KEAMANAN SISTEM

PENDAHULUAN
Keamanan sistem komputer adalah untuk menjamin sumber daya tidak digunakan atau dimodifikasi orang tak diotorisasi. Pengamanan termasuk masalah teknis, manajerial, legalitas, dan politis.

Keamanan vs Proteksi
Keamanan (security) : mengacu ke seluruh masalah keamanan, mencakup aspek teknis, administratif, hukum dan etika dalam melindungi sistem komputer. Proteksi (protection) : mengacu ke mekanisme sistem yang digunakan untuk memproteksi/melindungi informasi pada sistem komputer. Dari perbedaan diatas, keamanan mencakup hal yg lebih luas dibandingkan dengan proteksi Suatu sistem dikatakan aman jika resource yang digunakan dan diakses sesuai dengan kehendak user dalam berbagai keadaan

PENDAHULUAN
Mengapa perlu aman?
Resiko kerugian finansial Resiko kerugian kerahasiaan Resiko kerugian harga diri Dan lain-lain

Motif-motif serangan pada sistem komputer
Politis Finansial Dendam (sakit hati) Iseng Sebagai pekerjaan (cracker bayaran) Dan lain-lain

Dia juga mengacaukan sistem telepon di Rutland.20278. situs KPU (http://tnp. Seorang hacker dari Massachusetts berhasil mematikan sistem telekomunikasi di sebuah airport lokal (Worcester.20226. Massachusetts) sehingga mematikan komunikasi di control tower dan menghalau pesawat yang hendak mendarat.00.go.com/News/Item/0.kpu.com disadap identitas accountnya oleh seseorang yang membuat situs mirip (url dan tampilannya) dengan klickbca yang asli 10 Maret 1997. Nasabah klickbca.news.html .id) dicrak sehingga content situs tersebut berubah Tahun 2001.http://www.4. Massachusetts. http://www.news.25.html?pfv .00.com/News/Item/Textonly/0.PENDAHULUAN Hukum alam keamanan komputer Tidak ada sistem yang 100% aman Keamanan berbanding terbalik dengan kenyamanan Contoh insiden serangan pada sistem komputer Tahun 2004.

kebanjiran. Keamanan internal (internal security) Berkaitan dengan pengamanan beragam kendali yang dibangun pada perangkat keras dan sistem operasi menjamin operasi yang handal dan tak terkorupsi untuk menjaga integritas program dan data. Keamanan interface pemakai (user interface security) Berkaitan dengan identifikasi pemakai sebelum pemakai diijinkan mengakses program dan data yang disimpan. .Keamanan sistem dibagi 3 bagian : 1. Keamanan eksternal (external security) Berkaitan dengan pengamanan fasilitas komputer dari penyusup dan bencana seperti kebakaran. 3. 2.

Kehilangan data (data loss) 2. Penyusup (intruder) .MASALAH KEAMANAN Dua hal penting pada masalah keamanan : 1.

gempa bumi. memasang tape/disk salah.gerogotan tikus b. Kesalahan / kelalaian manusia : kesalahan pemasukan data. kesalahan program (bugs) c.perang. eksekusi program yang salah. kerusuhan. . kehilangan disk/tape Diatasi dengan mengelola beberapa backup dan backup ditempatkan jauh dari data yang online. banjir. Kehilangan data (data loss) a.1. Bencana : kebakaran. disk/tape yang tidak terbaca. Kesalahan perangkat keras & lunak : ketidakberfungsian pemroses. kesalahan telekomunikasi.

2. Penyusup aktif : Intruder mengubah data yang tak diotorisasi . Penyusup (intruder) a. Penyusup pasif : intruder yang hanya ingin membaca data yang tak diotorisasi b.

maka pemakai non teknis dapat mengakses fasilitas yang bukan haknya. kerja pemakai dapat diamati orang sekelilingnya. Penyadapan oleh orang dalam Orang dalam mematahkan sistem keamanan lokal adalah tantangan bersedia mengorbankan waktu untuk usaha tersebut .Kategori penyusupan : Lirikan mata pemakai non teknis : pada sistem timesharing. Bila dengan lirikan itu dapat mengetahui apa yang diketik saat pengisian password.

rahasia dagang. rencana bisnis dsb . teknologi.Usaha hacker dalam mencari uang Programer bank mencoba mencuri uang dengan membuat software kecil untuk membulatkan bunga Spionase militer / bisnis Usaha serius yang diberi dana besar oleh saingan atau negara lain untuk mencuri program. ideide paten.

. diantaranya adalah privasi) Adalah keterjaminan bahwa informasi di sistem komputer hanya dapat diakses oleh pihak-pihak yang diotorisasi. Ketersediaan Adalah keterjaminan bahwa sumber daya sistem komputer tersedia bagi pihak-pihak yang diotorisasi saat diperlukan. mencegah. mengatasi ancaman terhadap sistem. Sistem yang aman bila 3 hal tercapai yaitu : Kerahasiaan (secrecy. Integritas (integrity) Keterjaminan bahwa sumber daya sistem komputer hanya dapat dimodifikasi oleh pihak-pihak yang diotorisasi.Ancaman Keamanan pada Sistem Komputer Sasaran/tujuan pengamanan : menghindari.

Ancaman terhadap sistem komputer dikategorikan menjadi 4 : 1. Contoh : penghancuran bagian perangkat keras. Interupsi merupakan ancaman terhadap kesediaan. Interupsi Sumber daya sistem komputer dihancurkan. pemotongan kabel komunikasi. .

. Modifikasi Pihak tak diotorisasi tidak hanya mengakses tapi juga merusak sumber daya. 3. memodifikasi pesan-pesan yang ditransmisikan pada jaringan. mengubah program sehingga bertindak secara berbeda. Contoh : mengubah nilai-nilai file data. Intersepsi Pihak tak diotorisasikan dapat mengakses sumber daya.2. Intersepsi merupakan ancaman terhadap kerahasiaan. Contoh : penyadapan untuk mengambil data. Modifikasi merupakan ancaman terhadap integritas. mengkopi berkas tanpa otorisasi. Pihak tak diotorisasi dapat berupa orang atau program komputer.

4. Fabrikasi (fabrication) Pihak tak diotorisasi menyisipkan/memasukkan objekobejk palsu ke sistem. . Contoh : memasukkan pesan palsu ke jaringan. Fabrikasi merupakan ancaman terhadap integritas. penambahan record file.

. Masalah identifikasi pemakai ketika login disebut otentifikasi pemakai (user authentication).OTENTIFIKASI PEMAKAI Kebanyakan proteksi didasarkan asumsi sistem mengetahui identitas pemakai.

Seseorang yang kenal dengan pemakai dapat mencoba login dengan sesuatu yang diketahuinya mengenai pemakai. Sesuatu yang diketahui pemakai. . kombinasi kunci. nama ibu. dll Password Pemakai memilih 1 kata kode. Teknik ini mempunyai kelemahan Pemakai cenderung memilih password yang mudah diingat. misal : password.METODE OTENTIFIKASI Metode otentifikasi didasarkan 3 cara : 1.mengingatnya dan mengetikkan saat akan mengakses sistem komputer. Saat diketikkan komputer tidak menampilkan di layar.

. untuk membatasi peluang password telah diketahui atau dicoba-coba pemakai lain.alting : menambahkan string pendek ke string password yang diberikan pemakai sehingga mencapai panjang password tertentu. One time password : pemakai harus mengganti password secara teratur.

tandatangan. foto. kunci.2. kartu identitas. sidik suara. Sesuatu mengenai (merupakan ciri) pemakai misal : sidik jari. Sesuatu yang dimiliki pemakai. dsb . dsb 3. misal : badge.

hanya pada waktu dan hari tertentu login. .Pembatasan Pembatasan-pembatasan dapat dilakukan sehingga memperkecil peluang penembusan oleh pemakai yang tak diotorisasi. misal : Pembatasan login : login hanya diperbolehkan pada terminal tertentu.

bila telah sukses login sistem segera memutuskan koneksi dan memanggil nomor telepon yang telah disepakati. terminal dimana pemakai login .Pembatasan dengan call back : login dapat dilakukan siapapun. Penyusup tidak dapat menghubungi lewat sembarang saluran telepon. Semua login direkam dan sistem operasi melaporkan informasi waktu pemakai login. tapi hanya pada saluran telepon tertentu. Pembatasan jumlah login : login dibatasi sampai 3 kali dan segera dikunci dan diberitahu ke administrator.

END CHAPTER Minggu Depan Keamanan Sistem – Program Jahat .

Spyware . Spam 8. Trapdoor 4. Virus 6. Klasifikasi program jahat : 1. Trojan horse 5.PROGRAM JAHAT Ancaman canggih terhadap sistem komputer adalah program yang mengeksploitasi kelemahan sistem komputasi. Worm 7. Logic bomb 3. Bacteria 2.

Bacteria Program yang mengkonsumsi sumber daya sistem dengan mereplikasi dirinya sendiri. . dengan cepat mengambil alih seluruh kapasitas pemroses. memori / ruang disk. mengakibatkan penolakan pengaksesan pemakai ke sumber daya.1. Bacteria bereproduksi secara eksponensial. Secara eksplisit tidak merusak file. Tujuan program ini hanya mereplikasi dirinya.

2. dll. dll) logik mengeksekusi suatu fungsi yang menghasilkan aksi-aksi tak diotorisasi. Logic bomb logik yang ditempelkan pada program komputer agar memeriksa suatu kumpulan kondisi di sistem. pemakai menjalankan aplikasi tertentu. . misal : mengubah/menghapus data. mesin berhenti. Ketika kondisi yang dimaksud ditemui (misal:tgl tertentu.

3. Trapdoor Titik masuk tak terdokumentasi rahasia di satu program untuk memberikan akses tanpa metode-metode otentifikasi normal. Trapdoor telah dipakai secara benar selama bertahuntahun oleh pemrogram untuk mencari kesalahan program debugging dan testing : dilakukan pemogram saat mengembangkan aplikasi. . Menjadi ancaman ketika digunakan pemrogram jahat untuk memperoleh pengaksesan tak diotorisasi.

Eksekusi program menyebabkan eksekusi subprogram rahasia ini. Program tersebut mengandung kode tersembunyi yang ketika dijalankan melakukan suatu fungsi yang tak diinginkan.4. . Trojan horse Adalah subprogram tak terdokumentasi rahasia ditempelkan dalam suatu program. Trojan horse digunakan untuk melakukan fungsi-fungsi secara tidak langsung dimana pemakai tak diotorisasi tidak dapat melakukannya secara langsung.

Motivasi lain dari trojan horse adalah pengancuran data. misal ditempelkan pada program kalkulator. Trojan horse biasanya ditempelkan pada programprogram/ subropgram yang diambil dari internet. .contoh : untuk dapat mengakses file-file pemakai lain pada sistem yang dipakai bersama. Ketika pemakai menggunakan kalkulator. ketika program dieksekusi akan mengubah ijin-ijin file sehingga file-file dapat dibaca oleh sembarang pemakai. secara diam-diam subprogram tersebut menghapus file-file pemakai.

5. Virus Virus adalah kode yang ditempelkan dalam satu program yang menyebabkan pengkopian dirinya disisipkan ke satu program lain atau lebih. . Program ‘menginfeksi’ program-program lain dengan memodifikasi program-program itu.

Worm mampu mengirim paket data secara terus menerus ke situs tertentu via jalur koneksi LAN/Internet. Umumnya menyerang melalu celah/lubang keamanan OS komputer. Worm bisa menyebar melalui email atau file dokumen tertentu. .6. Worm Worm adalah sejenis program yang bisa mengcopy dan mengirim dirinya via jalur komunikasi jaringan Internet. Efeknya membuat trafik jaringan penuh. memperlambat koneksi dan membuat lambat/hang komputer pengguna.

. Para spammer dapat mengirim jutaan email via internet untuk kepentingan promosi produk/info tertentu.7. Efeknya sangat mengganggu kenyamanan email pengguna dan berpotensi juga membawa virus/worm/trojan. Spam Spam adalah sejenis komersial email yang menjadi sampah mail (junkmail).

8. Spyware Spyware adalah suatu program dengan tujuan menyusupi iklan tertentu (adware) atau mengambil informasi penting di komputer pengguna. Efek spyware akan menkonsumsi memory komputer sehingga komputer menjadi lambat atau hang. Spyware berpotensi menggangu kenyamanan pengguna dan mencuri data-data tertentu di komputer pengguna untuk dikirim ke hacker. .

Masalah yang ditimbulkan virus adalah virus sering merusak sistem komputer seperti menghapus file. partisi disk. atau mengacaukan program. Perbedaan dengan program lain adalah virus dapat mencantolkan dirinya ke program lain dan mengeksekusi kodenya secara rahasia setiap kali program inang berjalan.VIRUS DAN ANTI VIRUS Virus adalah sama dengan program komputer lainnya. .

tiba-tiba aktif pada saat tertentu. kapasitas disk yang melewati batas/batas tertentu. Tidak semua virus mempunyai tahap ini. Fase tidur (dormant phase) Virus dalam keadaan menganggur. Misal tanggal tertentu. .Siklus hidup virus. yaitu: 1. Fase propagasi (propagation phase) Virus menempatkan kopian dirinya ke program lain atau daerah sistem tertentu di disk. Program yang terinfeksi virus akan mempunyai kloning virus. Kloning virus itu dapat kembali memasuki fase propagasi. 2. kehadiran program / file tertentu.

. Fase eksekusi (execution phase) Virus menjalankan fungsinya. dll. merusak program. fase pemicuan disebabkan beragam kejadian termasuk penghitungan jumlah kopian dirinya. Fase pemicuan (triggering phase) Virus diaktifkan untuk melakukan fungsi yang dimaksud. 4.3. Seperti pada fase tidur. misal menjalankan pesan.

Virus mereplikasikan ketika program yang terinfeksi dieksekusi dengan mencari berkas-berkas exe lain untuk diinfeksi. virus menginfeksi setiap program yang dieksekusi. Dengan cara ini. . 2. Memory resident virus Virus memuatkan diri ke memori utama sebagai bagian program yang menetap.Tipe virus 1. Paristic virus Tipe ini mencantolkan dirinya ke berkas yang berekstension exe.

Polymorphic virus Virus bermutasi setiap kali melakukan infeksi. Boot sector virus Virus menginfeksi master boot record / boot sector dan menyebar saar sistem di-boot dari disk yang berisi virus tersebut. . Deteksi dengan “penandaan” virus tersebut tidak dimungkinkan.3. 4. 5. Stealth virus Virus yang bentuknya telah dirancang agar dapat menyembunyikan diri dari deteksi perangkat lunak anti virus.

maka pendekatan berikutnya yang dapat dilakukan adalah : 1. Setelah pencegahan terhadap masuknya virus untuk pertama kali. Deteksi : begitu infeksi telah terjadi. tentukan bahwa infeksi memang telah terjadi dan cari lokasi virus 2. .Antivirus Solusi ideal terhadap ancaman virus adalah pencegahan. Identifikasi : begitu virus terdeteksi maka identifikasi virus yang menginfeksi program.

tapi identifikasi atau penghilangan tidak dapat dilakukan. maka alternatif yang dilakukan adalah hapus program yang terinfeksi dan kopi kembali backup program yang masih bersih. Jika deteksi sukses dilakukan. Penghilangan : setelah virus teridentifikasi maka hilangkan semua jejak virus dari program yang terinfeksi dan program dikembalikan seperti semula. .3.

END CHAPTER .

Jika terbukti secara sah melakukan kecurangan maka secara otomatis nilai akhir matakuliah adalah E .Ujian Akhir Semester : UAS Hari / Tanggal : Rabu. 2. Tidak mentolerir segala bentuk kecurangan. 6 Januari 2010 Sifat Ujian : Close Book Kesepakatan : 1.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful

Master Your Semester with Scribd & The New York Times

Special offer for students: Only $4.99/month.

Master Your Semester with a Special Offer from Scribd & The New York Times

Cancel anytime.