. Biosfer merupakan gabungan dua kata yaitu bios dan sphere yang mempunyai arti … a.

Hidup dan lapisan b. Makhluk hidup dan ilmu c. Manusia dan lapisan d. Hidup dan ilmu e. Ekosistem dan lapisan 2. Lapisan di permukaan bumi yang mendukung kehidupan organisme adalah … a. Biocyle b. Ekosistem c. Biochore d. Ekologi e. Biosfer 3. Persebaran floran dan fauna dikaji dalam biogeografi dengan dua pendekatan yaitu pendekatan sejarah dan biogeografi … a. Ekologi b. Bioma c. Daerah d. Sosial e. Ekonomi 4. Tingkat kehidupan yang kompleks dalam persebaran flora dan fauna pada kumpulan komunita adalah … a. Ekosistem b. Kelompok c. Individu d. Populasi e. Bioma 5. Salah satu penyebab terjadinya persebaran hewan di permukaan bumi ialah … a. Faktor iklim b. Faktor geografis c. Kondisi tanah d. Tekanan Populasi e. Kondisi topografi 6. Persebaran fauna yang tidak cocok dengan kondisi daerah yang ditempati disebabkan kecuali .. a. Perubahan habitat b. Bencana alam c. Ketersediaan pangan d. migrasi hewan

e. Perubahan suhu 7. Faktor yang menjadi hambatan bagi persebaran flora dan fauan antara lain karena faktor … a. Geografis b. Biologis c. Vegetasi d. Edafik e. Klimatik 8. Curah hujan diatas 2.000 mm/tahun dan mendapat penyinaran sepanjang tahun berciri-ciri bioma … a. Sabana b. Tundra c. Gugur d. Taiga e. Hutan basah 9. Ciri-ciri bioma gugur (decidous) antara lain … a. Curah hujan 2.000 mm/tahun dan cukup penyinaran matahari b. Terdapat burung cendrawasih c. Suhu dingin dengan curah hujan > 2.000 mm/tahun dan tumbuhannya rapat d. Temperatur udara panas sepanjang tahun dan hujan terjadi secara musiman e. Curah hujan 750 – 1.000 mm/tahun dan merata serta floranya tidak terlalu rapat 10. Vegetasi khas yang hidup dan berkembang di daerah tundra adalah … a. Hutan heterogen b. Padang rumput c. Lumut d. Hutan jati e. Hutan pinus 11. Bioma Taiga (confereous) terdapat di belahan bumi utara seperti Rusia dan Canada. Tumbuhan yang dapat hidup di daerah ini adalah jenis tanaman konifer kecuali a. Birch b. Praire c. Spruce d. Junifer e. Alder 12. Fauna yang hidup di daerah Bioma padang tumput (stepa) antara lain … a. Rusa b. Tapir

Amerika Selatan 14. Pohon tinggi dan runcing seperti pinus . Hutan bakau (mangrove) dapat dijumpai di daerah pantai Indonesia kecuali …… a. Afrika d. Gerbil e. Orang Utan e. a. Di Indonesia dijumpai daerah saban yaitu terletak di a. Papua e. Sulewesi e. Babi hutan d. Maleo c. Eropa b. Tundra b. a. Hamster 13. Kalimantan d. Menurut Alfren Wallace.. Hutan Indonesia sebagai salah satu hutan terluas di dunia yang dijadikan sebagai paru-paru dunia yaitu hutan hujan tropis yang memiliki ciri-ciri …. Papua b. Steppa Hutan bakau d. Hutan musim c. Vegetasi yang terdapat di wilayah Indonesia kecuali … a. Utara Jawa b. Sabana 16. Jawa barat d. Jerapah d. Sumatera c. Asia utara e. India barat c. Burung Cendrawasih 15. Timur Sumatera 18. a. Fauna wilayah Oriental yang khas ialah . wilayah yang termasuk dalam region Etiopian yaitu . Unta b.. Barat sumatera c.c. Tumbuh rumput yang menutupi permukaan bumi c. Nusa Tenggara 17. Banyak tumbuh di sekitar pantai b.

Kukang d. Wallace b.d. Anoa. Anoa 24. Jenis fauna yang berada di daerah Indonesia timur kecuali … a. Junghum e. Siamang b. Babi hutan . Komodo. Tumbuh rumput yang menutupi permukaan bumi c. Kakak Tua e. Raflles 22. harimau dan badak 23... Pinus c.. Jenis pohon yang umumnya terdapat di hutan musim yaitu . kakatua dan kangguru d. Pohon tinggi dan runcing seperti pinus d. Colummbus c. Cendrawasih. Jenis mamalia yang dilindungi oleh Undang-undang dan dibentuk kawasan khusus sebagai tempat tinggalnya ialah … a. Persebaran fauna di Indonesia bagian tengah dan timur dibatasi oleh garis …. Trenggiling c. babi rusa dan anoa e. Memiliki musim jika kemarua dan hujan e. Memiliki musim jika kemarua dan hujan e. Berikut ini contoh fauna yang menjadi ciri khas Indonesia yang berada di daerah peralihan antara fauna Asia dan Australia adalah … a. Kayu putih 20. Walaby b. Cendrawasih c. Hutannya lebat dan berdaun lebar dan dasar hutan gelap 19. Gajah. komodo dan gajah b. a. orang utan dan babi rusa c. Kangguru d. Akasia e. Hutan Indonesia sebagai salah satu hutan terluas di dunia yang dijadikan sebagai paru-paru dunia yaitu hutan hujan tropis yang memiliki ciri-ciri …. Webber d. Banyak tumbuh di sekitar pantai b. a. Badak. Mahoni d. a. Jati b. Hutannya lebat dan berdaun lebar dan dasar hutan gelap 21.

Babi hutan. Elang b.. Anoa 28. Kalimantan 27. Cendrawasih. Biosfer d. Biawak. Taman Nasional Tanjung Putting di Propinsi Kalimantan Tengah dan Selatan memiliki hewan dengan hewan ciri khasnya yaitu . a. komodo dan babi rusa e. Perbedaan antara sensu de facto dan de jure terletak pada … a. Sunda d. Persebaran fauna di Indonesia bagian tengah ialah … a. Status tempat tinggal b. Registrasi e. Badak c. Litosfer c. Sensus b. Status perkawinan . anoa dan dan gajah. Sahul c. 26. Perhitungan penduduk di Indonesia dapat dilakukan dengan 3 cara yaitu … a. Komodo d.e. Jawa b. kangguru dan kadal d. Burung Maleo. Observasi 30. Bekatan e. Pengolahan data penduduk c.. Waktu pengambilan data d. Pertanyaan yang diajukan e. Peralihan e. Gajah. Hidrosfer b. Persebaran fauna di wilayah timur disebut dengan dangkalan … a. Orang utan 25. Atmosfer e. orang utan dan komodo b. Interview d. Antroposfer 29. Manusia beserta lingkungan hidupnya di permukaan bumi disebut dengan … a. Survei c. kijang dan tapir c.

31. Gradual 35. Ekspansif d. Sosial 33. Rasio beban ketergantungan Propinsi Sumatera Utara ialah … a.85 e. 85 b. 585. Teori Malthus tentang kependudukan ialah … a. Sistematik c.5 d.563. 85. Kemelaratan terjadi karena ketidakseimbangan antar pertumbuhan penduduk dengan pertambangan bahan pangan d. Di bawah ini yang bukan landasan dalam pembentukan komposisi yaitu … a. Gradual d. Ekspansif .58 c. Kemeralaran terjadi karena ketikseimbangan antara pendapatan dengan kebutuhan b. Konstruktif b. Kekayaan penduduk dapat dicapai melalui pengurangan penduduk e. Budaya c. 85. Sistematik c. Kemiskinan terjadi karena penduduk yang malas c. Ekonomi e. Stationer e. Komposisi penduduk dapat dibedakan menjadi 4 bagian.500 jiwa dan usia > 65 tahun 1. Negara berkembang yang memiliki pertumbuhan yang tinggi yang dapat digambarkan dengan piramida jenis … a. Konstruktif e. 58. Maju dan mundurnya penduduk tergantug pada penduduk itu sendiri.346. 5. Geografis d. Stationer b. Propinsi Sumateta Utara nenpunyai catatan penduduk dari BPS dengan penduduk umur 0 – 14 tahun sebanyak 750.550. 32. 15 – 64 tahun sebanyak 3.5 34. Negara Swedia dan Jerman sebagai negara maju memiliki bentuk piramida penduduk … a.450 jiwa. Biologis b.

Pendidikan. Angka ketergantungan e. Age Spesific Deasth Rate b. Distribusi penduduk 42. Perkembangan penduduk 39. Angka penduduk yang buta huruf e. Distribusi penduduk d. Komposisi penduduk b. Pertumbuhan penduduk c. Infant Mortality Rate d. Berikut ini dalah negara dengan tingkat pertumbuhan penduduk > 2 %/tahun kecuali … a. Transisi alami e. Kesejahteraan keluarga d. Pendidikan. Cina d. Perbandingan antara umlah kelahiran selama satu tahun dan jumlah penduduk . kesehatan dan kesejahteraan b. Kualitas penduduk dari segi pendidikan dapat diukur melalui a. Sex ratio 37. kelahiran dan kematian d.36. Indonesia b. Sarana kesehatan d. migrasi mortalitas e. Jenis pekerjaan penduduk c. Singapura c. pertumbuhan dan migrasi c. India e. Argentina 38. Angka kematian bayi b. Angka kelahiran e. Persebaran penduduk b. Out Migration c. Natalitas. Kualitas Penduduk dari segi kesehatan dapat diukur dengan cara melihat … a. Perubahan penduduk yang disebabkan oleh kelahiran. Angka kelahiran 41. Kesejahteraan keluarga c. a. kematian dan migrasi disebut dengan … a. Perbandingan penduduk laki-laki dan perempuan disebut … a. Piramida penduduk 40. Migrasi. Kualitas penduduk dapat diukur dari ….

Menunjukan posisi atau lokasi suatu wilayah di permukaan bumi c. 2009-2010 1. Lokal c. Umum d. Mensejahterahkan TNI/POLRI/PNS e. Menggambarkan persebaran berbagai gejala di permukaan bumi 2. Angka kematian kasar c. Peta sebagai alat bantu dalam mengkaji geografi. Angka migrasi masuk d.. Bedol PREDIKSI SOAL UJIAN SEMESTER KELAS XII IPS TP. Menggambarkan bentuk berbagai gejala di permukaan bumi d. Peta merupakan sebagai alat penting dalam geografi karena mempunyai beberapa fungsi kecuali …. Menikah pada usia dini b. Mempermudah administrasi pernikahan e. Kartograf b. Mensejahterakan keluarga b. a. Spontan b. Mengurangi penduduk 44. Sebagai pendukung kegiatan pemerintahan b. Usaha pemerintah dalam mengatasi pertumbuhan penduduk yang tinggi adalah dengan menerapkan program …. Menggambarkan kondisi fisik dan kondisi sosial suatu wilayah e. Ahli dalam pembuatan peta disebut dengan . a. Transmigrasi yang dilakukan oleh seluruh masyarakat desa beserta perangkat desa karena faktor bencana dan pembangunan dan disebut dengan transmigrasi … a. Memfasilitasi dalam proses hubungan pernikahan 45. a. Angka kelahiran kasar e.pada pertengahan tahun disebut … a. Keluarga Berencana (KB) d. Transmigrasi penduduk c. Seismograf .. Sektoral e. Meningkatkan pendapatan nasional d. Mengurangi pengangguran c. Angka pertumbuhan penduduk alami b.. Program Keluarga Berencana (KB) yang memiliki tujuan utama yaitu … a. Angka kelahiran non alami 43.

1. Peta dengan skala 1 : 100 – 1 : 5. 1. 2. 2. 4. Tematik b. hal ini menunjukan tentang … a. Kadaster d. 3. Wilayah landai c.c. 3. 3 dan 6 d. Persebaran Cuaca 4. Topografi 6. Tematik d. 2 dan 3 b. Peta persebaran daerah jalur gempa bumi di Indonesia dapat dikategorikan peta berdasarkan objeknya yaitu … a. Gambaran berbagai objek permukaan bumi yang disajikan dengan menggunakan garis kontur disebut peta … a. Peta Umum dan Khusus Chorografi 5) Geologi Dasar 6) Persebaran Penduduk Rupa bumi 7) Flora dan Fauna Cuaca dan Iklim 8) Kesuburan tanah Dari pernyataan diatas yang merupakan peta khusus ada pada nomor … a. Rupa bumi c. Chorografi e. Wilayah terjal b. Wilayah berbukit-bukit d. 1. Theograf e. Khusus c. Chorografi e. 5 dan 7 c. Wilayah berlembah e. Umum b. Pantograf 3.000 dikelompokan menjadi peta dengan skala … a. Wilayah pegunungan 7. Petagrafer d. 4 dan 5 5. 5. 6 dan 8 e. Kadaster . Pada peta topografi/rupa bumi tampak garis kontur yang rapat.

Sungai d. Dataran rendah 13. Sawah.b. kualitatif dan titik 10. Kecil d. Equidistant merupakan … . danau dan kota e. Dataran tinggi c. Orientasi b. Jalan. simbol dapat dibedakan menjadi … a. Dataran 11. Kota. Rupa bumi e. gunung dan batas wilayah 12. Bandara. Kuantitatif. dot dan area b. Sedang 8. Kota c. Tulisan pada peta yang bercetak miring (italic) digunakan untuk memperjelas objek seperti… a.. Bandara b. Warna biru pada peta chorografi menunjukan objek . titik dan kuantitatif c. titik dan garis d. Simbol garis dapat digunakan untuk menunjukan objek . sawah dan kawasan perindustrian d. a. a. Garis. Titik. Perairan d. Pembuatan peta harus disesuaikan dengan keadaan sebenarnya di permukaan bumi. Simbol c. Secara umum. line dan garis e. Besar c. Batas wilayah e. Dot. Menggambarkan wilayah objek peta yang diperjelas/perbesar merupakan komponen peta … a.. Pegunungan b. Danau. kota dan gunung c. Pantai e. Lettering 9. Legenda e. Area. sungai dan batas wilayah b. Inset d.

Medote memperbesar/memperkecil peta dengan membuat kotak-kotak kecil di peta asli dan lembar kerja disebut dengan metode… a. Miring b. 1 : 500. 3. a. 75 cm d. 3 cm 17.2 km 16. Tentukan jarak sebenarnya di permukaan bumi jika jarak P – Q di peta 4 cm dengan skalan 1 : 800. Fotograf b. Dua peta Propinsi Sumatera Utara.. 15 cm e. Ketinggian sesuai dengan ketinggian di permukaan bumi e. Transversal c. Kerucut e. 1 : 50.000. Pantograf d.000 b. Alat map-o-graf . memiliki perbedaan skala petanya. Bidang datar d.000. maka jarak K–L pada peta II (dua) yaitu … a. Berapakah skala numerik dari skala batang jika angka di ujung batang itu terdapat tulisan 15 km dalam 5 ruas batang. Pada wilayah Eropa. a.000.000 e. 1 : 300.000. 1 : 30. Bentuk sesuai di permukaan bumi dan di peta d. Peta 1 (satu) berskala 1 : 500. Jarak sesuai di permukaan bumi dan di peta c.000 c. Apabila pada Peta II (dua) memiliki skala 1 : 1.a. Silinder 15. Sistem grid bujur sangkar c.000 18. Luas di peta sesuai dengan luas di permukaan bumi b. 24 km b. 200. 5 cm c.000 cm c. 2 km d.500. dengan jarak K-L= 15 cm. 32 km e. proyeksi peta yang baik menggunakan … a.000 d. 1 cm b.. Panjang di peta sesuai dengan di permukaan bumi 14. 1 : 5..

Menentukan pemukiman penduduk e. Aronaff b. Menyinari objek permukaan bumi dan memantulkannya pada sensor b. Melibatkan banyak personil b. Banyak instansi yang mendukungnya e. Sebuah peta topografi dengan skala 1 : 1. Sumber tenaga buatan berupa gelombang mikro memiliki fungsi … a.. Keifer d. Simbol-simbol kartografi akan semakin bertambah jumlahnya c. Menentukan jenis-jenis industri c. Informasi yang disajikan akan semakin detail b. Analisis bahan baku b. a. Satu teknik dan seni d. Perolehan data d. Pertimbangan dalam menentukan lokasi industri 21. Komponen penginderaan jauh yang menggunakan fotografik dan elektronik serta pesawat ialah bagian dari komponen … a. Peta dapat dimanfaatkan sesuai dengan fungsinya masing-masing. Terdiri dari beberapa komponen atau elemen 23. J.000 menjadi skala 1 : 5. Scanning 19. Lillesand 22. Teknik yang dikembang untuk memperoleh dan menganalisis informasi tentang bumi ialah defenisi Penginderaan Jauh yang dikemukakan oleh … a. maka pernyataan yang benar ialah … a. Atmosfer c. Membantu untuk proses pengolahan data . Sensor dan wahana e. Penginderaan jauh dalam prosesnya disebut sebagai suatu sistem karena… a.. Informasi tidak berubah dan jarak dalam peta juga tidak berubah 20. Untuk dibidang industri dapat dijadikan sebagai . Sumber tenaga b. Perbedaan kontur (garis tinggi) dalam peta akan bertambah besar d. interdisipliner c.e. Interaksi antara tenaga dan objek 24. Identifikasi jenis kegiatan pertanian dan perkebunan d. Raper c. Informasi tidak berubah tetapi jarak dalam peta berubah e. Lindgren e.000.

a. Situs. Mikroskop d. Inframerah d. Seismograf e. tekstur dan waktu d. Situs d. Pesewat Terbang rendah. Membawa hasil data inderaja ke daerah pemantauan e. Keterkaitan objek satu dengan objek lainnya disebut dengan … a. Satelit. Umur dan waktu c. terbang layang dan helikopter 28. roket dan helikopter d. Oblique c.. Menyajikan hasil penginderaan jauh d. Sebagai bantuan untuk pengiriman data dari sensor ke wahana 25.. Roket. Pesawat terbang. Stereoskop b. Pankromatik b. Helikopter dan pesawat e. Laut dapat diinterpretasi melalui . Bentuk. Ortokromatik e. a. Citra foto yang dibuat dengan menggunakan semua spektrum sinar tampak mulai dari warna merah sampai ungu disebut foto … a.. Bentuk .. Asosiasi 30. Rona dan warna e. Wahana yang digunakan untuk membawa sensor diklasifikasikan menjadi 3 bagian yaitu … a. satelit dan balon udara b. Bentuk e. Bayangan c. Berikut ini merupakan ciri-ciri yang dapat diketahui untuk mengenali objekobjek pada foto udara dengan menggunakan ciri temporal ialah . Planimeter 26. tinggi dan satelit c.c. Data manual dapat dilakukan dengan menginterpretasi citra melalui alat … a. Tekstur b. Ortokromatik 29. asosiasi dan pola 27. bayangan dan ukuran b. Rona. Anemomener c. Satelit.

Tekstur e.. Ukuran e. Perangkat keras.. citra foto udara dapat digunakan sebagai hal berikut kecuali … a. a. Perangkat lunak. SDM. Tegak dan condong e. Hitam dan putih b. Besar dan kecil 32. perangkat lunak. Dalam studi geografi. Asosiasi 33. Salah satu keunggulan data yang diperoleh melalui Penginderaan Jauh ialah … a.. SDM dan data b. perangkat lunak. basis data SDM dan metode c. a. Bentuk c. Halus dan kasar d. Bayangan d. Memprediksi perkembangan wilayah vulkanik 35. Pola b. Bayangan dapat diinterpretasi melalui tingkatan … a.b. Asosiasi d. Tinggi dan rendah c. Pemukiman penduduk yang memanjang dipinggir sungai dapat diinterpretasikan melalui unsur . Alat yang digunakan untuk mengubah data teristris menjadi data digital ialah … a. Meliputi objek yang terbatas 34. Cepat dan tepat d. Plotter . Pola 31. perangkat lunak dan tenaga operasional e. Tidak ada pengolahan e. Perangkat keras. Mengenali deposit pasir vulkanik b. Menjelaskan hubungan ekologis antara wilayah c. Tidak ada kesalahan c. Memperkirakan waktu erupsi vulkanik d. Situs c. Mengenali ciri-ciri vulkanik e. data dan metode d. Perangkat keras. Jenis tanaman pertanian petani 36. Biayanya murah b. Yang termasuk komponen-komponen dalam Sistem Informasi Geografi ialah .

Data Vektor 38. Konversi d. Data yang disimpan dalam bentuk pixel-pixel disebut … a. CPU c. Spasial dan atribut c. dilakukan dalam tahap … a. Dalam bentuk teks atau angka sesuai dnegan karakteristik objeknya yang bersifat kuantitatif c. Proses pemasukan data dalam Sistem Informasi Geografi (SIG). Salah satu keunggulan penggunaan sistem informasi geografi dalam .b. Deteksi 40. Diperoleh melalui survei lapangan e. Data nongrafis b. Data primer dan sekunder 39. Sarana yang paling baik dalam melakukan analisis keruangan adalah … a. Vektor dan raster 42. Data Raster e. Peta tematik d. Data Vektor merupakan data … a. Digitizer 37. Foto udara e. Data digital c. AR GIS e. SIG c. Peta topografi b. ARC View d. Atribut dan data visual e. Primer dan sekunder d. Visual dan data teristris b. Dalam Sistem Informasi Geografi (SIG) ada dua macam data spasial yang dikelola yaitu data … a. Digitasi b. Survey lapangan 41. Analisis e. Data atribut d. Yang dinyatakan dengan koordinat d. Yang dinyatakan denga grid atau sell (baris kolom) b. Anotasi c.

Dalam. Tuliskan dan jelaskan langkah-langkah interpretasi citra 4. Daya beli masyarakat e. Yang termasuk bagian dari tenaga eksogen ialah …. sedang dan berat 3. sedang dan berat c. tengah dan belakang e. Crust e.. erosi. Depan. Pelapukan. Persebaran konsumen c. a.memperoleh data kecuali … a. Batuan beku terbagi menjadi 3 (tiga) bagian yaitu batuan beku …. masswasting dan erosi b. Granit d. Variasi pola d. gamping b. Penerapan SIG melalui analisis jaringan dalam perencanaan pembangunan. Menghemat biaya d. Dapat mengetahui lokasi geografis secara kualitatif b. Tuliskan dan jelaskan komponen penginderaan jauh dan komponen Sistem Informasi Geografi (SIG) 5. pelapukan. Stratosfer c. Mantel 2. Secara otomatis cepat dan tepat e. Marmer e. Lapisan inti bumi yang tersusun atas unsur nikel dan besi merupakan lapisan … a. Tuliskan manfaat peta. Pemantauaanya mudah 43. masswasting c. Lokasi yang strategis b. Gempa bumi. Tektonik. Tenaga eksogen berasal dari luar bumi dan sifatnya merusak permukaan bumi. Ringan. Hasil dari batuan beku ialah … a. gips 4. Mineral ringan. sedimentasi. Vulkanik. mineral ringan dan berat d. Barisfer d. Dalam. a. penginderaan jauh dan SIG . tidak dapat merekomendasikan … a. Buatlah kolom perbedaan antara citra foto dan citra non foto 3. Kapasitas aliran Essay 1. vulkanik dan gempa bumi d. Pedosfer b. gempa bumi dan Masswasting . Kesalahan sedikit c. koral c. korok dan luar b. Tuliskan peta berdasarkan skala dan isinya 2.

Faulting dan jointing 10. Isosiesta 14.. Pengendapan oleh angin dapat membentuk a. Tumbuhan yang hidup di batuan 13. Pelapukan khemis (kimiawi) dapat terjadi karena faktor … a. Khemis b. Mekanik e. Pada bagian patahan terdapat bagian yang terarangkat naik dan turun yang disebut dengan … a. a.. Wilayah dan bahan yang mengalami perubahan c. tombolo b. Perbedaan suhu pada siang dan malam hari e. Pelapukan. Bentukan yang hancur karena akar tumbuhan sebagai hasil pelapukan . Pelapukan terbagi menjadi 3 bagian yaitu pelapukan kimiawi (khemis).. Cliff c.. Kekuatan proses terjadinya dan bahan pembentuknya e. Retakan kulit bumi b. Pleistoseista c. Lubang di permukaan bumi c. Hasil pembentukan tenaga itu dan waktunya yang berbeda 7. Temperatur rendah dan kelembaban yang tinggi d. Dapur magma d. Folding dan faulting b. Angin yang bertiup ke batuan dan temperatur udara yang tinggi c. Erupsi linier yaitu magma yang keluar dari a. Biologis d. Kimiawi 12. a. Perbedaan waktu prosesnya dan wilayah yang mengalami perubahan b. phisis (mekanik) dan biologis (organis).. Fhisis c. Erosi dan Tektonik 5. Organis c. doline sebagai hasil pelapukan . Kawah gunung api 6. Bentukan stalaktit.e. Episentrum d. a. Kimiawi d.. Sand dune d. Hiposentrum b. Gerakan dan prosesnya d. Pusat gempa yang terjadi di permukaan bumi disebut dengan . Fhisis b. Melalui kepundan e. Curahan air hujan dan suhu udara yang tinggi b. Delta . Tenaga orogenesa mempunyai karakteristik bentuk hasil dari tenaga tersebut yaitu patahan dan lipatan. Oposentrum e. stalagmit. Mekanik 11. Perbedaan utama antara tenaga tektonik epiroginesa dan oroginesa pada bagian …… a. Horst dan slenk d. Biologis e. Warping dan folding e. Spit e. Antiklinal dan sinklinal c. Hancurnya batuan adalah contoh dari hasil pelapukan fhisis.

Peristiwa yang terjadi pada 26 Desember 2004 di NAD dan Pulau Nias dan sebagian negara yang berada di Samudera Hindia sebagai hasil dari terjadinya Tsunami dengan menimbulkan korban bagi daerah dan negara tersebut adalah akibat proses dari tenaga geologi yaitu a. Sedimentasi 20. Sungan Deli yang melintasi kota Medan bentuknya berkelok–kelok dan menuju arah Belawan semakin melebar sungainya sebagai akibat pengikisan dinding sungai karena erosi bersifat … a. Cepat b. Gempa bumi dan masswasting 17. Sedimentasi aelois adalah endapan yang diangkut melalui tenaga …. Masswasting dan tektonik e. a. Pandangan geografi tentang makhluk hidup dipengaruhi oleh hukum alam diperkenalkan oleh tokoh … . Perisitiwa keluarnya lumpur panas di kawasan PT. a. Horizontal d. Air permukaan 16. Oroginesa e. Tektonik 19.. Fluviometer c. Lambat PREDIKSI SOAL UJIAN SEMESTER GANJIL KELAS X TAHUN TP. Abrasi d. Tektonik dan vulkanis c. Gletser b. Lapindo yang berada di Sidoarjo (Jawa Timur) adalah sebuah contoh peristiwa yang berakibat tertutupnya daerah permukiman dan lahan persawahan. Air Sungai c. Gempa bumi c. Epirogenesa b. Masswasting e.15.. Barometer 18.. Vulkano d. Pantai Sibolga dengan pantai yang terjal menjadi landai karena pengikisan batuan air laut yang disebut . Hal ini menunjukan bahwa peristiwa ini terkait gejala yang sama dengan . Rabrasi c. Vertikal e. Kekuatan gempa dapat diukur dengan satuan skala rikter dengan alatnya ialah …. Erupsi b. Air hujan e. a. Gempa bumi dan vulkanis b. Berputar – putar c. Seismograf d. Anomemeter b. Angin d. Tektonik dan gempa bumi d. Pantai di sebalah barat Sumatera lebih terjal dibandingkan dengan pantai timur sumatera. a.…. 2009-2010 1. Stereoskop e..

Richard Hartshorne 3. J. baik bersifat fisik maupun menyangkut makhluk hidup beserta permasalahannya melalui pendekatan keruangan. James c. J. Claudius Ptolomeus d. Alfred Wegener b. Konsep Natural Atribute of Place dikemukakan oleh … a. Prof. Nilai edukatif yang dapat mendidik manusia untuk berfikir kritis dan bertanggung jawab terhadap kemajuan-kemajuan di dunia b. Pandangan ini terkenal dengan tokohnya … a. Frank Debenham 4. Preston E.a. Tugas ahli geografi yaitu mengadakan penafsiran terhadap fakta. Mempelajari hubungan kausal gejala-gejala di permukaan bumi. kelingkungan dan regional untuk kepentingan program. kewilayahan dan konteks keruangan. Bintarto d. . Fairgrive e. Strabo e. Bernhardus Varenius 2. karakteristik tertentu dan hubungan antar wilayah secara keseluruhan yang dikenal dengan Natural Attribute of Place e. Alfred Wegener b. Bintarto sebagai ahli geografi Indonesia mendefenisikan geografi sebagai …. Prof. Ratzel e. Strabo c. menemukan hubungan antara kehidupan manusia dan lingkungan serta menjelaskan interaksi antara kekuatan manusia dan alam yang dikemumakan oleh …. James b. Ilmu yang mempelajari gejala geosfer dengan sudut pandang kelingkungan. Anaximander d. Preston E. a. Prof. Ilmu yang mempelajari persamaan dan perbedaan fenomena geosfer dengan sudut pandang kelingkungan dan kewilayahan dalam konteks keruangan c. proses dan keberhasilan pembangunan d. Erat hubungannya dengan faktor lokasi. Paul Vidal de La Blache c. Frank Debenham 5. Fairgrive b. Pisibilis yang memandang manusia dipengaruhi manusia dan manusia berperan terhadap alam sesuai dengan perkembangan budayanya. Bintarto d. a. Ratzel c. Anaximander c.

Kompleks Wilayah Terpadu 6. Waktu terjadinya e. 2 dan 4 b. Pendekatan tema. Pendekatan integrasi dan ortodoks e. 3. 2 dan 5 d. Siapa saja yang mengalami 10. 1978 di Surabaya 7. 4 dan 6 e. regional dan lingkungan 9. 1. 1988 di Medan c. Analisis Geografi b. maka memperjelas pada pertanyaaan pada … a. 1. Proses terjadinya b. 1. aktivias manusia dan regional b. Pendekatan formal dan material d. Pertanyaan where muncul pada terjadinya peristiwa gempa. Pendekatan manusia. 4 dan 5 8. 3 dan 5 c. Solusi untuk suatu mengatasinya d. ekologi dan ortodoks c. maka analisis yang digunakan adalah . Lokasi kejadiannya c. 2. Dalam pendekatana keruangan juga dapat dibedakan menjadi beberapa bagian yaitu … a. 3. Pendekatan topik.6.. a. 1988 di Semarang d. a. 2. a. Pendekatan keruangan dalam geografi merupakan ciri khas yang membedakannya dengan ilmu-ilmu lain. Ilmu yang mempelajari persamaan dan perbedaan fenomena geosfer dengan sudut pandang kelingkungan dan kewilayahan dalam konteks keruangan sebagai defenisi geografi dari hasil seminar dan lokakarya Ikatan Geografi Indonesia (IGI) yang dilaksanakan pada tahun dan di …. 1998 di Jakarta e. Ekologi Integrasi 5. Ortodoks Dari pernyataan di atas. Menganalisis objek-objek formal untuk menjawab pertanyaan why. 1. Analisis waktu . pendekatan geografi yang digunakan ada pada nomor …. 1998 di Semarang b. Perhatikan pernyataan berikut : Keruangan 4..

Geografi Fisik c. Prinsip geografi merupakan dasar acuan untuk menguraikan. Persebaran flora dan fauna dikaji dengan menggunakan prinsip …. Aspek atmosfer d. Deskripsi dan Korologi d.. Aspek hidrosfer 14. Material geografi d. Formal dan material 15. geosfer merupakan objek …. Korologi e. Keruangan. Hal tersebut dipelajari dalam geografi melalui pendekatan … a. Ruang dan waktu e. Objek geografi dari aspek sosial di bawah ini ialah . Pemerataan b. Persebaran c. Analisis kewilayahan e. formal geografi 13. ekologi dan komplek wilayah c.c. Lingkungan geografi c. Analisis penelitian 11. Prinsip geografi dapat diibagi menjadi … a. Geografi manusia d. Distribusi d. Oleh karena itu. Interelasi. Geografi merupakan studi tentang persamaan dan perbedaan geosfer. Analisis keruangan d. a. a. Persebaran.. Geografi modern 12. a. variabel. Deskripsi b. Geografi Regional b. faktor-faktor dan masalah geografi. Interelasi . Aspek Antropologi b. Fisik e. Regional geografi e. Aspek biosfer c. Permukaan bumi dibagi dalam beberapa wilayah dimana setiap wilayah memiliki karakteristik yang berbeda. mengkaji serta mengungkapkan fenomena. Interelasi. Persebaran. Fungsional geografi b. Aspek litosfer e.

Kartografi dan penginderaan jauh d.16. a. Pemerataan c. Geologi dan demografi 19. petani dengan lahan. Distribusi 17. Geografi regional b. Penginderaan jauh dan oseanografi c. Geomorfologi dan kartografi 21. Korologi d. Biogeografi . Hidrologi dan Oseanografi d. Meteorologi dan Klimatologi c. Distribusi b. Geografi manusia dan demografi e. Kartografi c. Persebaran 18. Pertumbuhan penduduk di muka bumi dikaji pada disiplin ilmu …. a. Interelasi d. sosial dan teknik . Hidrologi b. Korologi c. Ilmu yang mempelajari tentang permukaan bumi sebagai bagian disiplin ilmu geografi ialah … a. Geografi tidak saja didukung oleh disiplin ilmu fisik. Oseanografi e. Pedologi 20. Pembangunan daerah perkotaan dengan mengkaji dari aspek kehidupan yang mendukung kota tersebut dikaji dengan prinsip … a. Pemerataan e. Interelasi b. Geomorfologi dan geologi b. penambang batubara dengan perbukitan dan lainnya digunakan prinsip yang tepat yaitu … a. Yang tergolong ilmu sosial dalam geografi ialah … a. Proses terjadinya hujan dan gejala cuaca dipermukaan bumi merupakan bagian kajian dari disiplin ilmu …. Prinsip dalam mengkaji hubungan kehidupan nelayan dengan laut. Persebaran e. Geomorfologi dan hidrologi e. Geomorfologi d. Kartografi dan hidrologi b.

Galaksi c. Peta 24. Bintang Malam d. Manfaat geografi bagi pemerintah sebagai acuan dalam pengambilan keputusan. Perencanaan pembangunan sarana umum b. Rasi bintang b.. bulat. tak beraturan dan panjang e. Menurut Edwin Hubble. merupakan salah satu contoh gejala geografi yang bersifat … a. Wawancara c. Spiral. Perubahan arah angin yang dapat mempengaruhi sistem transportasi laut dan udara. Bintang spiral . Pemanfaatan grafik dan diagram dapat mempermudah penyajian informasi geografi. elips. yang mengelompokan galaksi di jagad raya dalam empat bentuk yaitu … a. Spiral. Klimatologis b. a. Demografi e. Neraca bintang e. Geografi bermanfaat secara praktisnya kecuali … a. Geologi d. Persegi. Oval. area dan persegi 26. Fisiografis c. Angket b.c. Garis. Observasi d. Spiral. Oval. titik dan segi empat d.. bulat. Sosial geografi 23. Oceanografi e. Sosiologis dan ekonomis d. Survei Lapangan e. Pendistribusi penduduk di suatu daerah c. spiral berbatang dan tak beraturan b. Meteorologi 22. Proses pembukaan lahan sebagai perkebunan e. Ekplorasi SDA yang ada sesuai penelitian lapangan 25. Selain itu dapat digunakan sarana lain yaitu . a. Bulat dan bebas c. Pengaturan penyaluran dana d. Pada malam hari tampak bintang lebih terang dibandingkan dengan beberapa bintang yang ada dengan membentuk pola tertentu di langit yang dikenal dengan ….

Hukum I Kepler berbunyi … a. 3 dan 5 c. Lintasan planet terbentuk elips dengan matahari berada pada salah satu titik apinya c.27. 2 dan 3 b. Jupiter 2. 3. planet yang jauh ialah … a. Helliocentris c. Suryacentris e. Venus 5. 5 dan 6 30. Venus dan Neptunus c. Merkurius 4. Saturnus 3. Planecentris 28. 3 dan 5 d. Uranus . a. 1. yang tergolong pada planet superior ialah …. 4 dan 5 e. 1. Geocentris d. Diantara planet-planet yang ada. Benda-benda akan menuju titik pusatnya sebagai gravitasi 31. Saturnus dan Bumi 29. Planet dalam adalah planet yang berada disekitar matahari dan bumi yaitu … a. Garis hubung planet – matahari akan menyapu daerah yang sama luasnya dalam selang waktu yang sama b. Merkurius dan Venus d Neptunus dan Uranus e. 4. Setiap partikel di alam semesta selalu menarik partikel lain denan gaya yang besarnya berbanding lurus dengan massa partikel itu dan berbanding terbalik dengan kuadrat jaraknya e. Egosentris b. Jarak rata-rata planet ke matahari pangkat tiga periode sideris kuadrat merupakan bilangan konstan atau pangkat dua kala revolusi panet sebanding dengan pangkat tiga jarak planet matahari d. Hukum gerakan planet dikemukan oleh Johannes Kepler sebagai ahli astronomi dan matematika berdasarkan perhitungan data Brahe. Manusia sebagai pusat tata surya yang disebut dengan … a. 2. Merkurius dan Jupiter b. Uranus Dari pernyataan di atas. Perhatikan pernyataan berikut : 1. Pluto 6.

Mars c. Permukaan yang halus 34. Meteor . Uranus 35. Pluto 36.000. a. Asteroid d. Jupiter d. Komet c. Cincin d. Planet saturnus memiliki karakteristik tersendiri dibandingkan dengan planet lainnya karena planet ini mempunyai … a. Merkurius d. Di ruang angkasa terdapat benda kecil dan padat yang bertebaran tak beraturan di dalam ruang antar planet serta dapat mencapai bumi akibat gesekan yang ada disebut dengan … a. Neptunus b. Terdapat gunung dan lembah b. Jupiter b. Neptunus e. Merkurius e. Kometoloid e.b. Jupiter 33. Asteroit c. Asteroid b. Saturnus d.980 km adalah planet …. Satelit terbanyak e. Planet yang memiliki diameter paling kbesar pada sistem tata surya dan juga sebagai planet inferior ialah … a. Kehidupan makhluk hidup c. Planet dengan jarak mahatari ± 778. Halley adalah nama salah satu benda angkasa yang ditemukan oleh Edmund Halley yaitu dalam kategori … a. Uranus e. Merkurius c.000 km dan plenet terbesar dengan diameter ± 142. Saturnus 32. Meteor b. Neptunus c.

Gerhana bumi c. Matahari selalu terbit dari arah timur d. Terjadinya pasang surut air laut e. Planet e. Matahari. Gerhana matahari c. Gerhana matahari terjadi karena faktor … a. Pasang perbani yaitu pasang air laut terendah karena matahari – bumi . Jarak bumi – matahari lebih pendek dari pada jarak bumi – bulan b. Gravitasi matahari dan bulan d. Gravitasi bulan 39. Munculnya hallo e. Terjadinya pasang naik tertinggi atau pasang purnama terjadi kaerna ….bulan membentuk sudut … a. Pembelokan arah mata angin b. Matahari dan bumi membentuk sudut 450 dengan bulan e. Bumi dan bulan berotasi pada posisi terjauh dengan matahari d. Komet 37.d. 0 0 b. bumi dan bulan terletak pada satu garis lurus 42. 45 0 c. Gerhana bulan b. 360 0 41. Gerak semu matahari 38. a. Terjadinya pemampatan pada daerah kutub c. a. 180 0 e. 90 0 d. Perubahan siang dan malam 40. Berikut ini yang bukan merupakan akibat dari rotasi bumi ialah … a. Gravitasi bumi e. Terjadinya proses pasang surut air laut disebabkan oleh faktor …. Jarak bumi – matahari lebih jauh dari pada bumi – bulan . Bulan dekat dengan matahari c. Posisi bulan terhadap bumi memberikan pengaruh terhadap suatu peristiwa alam yaitu … a. Munculnya Pelangi d. Bulan membentuk sudut 900 terhadap matahari dan bumi b. Gerhana bulan b.

Ukuran matahari lebih besar dari pada bulan e.c. Tuliskan pengaruh dari rotasi dan revolusi bumi 5. Tuliskan teori-teori terjadinya planet dan bumi . Tuliskan konsep. Tuliskan planet dan cirikhasnya masing-masing 4. Bulan tidak dapat memancarkan cahayanya Essay 1. Bagian permuakaan bumi masuk ke dalam penumbra bulan d. prinsip. pendekatan yang dijadikan sebagai dasar acuan untuk pengkajian geografi 2. Tuliskan ilmu pendukung geografi 3.