P. 1
junot usaha fotografi

junot usaha fotografi

|Views: 96|Likes:
Published by Idye Mapandin

More info:

Categories:Types, Speeches
Published by: Idye Mapandin on Jul 11, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/11/2011

pdf

text

original

A.

LATAR BELAKANG Di era masa kini yang sudah serba digital , kami melihat bahwa cukup banyak masyarakat yang sudah memiliki kamera DSLR pribadi, baik pada kalangan professional, hobbyist, mahasiswa atau bahkan pelajar taraf SMA. Namun sebagian besar dari mereka jarang mendapatkan kesempatan untuk mempelajari lebih dalam foto studio karena harga alatnya yang cukup mahal. Sebagai contoh nyata, banyak sekali terdapat studio musik di berbagai tempat karena banyaknya masyarakat yang meminatinya. Di samping itu, juga banyak terdapat masyarakat yang sangat tertarik di bidang fotografi, namun tidak diimbangi dengan banyaknya usaha rental studio foto. Sehingga kami menganggap ini adalah sebuah peluang bagi kami untuk menjalankan suatu usaha penyewaan studio foto. Kami juga menawarkan berbagai macam jasa fotografi yang dewasa ini banyak diminati oleh masyarakat luas, sehingga permintaan untuk jasa fotografi ini cukup tinggi. Oleh karena itu , kami menawarkan jasa fotografi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat tersebut dengan harga yang relatif terjangkau. Usaha ini juga diimbangi oleh kami sebagai pelaku usaha ini yang sudah cukup pengalaman dan kompeten di bidang ini. B. BIDANG USAHA Bidang usaha yang akan kami jalankan dalam hal ini adalah bidang usaha yang bergerak dalam bidang jasa. Bidang usaha ini statusnya baru, bukan pengembangan usaha yang sudah ada. Bidang usaha ini berupa berbagai macam jasa fotografi, rental (penyewaan) studio fotografi dan pengeditan hasil foto dan pembuatan album sebelum di cetak. Usaha ini kami namakan ARTISTE PHOTOGRAPHY. C. TUJUAN Dengan memperhatikan: 1.Angka pengangguran dan pencari kerja yang masih tinggi. 2. Banyaknya masyarakat yang cukup kompeten di bidang ini namun tidak memiliki pekerjaan tetap. 3.Tingginya permintaan masyarakat akan bidang usaha (jasa) yang kami tawarkan ini. Maka dalam berwirausaha ini diharapkan dapat dicapai tujuan sesuai dengan yang diharapkan antara lain : 1.Menghasilkan profit yang besar selama berwirausaha di bidang yang dijalankan. 2.Menciptakan lapangan kerja sendiri dan berharap kedepannya juga dapat menciptakan lapangan kerja untuk orang lain. 3.Menciptakan inovasi baru dalam dunia berwirausaha. 4. Dapat memenuhi kebutuhan masyarakat akan jasa yang kami tawarkan ini. D. MANFAAT 1.Secara Umum Dapat mengurangi jumlah pengangguran. Dapat memberikan alternative bidang usaha yang baru dalam dunia bisnis. Dapat memenuhi kebutuhan masyarakat akan jasa yang kami tawarkan. 2.Secara Khusus

Dapat menghasilkan penghasilan sendiri. Dapat membuat lapangan kerja sendiri. Dapat menjadi pribadi yang mandiri. Mendapatkan pengalaman berwirausaha. Dapat memaksimalkan skill yang ada dalam diri kita. E. TARGET LUARAN I. TARGET PRODUK Adapun produk yang kami jual adalah berupa jasa, yaitu : 1. Rental studio foto Kami menawarkan jasa rental studio foto bagi yang memerlukan. Kami menggunakan alat-alat studio foto yang umumnya digunakan di studio-studio foto professional dan masih baru. 2. Jasa fotografi Kami juga menawarkan berbagai macam jasa fotografi, yaitu :
‡

Pre Wedding / couple - Kami menawarkan jasa foto pre wedding / couple kepada masyarakat yang membutuhkan jasa kami . Hasilnya bisa diberikan dalam A. LATAR BELAKANG Di era masa kini yang sudah serba digital , kami melihat bahwa cukup banyak masyarakat yang sudah memiliki kamera DSLR pribadi, baik pada kalangan professional, hobbyist, mahasiswa atau bahkan pelajar taraf SMA. Namun sebagian besar dari mereka jarang mendapatkan kesempatan untuk mempelajari lebih dalam foto studio karena harga alatnya yang cukup mahal. Sebagai contoh nyata, banyak sekali terdapat studio musik di berbagai tempat karena banyaknya masyarakat yang meminatinya. Di samping itu, juga banyak terdapat masyarakat yang sangat tertarik di bidang fotografi, namun tidak diimbangi dengan banyaknya usaha rental studio foto. Sehingga kami menganggap ini adalah sebuah peluang bagi kami untuk menjalankan suatu usaha penyewaan studio foto. Kami juga menawarkan berbagai macam jasa fotografi yang dewasa ini banyak diminati oleh masyarakat luas, sehingga permintaan untuk jasa fotografi ini cukup tinggi. Oleh karena itu , kami menawarkan jasa fotografi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat tersebut dengan harga yang relatif terjangkau. Usaha ini juga diimbangi oleh kami sebagai pelaku usaha ini yang sudah cukup pengalaman dan kompeten di bidang ini. B. BIDANG USAHA Bidang usaha yang akan kami jalankan dalam hal ini adalah bidang usaha yang bergerak dalam bidang jasa. Bidang usaha ini statusnya baru, bukan pengembangan usaha yang sudah ada. Bidang usaha ini berupa berbagai macam jasa fotografi, rental (penyewaan) studio fotografi dan pengeditan hasil foto dan pembuatan album sebelum di cetak. Usaha ini kami namakan ARTISTE PHOTOGRAPHY. C. TUJUAN Dengan memperhatikan: 1.Angka pengangguran dan pencari kerja yang masih tinggi.

2. Banyaknya masyarakat yang cukup kompeten di bidang ini namun tidak memiliki pekerjaan tetap. 3.Tingginya permintaan masyarakat akan bidang usaha (jasa) yang kami tawarkan ini. Maka dalam berwirausaha ini diharapkan dapat dicapai tujuan sesuai dengan yang diharapkan antara lain : 1.Menghasilkan profit yang besar selama berwirausaha di bidang yang dijalankan. 2.Menciptakan lapangan kerja sendiri dan berharap kedepannya juga dapat menciptakan lapangan kerja untuk orang lain. 3.Menciptakan inovasi baru dalam dunia berwirausaha. 4. Dapat memenuhi kebutuhan masyarakat akan jasa yang kami tawarkan ini. D. MANFAAT 1.Secara Umum Dapat mengurangi jumlah pengangguran. Dapat memberikan alternative bidang usaha yang baru dalam dunia bisnis. Dapat memenuhi kebutuhan masyarakat akan jasa yang kami tawarkan. 2.Secara Khusus Dapat menghasilkan penghasilan sendiri. Dapat membuat lapangan kerja sendiri. Dapat menjadi pribadi yang mandiri. Mendapatkan pengalaman berwirausaha. Dapat memaksimalkan skill yang ada dalam diri kita. E. TARGET LUARAN I. TARGET PRODUK Adapun produk yang kami jual adalah berupa jasa, yaitu : 1. Rental studio foto Kami menawarkan jasa rental studio foto bagi yang memerlukan. Kami menggunakan alat-alat studio foto yang umumnya digunakan di studio-studio foto professional dan masih baru. 2. Jasa fotografi Kami juga menawarkan berbagai macam jasa fotografi, yaitu :
‡

Pre Wedding / couple - Kami menawarkan jasa foto pre wedding / couple kepada masyarakat yang membutuhkan jasa kami . Hasilnya bisa diberikan dalam bentuk softcopy ataupun dicetak dalam bentuk album. ‡ Buku tahunan (years book) - Kami menawarkan jasa pembuatan buku tahunan kepada suatu instansi atau lembaga pendidikan (SMA/SMK) yang membutuhkan.

Jasa kami meliputi foto untuk konten buku tahunan dan pembuatan albumnya. ‡ Graduation ( foto kelulusan/wisuda) - Kami menawarkan jasa foto wisuda. Baik untuk foto langsung di studio ataupun langsung di lokasi. Hasil bisa dalam bentuk softcopy ataupun cetak . ‡ Product (foto produk) - Kami menawarkan jasa foto produk tertentu dari suatu konsumen yang membutuhkan yang nantinya hasil foto produk tersebut layak untuk di publikasikan ke masyarakat. ‡ Model/portrait/profile - Kami menawarkan jasa foto Model/portrait/profile baik untuk suatu individu atau kelompok .foto bisa dilakukan di studio ataupun outdoor.
‡

Family/Groups - Kami menawarkan jasa foto suatu grup atau keluarga tertentu. Foto bisa dilakukan di studio ataupun outdoor ‡ Dokumentasi acara - Kami menawarkan jasa dokumentasi suatu acara seperti acara ulang tahun atau acara tertentu lainnya. Adapun jasa foto yang kami tawarkan diatas akan dilakukan oleh seseorang yang sudah cukup kompeten di bidangnya. II. Target Konsumen Jasa yang kami tawarkan ini ditujukan untuk hampir seluruh kalangan masyarakat, yaitu yang memiliki kemampuan fotografi namun membutuhkan studio foto, dan masyarakat luas, baik dari kalangan menengah ke bawah sampai kalangan atas yang membutuhkan jasa fotografi. Sehingga dapat diperkirakan bahwa permintaan atas bidang usaha kami cukup tinggi karena hampir mencakup seluruh kalangan masyarakat. III. Target Pendapatan Dari usaha jasa yang kami tawarkan , dapat kami perkirakan pendapatan yang akan kami dapatkan sebagai berikut : 1. Rental foto studio

Dari rental foto studio kami memperkirakan pendapatan yang akan diperoleh sedikitnya akan mencapai Rp 40.000.000,00 selama 6 bulan. 2. Jasa Fotografi Dari jasa fotografi, kami memperkirakan pendapatan yang akan diperoleh sedikitnya akan mencapai Rp 30.000.000,00 selama 6 bulan. Uang yang kami peroleh diatas akan langsung masuk ke keuntungan usaha kami karena usaha yang kami tawarkan adalah berupa jasa, sehingga uang yang masuk akan langsung masuk ke keuntungan usaha. Sebagian nantinya akan disisihkan untuk pengembalian modal usaha, sisanya akan masuk ke investasi usaha. F. GAMBARAN UMUM RENCANA USAHA I. Modal Investasi dan Modal Kerja Adapun dana yang kami dapatkan nantinya sebagian besar akan kami investasikan untuk peralatan studio dan dekorasi ruangan, dan sebagian untuk menunjang peralatan yang sudah ada. Disini kami tidak menginvestasikan dana untuk membeli kamera karena sebagian besar dari anggota kami sudah memilikinya sendiri. Untuk modal kerja, karena disini yang kami tawarkan adalah berupa jasa, sehingga untuk modal kerjanya sendiri adalah untuk biaya listrik , karyawan , dan maintenance peralatan. II. Rencana Produksi a) Produk Disini kami menawarkan produk berupa jasa. Yaitu jasa rental foto studio dan jasa fotografi seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya. bentuk softcopy ataupun dicetak dalam bentuk album. ‡ Buku tahunan (years book) - Kami menawarkan jasa pembuatan buku tahunan kepada suatu instansi atau lembaga pendidikan (SMA/SMK) yang membutuhkan. Jasa kami meliputi foto untuk konten buku tahunan dan pembuatan albumnya. ‡ Graduation ( foto kelulusan/wisuda) - Kami menawarkan jasa foto wisuda. Baik untuk foto langsung di studio ataupun langsung di lokasi. Hasil bisa dalam bentuk softcopy ataupun cetak . ‡ Product (foto produk) - Kami menawarkan jasa foto produk tertentu dari suatu konsumen yang membutuhkan yang nantinya hasil foto produk tersebut layak untuk

di publikasikan ke masyarakat. ‡ Model/portrait/profile - Kami menawarkan jasa foto Model/portrait/profile baik untuk suatu individu atau kelompok .foto bisa dilakukan di studio ataupun outdoor.
‡

Family/Groups - Kami menawarkan jasa foto suatu grup atau keluarga tertentu. Foto bisa dilakukan di studio ataupun outdoor ‡ Dokumentasi acara - Kami menawarkan jasa dokumentasi suatu acara seperti acara ulang tahun atau acara tertentu lainnya. Adapun jasa foto yang kami tawarkan diatas akan dilakukan oleh seseorang yang sudah cukup kompeten di bidangnya. II. Target Konsumen Jasa yang kami tawarkan ini ditujukan untuk hampir seluruh kalangan masyarakat, yaitu yang memiliki kemampuan fotografi namun membutuhkan studio foto, dan masyarakat luas, baik dari kalangan menengah ke bawah sampai kalangan atas yang membutuhkan jasa fotografi. Sehingga dapat diperkirakan bahwa permintaan atas bidang usaha kami cukup tinggi karena hampir mencakup seluruh kalangan masyarakat. III. Target Pendapatan Dari usaha jasa yang kami tawarkan , dapat kami perkirakan pendapatan yang akan kami dapatkan sebagai berikut : 1. Rental foto studio Dari rental foto studio kami memperkirakan pendapatan yang akan diperoleh sedikitnya akan mencapai Rp 40.000.000,00 selama 6 bulan. 2. Jasa Fotografi Dari jasa fotografi, kami memperkirakan pendapatan yang akan diperoleh sedikitnya akan mencapai Rp 30.000.000,00 selama 6 bulan. Uang yang kami peroleh diatas akan langsung masuk ke keuntungan usaha kami karena usaha yang kami tawarkan adalah berupa jasa, sehingga uang yang masuk akan langsung masuk ke keuntungan usaha. Sebagian nantinya akan disisihkan untuk pengembalian modal usaha, sisanya akan masuk ke investasi usaha. F. GAMBARAN UMUM RENCANA USAHA

I. Modal Investasi dan Modal Kerja Adapun dana yang kami dapatkan nantinya sebagian besar akan kami investasikan untuk peralatan studio dan dekorasi ruangan, dan sebagian untuk menunjang peralatan yang sudah ada. Disini kami tidak menginvestasikan dana untuk membeli kamera karena sebagian besar dari anggota kami sudah memilikinya sendiri. Untuk modal kerja, karena disini yang kami tawarkan adalah berupa jasa, sehingga untuk modal kerjanya sendiri adalah untuk biaya listrik , karyawan , dan maintenance peralatan. II. Rencana Produksi a) Produk Disini kami menawarkan produk berupa jasa. Yaitu jasa rental foto studio dan jasa fotografi seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya. b) Bahan Baku Karena yang kami tawarkan adalah berupa jasa fotografi dan rental foto studio, maka bahan baku yang kami gunakan adalah peralatan foto studio dan peralatan fotografi. Untuk peralatan studio kami peroleh dari dana yang diberikan, untuk peralatan fotografi kami peroleh dari investasi anggota kelompok kami. c) Proses produksi Dari investasi peralatan yang sudah disebutkan diatas, maka akan kami maksimalkan untuk menjalankan usaha ini untuk mendapatkan keuntungan. Dari studio yang telah dibuat, akan kami gunakan untuk rental studio, dan juga akan kami gunakan untuk menjalankan jasa fotografi kami. Ketrampilan tenaga kerja yang digunakan adalah dari anggota kelompok kami yang masing-masing memiliki skill khusus di bidangnya. Jumlah tenaga kerja yang terlibat adalah seluruh anggota kelompok (4 anak) dan beberapa karyawan. III. Pemasaran ‡ Kategori dan perkiraan jumlah konsumen : - Kelas menengah ke bawah sampai kalangan atas Bisa dibilang hampir seluruh masyarakat luas dapat menggunakan jasa kami. Sehingga perkiraan jumlah konsumen tiap bulannya bisa mencapai sedikitnya 150 konsumen dan sedikitnya 10% nya menjadi pelanggan tetap. - Masyarakat yang kompeten di bidang fotografi Dalam hal ini adalah masyarakat yang akan menyewa studio. Kami membidik tiap bulannya sekitar 100 konsumen dan sedikitnya 25% orang menjadi pelanggan tetap.

‡ Strategi pemasaran Kami akan memaksimalkan publikasi lewat internet, seperti jejaring sosial (facebook dan twitter) dan Forum internet (kaskus, alpharian, fotografer.net). Kami juga akan melakukan publikasi melalui brosur, dan mouth to mouth. Kami juga akan memberikan diskon khusus pelajar dan mahasiswa. IV. Tempat Produksi Lokasi usaha kami adalah di : Jalan Tenggilis Barat 1 Blok D no 15, Surabaya. Lokasi usaha tersebut adalah rumah sendiri yang sebagian dari ruangannya akan kami gunakan untuk usaha ini, sehingga dapat meminimalisir biaya untuk penyewaan tempat. Lokasi tempat usaha ini berada di Surabaya bagian Timur yang cukup strategis dan mudah dicapai karena dekat dengan jalan besar, sehingga akan berpengaruh kepada prospek usaha kami ke depannya karena kemudahan konsumen untuk mencapai tempat usaha kami. V. Rencana Organisasi dan Manajemen Untuk rencana organisasi dan manajemen, anggota kelompok kami menjadi personil utama dalam menjalankan organisasi dan manajemen dengan karyawan lainnya sebagai penunjang.

G. RENCANA ANGGARAN BIAYA dan PRAKIRAAN PROFIT A. Rencana Anggaran Biaya No JENIS ANGGARAN JUMLAH (Rp) PENS Kredit Usaha Sum ber lain Sub total 1 Modal investasi

a. Sarana Prasarana
1.

Mainten ance AC 2. Dekor ruangan 3. Properti b. Peralatan 1. TF 301 250.000 2.000.000 1.000.000 2.500.000 6.500.000 b) Bahan Baku Karena yang kami tawarkan adalah berupa jasa fotografi dan rental foto studio, maka bahan baku yang kami gunakan adalah peralatan foto studio dan peralatan fotografi. Untuk peralatan studio kami peroleh dari dana yang diberikan, untuk peralatan fotografi kami peroleh dari investasi anggota kelompok kami. c) Proses produksi Dari investasi peralatan yang sudah disebutkan diatas, maka akan kami maksimalkan untuk menjalankan usaha ini untuk mendapatkan keuntungan. Dari studio yang telah dibuat, akan kami gunakan untuk rental studio, dan juga akan kami gunakan untuk menjalankan jasa fotografi kami. Ketrampilan tenaga kerja yang digunakan adalah dari anggota kelompok kami yang masing-masing memiliki skill khusus di bidangnya. Jumlah tenaga kerja yang terlibat adalah seluruh anggota kelompok (4 anak) dan beberapa karyawan. III. Pemasaran ‡ Kategori dan perkiraan jumlah konsumen : - Kelas menengah ke bawah sampai kalangan atas Bisa dibilang hampir seluruh masyarakat luas dapat menggunakan jasa kami. Sehingga perkiraan jumlah konsumen tiap bulannya bisa mencapai sedikitnya 150 konsumen dan sedikitnya 10% nya menjadi pelanggan tetap. - Masyarakat yang kompeten di bidang fotografi Dalam hal ini adalah masyarakat yang akan menyewa studio. Kami membidik tiap bulannya sekitar 100

konsumen dan sedikitnya 25% orang menjadi pelanggan tetap. ‡ Strategi pemasaran Kami akan memaksimalkan publikasi lewat internet, seperti jejaring sosial (facebook dan twitter) dan Forum internet (kaskus, alpharian, fotografer.net). Kami juga akan melakukan publikasi melalui brosur, dan mouth to mouth. Kami juga akan memberikan diskon khusus pelajar dan mahasiswa. IV. Tempat Produksi Lokasi usaha kami adalah di : Jalan Tenggilis Barat 1 Blok D no 15, Surabaya. Lokasi usaha tersebut adalah rumah sendiri yang sebagian dari ruangannya akan kami gunakan untuk usaha ini, sehingga dapat meminimalisir biaya untuk penyewaan tempat. Lokasi tempat usaha ini berada di Surabaya bagian Timur yang cukup strategis dan mudah dicapai karena dekat dengan jalan besar, sehingga akan berpengaruh kepada prospek usaha kami ke depannya karena kemudahan konsumen untuk mencapai tempat usaha kami. V. Rencana Organisasi dan Manajemen Untuk rencana organisasi dan manajemen, anggota kelompok kami menjadi personil utama dalam menjalankan organisasi dan manajemen dengan karyawan lainnya sebagai penunjang.

G. RENCANA ANGGARAN BIAYA dan PRAKIRAAN PROFIT A. Rencana Anggaran Biaya No JENIS ANGGARAN JUMLAH (Rp) PENS Kredit Usaha Sum ber lain Sub total 1 Modal investasi

a. Sarana Prasarana
1.

Mainten ance AC 2. Dekor ruangan 3. Properti b. Peralatan 1. TF 301 250.000 2.000.000 1.000.000 2.500.000 6.500.000

D
2.

TF 400 D (2 buah)
3.

Softbox 90x150 dan Softbox 30x180 4. Stand Background manual
5.

Backgro und (3 buah)
6.

Light stand hidrolis (3 buah) 7. Barndoo r set + Snoot 8. Reflekto r oval 1,5 M 9. Reflekto r bulat 1 M 10. Lain lain 2.250.000 1.000.000 1.500.000 750.000 750.000 400.000 300.000 2.500.000 2 Modal Kerja a. Bahan Baku b. Gaji Karyawan 1. Ketua
2.

Anggota 1 3. Anggota

2 4. Anggota 3 5. Karyawa 1.000.000 750.000 750.000 750.000 500.000 3.000.000

n tambahan c. Operasional 1. Listrik (selama 6 bulan) 2. Sewa tempat (selama 6 bulan) 3.000.000 3 Lain-lain a. Honorarium Pembimbing b. Penyusunan Laporan 300.000 200.000 Total :31.950 .000 B.Prakiraan Profit (Selama 6 bulan) No Jenis Produk/Jasa Jumlah Harga satuan TOTAL 1 bulan TOTAL 6 bulan 1 Sewa Studio 100 jam per bulan 75.000 per jam 7.500.000 per jam 45.000.000 2 Pre Wedding 1 per bulan 1.500. 000 1.500.000 7.500.000

3 Documentation 1 per bulan 1.000. 000 1.000.000 6.000.000 4 Graduation 1 per bulan 500.00 0 500.000 3.000.000 5 Family/groups 1 per bulan 750.00 0 750.000 3.750.000 6 Years Book 1 per bulan 2.000. 000 2.000.000 6.000.000 7 Model/portrait 4 per bulan 400.00 0 1.600.000 9.600.000 8 Product 1 per 500.00 500.000 3.000.000

bulan 0 TOTAL 15.350.00 0 88.850.000 OPERASIONAL (10%) 1.535.000 8.885.000 TOTAL PROFIT 13.815.000 79.965.000 C. Saldo Akhir
a.

Saldo akhir = B ± A : 79.965.000 ± 31.950.000 = 48.015.000
b.

Untuk Cicilan Utang : 2.150.000 x 6 = 12.900.000
c.

Untuk Investasi : 79.965.000 ± 12.900.000 =

D
2.

TF 400 D (2 buah)
3.

Softbox 90x150 dan Softbox 30x180 4. Stand Background manual
5.

Backgro und (3 buah)
6.

Light stand hidrolis (3 buah) 7. Barndoo r set + Snoot 8. Reflekto r oval 1,5 M 9. Reflekto r bulat 1 M 10. Lain lain 2.250.000 1.000.000 1.500.000 750.000 750.000 400.000 300.000 2.500.000 2 Modal Kerja a. Bahan Baku b. Gaji Karyawan 1. Ketua
2.

Anggota 1 3. Anggota

2 4. Anggota 3 5. Karyawa 1.000.000 750.000 750.000 750.000 500.000 3.000.000

n tambahan c. Operasional 1. Listrik (selama 6 bulan) 2. Sewa tempat (selama 6 bulan) 3.000.000 3 Lain-lain a. Honorarium Pembimbing b. Penyusunan Laporan 300.000 200.000 Total :31.950 .000 B.Prakiraan Profit (Selama 6 bulan) No Jenis Produk/Jasa Jumlah Harga satuan TOTAL 1 bulan TOTAL 6 bulan 1 Sewa Studio 100 jam per bulan 75.000 per jam 7.500.000 per jam 45.000.000 2 Pre Wedding 1 per bulan 1.500. 000 1.500.000 7.500.000

3 Documentation 1 per bulan 1.000. 000 1.000.000 6.000.000 4 Graduation 1 per bulan 500.00 0 500.000 3.000.000 5 Family/groups 1 per bulan 750.00 0 750.000 3.750.000 6 Years Book 1 per bulan 2.000. 000 2.000.000 6.000.000 7 Model/portrait 4 per bulan 400.00 0 1.600.000 9.600.000 8 Product 1 per 500.00 500.000 3.000.000

bulan 0 TOTAL 15.350.00 0 88.850.000 OPERASIONAL (10%) 1.535.000 8.885.000 TOTAL PROFIT 13.815.000 79.965.000 C. Saldo Akhir
a.

Saldo akhir = B ± A : 79.965.000 ± 31.950.000 = 48.015.000
b.

Untuk Cicilan Utang : 2.150.000 x 6 = 12.900.000
c.

Untuk Investasi : 79.965.000 ± 12.900.000 =

H. JADWAL KEGIATAN Bulan 1 2 3 4 5 6 Pembelanjaan peralatan Eksekusi Kewirausahaan Evaluasi Program Kewirausahaan Pengembalian Modal Laporan Penanggung jawaban I. PERSONALIA TIM PELAKSANA 1.Ketua Pelakasana Kegiatan
a.

Nama Lengkap : a. Kebonsari Regency C-11 Surabaya
b.

Waktu untuk kegiatan : 3

jam/minggu J. PENUTUP Demikian proposal program mahasiswa wirausaha ini kami susun dengan harapan dapat memberikan gambaran singkat dan jelas tentang maksud dan tujuan wirausaha yang di rancang. Demikian atas bantuan dan kerja sama semua pihak yang terkait kami sampaikan terima kasih

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->