RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN Satuan Pendidikan Mata Pelajaran Kelas/Semester Materi Pokok Standar Kompetensi : : : : : SMPS WR.

SUPRATMAN 2 Matematika VII/ 2 Geometri Memahami konsep segi empat dan segitiga serta menentukan ukurannya

Alokasi Waktu

: 2 X 45 menit

Kompetensi Dasar :
Melukis segitiga, garis tinggi, garis bagi, garis berat dan garis sumbu

Indikator :
Melukis garis tinggi, garis bagi, garis berat, dan garis sumbu

Tujuan pembelajaran : Siswa dapat melukiskan Melukis segitiga, garis tinggi, garis bagi, garis berat
dan garis sumbu pada suatu segi tiga.

Materi Prasyarat : Garis tegak lurus pada suatu garis, garis tegak lurus yang melalui suatu titik di luar garis dan garis bagi sudut Bentuk – bentuk bangun Segi tiga Sumber Pembelajaran : Buku penunjang yang terkait dengan bangun datar Lembar Kerja Siswa (LKS) Presentase power point Kegiatan Pembelajaran : Model Pembelajaran : Pengajaran Langsung (Direct Intruction) Berbasis ICT Metode : Exspositori, tanya jawab, pemberian tugas.

RPP PKM / Bahrul Ahmad, S.Pd/Sertifikasi Guru / Unimed / 2009

1

1. garis bagi. Memberikan motivasi kepada siswa akan pentingnya materi yang akan dipelajari yang harus diingat kembali oleh siswa penjelasan 10’ 3. Memperhatikan mencatat kesimpulan RPP PKM / mms /Sertifikasi Guru / Unimed / 2009 2 . Memberikan kesempatan untuk bertanya kepada siswa jika ada hal-hal yang belum jelas tentang LKS. 4. Menjelaskan materi prasyarat 3. Membimbing siswa dalam mengerjakan menyelesaikan LKS. Memperhatikan mencatat materi dipresentasekan. LKS siswa diajak untuk melukiskan garis tinggi. Mendengarkan guru penjelasan Wkt Fase I Meny ampa ikan Tuju an dan Mem persi apka n Siswa 2. dan yang Fase II Mende montr asikan Penget ahuan dan Keter ampila n 5. Mendengarkan guru 2. Presentase materi melukiskan garis tegak lurus terhadap suatu garis. tujuan yang akan Siswa 1. Mengingat-ingat kembali materi prasyarat yang mendukung pelajaran baru. 1. Bertanya pada guru jika ada hal-hal yang masih diragukan tentang materi dan LKS 7. Meminta pasangan menampilkan diskusinya salah satu untuk hasil 6. 7. Membagikan LKS. Menjelaskan pembelajaran dipelajari. Membuat kesimpulan dari hasil diskusi dengan teman sebangku. garis berat dan garis sumbu dari segi tiga yang ada dalam LKS. Melalui 5. Fase III Memb imbing Pelatih an 8. dan 20’ 9. 2.Skenario Pembelajaran : FASE KEGIATAN Guru 1. Memperhatikan presentase guru dan menyelesaikan LKS dengan berdiskusi dengan teman sebangku 30’ 6. Memberikan penekanan terhadap kesimpulan yang diperoleh. melukis garis tegak lurus yang melalui suatu titik diluar garis. Siswa mengerjakan LKS dengan bimbingan guru.

6.FASE KEGIATAN Guru 3. 15’ 8. Memperbaiki 15’ 7. Mencatat rangkuman materi pelajaran yang telah dibahas. 1. Guru memberikan tes akhir Fase V Memb erikan Latiha n dan Penera pan Konse p (quis) kepada siswa dan menyuruh siswa mengumpulkan lembar jawabannya. yang 3. 2. Guru memberikan pekerjaan rumah berupa soal-soal yang ada pda buku pegangan siswa Penilaian : Jenis Teknik Bentuk : Tertulis : Tes Akhir : Tes Objektif Mengetahui : Maret 2009 Kepala SMPS WR. 20 Guru Pamong Guru P K RPP PKM / mms /Sertifikasi Guru / Unimed / 2009 3 . Mencatat no soal pekerjaan rumah 9. Guru bersama-sama siswa merangkum materi telah dibahas . dan memberi tanggapan terhadap kesimpulan yang dibuat oleh siswa serta memberikan reward kepada siswa tersebut. Meminta salah seorang siswa mempresentasikan kesimpulan diperolehnya yang Siswa 5. Siswa mengerjakan soal tes yang diberikan guru dan mengumpulkan jawaban ketika waktu sudah habis. kesimpulan apabila salah atau kurang sempurna dalam membuat penyelesaian Wkt Fase IV Menge cek Pemah aman dan Memb erikan Umpa n Balik 4. Bersama siswa memeriksa kebenaran jawaban di papan tulis.Supratman 2 M Medan. Siswa lain menanggapi penyelesaian yang ditulis di papan tulis.

S. S.S.. S.Pinondang Situmorang.S.T. Pd Budiman.Pd Bahrul Ahmad. RPP PKM / mms /Sertifikasi Guru / Unimed / 2009 4 .S. S.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful