PEMELIHARAAN KESEHATAN TEMPAT KERJA

Zona Nyaman : keadaan ideal pada suatu ruangan, yaitu zona udara segar tanpa kebisingan, dan tanpa bau serta temperatur berada antara 22-26o C

Contoh2 bahaya yang timbul ditempat kerja
1. 2. 3. 4. 5. 6. Bahan kimia beracun dan korosif Suara yang terlalu keras Radiasi Inonisasi Radiasi Nonionisasi Getaran yang berbahaya Lingkungan yang panas dingin

Asam Sulfat. Metanol. Bahan Kimia Beracun dan Korosif Bahan korosif Membakar kulit. Bromin. Anhidrida Asetat. Logam-logam. Contoh : . Natrium Hidroksida. Perchlorat. Asam Asetat. demi keamanan lebih baik menganggap semua bahan kimia itu beracun. Asam Klorida. Hidrogen Iodida Bahan beracun Bahan yang menyebabkan iritasi Kerusakan pada tubuh yang akut dan kronis. Ammonia. Fluorin.1. Mercury (air raksa). dan Timah. mata dan paru-paru Contoh : Asam Nitrat. Chromium. Sakit kulit atau kerusakan paru-paru Contoh : sabun dan cairan pembersih . Perak.

Bahan yang sensitif Bahan yang berbau menyengat Bahan yang mudah meledak Asma dan reaksi alergi lainnya Contoh : asap Menyebabkan kekurangan oksigen Contoh : belerang Kerusakan karena panas atau api Contoh : pelarut yang mudah terbakar dan gas2 .

2. Suara Yang Terlalu Keras Bahaya Komunikasi terganggu Ketegangan Tunarungu .

Penanggulangan Kebisingan Penciptaan metode pengendalian suara Saluran buang suara kearah luar gedung Ahli Mesin/ pekerjaan yang menghasilkan bising dimasukkan ke dalam ruang kedap suara Memasang peredam suara Merawat peralatan dengan teratur Mengganti peralatan .

Radiasi Ionisasi ‡ Adalah radiasi yang mampu meng-ionisasi partikel. ‡ Dihasilkan oleh peralatan sinar-X atau sinar gamma. ‡ Contoh : pengujian ketebalan logam dan pengujian hasil pengelasan .3.

Gelombang frekuensi rendah radio. Radiasi yang terlihat gelombang cahaya 5. Radiasi Ultraviolet radiasi yang dipancarkan oleh sinar UV (sinar . Radiasi Inframerah Radiasi yang dipancarkan oleh benda2 yang panas (contoh pengelasan dan pemotongan dengan gas yg memancarkan gel. Inframerah) 4. Radiasi Non Ionisasi 1. televisi 2. Gelombang Mikro (super tinggi) oven microwave. radar 3.4.

Getaran Pengaruh getaran : Pengendalian: Mengganti mesin dengan yang sedikit getarannya Komponen mesin cepat rusak Bagian yg terpisah pada mesin dapat terjatuh kecelakaan Memperbaiki pegas kendaraan dan tempat duduk Ikatan mur/ bautdapat menjadi longgar mesin rusak Menggunakan alas karpet Perawatan mesin Waktu kerja diatur dengan baik .5.

6. Lingkungan yang panas dan dingin Kesalahan kerja meningkat Panas Cepat lelah Mengantuk .

PEMELIHARAAN KESEHATAN PEKERJA DI TEMPAT KERJA Memelihara tempat kerja Menggunakan krim pelindung radiasi Pencegahan Menggunakan pakaian pelindung Memelihara kebersihan pribadi .

3. 6. 4. 7. Seluruh tubuh Teknologi dan Rekayasa 12 Teknologi dan Rekayasa . Melindungi: Mata Muka Kepala Telinga Kaki Tangan dan lengan 8. 5.ALAT PELINDUNG DIRI adalah jenis alat pelindung yang dipakai saat bekerja Fungsi ???? 1. 2.

Kemungkinan terluka 3. 3.PELINDUNG KEPALA KAPAN??? 1. JENIS-JENIS HELM Kelas A. Bekerja dengan konduktor listrik 2. kejatuhan benda dari atas 1. 2. 4. yaitu helmet untuk keperluan umum Kelas B digunakan pada lingkungan kerja listrik Kelas C helm melindungi dari panas Kelas D adalah helmet dengan daya tahan yang kecil terhadap api Teknologi dan Rekayasa 13 Teknologi dan Rekayasa .

2.co. 3.PELINDUNG KEPALA Syarat helm 1. Tahan benturan Meredam kejutan Anti air dan tidak mudah terbakar mudah disesuaikan (http://www. 4.safetysupplies.uk) Teknologi dan Rekayasa 14 Teknologi dan Rekayasa .

Teknologi dan Rekayasa 15 Teknologi dan Rekayasa . dan partikel unsur/butir.KACA MATA PELINDUNG Kacamata Keselamatan dimaksudkan untuk melindungi mata pemakai dari fragmen. object. chip besar.

PELINDUNG MUKA Merupakan kombinasi dari kacamata dan goggles Teknologi dan Rekayasa 16 Teknologi dan Rekayasa .

Luka terbakar 4.PELINDUNG TANGAN 1. 3. Terpotong oleh pisau. Untuk melindungi dari 2. Tergores Teknologi dan Rekayasa 17 Teknologi dan Rekayasa .

PELINDUNG TANGAN 1. dan vinyl. 4. Sarung tangan bahan kulit. melindungi percikan api. 2. digunakan oleh pekerja bagian kelistrikan. neoprene. Teknologi dan Rekayasa 18 Teknologi dan Rekayasa . untuk melindungi tangan dari panas. Sarung tangan bahan karet. 3. beram-beram dan benda kerja yang kasar permukaannya. Sarung tangan bahan asbes. Sarung tangan bahan campuran karet. untuk pekerjaan bahan-bahan kimia.

Peralatan Pelindung Kebisingan ialah untuk melindungi telinga dari kebisingan yang berlebihan. jenis yang dimasukkan kedalam lubang telinga(Single-Use earplugs) 2. sehingga dapat menebabkan kerusakan pada sistem pendengaran pekerja. Jenis: 1. jenis yang menutup seluruh telinga. Teknologi dan Rekayasa 19 Teknologi dan Rekayasa .

Tabel tingkat kebisingan Teknologi dan Rekayasa 20 Teknologi dan Rekayasa .

Benda panas/pijar. 3. 4. Teknologi dan Rekayasa 21 Teknologi dan Rekayasa . melindungi kaki pekerja dari luka kejatuhan benda berat.Pelindung Kaki persyaratan . bahan-bahan kimia yang berbahaya. 2. terkena beram. yaitu: 1.

5. punya derajat resistensi cukup untuk panas Dasi. tidak mengakibatkan bahaya lain.Pelidung Tubuh (Apron) 1. cincin dan jam tangan dihidari Teknologi dan Rekayasa 22 Teknologi dan Rekayasa . melindungi pekerja nyaman. 2. 4. 3.

Respirator debu 2.RESPIRATOR alat yang menutupi hidung dan mulut atau ada juga yang mencakup wajah dan kepala JENIS-JENIS RESPIRATOR 1. Respirator dengan pemasok udara Teknologi dan Rekayasa 23 Teknologi dan Rekayasa .

cedera. Risiko Adalah Kemungkinan timbulnya dampak buruk dari bahaya yang ada terhadap lingkungan.Apa itu bahaya 1. kesehatan peralatan yang ada di tempat kerja. Pengertian Bahaya /Hazard sesuatu atau kondisi yang menyebabkan kematian. atau kerugian lain. Teknologi dan Rekayasa 24 Teknologi dan Rekayasa .

SIMBOL-SIMBOL HAZARD Adalah suatu simbol untuk mengklafikasikan sesuatu yang berbahaya seperti mudah meledak. atau mencedrai. terbakar. ‡ Teknologi dan Rekayasa 25 Teknologi dan Rekayasa . korosif. meracuni. iritasi. mengoksidasi.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful