PENERAPAN ISO 9000 DAN ISO 14000

Oleh : Endang

ABSTRAKSI Perdagangan bebas merupahan isu sentral yang sangat menguai pada okhir-ahhir ini. Ditamhah lagi dengan adanya Deklarasi Bogor yang menghendaki agar perdagangan bebas dilaksanakan pada tahun 2010 bagi negara-negar maju di kawasan Pasifik dan pada tahun 2020 untuk negara-negara berkembang di kawasan yang sama.Sehingga untuk memudahhiui terjadinya suatu pemasaran produk-produk dari suatu perusahaan maha adanya sertifikat ISO ( International for Standardization Organization) 9000 seri sangatlah penting. ISO 9000 seri hingga kini eudah. menjadi bagian yang tidak terpisahkan lagi dari usaha untuk meninghathan. daya saing, sedangkan ISO 14000 yang diluncurkan tahun 1996 dilihat dan sisi pengelolaan linghungan. Hingga hini barii sebagian. keeil perusahaan-perusahaan di Indonesia yang sudah meraih sertifihat ISO terse but. Perusahaan-perusahaan harus mau dan mampu untuk mengubah. pola pikirnya selama ini. Jika tidak mereka akan tergilas oleh roda perdagangan bebas secara internasional.

PENDAHULUAN Dalam kenyataannya adanya perdagangan bebas tidak semudah yang dibayangkan dimana memperbolehkan setiap industri ikut bermain didalamnya. Dibutuhkan persyaratan-persyaratan minimal agar suatu industril perusahaan manufaktur bisa ikut bermain di arena perdagangan bebas. ISO 9000 seri sebagai suatu standar sistern mutu merupakan standar minimal iuntuk menjamin mutu produk yang konsisten, sehingga mernungkinkan untuk digabung dengan sistem rnutu yang sudah ada di perusahaan tersebut atau dikembangkan rnenjadi manajemen mutu terpadu. ISO 9000 seri berasal dari Amerika dan dikembangkan di Inggris dan menjadi British Standart Industry No. 570, yang merupakan persyaratan-persyaratan minimal dari konsumen industri Inggris. Pada perkembangannya, British Standart Industry tersebut dapat diterima secara global dan diangkat menjadi ISO 9000 seri, Sebenarnya banyak sekali standar international selain ISO 9000 seri, seperti Cerna Stikubank IOktober 1996

73

serta kurang lebih sudah 80 negara yang telah mengadopsikannya secara 100%.misalnya: ASME Codes. Semuanya itu merupakan standar yang telah diterirna secara internasional baik untuk masalah standardisasi kualitas produknya maupun untuk sistem manajemennya. Akan sulit untuk mengelak dengan menyatakan bahwa Indonesia sudah memiliki standar yang tersendiri. PEMBAHASAN MASALAH 1. Standar-standar semacarn diatas memang sudah selayaknya dapat diterapkan dalam industri di Indonesia. yaitu : 74 Gema StikubanklOktober 1996 . ISO 9000 seri sebagai suatu standar yang bisa diterima secara internasional sudah merupakan suatu tuntutan pasar. Dalam penerapannya tidak ada keseragaman yang 100 % sarna untuk suatu negara dibandingkan dengan negara yang lain. ISO 9000 seri merupakan satu-satunya standar yang mendunia dalam arti bahwa seluruh negara-negara anggota ISO mengadopsinya dan menerapkannya. Pemerintah Indonesia dalam hal ini melalui Dewan Standardisasi Nasional telah membentuk Komite Akreditasi Nasional untuk memberikan sistim akreditasi dan sertifikasi secara keseluruhan dan dituangkan dalam suatu pola yang telah sesuai dengan pola internasional. Disinilah letak pentingnya ISO 9000 seri dirniliki oleh industri! perusahaan di Indonesia. maupun ASMT Codes. API Codes. Termasuk didalarnnya adalah sistem sertifikasi sistem mutu yang memakai tolok ukur standar internasional tadi yaitu ISO 9000 seri yang telah diadopsi menjadi SNI-19-9000 seri. tetapi jika ditinjau dari pola akreditasi dan sertifikasinya tiap-tiap negara memiliki suatu kesamaan arti dalam interprestasinya. Struktur Standar ISO 9000 seri Jika dikatakan sebagai suatu seri memang sangat beralasan mengingat bahwa kata seri sendiri berarti terdapat beberapa standar yang termasuk didalarnnya. Apalagi setelah keluarnya Deklarasi APEC yang diperkuat dengan berbagai persetujuan bilateral maupun multilateral perdagangan. Standar ini memang terdiri dari 5 standar yang utama. dan dapat ditetapkan di seluruh industri termasuk industri yang baru berteknologi rendah. Hal ini sudah merupakan konsekuensi dari keikutsertaan dalam perdagangan bebas seeara global. karena harnpir bisa dipastikan bahwa pasar global tidak akan mau membeli produk Indonesia. Kita tidak bisa lagi untuk berpikir seeara lokal bagi industri nasional.

Eksternall Contractual: ISO 9001. . . 9003 Yang penting : Dokumentasi Sistem Mutu merupakan keharusan. 4. distribusi hingga pelayanan puma jual.lsi: 2 pasal. calibration.Diperlukan bila dalam suatu ikatan perjanjian di syaratkan pemasok harus dapat mendemonstrasikan kemampuan untuk melaksanakan inspeksi dan perjanjian pada barang/ jasa yang dibuat.Menyediakan petunjuk pemilihan dan penggunaan standar ISO 9000 seri yang terdiri dari : L Internal/Non Contractual: ISO 9004 2. inspeksi dan testing. . ISO 9003 Sistem Mutu : Model Jaminan Mutu Dalam Inspeksi dan Tes Akhir.Top Standar : Mencakup aktivitas Desain. Dalam Contract review Audit Suplier DaJam Design control Seluruh peru bahan . 9002 dan 9003 . inspection testing. 9002. dll .Elemen Khusus : Contract review dan design control. Elemen lain : Purchasing. 3.lsi: 20 pasal ISO 9002 Sistem Mutu Model Jam in an Mutu Dalam Produksi dan Pemasangan. modifikasi dan verifikasi harus disertai bukti obyektif. tetapi tanpa design control dan after sales service. . Sistem Mutu : ISO 9001 Model Jaminan Mutu Dalam DesainJ Pengembangan Produksi. product identification. antara lain mencakup sistim -dokumentasi identifikasi produk. Pemasangan dan Pelayanan. produksi.1.lsi: 18 pasal. . Digunakan Operasi manufaktur dengan desain yang mapan Sasaran Meyakinkan pelangggan bahwa industri terkait dapat menghasilkan prod uk yang bermutu secara kontinyu. ISO 9000 : lsi : Penjelasan umum konsep kualitas perbandingan ISO 9001. pengendalian barang yang tidak sesuai spesifikasi dan 2. sarna dengan ISO 9000. Gema Stikubank IOktober 1996 75 .

Pengadaan material / barang .Peralatan kontrol .Beberapa elemen dasar : . Lihat gambar 1 berikut IDl: ISO 9000 GUIDELINES NON CONTRACTUAL CONTRACTUAL I ISO 9004 GUIDELINES ISO 9001 DESIGNI I DEVELOPLMLENT [ ISO 9002 : PRODUCTION ISO 9003 : INSPECTIONI INSTALLATION SERVICING TESTING [ [ [ I I Kelima stan dar terse but mengulas tujuan. 9002 dan 9003. 76 Gema Stikubank IOktober 1996 .Kebijakan dan sasaran mutu . 5. .Pemasaran dan spesifikasi produk .Organisasi dan tanggung jawab . dU. Pedoman : ISO 9004 Unsur Khusus Manajemen Mutu dan SistemMutu.lain sebagainya. perangkat dan tolok ukur dari suatu kegiatan yang harus dilaksanakan secara sistematis dan terukur sehingga dalam penilaiannya dapat dilaksanakan secara mudah. Didalam penilaian tersebut tidak ada sangkut pautnya dengan produk ataupun mutu produk yang dihasilkan tetapi adalah cara bagaimana perusahaan yang bersangkutan harus menjaga mutu perusahaan secara menyeluruh.Dokumentasi. Berdasarkan isinya : ISO 9004 merupakan pelengkap ISO 9000 dan bukan merupakan urutan sesudah ISO 9001.Desain .

7 12 13 14.6* 4.11* 4. ukur dan uji) Ketidak . Mutu dalam spesifikasi dan desain (Pengendalian desain) Mutu dalarn pengadaan (Pembelian) Mutu dIm produksi (Pengendalian produk) Pengendalian produksi Pengendalian dan mampu telusur bahan (Identifikasi dan mampu telusur produk) Pengendalian status verifikasi (Sta.4* 4.9* 4. Ekonomi . Berikut ini adalah persyaratan-persyaratan yang rnenjadi perhatian ISO 9000 beserta perbandingannya dari ISO 9001.1 0 4.17* SNI 19-9002 4.4< 4. Mutu dlm pemasaran (Tinjauan kontrol). Prinsip-prinsipo sistem mutu...5* 4. butir sistem mutu yg berpadanan dlm Judul SNI 19-9001 4.12* 4. Bagaimanapun juga yang terpenting dalam standar ini adalah adanya komitmen dari manajemen puncak untuk melakukan sistem manajemen sesuai dengan standar dan peraturan yang telah disepakati dan adanya petugas khusus yang diberi wewenang untuk melakukan kegiatan sistem mutu yang secara organisatoris independen dapat akses langsung ke pimpinan dan ke bagian lain untuk menjaga terpeliharanya sistem mutu.3* 4. ISO 9002 dan ISO 9003.6< 4. Audit sistem mutu (intern).3* 4. karena disini perhitungan ekonomisnya selalu diperhatikan.1 * 4..9* 4.Diperlukan juga suatu panduan dan kebijaksanaan mutu yang harus diketahui oleh seluruh jajaran karyawan perusahaan.5< 4. lihat gambar 2 berikut ini : TABEL 2 : Informasi daftar acuan silang unsur-unsur No.7< 4. Tanggung jawab manajemen. Hal-hal penting yang diuraikan dalam ISO 9000 seri tersebut terdiri dan 20 komponen yang pada dasarnya telah dilaksanakan oleh setiap perusahaan dengan secermat-cermatnya.8* 4.16< SNI 19-9003 4. I 4..7* 4. Meskipun demikian banyak perusahaan yang melupakan segi administratif di luar keuangan misalnya prosedur dan petunjuk kerja yang kurang diperhatikan secara ber kesinam bungan. inspk dan test) Verifikasii produk (inspeksi dan pengetasan) Pengendalian peraIatan ukur dana uji inspeksi.4 6 7 8 9 10 11 No.2 1...11 - - 4.2* 4..8* 4.9* 4.10* Cerna Stikubank IOktDber 1996 77 .pertimbangan biaya berhubungan detngtant mutu.1* 4.2< - 11. Butir 4 5 5.10* 4.1< 4.8* 4.

Perusahaan-perusahaan di Indonesia masih terlalu mengandalkan keunggulan kornparatif konvensional yang antara lain menyangkut upah tenaga kerja yang rendah untuk menembus pasar-pasar luar negeri. Menurut Eric Roger. di Indonesia sudah sekitar 150 perusahaan memperoleh sertifikat ISO seri 9000.13* 4.9< - 4.15* 4. Sampai saat ini.14* 4. Jadi semakin banyak konsumen yang mengetahui pengakuan internasional tersebut semakin bagus bagi perusahaan tersebut.4* 4. keunggulan tersebut sudah tidak bisa diandalkan lagi. Memang pemerintah tidak mewajibkan bagi setiap perusahaan untuk memperolehnya.10< 4. misalnya mengadopsi ISO. faktor ISO ikut mempengaruhi.10* 4.2 17 17. Jumlah ini diperkirakan akan terus meningkat.15* 4.12< 4.7* 4. penyimpanan. Jadi perusahaan di Indonesia harus mengoptimalkan daya saing di pasar internasional dengan cara lain. Padahal dalam era perdagangan yang kian liberal.18* 4. pengemasan dan penyerahan) Pelayanan puma jual Dokumentasi dan catatan m utu (Psngendalian mutu) Catatan mutu Personil (pelatihan) Keselamatan dan liabilitas produk Pemakaian cara statistik (Teknik Statistik) Produk yang dipasok oleh pembeli 4.17< 4. Keunggulan ISO 9000 Seri 8emula sudah bukan rahasia lagi.13* 4.19* 4.5* 4. namun perusahaan harus menyadari bahwa hal ini merupakan tuntutan pasar.14 15 16 16.6* - * < o Persyaratan penuh Kurang ketat dibandingkan dengan SNI 19-9001-1992 Kurang ketat dibandingkan dengan SNI 19-9002-1992 unsur ini tidak ada 2.14* 4.3 18 19 20 Kunci: Ketidaksesuaian (Pengendalian produk tidak sesuai) Aksi koreksi Fungsi-fungsi penanganan dan pasca produksi (penanganan.12* 4.110 - - 4.18* 4.16* 4.3< 4. Presiden 8GS International Certification Service.8< 4. bahwa tujuan utama perusahaan Indonesia dalam memburu sertifikat ISO hanyalah untuk menembus pasar-pasar negara maju. terutama Eropa. Ketika konsumen mempertimbangkan barang apa yang akan dipilih. 78 Gema Stikubank IOktober 1996 .

Jika berbicara tentang mutu di Indonesia. menekan resiko kesalahan. Mendirikan Indonesian Institute for Quality! IIQ agar perusahaan-perusahaan yang ingin memperoleh pengakuan internasional lewat ISO 9000 memiliki sumber daya manusia yang terampil dan terdidik. 3. Jarang yang memilih ISO 9001 seperti misalnya PT Gatari Air Service (GAS). dan lain sebagainya. anak perusahaan grup Humpuss. Gema 8tikubank IOktober 1996 79 . Ada beberapa jasa pelayanan yang ditawarkan Sucofindo berkaitan dengan mutu : 1. pendokumentasian yang berjalan lancar. PT. Hasilnya sebagian besar peraih ISO mampu menaikkan prestasinya. ISO 9002 memang model paling sederhana bagi jaminan mutu untuk produk. Akan tetapi sebagian besar perusahaan di Indonesia yang sudah meraih ISO roemilih ISO 9002. PT. Sebab iso 9001 ini memang relatif paling rumit. Pemicunya bahwa sebagian besar peraih ISO terse but adalah perusahaan rnanufaktur. mulai dari desain/ pengembangan.jemen Mutu (SPSM) yaitu badan konsultan dan sertifikasi sistem mutu baik untuk pernsahaan menengah maupun pernsahaan kecil yang ingin memperoleh ISO 9000. GAS. meningkatkan mutu pembuatan keperluan manajemen melalui internal audit yang merupakan suatu dasar untuk meningkatkan mutu seeara berkesinambungan. adanya standardisasi pada hampir seluruh bidang dimana tergantung dari ISO nomor berapa yang dipilih. Berperan dalam program peningkatan sertifikasi Sistem Mana. Pesero yang bergerak di bidang permutuan tersebut tidak tinggal diam melihat tantangan dan peluang bisnis untuk bidang sertifikasi mutu. 2. membaiknya sikap mental karyawan karena disiplin kerja maupun waktu kerja yang semakin efisien sehingga tidak banyak membuang waktu. produksi/instalasi hingga pelayanan. Sucofindo. Apapun jenis ISO yang dipilih bukan hanya dampak eksternal yang akan dirasakan seperti : terbukanya pasar ekspor. Wijaya Karya. Badan ini melayani keinginan dunia usaha yang ingin memperoleh sertifikasi ISO 9000. Hanya saja ISO 9001 memang model ideal untuk bidang tersebut. dan instalasi. meningkatkan kemampuan pengirimannya/ on time delivery. ADHI Karya.Banyak perusahaan di Indonesia yang sudah mendapat sertifikat ISO misalnya PT. Bertindak sebagai registrar badan sertifikasi ISO 9000 (Sucofindo Registrar for Quality Assurance . maka kata pertama yang harus terucap adalah PT. meningkatnya apresiasi konsumen. menghilangkan ketergantungan pada satu orang serta mempertebal kepercayaan pelanggan. dan berkurangnya keluhan pelanggan tetapi juga dampak internal seperti . PT. Begitu banyak bidang yang harus dibenahi. Sucofindo. Banyaknya manfaat yang akan diperoleh jika perusahaan tersebut memenuhi standar ISO 9000 tersebut seperti : menguatnya hubungan baik antara produsen dan konsumen. menurunkan biaya operasional.SRQA).

Yang menjadi perhatian adalah cara penilaian dan penilainya sendiri. Partner Prasetio Strategic Consulting. ISO 9000 lebih bersifat internal sedangkan ISO 14000 lebih bersifat ekstemal. Menurut IQA (Institute for Quality Assurance) yang sekarang dikenal dengan Register Board of Assesor. 4) mengatakan dengan keluarnya ISO 14000 pada tahun 1996 ini akan merupakan babak baru dalam standardisasi perdagangan dunia setelah diterapkannya ISO 9000 yang saat ini menjadi populer dan dianggap cukup handal dalam bidang sistem manajemen kualitas. ISO 14000 Setelah adanya ISO 9000 seri rnuncul ISO 14000. Sirnatupang (1995. Persyaratan ini dikembangkan untuk tetap menjaga kredibilitas asesor dan lembaga sertifikasinya. Sistim Sertifikasi Pada dasarnya setiap perusahaan barang ataupun jasa dapat diberikan sertifikasi sepanjang perusahaan yang bersangkutan telah memenuhi seluruh ketentuan yang ada. Penerapan ISO 14000 dalam perdagangan global adalah salah satu bentuk konkrit dan irnplementasi konsep pembangunan yang berkelanjutan. Standar ISO 14000 bertumpu 80 Gema Stikubank IOktober 1996 .' semuakeputusan pemberian akreditasi atau pencabutan adalah tetap menjadi wewenang dari lembaga sertifikasi. berkaitan dengan hal terse but rnaka seseorang asesor akan selalu terikat pada kode etik asesor dan dalam kegiatan penilaiannya hanya sebagai fact finding'. Persyaratan lain. seseorang berhak rnenjadi penilai suatu perusahaan untuk rnendapatkan sertifikasi ISO 9000 hams rnenjalani pendidikan assesor atau lead assesor pada institusi yang telah diakui/ diakreditasi. standar ISO 14000 dapat digunakan sebagai sarana meningkatkan daya saing dalam menembus pasar internasional dan sekaligus dijadikan faktor penggiat dalam mengembangkan upaya pengelolaan lingkungan. perbedaan antara ISO 9000 dengan ISO 14000 terletak pada cakupannya. jika setelah lulus ujian lead asesor selama setahun kemudian tidak pernah mengalami penilaian maka jabatan sebagai asesor atau lead asesor akan gugur. Dengan demikian.ISO 14000 adalah merupakan standar intemasioanl yang akan menjadi sarana penting dalarn perdagangan global yang terbuka dan tidak mernihak.3. 4. Selanjutnya yang bersangkutan telah menempuh pendidikan dan lulus masih harus magang sebagai team asesor selama 5 kali dan barn disebut sebagai lead asesor setelah rnemimpin suatu kelompok penilai sebanyak 5 kali. Diwajibkan rnenjalani ujian lagi untuk melakukan penilaian. Menurut Rudolfo C. khususnya berkaitan dengan pemberian perlakuan yang tepat dalarn penanganan rnasalah lingkungan. Balmeter.

1996 4. Pelabelan lingkunganl Enviromental Labelling.pada prinsip perbaikan terus menerus/ continuous improvement dengan membawa elemen baru bagi peningkatan manajemen organisasi. Ketentuan dan DefinisilTerm dan Definition. Evaluasi Kinerja Lingkungan/ Enviromental Performance Evaluation.LCA: Prinsip-2 uroum dan pr akt i s 14042.Pedoman Audit Lingkungan-Pros edur Audit-Bagian 1 : Audit Sistem Pengelolaan Lingkungan 14012. Substansi dari ISO 14000 ini telah dibagi dalam enam subkomite teknis.n dan defi'ni ai 14022-EL : Oeklarui .• imbol-2 14023-EL : Deklarasi aendu-i klaim lingk. yaitu : 1. Ir... Ketentuan Standar lain yg tercatat Sumber Gema Stikubank IOktober 1996 dan Definisi (T&D) Coutriar 1995 81 .tifik"s\ -pedoman prosedur ser tifikasi.-ketentl. EPE 1998 5.LCA: Penilaian inventori d au r hidup 14043. Sistem pengelolaan lingkunganJEnviromental Management SystemQMS . • e. El . yaitu pendekatan sistem manajemen untuk mengoptimalkan seluruh kinerja lingkungan dan mencegah setiap kerusakan lingkungan.endiri klaim Iingk . Analisis Daur Hidupl Life Cycle Assesment. sistem dan teknik pendukung.LCA : Penilaian perbaikan d au r hidup Sistem Pengelolaan ISO 14000-Sistem Pengelolaan Lingkungan Pedoman-2 umum bagi prinsip. LCS . T&D 1998 Secara lebih rinci kaitan antara substansi ISO 14000 dapat digambarkan dalam bentuk peta keterkaitan pengelolaan lingkungan pada gambar 3.-peDguj.18.1996 2.r bagj semua pel abelan lingk.Pedoman Audit Lingkungan Prinsip-2 umum 14011.riteria prllg .1996 3. Tabel 3 : Pets Keterkaitan Sarana Evaluasi dan Audit Evaluasi Kinerja Lingkungan (EPEl ISO 14031-Pedoman Evaluasi Kinerja Llngkungan Standar Lingkungan ISO Seri 14000 Sarana Pendukung Orientasi Produk Penilaian Daur Hidup (LCA. AuditLingkungan (EA) 14010.an &. praktis &.1998 6. verifikasi metodologi 14024·EL : Pedoman umum. E .! 14041. Audit lingkunanl Enviromental Auditing. 14021-EL : Deklaraoi eendi r i k1aim Hnrk.Pedoman Audit Lingkungatn Kriteris kuslifik aai Auditor Li ngkung an ISO 14001·Sistem Pengelolaan Lingkungan Spesifikasi Penggunaan pedoman Pelabelan Lingkungan (EL) 14020-EL : Prinsip d.as.LeA: Penilaian dampak daur hidup 14044.

Stock holm. Pemasyarakatan Standar Pertambangan Umum. Pusat Standardisasi LIPL 1994. Usahawan No. Vernan. DAFI'AR PUSTAKA Sulistijarningsih. upah tenaga kerja dan sumber daya manusia. 1982. 1974. PENUTUP ISO 9000 merupakan landasan yang kokoh untuk suatu sistem mutu karena didukung oleh pendokumentasian sistem mutu yang menyeluruh dan terkendali.Sejauh ini ISOI DIS ISO 14000 tidak memberikan rincian kriteria kinerja lingkungan. Jakarta.Standardization. Benefits of Standardization. Batara M. karena tujuan umum dari ISO 14000 adalah sebagai pedoman umum bagi organisasi-organisasi yang mengimplementasikan atau meningkatkan sistem pengelolaan lingkungan. 1995. Berhasil tidaknya program implementasi ISO 9000 dan 14000 sangattergantung pada hal-hal sebagai berikut peranan dan komitmen manajemen puncak untuk melaksanakannya. 1995. terpeliharanya konsistensinya melalui pelaksanaan internal audit dan tinjauan manajemen serta mencegah terjadinya 'back sliding.C. Harian Kompas. 01 tahun XXV. SIS. a new dicipline. Archon Books. 82 Gema Stikubank IOktober 1996 . Second Edition. Hal ini dilakukan agar ISO 14000 dapat diterima oleh semua pihak di dunia dan sebagai suatu alasan untuk menghindarkan dari dari perangkap sektoral yang merumitkan. sedangkan ISO 14000 yang diluncurkan tahun 1996 dilihat dari sisi lingkungan. Yang harus diingat bahwa ISO 9000 maupun 14000 dan standardisasi intern asional lainnya adalah salah satu aspek atau instrumen dari competitiveness. Dan yang lebih terpenting lagi adalah bagaimana pemerintah mampu mengharmoniskan seluruh instrumen tersebut. Mengantisipasi ISO Seri 14000. 1983. International Organization for Standardization. Penerapan ISO 9000 seri. keberhasilan manajemen untuk melibatkan seluruh jajaran karyawan untuk ikut berpartisipasi dalam penerapan ISO 9000 dan ISO 14000. Simatupang. sehingga diperlukan pembenahan instrumen lainnya seperti : harga. L. The Company and Standardization.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful