jabatan selama 1 tahun. d. Dewan Ketua Penasehat UECU berkewajiban menjalankan segala ketentuan yang ditetapkan oleh MUSPU, AD serta ART. e. f. Ketua dan Sekretaris Dewan Ketua Penasehat UECU dipilih oleh MUSPU. Anggota Dewan Ketua Penasehat UECU terdiri dari minimal 5 orang dari wakil setiap kelas.

g.

Dewan Ketua Penasehat UECU bertanggung jawab kepada MUSPU

h. Berfungsi sebagai badan kontrol dan pembimbing dalam personil struktur organisasi UECU.

2. Pengurus UECU a. Pengurus UECU adalah mandataris Dewan Ketua Penasehat UECU untuk melaksanakan GBHO yang di tentukan oleh dewan ketua UECU dari amanat-amanat MUSPU. b. Pengurus UECU sebagai pelaksana harian. c. Memiliki masa jabatan selama 1 tahun. d. Pengurus UECU Bekerja melaksanakan GBHO dibantu oleh devisi-devisinya. e. Ketua dan wakil ketua Pengurus UECU dipilih dalam MUSPU. f. Pengurus UECU minimal terdiri dari : ketua, wakil ketua, sekretaris, bendahara yang selanjutnya disebut pengurus harian baik di struktur utama maupun di struktur regional.

g. Pembentukan devisi-devisi/ seksi-seksinya dibuat dan disepakati oleh pengurus harian. h. Pengurus UECU bertanggung jawab kepada Dewan Ketua Penasehat UECU. Pasal 3 Masa Jabatan Pengurus / Periodeisasi 1. Periodeisasi antar jabatan adalah 1 tahun. 2. Apabila terjadi kekosongan jabatan antar waktu maka kekosongan tersebut diisi oleh anggota penggurus yang berada dalam urutan langsung dibawahnya dan atau dipilih dalam rapat penggurus harian. Pasal 4 Rangkap Jabatan 1. Dewan Penasehat UECU tidak dapat menjadi penggurus UECU dan atau sebaliknya. 2. Dewan Penasehat UECU dan Penggurus UECU dapat dipilih lagi pada batas waktu yang tidak ditentukan. 3. Dalam interen struktur kepengurusan UECU diperbolehkan merangkap jabatan bila disepakati oleh MUSPU

BAB II KEANGGOTAAN Pasal 5 Anggota Secara umum anggota UECU adalah seluruh kepemudaan pelajar Uatolari yang sudah terdaftar jadi personil struktur UECU yang berada di Indonesia . Anggota UECU terdiri dari : 1. Anggota Dewan Penasehat Ketua, yaitu setiap individu yang ikut dalam Dewan Ketua sebagai eksekutif pemuda pelajar Uatolari. 2. Anggota Pengurus Harian, yaitu setiap individu yang secara aktif duduk di kepengurusan UECU. 3. Anggota Biasa, adalah individu yang aktif dalam kegiatan organisasi Pasal 6 Hak Setiap anggota UECU mempunyai hak : 1. Berbicara dan berperan aktif dalam setiap kegiatan yang diselenggarakan oleh UECU. 2. Memilih dan dipilih dalam kepengurusan UECU. 3. Mendapatkan dan menggunakan fasilitas yang dimiliki dan dikelolah oleh UECU. Pasal 7 Kewajiban Setiap anggota UECU berkewajiban : 1. 2. 3. 4. Menjunjung tinggi dan mentaati semua ketentuan yang berlaku dalam AD dan ART UECU. Menjaga nama baik organisasi dan civitas Uatolari. Ikut serta dan berperan aktif dalam setiap kegiatan yang diselenggarakan UECU. Membayar iuran wajib sesui dengan ketentuan yang berlaku.

BAB III LAMBANG Pasal 8 UECU menggunakan lambang Makna Lambang: UECU : Nama Organisasi UECU dengan kepangan dari União Estudantes Creativo Uatolari MATAHARI : sebagai simbol awal dari segala pemikiran yang membawa semangat juang yang tinggi guna menjunjung tinggi kreaktifitas pelajar Uatolari. BUKU : sebuah wacana berpikir luas yang tidak sentrimentil terhadap satu sisi pemikiran. TANAH / PETA : simbol daerah. UATOLARI : nama daerah yang diidamkan sebagai pemersatu pelajar Uatolari. JABAT TANGAN : simbol perdamaian, persatuan, persaudaraan dan kekeluargaan. 2009 : Tahun Berdirinya Organisasi UECU

*

: Sebagai tanda penghalang Tulisan BAB IV PERMUSYAWARATAN Pasal 9

Jenis-jenis musyawarah dalam UECU : 1. a. b. c. d. e. f. Musyawarah Pelajar Uatolari (MUSPU). MUSPU adalah permusyawaratan tertinggi dalam organisasi. MUSPU dilaksanakan sekali dalam periodeisasi. Kebijakan yang berhubungan dengan Perubahan AD maupun ART ditetapkan di MUSPU. Pemilihan dewan yaitu ketua dewan, sekretaris dan anggota perwakilannya. Pemilihan pengurus harian yaitu ketua UECU, wakil ketua, sekretaris dan bendahara. Menetapkan kebijakan-kebijakan organisasi yang bersifat terbuka sesuai dengan agenda MUSPU yang disepakati.

g. Pertanggung jawaban dan dimisioner kepengurusan. h. Membubarkan organisasi. i. Peserta MUSPU adalah seluruh anggota UECU.

2. Musyawarah Luar Biasa (MLB). MLB dilaksanakan apabila : a. Terjadi kefakuman organisasi. b. Adanya penyimpangan-penyimpangan dalam organisasi yang mengancam exsistensi organisasi. c. Anggota MLB adalah dewan ketua beserta anggotanya. 3. Musyawarah Kerja (MUSKER). a. Untuk menindak lanjuti hasil-hasil MUSPU. b. Dilaksanakan minimal sekali dalam periodesasi. c. Melengkapi kepengurusan terpilih. d. Merancang tata kerja organisasi selama kepengurusan sesuai dengan GBO ditentukan oleh dewan ketua. e. Anggota MUSKER adalah pengurus harian didampingi dewan ketua. 4. Rapat Evaluasi Dilaksanakan rutin 3 bulan sekali untuk mengevaluasi program yang dilaksanakan. 5. Rapat Koordinasi Dilaksanakan bila dianggap perlu oleh pimpinan. Pasal 10 1. 2. 3. 4. Kewenangan dan Tata Kerja Setiap keputusan yang ditetapkan dalam rapat UECU memiliki kekuatan hukum yang mengikat dan tidak dapat diganggu gugat. Keputusan diambil dengan asas musyawarah mufakat. Bilamana terjadi kebekuan (deadlock) dalam musyawarah, sedapat mungkin dilanjutkan dengan melakukan negosiasi. Dalam keadaan dimana ayat 2 dan 3 tidak tercapai, keputusan dapat diambil melalui suara terbanyak (voting). Pasal 11 GBHO 1. GBHO merupakan Garis-garis besar Haluan Organisasi 2. GBHO memuat pokok-pokok dan arah jalannya organisasi dan tidak bertentangan dengan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga 3. GBHO ditetapkan oleh MUSPU yang telah

BAB V PERUBAHAN ANGGARAN RUMAH TANGGA Pasal 12 1. Perubahan Anggaran Rumah Tangga (ART) hanya dapat dilakukan dalam MUSPU. 2. Perubahan Anggaran Rumah Tangga dianggap syah apabila disetujui oleh minimal 1/3 dari jumlah anggota yang hadir. BAB VI KETENTUAN PERALIHAN Pasal 13 Hal-hal yang belum diatur dalam ketentuan peralihan atau perubahan Anggaran Rumah Tangga yang menyangkut kebutuhan UECU akan ditetapkan dalam ketentuan tersendiri. BAB VII ATURAN TAMBAHAN Pasal 14 1. Setiap anggota UECU harus mentaati Anggaran Rumah Tangga ini. 2. Apabila didapati/ditemukan pelanggaran, akan dikenai sanksi–sanksi Organisasi yang diatur dalam ketentuan tersendiri.

BAB VIII PENUTUP Pasal 15 Pengesahan 1. Anggaran Rumah Tangga ini telah disahkan pada MUSPU I tanggal 25 September 2009 di Malang. 2. ART ini diberlakukan mulai tgl 25 September 2009 Pasal 16 Pengaturan dan Kuasa Hal-hal yang belum diatur dalam Anggaran Rumah Tangga ini akan diatur dalam peraturanperaturan dan ketentuan–ketentuan tersendiri yang tidak bertentangan dengan AD/ART. Akta ini ditanda tangani oleh kami yang diberi kuasa penuh oleh Rapat umum Pembentukan AD&ART – UECU (União Estudantes Creativo Uatolari) yang berada di Indonesia. 1. ____________________ Januario Freitas 2. ____________________ Domingos Rangel, SE. MM

Ketua Dewan Penasehat

Ketua Umum

3. ____________________ Martinho Elias da S. Freitas, S.H Wakil Ketua Umum 4. ____________________ Basilio Ribeiro, ST 5. ____________________ Abilio da Silva Gomes, ST

Sekretaris Umum

Bendahara Umum

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->