PENCEMARAN LINGKUNGAN

Polusi atau pencemaran lingkungan adalah masuknya atau dimasukkannya makluk hidup, zat energi, dan atau komponen lain ke dalam lngkungan atau berubahnya tatanan lingkungan oleh kegiatan manusia atau oleh proses alam sehingga kualitas lingkungan turun sampai ke tingkat tertentu yang menyebabkan lingkungan menjadi kurang atau tidak dapat berfingsi lagi sesuai dengan peruntukannya (UU Pokok Pengelolaan Lingkungan Hidup No. 4 Tahun 1982). Pencemaran dapat timbul sebagai akibat kegiatan manusia ataupun disebabkan oleh alam (misal gunung meletus, gas beracun). Ilmu lingkungan biasanya membahas pencemaran yang disebabkan oleh aktivitas manusia, yang dapat dicegah dan dikendalikan. Karena kegiatan manusia, pencermaran lingkungan pasti terjadi. Pencemaran lingkungan tersebut tidak dapat dihindari. Yang dapat dilakukan adalah mengurangi pencemaran, mengendalikan pencemaran, dan meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat terhadap lingkungannya agar tidak mencemari lingkngan. Zat atau bahan yang dapat mengakibatkan pencemaran di sebut polutan. Syarat-syarat suatu zat disebut polutan bila keberadaannya dapat menyebabkan kerugian terhadap makluk hidup. Contohnya, karbon dioksida dengan kadar 0,033% di udara berfaedah bagi tumbuhan, tetapi bila lebih tinggi dari 0,033% dapat memberikan efek merusak. Suatu zat dapat disebut polutan apabila : • Jumlahnya melebihi jumlah normal. • Berada pada waktu yang tidak tepat. • Berada di tempat yang tidak tepat. Sifat polutan adalah :

Merusak untuk sementara, tetapi bila telah bereaksi dengan zat lingkungan

tidak merusak lagi. • Merusak dalam waktu lama. Contohnya Pb tidak merusak bila konsentrasinya rendah. Akan tetapi dalam jangka waktu yang lama, Pb dapat terakumulasi dalam tubuh sampai tingkat yang merusak.

A. Macam-macam Pencemaran Lingkungan 1. Berdasarkan Tempat Terjadinya Menurut tempat terjadinya, pencemaran dibedakan menjadi pencemaran udara, air, dan tanah. a. Pencemaran Udara Pencemaran udara disebabkan oleh asap buangan, misalnya gas CO2 hasil pembakaran, SO, SO2, CFC, CO, dan asap rokok. 1. CO2 Pencemaran udara yang paling menonjol adalah semakin meningkatnya kadar CO2 di udara. Karbon dioksida itu berasal dari pabrik, mesin-mesin yang menggunakan bahan bakar fosil (batubara, minyak bumi), juga dari mobil, kapal, pesawat terbang, dan pembakaran kayu. Meningkatnya kadar CO2 di udara tidak segera diubah menjadi oksigen oleh tumbuhan karena banyak hutan di seluruh dunia yang ditebang. 2. CO Di lingkungan rumah dapat pula terjadi pencemaran. Misalnya, menghidupkan mesin mobil di dalam garasi tertutup. Jika proses Sebagaimana diuraikan diatas, hal demikian dapat mengakibatkan efek rumah kaca.

pembakaran di mesin tidak sempurna, maka proses pembakaran itu menghasilkan gas CO (karbon monoksida) yang keluar memenuhi ruangan. Hal ini dapat membahayakan orang yang ada di garasi tersebut. Selain itu, menghidupkan AC ketika tidur di dalam mobil dalam keadaan tertutup juga berbahaya. Bocoran gas CO dari knalpot akan masuk ke dalam mobil, sehingga dapat menyebabkan kematian. 3. CFC Pencemara udara yang berbahaya lainnya adalah gas khloro fluoro karbon (disingkat CFC). Gas CFC digunakan sebagai gas pengembang, karena tidak beraksi, tidak berbau, tidak berasa, dan tidak berbahaya. Gas ini dapat digunakan misalnya untuk mengembangkan busa (busa kursi), untuk AC (freon), pendingin pada almari es, dan penyemprot rambut (hair spray). Gas CFC yang membumbung tinggi dapat mencapai stratosfer terdapat lapisan gas ozon (O3). Lapisan ozon ini merupakan pelindung bumi dari pengaruh cahaya ultraviolet. Kalau tidakl ada lapisan ozon, radiasi cahaya ultraviolet mencapai permukaan bumi, menyebabkan kematian organisme, tumbuhan menjadi kerdil, menimbulkan mutasi genetik, menyebebkan kanker kulit atau kanker retina mata. Jika gas CFC mencapai ozon, akan terjadi reaksi antara CFC dan ozon, sehingga lapisan ozon tersebut “berlubang” yang disebut sebagai “lubang” ozon. Menurut pengamatan melalui pesawat luar angkasa, lubang ozon di kutub Selatan semakin lebar. Saat ini luasnya telah melebihi tiga kali luas benua Eropa. Karena itu penggunaan AC harus dibatasi. 4. SO, SO2 Gas belerang oksida (SO, SO2) di udara juga dihasilkan oleh pembakaran fosil (minyak, batubara). Gas tersebut dapat beraksi dengan gas nitrogen oksida dan air hujan, yang menyebabkan air hujan menjadi asam. Maka terjadilah hujan asam.

seperti batuk dan penyakit pernapasan (bronkhitis. Adanya peristiwa efek rumah kaca (green house effect) yang dapat menaikkan suhu udara secara global serta dapat mengubah pola iklim bumi dan mencairkan es di kutub. Besi dan logam mudah berkarat. Perokok dapat di bedakan menjadi dua yaitu perokok aktif adalah orang yang tidak merokok tetapi menghirup ruangan. seperti candi. kanker patu-paru. Bila es meleleh maka permukaan laut akan naik sehingga mempengaruhi keseimbangan ekologi. Terganggunya oertumbuhan tananam. Perokok aktif adalah mereka yang merokok. emfisema.paru. Bangunan – bangunan kuno. korosi pada logam. Demikian pula bangunan gedungdan jembatan. dan memudarnya warna cat. Asap Rokok Polutan udara yang lain yang berbahaya bagi kesehatan adalah asap rokok. mempengaruhi janin dalam kandungan dan berbagai gangguan kesehatan lainnya.Hujan asam mengakibatkan tumbuhan dan hewan-hewan tanah mati. perokok pasif memiliki risiko yang lebih besar di bandingkan perokok aktif. . . seperti menguningnya daun atau kerdilnya tanaman akibat konsentrasi SO2 yang tinggi atau gas yang bersifat asam. Akibat yang ditimbulkan oleh pencemaran udara antara lain : • • • dan perokok pasif. Jadi. menjadi cepat aus dan rusak. merokok di dalam ruangan bersama orang lain yang tidak merokok dapat mengganggu kesehatan orang lain. Perokok pasif asap rokok di suatu Terganggunya kesehatan manusia. Menurut penelitian. Asap rokok mengandung berbagai bahan pencemar yang dapat menyababkan batuk kronis. 5. Produksi pertanian merosot. Rusaknya bangunan karena pelapukan. dan kemungkinan kanker paru.

kemudian ikut aliran sungai. Karena air kaya nutrisi. Dari limbah rumah tangga cair dapat dijumpai berbagai bahan organik (misal sisa sayur.• Terjadinya hujan asam yang disebabkan oleh pencemaran oksida nitrogen b. unsur. Jika biota sungai tidak mati kemudian dimakan hewan atau manusia orang yang memakannya akan keracunan. ganggang dan tumbuhan air tumbuh subur (blooming). 2. Pencemaran Air Pencemaran air adalah peristiwa masuknya zat. Hal yang demikian akan mengancam kelestarian bendungan. pencemaran air dapat dibedakan antara lain : 1. Kualitas air yang terganggu ditandai dengan perubahan bau. Sedangkan pupuk organik yang larut dalam air dapat menyuburkan lingkungan air (eutrofikasi). alumunium. Ditinjau dari asal polutan dan sumber pencemarannya. rasa. bemdungan akan cepat dangkal dan biota air akan mati karenanya. minyak. ikan. air buangan manusia) yang terbawa air got/parit. Untuk mencegahnya. Limbah Pertanian Limbah pertanian dapat mengandung polutan insektisida atau pupuk organik. dan warna. Insektisida dapat mematikan biota sungai. lemek. upayakan agar memilih insektisida yang berspektrum sempit (khusus membunuh hewan sasaran) serta bersifat biodegradabel (dapat terurai oleh mikroba) dan melakukan penyemprotan sesuai dengan aturan. Jangan membuang sisa obet ke sungai. nasi. Limbah Rumah Tangga Limbah rumah tangga yang cair merupakan sumber pencemaran air. energi. dan botol yang hanyut terbawa arus . atau komponen lainnya kedalam air sehingga menyebabkan kualitas air terganggu. Adapula bahan-bahan anorganik seperti plastik.

Didalam air got yangdemikian tidak ada organisme hidup kecuali bakteri dan jamur. Macam polutan yang dihasilkan tergantung pada jenis industri. Dibandingkan dengan limbah industri. Limbah Industri Adanya sebagian industri yang membuang limbahnya ke air. Dikota-kota. kemudian permukaan polutan ditaburi dengan zat yang dapat menguraikan minyak. Ikan. Misalnya. kita dapat menemui cacingT ubifex berwarna kemerahan bergerombol. Dilaut.air. Penangkapan Ikan Menggunakan racun . air got berwarna kehitaman dan mengeluarkan bau yang menyengat. menyumbat saluran air. limbah rumah tangga di daerah perkotaan di Indonesia mencapai 60% dari seluruh limbah yang ada. 3. Untuk mengatasinya. Minyak yang ada di dalam kapal tumpah menggenangi lautan dalam jarak ratusan kilometer. atau berupa suhu (air menjadi panas). 4. dan hewan-hewan laut banyak yang mati karenanya. Mungkin berupa polutan organik (berbau busuk). terumbu karang. polutan anorganik (berbuaih. sering terjadi kebocoran tangker minyak karena bertabrakan dengan kapal lain. Akibatnya kadar oksigen dalam air turun dratis sehingga biota air akan mati. berwarna). dan jamur. Cacing ini merupakan petunjuk biologis (bioindikator) parahnya pencemaran oleh bahan organik dari limbah pemukiman. bakteri. burung laut. Sampah bertimbun. atau mungkin berupa polutan yang mengandung asam belerang (berbau busuk). dan mengakibatkan banjir. Bahan organik yang larut dalam air akan mengalami penguraian dan pembusukan. Pemerintah menetapkan tata aturan untuk mengendalikan pencemara air oleh limbah industri. polutan dibatasi dengan pipa mengapung agar tidak tersebar. Bahan pencemar lain dari limbah rumah tangga adalah pencemar biologis berupa bibit penyakit. limbah industri harus diolah terlebih dahulu sebelum dibuang ke sungai agar tidak terjadi pencemaran. Jika pencemaran bahan organik meningkat.

dan peternakan. Sedangkan sampah anorganik seperti besi. yuyu. dan Pendangkalan Dasar perairan. alumunium. dan bahan sintetik seperti plastik. Terjadinya ledakan populasi ganggang dan tumbuhan air (eutrofikasi). melainkan juga semua biota air. pasar. Racun tersebut tidak hanya hewan-hewan dewasa. Terganggunya kehidupan organisme air karena berkurangnya kandungan oksigen. misalnya ikan. Kegiatan penangkapan ikan dengan cara tersebut mengakibatkan pencemaran di lingkungan perairan dan menurunkan sumber daya perairan. kaca. sulit atau tidak dapat diuraikan. Bahan pencemar itu akan tetap utuh hingga 300 tahun yang akan datang. Akibat yang dtimbulkan oleh pencemaran air antara lain • • • • • • c. Sampah-sampah tersebut tergolong sampah yang mudah terurai. kegiatan pertanian. Bungkus plastik yang kita buang ke lingkungan akan tetap ada dan mungkin akan ditemukan oleh anak cucu kita setelah ratusan tahun kemudian. dan kulit. jaringan hewan.Sebagian penduduk dan nelayan ada yang menggunakan tuba (racun dari tumbuhan atau potas (racun)untuk menangkap ikan tangkapan. Menjalarnya wabah muntaber. udang. tetapi juga hewanhewan yang masih kecil. Dengan demikian racun yang disebarkan akan memusnahkan jenis makluk hidup yang ada didalamnya. dan serangga air. industri. Sampah organik itu misalnya dedaunan. sehingga terbentuklah humus. kertas. Sampah dapat dihancurkan oleh jasad-jasad renik menjadi mineral. Pencemaran tanah Pencemaran tanah banyak diakibatkan oleh sampah-sampah rumah tangga. dan air. gas. Munculnya banjir akibat got tersumbat sampah. Punahnya biota air. .

Akibat yang ditimbulkan oleh pencemaran tanah antara lain • • • Terganggunya kehidupan organisme (terutama mikroorganisme dalam tanah). dapat dimanfaatkan ulang (penggunaulangan = reuse). banyak diedarkan ke masyarakat. sampah yang akan dibuang dipisahkan menjadi dua wadah. maka akan dapat diperoleh hasil yang baik.Sebaiknya. masih ada lagi upaya untuk mencegah pencemaran. Pertama adalah sampah yang terurai. botol selai bekas digunakan untuk tempat bumbu dan botol bekas sirup digunakan untuk menyimpan air minum. dan repair. . dan dapat dibuang ke tempat pembuangan sampah atau dapat dijadikan kompos. sedangkan tanah kompos dapat dijual untuk pupuk.19. Misalnya. kaleng bekas kue digunakan lagi untuk wadah makanan. Selain penggunaulangan dan pendaurulangan. adalah mencegah beban lingkungan menjadi atau berkurang. Berdasarkan Macam Bahan Pencemaran Menurut macam bahan pencemarnya. cacing tanah dapat dijual untuk pakan ternak. 2. Berubahnya sifat kimia atau sifat fisika tanah sehingga tidak baik untuk pertumbuhan tanaman. pencemaran dibedakan menjadi berikut ini. Proses ini merupakan proses pendaurulangan (recycle). Kita tahu bahwa pencemaran tidak mungkin dihilangkan. yaitu melakukan pengurangan bahan/ penghematan (reduce). Yang dampak negatifnya mengendalikannya. Di negara maju. sloganslogan reuse. lakukan Keuntungannya. reduce. dan melakukan pemeliharaan (repair). Jika pembuatan kompos dipadukan dengan pemeliharaan cacing tanah. Kedua adalah sampah yang tak terurai. Baik pendaurulangan maupun penggunaulangan dapat mencegah terjadinya pencemaran dapat kita lingkungan. Lihat gambar 8. dan Mengubah dan mempengaruhi keseimbangan ekologi.

Pencemaran Biolagi : mikroorganisme seperti Escherichia coli. hendaknya mendengarkan di tempat khusus (misal di dalam kamar) agar tidak mengganggu orang lain. pupuk anorganik. Entamoeba coli. pestisida. Pb. botol. Kebisingan menyebabkan penduduk menjadi sulit tidu. kaleng. b. merupakan ukuran tingkat kebisingan). Saat ini telah diusahakan agar mesin-mesin yang digunakan manusia tidak terlalu bising. Pencemaran Suara : kebisingan. Pencemaran suara disebabkan oleh masuknya bunyi gaduh diatas 50 desibel (disingkat dB. b. bahkan dapat mengakibatkan tuli. gangguan janin dalam kandungan. Pencemaran Suara (kebisingan) Dikota-kota atau di daerah dekat industri / pabrik sering terjadi kebisingan. minyak. Pencemara fisik : logam. kaca. yaitu pencemaran yang dimulai menimbulkan gangguan ekosistem lain. 3. plastik. pencemaran dibedakan menjadi sebagai berikut: a. yaitu pencemaran yang mengakibatkan penyakit kronis. As.a. dan stress. Bunyi tersebut mengganggu kesehatan dan ketenangan manusia. Pencemaran kronis. Jepang. Bagi mereka yang suka mendengarkan musik yang hingar bingar. Pencemaran kimiawi : CO2 logam berat (Hg. dan dapat pula menimbulkan penyakit jantung. Berdasarkan Tingkat Pencemaran Menurut tingkat pencemarannya. detergen. menanam tanaman berdaun rimbun di halaman rumah meredam kebisingan. karet. Cd. Ni.) bahan radioaktif. d. . Salmonella thyposa. Pencemaran ringan. Contohnya pencemaran gas kendaraan bermotor. c. Cr. gangguan kejiwaan. jika bising harus diusahakan adanya isolator. Contohnya pencemaran Minamata.

bau.5 atau lebih tinggi dari 8. Pengukuran pH air Air sungai dalam kondisi alami yang belum tercemar memiliki rentangan pH 6. Karena pencemaran. perubahan pH air tergantung kepada macam bahan pencemarnya. Untuk setiap perubahan satu unit skala pH (dari 7 ke 6 atau dari 5 ke 4) dikatakan keasaman naik 10 kali. B. keasaman turun 10 kali. dan parameter biologi. 1. Contohnya pencemaran gas CO dari knalpot yang mematikan orang di dalam mobil tertutup. Nilai pH yang rendah (sangat asam) atau tinggi (sangat basa) tidak cocok untuk kehidupan kebanyakan organisme. Paarameter pencemaran meliputi parameter fisik. pH air dapat menjadi lebih rendah dari 6. Parameter Fisik Parameter fisik meliputi pengukuran tentang warna. 2. pH. Keasaman air dapat diukur dengan sederhana yaitu dengan mencelupkan kertas melihat perubahan warnanya. dan oksigen terlarut. parameter kimia. dan pencemaran radioaktif. suhu.5 – 8. keasaman. a. Jika terjadi sebaliknya. kadar logam.5.5. Parameterpencemaran digunakan sebagai indikator (petunjuk) terjadinya pencemaran dan tingkat pencemaran yang telah terjadi. jadi. kadar CO2. Sebagai contoh berikut disajukan pengukuran pH air. rasa. lakmus ke dalam air untuk . Perubahan nilai pH mempunyai arti penting bagi kehidupan air. kekeruhan. Pencemaran akut.c. yaitu pencemaran yang dapat mematikan seketika. dan radioaktivitas. Parameter Kimia Parameter kimia dilakukan untuk mengetahui kadar CO2. Bahan-bahan organik biasanya menyebabkan kondisi air menjadi lebih asam. Kapurmenyebabkan kondisi air menjadi alkali (basa). Parameter Pencemaran Lingkungan Untuk mengukur tingkat pencemaran diasuatu tempat digunakan parameter pencemaran. dan logam berat.

Kadar gas CO dapat diukur dengan cara titrimetri. Pengukuran Kadar CO2 Gas CO2 juga dapat larut ke dalam air. Pencemaran air (terutama yang disebabkan oleh bahan pencemar organik) dapat mengurangi persediaan oksigen terlarut. protein) dapat diuraikan oleh bakteri air. dilakukan dengan metode Winkler. Semakin tercemar. c. dan banyaknya organismeyang hidup di dalam air. Kadar gas CO2 terlarut sangat dipengaruhi oleh suhu.b. Untuk dapat mengukur kadar oksigen terlarut. bangkai. contohnya adalah pengukuran BOD dab COD. Penurunan kadar oksigen terlarut dapat disebabkan oleh tiga hal : • Proses oksidasi (pembongkaran) bahan-bahan organik. Pengukuran Kadar Oksigen Terlarut Kadar oksigen terlarut dalam air yang alami berkisar 5 – 7 ppm (part per million atau satu per sejuta. kadar oksigen terlerut semakin mengecil. • Proses reduksi oleh zat-zat yang dihasilkan baktri anaerob dari dasar perairan. 1ml oksigen yang larut dalam 1 liter air dikatakan memiliki kadar oksigen 1 ppm). karbohidrat. terutama pada malam hari. Pengukuran BOD Bahan pencemar organik (daun. Semakin banyak organisme di dalam air. pH. kadar oksigen terlarut di air semakin berkurang. hal ini akan mengancam kehidupan organisme yang hidup di dalam air. • Proses pernapasan orgaisme yang hidup di dalam air. Semakin banyak bahan pencemar . akibatnya. Parameter kimia yang dilakukan melalui kegiatan pernapasan jasad renik dikenal sebagai parameter biokimia. Bakteri memerlukan oksigen untuk mengoksidasikan zat-zat organik tersebut. semakin tinggi kadar karbon dioksida terlarut (kecuali jika di dalam air terdapat tumbuhan air yang berfotosintesis).

dan mikroorganisme yang peka dan ada pula yang tahan terhadap kondisi lingkungan tertentu. Sebaliknya. sehingga mengakibatkan semakin kecil kadar oksigen terlarut. konsumsi oksigen dapat diketahui dengan mengurangi kadar oksigen awal dengan oksigen akhir (setelah 5 hari). kadar oksigen dalam air diperkaya terlebih dahulu dengan oksigen. Siput air dan Planaria merupakan contoh hewan yang peka pencemaran. Oksigen terlarut awal diibaratkan kadar oksigen maksimal yang dapat larut di dalam air.meskipun spesies hewan yang lain telah mati. Indikator biologis terkadang lebih dapat dipercaya daripada indikator kimia. Ini berarti keberadaab cacing tersebut dapat dijadikan indikator adanya pemcemaran zat organik. tumbuhan. Banyaknya oksigen terlerut yang diperlukan bakteri untuk mengoksidasikan bahan organik disebut sebagai Konsumsi Oksigen Biologis (KOB) atau Biological Oksigen Demand. Akhirnya. Pabrik yang membuang limbah ke sungai dapat mengatur pembuangan limbahnya ketika akan dikontrol oleh pihak yang berwenang. Biasanya. cacing Tubifex (cacing merah) merupakan cacing yang tahan hidup dan bahkan berkembang baik di lingkungan yang kaya bahan organik. Pengukuran . Sungai yang mengandung siput air dan planaria menunjukkan sungai tersebut belum mengalami pencemaran. diperkirakan bakteri telah berbiak dan menggunakan oksigen terlarut untuk oksidasi.organik yang ada di perairan. Sisa oksigen terlarut yang ada diukur kembali. Karenanya BOD ditulis secara lengkap BOD205 atau BOD5 saja. yang biasa disingkat BOD. semakin banyak oksigen yang digunakan. Angka BOD ditetapkan dengan menghitung selisih antara oksigen terlarut awal dan oksigen terlarut setelah air cuplikan (sampel) disimpan selama 5 hari pada suhu 20oC. Organisme yang dapat dijadikan petunjuk pencemaran dikenal sebagai indikator biologis. Organisme yang peka akan mati karena pencemaran dan organisme yang tahan akan tetap hidup. 3. Parameter Biologi Di alam terdapat hewan-hewan. Setelah disimpan selama 5 hari.

Ada hewan yang dapat beradaptasi sehingga kebal terhadap bahan pencemar. Demikian juga dengan terjadinya hujan asam 2. maka serangga hama akan berkembang tanpa kendali. adpula yang tidak. C. Rantai makanan. Tetapi tidak demikian dengan makluk hidup yang menghuni ekosistem air secara terus menerus. bentos. Daur materi dan daur biogeokimia menjadi terganggu. Punahnya Spesies Sebagaimana telah diuraikan. harus diketahui bahwa tingkat adaptasi hewan ada batasnya. Ada yang peka. Gangguan Keseimbangan Lingkungan Punahnya spasies tertentu dapat mengibah pola interaksi di dalam suatu ekosistem. yang dapat dijadikan indikator biologis. polutan berbahaya bagi biota air dan darat. Akibatnya. mikroorganisme. ada pula yang tahan. Berbagai jenis hewan mengelami keracunan. Meskipun hewan beradaptasi. Penggunaan pupuk terus menerus dapat menyebabkan tanah menjadi asam. Kesuburan Tanah Berkurang Penggunaan insektisida mematikan fauna tanah. 5. 4.. Dampak Pencemaran Lingkungan 1. ganggang. Peledakan Hama Penggunaan insektisida dapat pula mematikan predator. jaring-jaring makanan dan lairan energi menjadiberubah. Disungai itu terdapat hewan-hewan.secara kimia pada limbah pabrik tersebut selalu menunjukkan tidak adanya pencemaran. Hal ini dapat menurunkan kesuburan tanah. 3. keseimbangan lingkngan terganggu. kemudian mati. hewan tersebut akan mati. Hal ini juga dapat menurunkan kesuburan tanah. Keracunan dan Penyakit . mikroinvertebrata. Hewan muda. Berbagai spesies hewan memiliki kekebalan yang tidak sama. larva merupakan hewan yang peka terhadap bahan pencemar. Bila batas tersebut terlampui. Karena predator punah.

Terbentuknya Lubang Ozon dan Efek Rumah Kaca Terbentuknya Lubang ozon dan terjadinya efek rumah kaca merupakan permasalahan global yang dirasakan oleh semua umat manusia. Usaha-usaha Mencegah Pencemaran Lingkungan • • • • • • Menempatkan daerah industri atau pabrik jauh dari daerah perumahan atau pemukiman penduduk. Pembuangan limbah industri diatur sehingga tidak mencemari lingkungan atau ekosistem. ada yang mengalami kerusakan hati. Tindakan tegas terhadap pelaku pencemaran lingkungan. dan bahan makanan tercemar dapat mengalami keracunan. Pengawasan terhadap penggunaan jenis-jenis pestisida dan zat kimia lain yang dapat menimbulkan pencemaran lingkungan. kerusakan susunan saraf. 6. dan bahkan ada yang menyebabkan cacat pada keturunanketurunannya. Memperluas gerakan penghijauan. Memberikan kesadaran terhadap masyarakat tentang arti lingkungan hidup sehingga manusia lebih mencintai lingkungan hidupnya . menderita kanker. ada yang meninggal dunia. ikan. Hal ini disebabkan karena bahan pencemar dapat tersebar dan menimbulkan dampak di tempat lain. Pemekatan Hayati Proses peningkatan kadar bahan pencemar melewati tubuh makluk dikenal sebagai pemekatan hayati (dalam bahasa Inggrisnya dikenal sebagai biomagnificition. 7.Orang yang mengkonsumsi sayur. ginjal.

Padahal kesepakatan tersebut seharusnya sudah diselesaikan pada tanggal 14 januari yang lalu. kasus pencemaran sumur warga di Sapen Yogyakarta oleh PT. Faktanya. Pencemaran sumur warga akibat bocornya sistem pembuangan limbah Saphir Mall. sampai saat ini belum ditandatangi oleh pihak saphir. sehingga mengorbankan 3 KK dan 13 orang yang tidak mendapatkan air bersih hingga hari ini belum selesai.KASUS-KASUS PENCEMARAN LINGKUNGAN 1. Karena itu dalam suratnya kepada manajemen Saphir Square. tertanggal 8 Februari . kesepakatan tertulis kasus pencemaran sumur warga saphir yang terjadi sekitar november 2005 yang lalu. hingga hari ini belum selesai. Kasus Pencemaran Sumur WARGA SAPEN Belum selesai Thursday. 09 February 2006 Oleh : Suparlan Kamis (09/02/2006) Tidak seperti yang direlease oleh beberapa media. Berlarut-larutnya kasus ini banyak dipicu oleh ketidaksungguhan Manajemen Saphir Square. Yogya Super Mall selaku pengelola Saphir Square Mall. yang di kuatkan dengan hasil dari uji lab BTKL menyatakan sumur tersebut tercemar serta tidak layak konsumsi.

Ironis tapi nyata. bahwa siapa saja memiliki hak atas lingkungan yang baik dan sehat. setelah itu sumur warga ditinggal begitu saja. Pada kenyataannnya pihak Saphir hanya melakukan pengurasan 1 (satu) kali pada saat peninjauan lapangan tanggal 16 Januari 2006. Mungkin sudah merupakan hal umum atau semacam rambu penghindaran yang sudah basi. Jika polanya masih seperti ini terus.2006. Kasus-kasus pencemaran seperti ini seharusnya cepat dan tanggap diselesaikan. tergilas oleh profit priority yang senantiasa dikedepankan dalam prespektif pembangunan yang kovensional. rata-rata ketika terjadi kasus pencemaran lingkungan pasti penyelesaiannya akan berlarut-larut. Upaya pembangunan yang tepat dan bijaksana juga berkewajiban menjamin keberadaan lingkungan yang baik dan sehat. Padahal terabaikannya penyelesaian kasus ini secara tepat dan bijaksana dapat memicu pengabaian penyelesaian kasus lingkungan yang lainnya. Lingkungan yang sehat masih merupakan second priority. Masih banyak kesalahan tulis dan ada satu point yang belum belum dicantumkan yaitu jangka waktu pemulihan sumur yang tercemar. Lingkungan menjadi rusak. Draf Surat kesepakatan terakhir antara warga dan pihak Saphir yang diinisiasi Dinas Lingkungan Yogyakarta untuk penyelesaian kasus ini juga dipandang warga memiliki beberapa kelemahan. dan fungsi-fungsi penyangga kehidupan tidak berjalan dengan baik. jangan heran jika dikemudian hari terjadi eskalasi pengabaian lingkungan yang tercemar. . Seharusnya semua pihak menyadari. Hasil uji laboratorium dari sumur baru yang seharusnya diterima warga pada 25 Januari 2006. Bapak. Meskipun ada upaya. tapi selalu tidak optimal. hanya sebatas kompensasi atau ganti rugi saja. Moch Yasin mewakili warga yang sumurnya tercemar mendesak pihak Saphir untuk segera melakukan pemulihan fungsi air sumur mereka dengan melakukan pengurasan. tidak ada upaya untuk melakukan pengurasan lanjutan. hingga hari ini juga belum diterima. Pihak pencemar senantiasa melakukan pola tarik ulur ketika korban pencemaran menuntut hak mereka atas pengembalian fungsi lingkungan tempat tinggal mereka yang tercemar.

Selama proses pemulihan fungsi air sumur ini dilakukan. undang-undang No. Dengan demikian pelangaran-pelangaran yang mengakibatkan lingkungan rusak akan dikenakan sangsi yang tegas untuk proses pembelajaran bagi yang lainnya. Oleh karena itu kami dari WALHI Yogyakarta mendesak kepada pihak saphir segera mengambil langkah-langkah kongkrit untuk memulihkan fungsi air sumur tersebut. 100 Warga Boyolali Protes Pencemaran Udara PT Hanil Indonesia Jumat. Kesungguhan untuk segera melakukan pemulihan sumur warga ini dapat ditunjukkan dengan adanya pencantuman jangka waktu dari upaya pemulihan air sumur yang ikuti oleh upaya pengurasan berulang dan konsisten hingga air itu dinyatakan layak untuk dikonsumsi berdasarkan hasil p1. 2. pihak pencemar juga wajib memberikan supply air baku yang bersih untuk pemenuhan kebutuhan keseharian warga yang sumurnya tercemar. Dalam konteks kasus ini. 19 September 2008 19:23 WIB . Kami juga mendorong dan medukung penuh upaya PEMKOT Yogyakarta yang akan menerapkan konsistensi penegakan hukum lingkungan di kota yogyakarta sebagai bagian dari proses menuju yogyakarta yang ramah lingkungan. sebagai kompensasi sementara agar warga dapat terpenuhi kebutuhan supply air bakunya hingga sumur yang tercemar itu dapat difungsikan kembali. Jadi bukan semata-mata ditekankan pada persoalan ganti rugi saja. emeriksaan laboratorium. 23 Tahun 1997 tentang pengelolaan lingkungan hidup mengharuskan pihak pencemar lingkungan (sumur) untuk segera melakukan recovery atau pemulihan secepat mungkin dengan berbagai upaya sebagai bagian tangung jawab sosial dan lingkungan.agar siapapun mendapatkan hak yang telah dijaminkan undang-undang kepadanya.

Jawa Tengah.Boyolali (ANTARA News) .Seratusan warga Desa Butuh. Teras. sebelumnya harus dibentuk tim dari kedua pihak untuk mendata kerugian warga akibat asap limbah pabrik tersebut." katanya.00 WIB dan dijaga keamanan dari Polres maupun TNI setempat dan mereka menunggu jawaban dari pihak pabrik. Selain itu.00 WIB. dan isinya menyanggupi akan mengganti kerugian warga. menyatakan. Joko Masila. Lurah Desa Butuh. warga banyak yang mengeluh akibat asap tersebut. Ratusan pengunjuk rasa tersebut masuk di halaman pabrik sejak pukul 06. mengatakan. pemilik pabrik pemintalan benang tersebut juga menjelaskan. pakaian yang dijemur menjadi hitam berminyak dan sulit sekali dibersihkan. Selain itu. karena mereka tidak bisa lagi memanfaatkan air sungai itu. "Jika ada warga yang sakit dan perlu . Siang sekitar pukul 12. dari hasil pertemuan tersebut pihak pabrik milik Korea itu mebuat surat tertulis yang ditandatangi pemilik perusahaan. sebanyak lima perwakilan dari mereka diterima Kabag Personalia PT Hanil Indonesia. sehingga barangbarang mereka menjadi hitam bercampur minyak dan sulit dibersihkan. Ketua RT 06 RW 02 Desa Butuh Rakiman (42). puluhan warganya mengalami sakit mata akibat pengaruh asap yang ditimbulkan dari pembakaran limbah perusahaan tersebut. "Warga banyak yang sakit mata merah dan sesak pernafasan akibat asap limbah pabrik. bagi warga yang menderita sakit akibat limbah pabrik akan diperiksa oleh dokter perusahaan. Joko Marsilo menambahkan. mengatakan. akibat limbah pabrik yang mencemari lingkungan wilayah mereka. Shi Jin Ho. warga juga menuntut agar limbah pabrik yang mengalir dan mencemari Sungai Gandul di Desa Butuh untuk dihentikan.Namun. Jumat. bahwa asap yang ditimbulkan dari pembakaran limbah mencemari udara. mendatangi pabrik PT Hanil Indonesia di Desa Napen. Kabupaten Boyolali. Edi Swasana. Ratusan warga Desa Butuh tersebut. menuntut ganti rugi.

Penggunaan mesin cadangan tersebut sekitar pukul 02. Minggu. umumnya berasal dari limbah industri. Poernomo. dalam siaran persnya. Pencemaran Laut di Indonesia Masih Tinggi Tingkat pencemaran di lingkungan laut Indonesia masih tinggi. 1997. maupun aktivitas budidaya pertanian di daerah aliran sungai yang masuk ke laut. 2005. Soen`an H.perawatan serius segera dirujuk ke rumah sakit dan perusahaan akan membiayai pengobatannya. asap pabrik yang mencemari warga sekitarnya akibat mesin pembakaran limbah dengan batubara mengalami rusak sehingga mereka mengganti dengan mesin cadangan. 1994. limbah domestik seperti deterjen. antara lain terjadi di muara-muara sungai. ditandai antar lain dengan terjadinya eutrofikasi atau meningkatnya jumlah nutrisi disebabkan oleh polutan. dikutip di Padang. “Nutrisi yang berlebihan tersebut.” kata Kepala Pusat Data dan Informasi Kementerian Kelautan dan Perikanan (Pusdatin KKP). seperti di Teluk Jakarta tahun 1992." kata Joko Marsilo saat membacakan surat perjanjian tersebut di depan seratusan warganya.00 WIB dini hari. 2004. lanjut dia. 2006. massa membubarkan diri dengan tertib dan akan menunggu realisasi dari pihak perusahaan. Setelah mendengarkan jawaban dari Shi Jin Ho. Kasus-kasus pencemaran di lingkungan laut –disebut red tide– itu. sehingga ada sekitar 75 kepala kelurga (KK) di lima dusun di Desa Butuh tercemar asap yang dikeluarkan dari pembakaran limbah pabrik. . Pencemaran di laut bisa pula ditandai dengan meningkatnya pertumbuhan fitoplankton/algae yang berlebihan dan cenderung cepat membusuk. Menurut informasi dari PT Hanil.

Meski kerap terjadi. 1985. 1989. 1998. adalah tangkapan nelayan yang menurun drastis. di perairan CirebonIndramayu tahun 2006 dan 2007. Karena itu. Selat Bali dan muara sungai di perairan pantai Bali Timur tahun 1994. kerugian secara ekonomi akibat dari red tide ini. “Mungkin kurangnya pendataan red tide ini disebabkan oleh kejadiannya yang hanya dalam waktu singkat. . termasuk kerugian yang dialami. Secara umum. katanya. Ia mengatakan. diharapkan membuka wacana dan pemahaman mengenai dampak red tide terhadap produktivitas sumber daya kelautan. kata Soen`an seminar bertema Dampak Pencemaran Lingkungan Laut Terhadap Produktivitas Sumberdaya Kelautan. Karena itu untuk menanggulangi red tide sebagai bencana. inventarisasi terjadinya red tide di Indonesia sampai saat ini masih belum terdata dengan baik. serta berkurangnya wisatawan karena pantai menjadi kotor dan bau oleh bangkai ikan. gagal panen para petambak udang dan bandeng. yakni eutrofikasi atau meningkatnya jumlah nutrisi yang disebabkan oleh polutan. dan di Nusa Tenggara Timur tahun 1983.Di Ambon terjadi pada tahun 1994 dan 1997.” katanya. digelar Dewan Kelautan Indonesia (DEKIN) di Jakarta baru-baru ini. beberapa lembaga Pemerintah dan institusi pendidikan telah melakukan penelitian meskipun masih dilakukan secara sporadis. seminar juga membahas tentang salah satu jenis pencemaran yang terjadi di lingkungan laut. 2003. 2007.

bahan pencemar yang mengontaminasi air tanah tidak hanya bahan anorganik seperti plastik. di Jakarta. Hal ini membuat air ledeng dan air sumur bor tidak memenuhi syarat air minum. sumber air atau air bakunya semakin berat. Tingginya pencemaran air mengakibatkan bakteri patogen. Di sisi lain. Akibatnya. jelas dia. katanya. Selain itu. Menurut dia.Efek terjadinya red tide juga ditunjukkan penurunan kadar oksigen serta meningkatnya kadar toksin yang menyebabkan matinya biota laut. serta tentunya menganggu kestabilan populasi organisme laut. pihak pengelola air ledeng . pengolahan air baku semakin sulit. Hal itu diungkapkan Direktur Penyehatan Air dan Sanitasi Direktorat Jenderal Pemberantasan Penyakit Menular dan Penyehatan Lingkungan (PPMPL) Hening Darpito kepada Pembaruan. masih terdapat dalam air ledeng. sebagai fenomena alam sesungguhnya meningkatnya pertumbuhan algae ini sangat jarang terjadi. sebagian algae juga mengandung toksin atau racun yang dapat menyebabkan matinya ikan dan mengancam kesehatan manusia bahkan menyebabkan kematian apabila mengkonsumsi ikan yang mati tersebut. Rabu (13/4). 3. katanya. tetapi juga bahan organik yang bila diurai mikroorganisme akan larut dalam air. maka matahari sulit untuk menempuh ke dasar laut dan pada akhirnya menyebabkan berkurangnya kadar oksigen dalam laut. khusus untuk air ledeng. “Akibat lautan tertutup dengan algae pada saat berlimpah. Pencemaran Air Tanah di Jakarta Makin Parah JAKARTA . Tanpa adanya limbah. Penyebabnya.Pencemaran air tanah di wilayah DKI Jakarta semakin parah. penurunan kualitas air. seperti E coli.

Kaltim)." papar Hening. Namun. Alim Bahri. Inilah yang membuat air ledeng masih mengandung bakteri patogen. Kaltim yang terus menurun. kapur. beban masyarakat bertambah karena ada yang terpaksa memakai air minum dalam kemasan yang harganya tidak murah atau masyarakat masih harus merebus air minum sekitar 10 menit sekalipun sudah mendidih. dalam pendistribusian air ledeng ke rumah tangga.Kualitas Sungai Sangata. harus ada sisa kaporit (khlor) untuk membunuh bakteri patogen di sepanjang pipa yang dilalui air ledeng dari sumbernya sampai ke rumah tangga. Karena itu. karena tingginya pencemaran. kemungkinan bakteri patogen masih ada pada air minum. seperti pemakaian tawas. Tetapi hal ini menambah biaya dan jarang dilakukan pengelola air ledeng. antara lain terlihat airnya kian keruh diduga akibat aktifitas penambangan batu bara PT. tuturnya. Kaltim Prima Coal (KPC). Ketua Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Forum Pemuda Kutai Timur Kalimantan Timur. termasuk . sambungnya. Kamis menilai bahwa ada kolerasi positif antara menurunnya kualitas lingkungan di daerah itu. Kabupaten Kutai Timur. Tetapi kaporit tidak 100 persen membunuh bakteri sehingga masih ada bakteri sekitar lima persen. Karena kalau hanya mendidih saja. Kualitas Sungai Sangata Menurun Diduga Karena KPC Sangata (ANTARA News . di Sangata. Akibatnya. dan kaporit. kadar klor menjadi nol sebelum air sampai ke rumah tangga. "Agar air bebas dari patogen. diperlukan karbon aktif karena kalau hanya menggunakan tawas sudah tidak mampu lagi menghilangkan molekul bahan pencemar. merupakan senyawa akhir yang ditambahkan pada air ledeng yang berfungsi untuk membunuh bakteri.masih menggunakan pengolahan air tanah konvensional. Kaporit.

Alim Bahri mengatakan akan membeberkan hasil investigasinya dan akan melaporkan ke DPRD Kutai Timur yang membidangi lingkungan Hidup. kepekatan air mencapai 95 sehingga air seperti gumpalan hitam batu bara. . kondisi air sungai dari hulu jernih."Saya sendiri yang mengambil tiga contoh air ditempat berbeda. Benar saja. Ia mengajak sejumlah wartawan mengunjungi kawasan yang mmbutuhkan jarak tempuh selama empat jam dari Ibu Kota Kabupaten Kutai Timur. "Kami sudah melakukan langsung investigasi ke hulu pertemuan sungai bandili yang merupakan pembuangan limbah tambang batu bara dengan sungai Sangata di hulu dan kondisi air sangat berbeda." papar dia. warnanya sangat berubah dan kental karena bercampur lumpur dan tanah dari tambang Bahri mengatakan bahwa dari hasil investigasi langsung ke hulu sungai. sedangkan air dari tambang keruhbercampur lumpur. terlihat bahwa kondisi air sungai Sangata yang juga dikosumsi ribuan warga itu yang menetap tidak jauh dari kawasan tersebut kondisinya sangat parah. Sangata selama empat jam. Sungai Sangata sangat jernih airnya namun ketika perusahaan itu masuk ke Kutim 1990-an kualitas lingkungan menurun. sehingga tampak sekali dua warna air berbeda.Sungai Sangata akibat kehadiran perusahaan raksasa batu bara itu. sebagai bukti kami untuk melaporkan kasus pencemaran ini kepada Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kutai Timur." papar dia. Ia menyatakan bahwa sebelum kehadiran perusahaan itu." katanya. Sudah tentu kondisi air sungai yang kental dan keruhnya luar biasa itu berpengaruh pada aktivitas produksi PDAM di tiga buah Instalasi Pengolahan Air. "Dugaan pencemaran begitu jelas terlihat pada pertemuan dua sungai. Lihat saja.

karena Pengolahan Air tak dapat mengolah bahan baku karena airnya sangat kotor dan pekat. Direktur PDAM Kutim Aji Mawarni mengatakan. pihaknya meminta maaf kepada seluruh pelanggan akibat gangguan ini. Sumber Air PDAM Sangata Tercemar Limbah Batu Bara Sangatta -Akibat pencemaran dari limbah batu bara di Sungai Bendil Kabupaten Kutim. Sementara itu." kata Direktur Utama Perusda PDAM Kutai Timur. KPC. Aji Mawarni kepada ANTARA membenarkan kian buruknya kualitas lingkungan Sungai Sangata. Asrul Sani tidak mengangkat telepor selulernya saat akan dikonfirmasikan dugaan pencemaran lingkungan oleh perusahaan batu bara terbesar nasional atau produksi terbesar dunia untuk katagori tambang terbuka (open pit mine). Manajer Eksternal PT. dan kualitas air mengalami penurunan yang cukup drastis karena kepekatan lumpur sungai Sangatta berada di atas ambang normal. . Hal ini mengakibatkan pasokan air ke rumah warga menjadi terhambat. PDAM Sangatta kembali kesulitan memperoleh air baku dalam sepekan terakhir. dan berjanji menyelesaikan persoalan pasokan air dalam waktu sepekan."Produksi air kerap dihentikan.

terlihat kalau masih banyak kendaran khususnya yang bermesin diesel kepekatan asapnya di atas 75 persen. DLLAJ.Tingkat polusi atau pencemaran udara di Kota Yogyakarta yang disebabkan asap kendaraan bermotor. "Dari hasil uji emisi tadi. Hal ini terlihat dari hasil uji emisi bagi kendaraan bermesin diesel yang digelar oleh Pusat Pengelolaan Lingkungan Hidup Regional Jawa (PPLH). Sebab masih mengandung adanya unsure timbal. Zainal Arif dari teknik otomotif UNY yang ikut dalam uji emisi tersebut mengatakan. Zainal menambahkan selain kendaraan bermesin diesel dengan bahan bakar solar tersebut. bahwa masih banyak kendaraan bermesin diesel (solar) yang kepekatan asapnya (kopositas) di atas baku mutu Keputusan Menteri Lingkungan Hidup No 5/2005 sebesar 75 persen. kendaraan berbahan bakar bensin (premium) juga masih tetap rawan menimbulkan polusi. Rabu (23/7/2008). Apalagi mengingat jumlah kendaraan berbahan bakar premium di DIY yang . Yaitu mencapai 90-100 persen." kata Zainal di Jalan Brigjend Katamso Yogyakarta.Polusi Udara di Yogya Lampaui Ambang Batas YOGYAKARTA . akademisi dan Sat Lantas Poltabes Yogyakarta hari ini. telah melampaui ambang batas.

4. kandungan karbonmonoksida (CO) di sejumlah titik jalur strategis naik dari 30. Berdasarkan pantauan Badan Lingkungan Hidup Kota Yogyakarta. Simpang Empat Kantor Pos Yogyakarta. Selasa (14/9). "Jangan mengedepankan alat penghemat bahan bakar saja tapi bagaimana masyarakat dan operator angkutan bisa merawat kendaraanya dengan benardan reguler sehingga akan berhasil menciptakan suasana udara bersih di Yogya. Ia menyampaikan pihaknya telah melakukan pemantauan di sejumlah titik seperti di Jalan Malioboro." katanya. Jalan Kusumanegara dan Jalan Wirobrajan. Apalagi kendaraan berbahan bakar bensin di Yogya sudah mencapai 75 persen baik motor maupun angkutan pribadi kan. Terminal Penumpang Yogyakarta. dari hasil uji emisi tersebut bagi kendaran yang terbukti melanggar aturan soal ambang batas asap kendaraan tidak diberikan sanksi." kata Kepala Sub Bidang Pemulihan Lingkungan. "Yang berbahan bakar bensin juga perlu perhatian. Mereka baru akan diberikan himbauan agar bisa merawat kendaraan mereka secara benar dan reguler. "Kita prediksikan kondisi udara kembali pada ambang normal pada H+7 Idul Fitri.000mg/Nm3. Sementara itu Kepala Bidang Pengendalian Penelitian Lingkungan dan Pengelolaan Limbah Berbahaya dan Beracun PPLH Regional Jawa Setyo Winarso menambahkan. Badan Lingkungan Hidup Kota Yogyakarta Pieter Lawoasal. membuat tingkat polusi di kota tersebut naik 15 persen.dari hari ke hari semakin bertambah banyak. menjadi 36." kata Setyo.700 mg/Nm3. Kendaraan Pemudik Naikkan Polusi Udara di Yogyakarta YOGYAKARTA--MI: Sesaknya kota Yogyakarta oleh kendaraan bermotor pemudik. "Kita hanya memantau kandungan .

"Sekarang kita sedang mendata berapa banyak masyarakat yang terserang ISPA. untuk mengantisipasi agar tidak terserang ISPA maka masyarakat harus pintar-pintar menjaga kondisi kesehatan tubuh. (SO/OL-04) 70 Persen Sumur Penduduk di Yogya Tercemar E-Coli REPUBLIKA. Dan saat ini tinggal 70 persen saja.640 mg/Nm3." jelasnya.YOGYAKARTA--Hingga kini.ID.karbon monoksida saja." katanya. hampir sebagian besar sumur penduduk di wilayah Kota Yogyakarta masih tercemar E-Coli (Escherichia coli). Yang jelas. Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta Bondan Agus Suryanto mengungkapkan dalam jangka pendek. Lebaran tahun ini kondisi pencemarannya sangat tinggi. Karena pada hari biasa hanya berkisar rata-rata 11. Tingginya pencemaran udara pada arus mudik dan arus balik Lebaran bisa mengakibatkan para pemudik terserang ISPA. tingkat polusi udara yang tinggi bisa menyebabkan merebaknya penyakit ISPA. Penyakit menular tersebut biasanya sangat tinggi pada musim kondisi udaranya buruk." papar Kepala Bidang Pengawasan dan Pemeliharaan Lingkungan BLH Kota Yogyakarta Ika Rostika. . didapat hasil 85 persen sumur di Kota Yogyakarta diperkirakan tercemar seperti bakteri E-coli. tingkat pencemaran air sumur sudah cukup berkurang. Bahkan berdasarkan data Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Yogyakarta tahun ini diprediksikan masih 70 persen dari total sumur milik penduduk yang tercemar bakteri tersebut.CO. “Jika dibandingkan empat tahun yang lalu. Data sampel di tiap kecamatan tahun 2007 lalu. Selasa (21/6).

Menurutnya. Pembuatan saluran air limbah baik manusia maupoun limbah domestik seringkali berdekatan dengan sumur warga. Pihaknya kata dia. Tanah di wilayah . pencemaran tersebut terjadi dikarenakan letak sumur para warga berdekatan dengan saluran pembuangan limbah rumah tangga atau septitank. Pasalnya permukaan air sumur akan menurun saat musim kemarau. jika pencemaran tidak tertangani maka hal tersebut justru akan meningkatkan kadar pencemaran semakin banyak. Dan rencananya akhir 2011 mendatang akan dilakukan pengecekan kembali. tetapi di musim kemarau seperti saat ini hal tersebut juga tetap mengkhawatirkan. “Pola hidup masyarakat yang belum melakukan budaya hidup sehat dan menjaga kebersihan lingkungan menjadi pemicu angka pencemaran bakteri yang bisa mengakibatkan diare ini. tingginya tingkat pencemaran air sumur di Kota Yogyakarta dikarenakan masyarakat umumnya terjebak pada pola hidup yang pragmatis.” tambahnya. terakhir kali melakukan pemeriksaan kondisi air sumur pada akhir 2010 lalu dengan mengambil sampel di 36 sumur di tiap kecamatan yang ada di Kota Yogyakarta. Terpisah Ketua Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Lingkungan Hidup Lestari Agus Hartanta mengatakan. Karenanya saat terjadi kebocoran saluran limbah maka rembesan ke sumur tak terhindarkan.Meski tingkat pencemaran tersebut tahun ini tidak begitu parah seperti tahun 2007.” paparnya. “Pola pragmatis ini menyebabkan masyarakat mengingkan segala sesuatunya serba praktis dan cepat. Hal ini tentu tidak dibenarkan karena jika terjadi kebocoran saluran maka dipastikan air sumur tercemar. Akibatnya banyak masyarakat kurang memperhitungkan efek kesehatan saat membangun saluran air limbah maupun sumur.

Seperti yang disebabkan oleh asap dari angkutan umum. menurut Agus yang menjadi faktor penyebab pencemaran air sumur lainnya ialah kurangnya upaya pengelolaan sampah dengan benar. . “60 persen pencemaran udara di Jakarta disebabkan karena benda yang bergerak atau transportasi umum. Paul menyatakan. 5. Selain itu. ” kata Senior Program Officer Clean Air Project (Swisscontact). kebijakan pemerintah pusat yang mengeluarkan UU Nomor 18 tahun 2008 tentang Pengelolaan Sampah yang dilakukan di tingkat sumber penghasil sampah belum terealisasi di masyarakat. misalnya metromini yang menggunakan bahan bakar solar. terutama karena mereka memakai bahan bakar solar. “Saat ini saja. Jakarta. pemerhati lingkungan dan masyarakat sendiri untuk mencari jalan keluar dari masalah pencemaran. Paul Butar-Butar saat pertemuan dengan Komisi D DPRD DKI di ruang rapat komisi D.perkotaan yang cenderung sempit juga memicu pembangunan air limbah yang berdekatan dengan sumur tersebut. Senin (17/1). 94 persen penyakit pernafasan yang diderita oleh masyarakat Jakarta disebabkan oleh pencemaran udara luar ruang. Karena itulah butuh kerja keras pemerintah. Dan jika dibandingkan dengan kondisi air beberapa tahun sebelumnya. Metromini Penyebab Pencemaran Udara Terbesar Di Jakarta Tingginya tingkat pencemaran udara di Jakarta tidak lain disebabkan oleh meningkatnya jumlah angkutan umum yang menggunakan bahan bakar solar. tidak ada perubahan yang berarti dari kualitas air di Kota Yogyakarta.” tambahnya.

uji emisi yang telah diluncurkan sejak 2002. Seharusnya. kata Paul. Wakil Gubernur DKI Jakarta Fauzy Bowo. yang telah dirintis oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta bekerjasama dengan berbagai LSM tidak menghasilkan dampak yang signifikan. “Denda itu terlalu kecil. Paul berharap agar pemerintah segera menetapkan kebijakan khusus yang mengatur hal tersebut. Denda maksimal Rp 5 juta dan hukuman pidana kurungan paling lama 6 bulan dinilai terlalu ringan bagi pelanggar pencemaran udara. 30 persen penyakit pernafasan. Karena masih banyaknya kendaraan yang menggunakan bahan bakar solar dan tidak layak jalan. seharusnya Rp 50 juta bukan Rp 5 juta. dasar acuan penetapan sanksi berdasar pada UU No. ” jelas Paul. Menurut Denny. Mengingat kondisi udara Jakarta yang semakin mengkhawatirkan. dalam rapat paripurna DPRD. Anggota komisi D dari Fraksi Partai Demokrat. 32 tahun 2004 yang menetapkan denda sebanyak-banyaknya Rp 50 juta. khususnya sanksi yang tegas dan lebih berat.Sedangkan menggunakan AC.” kata Denny. Kadar CO2 mereka berada di atas ambang batas (500). disebabkan oleh pencemaran dalam ruang seperti adanya asap rokok di ruang yang Paul menilai. “Dari hasil survei karbonmonoksida (CO2). menyatakan setuju besaran denda yang disampaikan oleh beberapa . 50 persen kendaraan yang ada itu tidak lolos uji emisi. Denny Taloga sependapat dengan Paul. pemerintah saat ini harus bisa melakukan tindakan yang tegas terhadap pada pelanggar pencemaran udara.

“Sebagai langkah awal. Pencemaran lingkungan tersebut tidak dapat dihindari. dan atau komponen lain ke dalam lngkungan atau berubahnya tatanan lingkungan oleh kegiatan manusia atau oleh proses alam sehingga kualitas lingkungan turun sampai ke tingkat tertentu yang menyebabkan lingkungan menjadi kurang atau tidak dapat berfingsi lagi sesuai dengan peruntukannya (UU Pokok Pengelolaan Lingkungan Hidup No. Pencemaran lingkungan dapat terjadi karena kegiatan manusia maupun dari kegiatan alam. Untuk mengurangi pencemaran udara yang diakibatkan oleh angkutan umum. dan meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat terhadap lingkungannya agar tidak mencemari lingkngan. pemasyarakatan BBG ini akan diberlakukan pada berbagai kendaraan dinas operasional instansi pemerintah maupun BUMD. . ” kata Fauzy. mengendalikan pencemaran. Yang dapat dilakukan adalah mengurangi pencemaran. zat energi. pencermaran lingkungan pasti terjadi. 32 tahun 2004 yang menetapkan denda sebanyak-banyaknya Rp 50 juta dan pidana kurungan paling lama 6 bulan. Karena kegiatan manusia.fraksi beberapa waktu lalu. Yaitu dengan mengacu pada UU No. ULASAN Pencemaran lingkungan adalah masuknya atau dimasukkannya makluk hidup. pihaknya juga kan menggalang aksi pemasyarakatan pemakaian Bahan Bakar Gas (BBG). 4 Tahun 1982).

baik tua maupun muda. Selain itu juga terdapat pencemaran air dan tanah karena kegiatan pertambangan yang kurang memperhatikan lingkungan sekitar. Pencemaran yang paling besar jumlahnya adalah pencemaran udara. mencintai lingkungan dengan mengurangi hal hal yang dapat memperparah pencemaran lingkungan yang telah terjadi. coli yang berbahaya bagi kesehatan. baik pencemaran udara. Hal ini sangat berdampak buruk bagi warga sekitar lokasi pertambangan. air. Baru-baru ini dunia dihebohkan dengan pencemaran air oleh bakteri E. terlalu banyak pencemaran lingkungan yang terjadi. Selain itu juga diturunkannya undang-undang mengenai pertambangan serta pengolahan limbah industry. Menyebabkan semakin berkurangnya O2 yang diproduksi oleh pohon-pohon. Contohnya saja di Indonesia. Kegiatan ini sangat disambut baik oleh banyak kalangan. Hal ini sangat membantu dalam mengatasi masalah pencemaran lingkungan ini Dimulai dari sendiri. Dan mulai merubah kebiasaan buruk mereka yang secara tidak sadar akan mengganggu system bumi ini.Saat ini sudah banyak kasus pencemaran lingkungan yang terjadi. maupun tanah. Jika ini berlangsung terus-menerus akan membahayakan keberlangsungan hidup manusia dan makhluk hidup lainnya karena dapat merusak kesehatan. Sebaiknya masing-masing manusia mulai menyadari akan hal ini. Agar bumi beserta isinya tetap terjaga  . Saat ini sudah banyak kegiatan-kegiatan social yang mencanangkan penanaman pohon serta mengurangi intensitas berkendaraan dengan kendaraan bermotor. Hal ini disebabkan oleh emisi gas beracun dari kendaraan bermotor. Ditambah lagi banyaknya hutan-hutan yang ditebang secara sembarang.

com/doc/7777351/Pencemaran-lingkungan http://walhijogja.com/berita/kota/kutai-timur/1950-sumber-air-pdam-sangatatercemar-limbah-batu-bara.com/read/2008/07/23/1/130480/1/polusi-udara-di-yogyalampaui-ambang-batas http://www.antaranews.scribd.or.com/berita/3472/kualitas-sungai-sangata-menurun-didugakarena-kpc http://www.id/index.com/2005/04/pencemaran-air-tanah-di-jakartamakin.mediaindonesia.okezone.com/view/?i=1221826998&c=WBM&s= http://koranbaru.Sumber http://www.idcfm.antaranews.php? option=com_content&task=view&id=20&Itemid=3 http://www.com/read/2010/09/14/168476/124/101/KendaraanPemudik-Naikkan-Polusi-Udara-di-Yogyakarta .com/pencemaran-laut-di-indonesia-masih-tinggi/ http://westjavawater.html http://news.html http://kaltim.blogspot.

co.republika.com/kuliah/2010/metromini-penyebab-pencemaran-udaraterbesar-di-jakarta/ .http://www.id/berita/regional/nusantara/11/06/21/ln4x8q-70-persensumur-penduduk-di-yogya-tercemar-ecoli http://hostingkita.