Batang tumbuhan sangat berperan bagi kehidupan tumbuhan. Berfungsi memberikan penegak tubuh tumbuhan.

Fungsi batang pada tumbuhan adalah sebagai berikut : a. Fungsi batang sebagai alat angkut ( transportasi ). b. Fungsi batang sebagai penyimpan zat makanan. c. Fungsi batang sebagai penyokong tubuh. 2. Struktur Daun dan Fungsinya. Daun memiliki tulang daun, sebagai kelanjutan dari pembuluh kayu atau tapis yang terdapat pada batang sampai akar. Tulang daun ini menyambung dengan batang sampai akar. Selain pembuluh kayu ( xylem ) dan pembuluh tapis ( floem ), daun juga memiliki bagian-bagian yang sangat berperan bagi kehidupan tumbuhan. Tumbuhan melakukan fotosintesis pada siang hari. Hasil fotosintesis diangkut oleh pembuluh tapis dari daun keseluruh bagian tumbuhan. Proses fotosintesis terjadi karena ada zat hijau daun yang disebut klorofil. Klorofil dalam kotak yang disebut kloropas. Kloropas banyak terdapat pada bagian jaringan tiang atau palisade dan jaringan spons. Selain sebagai alat pangangkut dan tempat terjadinya fotosintesis, daun juga berfungsi sebagai alat pernapasan melalui stomata atau mulut daun. a. Fungsi daun sebagai alat angkut Air dari dalam tanah masuk ke akar kemudian dibawa oleh xylem menuju batang, dan kemudian ke daun, karena cairan yang ada di daun diuapkan. Penguapan air itu menyebabkan daun mengisap air yang ada di bawahnya, yaitu di pembuluh xylem batang. Kemampuan daun untuk menghisap air disebut daya hisap daun. Daya hisap daun dipengaruhi oelh faktor-faktor diantaranya adanya tekanan akar, proses kapilaritas batang, dan daya hisap daun itu sendiri. Sedangkan zat makanan hasil fotosintesis disalurkan ke seluruh bagian tubuh tumbuhan melalui jaringan pembuluh tapis atau floem. Zat makanan itu diangkut melalui floem sampai di akar untuk digunakan berbagai aktivitas kehidupan tumbuhan. b. Fungsi daun sebagai alat pernapasan Setiap aktivitas pada tubuh makhluk hidup membutuhkan energi. Energi diperoleh dari fotosintesis. Oksigen diperoleh dari pernafasan atu respirasi. Alat pernafasan pada tumbuhan berupa stomata dan ruang-ruang antar sel di daun atau jaringan spons. Dalam bernafas, tumbuhan mengambil oksigen. Oksigen digunakan untuk membakar zat makanan sehingga diperoleh energi. Respirasi yang menggunakan oksigen bebas untuk membakar zat makanan menjadi energi dan zat-zat kimia yang lebih sederhana disebut respirasi aerob.sedangkan respirasi yang tidak menggunakan oksigen bebas, tetapi menggunakan enzim, disebut respirasi anaerob. Pada proses respirasi ini dihasilkan energi dan zat sisa yang berupa uap air serta karbondioksida. Proses respirasi yterjadi di dalam sel pada bagian mitokondria.

Kelembaban : semakin tinggi kelembaban maka semakin kecil penguapannya.Struktur Bunga. Putik memiliki bakal buah. Fungsi mahkota untuk menarik perhatian serangga agar terjadi penyerbukan. kelopak dan dasar bunga. yaitu mahkota. c. bakal biji dan sel telur. benangsari. sehingga putik disebut sebagai alat kelamin betina. persediaan makanan. Struktur dan Fungsi Organ Biji Biji yang terdiri dari selaput biji berfungsi sebagai pelindung biji. Pada tumbuhan dikotil seperti pada mangga ada dua buah keping ( itulah arti di = dua ). daging sebagai cadangan makanan bagi biji yang akan tumbuh. Sebagai alat pernapasan pambantu adalah akar. Pada biji dan keping biji yang disebut kotiledon. alat respirasi pada tumbuhan itu terdiri dari stomata pada daun dan lentisel pada batang. . Buah dan Biji Anda telah memahami struktur dan fungsi dari organ utama tumbuhan. dan bijinya sebagai bakal individu baru dari tumbuhan itu sendri. Struktur dan Fungsi Organ Buah Pada buah terdapat kulit luar sebagai pelindung. putik. batang dan daun. Sel telur berfungsi sebagai bahan keturunan. 3. Gerak angin : semakin besar kecepatan gerak angin maka semakin besar pula penguapannya. Kelebihan air yang dibuang melalui ujung tepi daun berupa tetes-tetes air yang disebut gutasi. sedangkan pada tumbuhan monokotil seperti biji jagung ada satu buah ( mono = satu ). Sel yang mengeluarkannya disebut hidatoda. yaitu akar. Struktur dan Fungsi Organ Bunga Bunga terdiri dari lima bagian utama. Proses pengeluaran uap air pada tumbuhan itu disebut transpirasi. Suhu: semakin tinggi suhu udara maka semakin besar penguapannya 4. Jadi. besar kecilnya penguapan pada tumbuhan di pengapuhi oleh : 1. Benangsari memiliki serbuksari. b. Serbuksari berfungsi sebagai sel kelamin jantan atau sperma sehingga serbuksari disebut alat kelamin jantan . kelopak sebagai pelindung bunga alat perhiasan secara kawin. bahan tunas dan bahan akar. dalam hidupnya akan menghasilkan zat sisa yang berupa karbondioksida air. 2.Zat sisi bila tidak dikeluarkan akan membantu proses lainnya mengeluarkan zat sisa memerlukan alat pengeluaran Alat pengeluaran pada tumbuhan tingkat tinggi adalah stomata dan inti sel.Dengan demikian. Fungsi daun sebagai alat penguapan Pada umumnya makhluk hidup dan khususnya tumbuhan. buah dan biji. Organ-organ tersebut adalah bunga. c. Keping biji adalah sebagai daun pertama. a. dapat dipertegas bahwa.

Jaringan-jaringan akan membentuk organ. yaitu jaringan ikat longgar dan jarinagn ikat padat.sistem organ akan membentuk individu. Sendiri dan dapat memproduksikan diri. Jaringan ini terdapat di dalam dermis kulit dan pembungkus tulang. Penjelasan dari tiaptiap jaringan tersebut adalah sebagai berikut. dan 4) jaringan saraf . Jaringan ikat longgar berfungsi memberi bentuk organ-organ dalam misalnya: kelenjar limfa. 2) jaringan ikat. Jaringan Epitelium Jaringan epitelium adalah jaringan pembatas dan pelapis yang menyelubungi atau melapisi permukaan organ. Jaringan ikat padat dibagi menjadi dua jenis yaitu jaringan ikat padat teratur dan tak teratur. Jaringan ikat tak teratur adalah mempunyai pola yang tidak teratur. dan saluran baik diluar maupun di dalam tubuh. jaringan epitelium yang membatasi organ dalam disebut endotelium. Selain menyusun dua tipe jaringan ikat dasar. c. jaringan ikat juga menyusun tulang rawan ( kartilago ) dengan tulang ( tulang keras ). termasuk hewan.Bahkan tunas adalah kuncup daun yang mulai tumbuh. Fungsi otot sebagai alat gerak aktif . adalah sel. b. 3) jaringan otot. C. Organ-organ akan membentuk sistem organ. yaitu 1) jaringan epitelium . Jaringan ikat terdiri atas dua tipe dasar. a. mengelilingi. dan menghubungkan elemen dari seluruh jaringan lain. 1. STRUKTUR TUBUH MANUSIA DAN HEWAN Bahan dasar penyusun organisme apapun.Sel-sel yang bentuk dan fungsinya sama menyusun jaringan. Sistem. belum berkembang dewasa. Sel merupakan unit terkecil dari organisme yang dapat melaksanakan fungsi hidup. Jaringan Penyusun Tubuh Manusia dan Hewan Jaringan penyusun tubuh manusia maupun hewan ada empat macam. rongga. Jaringan epitelium yang melapisi lapisan terluar tubuh disebut epidermis. menyokong. Jaringan ikat Jaringan ikat sering disebut juga jaringan penyokong atau penyambung.. sumsum tulang dan hati. Jaringan otot Jaringan otot tersusun atas sel-sel membujur dengan inti yang tampak jelas batasnya.

rangka dan tulang juga berfungsi menguatkan dan memberi bentuk tubuh. yaitu tulang rawan ( kartilago ) dan tulang ( tulang keras ). Tulang rawan ini terdapat di hidung dan daun telinga. Tulang merupakan alat gerak pasif ( statis ). Sel saraf terletak menyebar di seluruh tubuh. dan lipan. Neuron adalah alat perantara otak dan tubuh. amphibi. dan rangkanya terbentuk dari tulang atau dengan kata lain rangka yang saling berhubungan. Tulang Tulang merupakan alat gerak pasif karena tidak dapat bergerak tanpa bantuan otot. tulang badan dan tulang anggota gerak. sehingga sifat tulang rawan kuat dan lentur. reptil. 2. sebab tulang tak dapat bergerak tanpa bantuan otot. pelindung organ dalam. rangka dibagi dalam tiga kelompok. paru-paru. burung. Disamping itu. elastik. ikan. Berdasarkan jenisnya. udang. yaitu tulang tengkorak. dan mamalia atau tergolong vertebrata. tulang dibedakan menjadi dua. laba-laba. tempat melekatnya otot. dan fibrosa atau fibrokartilago. a. yaitu tulang keras dan tulang rawan. serta tempat dibuatnya butir-butir darah merah pada sumsung tulang. Kartilago ( Tulang Rawan ) Tulang rawan mengandung banyak zat perekat berupa protein dan mengandung sedikit zat kapur. yaitu tubuhnya disusun oleh rangka. Secara umum manusia dan vertebrata banyak memiliki kesamaan. Eksoskeleton terdapat pada hewan avertebrata atau invertebrata seperti pada serangga. Organ Penyusun Sistem Gerak Manusia dan Hewan Menurut letak dan keadaannya sistem rangka pada makhluk hidup itu terdiri dari rangka dalam ( endoskeleton ) dan rangka luar ( eksoskeleton ). Pada tubuh manusia maupun vertebrata.  Tulang Rawan Hialin Tulang rawan hialin merupakan tulang rawan sederhana dengan bahan yang seragam. mata dan jantung. 3. Ada tiga jenis tulang rawan. Rangka berfungsi sebagai penegak dan pembentuk tubuh. serta tempat pembentukan sel-sel darah. Endoskeleton terdapat pada manusia.  Tulang rawan elastik Bentuk serat-serat elastik bergelombang atau lentur. pelindung alat-alat tubuh yang penting seperti otak. Tulang rawan hialin ini bening seperti kaca. tempat melekatnya otot. Jaringan Saraf Jaringan saraf atas sel-sel saraf ( neuron ) yang mempunyai ciri khusus yaitu memiliki julungan sitoplasma yang panjang. yaitu hialin.  Tulang rawan fibrosa ( fibrokartilago ) . Sedangkan tulang baik pada manusia maupun vertebrata dibedakan menjadi dua.d.

tulang ruas jari kaki. Tulang (tulang keras) Yang dimaksud tulang dalam kehidupan sehari-hari adalah tulang keras. tulang belikat dan tulang tengkorak. kalsium fosfat. tulang dada.  Tulang pipih Bentuk tulang ini pipih. tulang paha. Sumsum merah merupakan tempat pembuatan sel darah merah. Sumsum Tulang Sumsum tulang mengisi rongga bagian dalam tulang. tulang pipih. tulang pipih. sedikit zat perekat dan protein. Ada dua macam sumsum tulang. yaitu sumsum merah dan sumsum kuning. Selanjutnya. b. Contoh tulang pipih ini adalah tulang usus.  Tulang pendek Bentuk tulang ini bulat pendek. di dalamnya berongga-rongga seperti spons. sambungan (antar ruas) tulang belakang. Contohnya adalah ruas-ruas tulang belakang. tulang betis. berdasarkan sifat bahan penyusunnya terdapat dua macam tulang yaitu:  Tulang kompak Tulang kompak adalah tulang yang mempunyai bahan penyusun yang rapat dan padat. misalnya lapisan luar tulang pipa. Tulang berasal dari kartilago (tulang rawan). dan tulang ruas jari tangan. Penjelasannya sebagai berikut :  Tulang pipa Bentuk tulang pipa adalah bulat panjang seperti pipa.  Tulang spons Tulang spons adalah tulang yang mempunyai bahan penyusun berongga. tulang rusuk. Contoh tulang pipa adalah tulang lengan atas. yaitu kalsium karbonat. misalnya tulang pendek. dan ujung tulang panjang dekat sambungan tulang. c. Ruang antar sel tulang banyak berisi zat kapur. Sumsum kuning terdapat pada tulang . pergelangan kaki. dan tualng pendek. Tulang ini berisi sumsum merah sebagai tempat pembuatan sel darah merah. Bagian tengah tulang pipa berisi sumsum kuning dan lemak. tulang pendek juga berisi sumsum merah. Sama halnya dengan tulang pipih. dan pergelangan tangan. Sedangkan berdasarkan bentuknya. dan simfisis pubis. Proses dari tulang rawan menjadi tulang disebut osifikasi. tulang terbagi atas tulang pipa.Tulang ini terdapat di perlekatan ligament.

. Pada saat pertumbuhan tersebut. rongga di dalam tulang juga bertambah besar dan panjang.anggota gerak orang dewasa. Beberapa jenis tulang lainnya terbentuk dari sel tulang. d. dan sel tulang (osteoblas) menghasilkan jaringan tulang. Tulang tumbuh membesar dan memanjang. Proses penulangan (osifikasi) dimulai sejak calon bayi (fetus ) masih dalam kandungan. misalnya tulang pipa. Pertumbuhan memanjang tulang terjadi pada daerah pertumbuhan di dekat ujung tulang yang disebut cakra epifise. Sumsum kuning ini terbentuk dari campuran sel jaringan ikat. Pertumbuhan Tulang Tulang merupakan jaringan hidup yang dapat tumbuh dan memperbaiaki sendiri bagian yang rusak. Beberapa jenis tulang tumbuh dari tulang rawan. Proses ini dimulai dengan munculnya pembuluh darah pada tulang rawan. misalnya jaringan lemak dan sumsum merah.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful